Cara Mengatasi Ngantuk Saat Belajar di Kelas

Nesiaverse.com – Ngantuk saat belajar di kelas merupakan hal yang wajar terjadi, namun kamu harus mengetahui cara untuk mengatasinya. Munculnya rasa ngantuk saat belajar tentunya dapat memengaruhi materi yang masuk ke dalam otakmu. Karena memiliki risiko yang akan menghambat proses pembelajaran dan penerimaan materi dalam jam pelajaran terkait. Maka, tentunya penting untuk mengetahui cara mengatasinya.

Mengantuk merupakan salah satu hambatan utama bagi banyak orang, khususnya ketika sedang dalam proses pembelajaran. Karena, mengantuk dalam kelas akan membuat kamu kesulitan untuk fokus. Ketika beberapa menit belajar atau membaca materi pelajaran, mata kamu langsung terasa berat disertai menguap yang tidak kunjung berhenti, maka penting untuk mengetahui cara mengatasinya. 

Cara Mengatasi Ngantuk Saat Belajar di Kelas

Advertisment

Ngantuk saat belajar di kelas menengah menjadi salah satu hal umum yang terjadi pada semua orang, dan datang dari berbagai kelompok usia. Rasa ngantuk dapat terasa tidak hanya ketika sedang belajar sendiri saja, namun juga ketika belajar bersama di ruang kelas. Ngantuk saat di kelas menjadi salah satu ancaman dimana menurunnya tingkat konsentrasi . 

Advertisment

Setiap kali kamu menjalani aktivitas, tentunya dibutuhkan konsentrasi, begitupun dengan aktivitas belajar di dalam kelas. Sehingga penting bagi kamu untuk mengatasi permasalahan ngantuk yang memiliki dampak yang merugikan sesegera mungkin. Nah, berikut kami sudah merangkum beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi ngantuk saat belajar di kelas. 

Duduk Dengan Tegak

Cara pertama yang dapat kamu lakukan adalah dengan mencoba duduk dengan tegak. Ketika kamu duduk dengan tegak hal ini dapat membantumu mengatasi gangguan ngantuk saat belajar di kelas. Jika kamu belajar sambil membungkuk atau justru setengah berbaring, hal ini akan merangsang sistem saraf parasimpatetik, yang berfungsi untuk beristirahat akan meningkat. 

Sehingga penting untuk memperbaiki posisi duduk kamu menjadi tegak. Aktivitas pada sistem saraf simpatik yang berfungsi untuk agar tetap fokus lah yang akan meningkat. Sehingga rasa ngantuk akan perlahan menghilang, maka patut kamu coba untuk mengatasi rasa kantuk saat belajar di kelas. 

Mengonsumsi Makanan Sehat

Kamu tentunya tahu jika makanan sehat memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Dimana, kamu juga harus mengatasi rasa ngantuk saat belajar di kelas dengan mulai membiasakan mengonsumsi makanan sehat yang dikonsumsi. Misalnya kamu dapat mulai mengonsumsi cokelat, yang memiliki manfaat ketika kadar gula darah kamu menurun.

Namun, pastikan jumlah yang dikonsumsi tidak berlebihan, kamu dapat mengonsumsi secukupnya. Kamu juga dapat mengonsumsi buah-buahan segar, yogurt dan jenis sayuran hijau lainnya. Hal ini bermanfaat terhadap waktu kamu di dalam kelas, agar tidak mudah mengantuk. 

Perbanyak Konsumsi Air Putih

Untuk mengatasi ngantuk di dalam kelas, kamu dianjurkan untuk memperbanyak konsumsi air putih. Hal ini dikarenakan kondisi cairan dalam tubuh yang berkurang, cairan dalam tubuh harus tetap terjaga, agar darah dapat membawa oksigen dan berbagai nutrisi yang otak butuhkan dengan baik. Sehingga mampu fokus ketika sedang belajar tanpa terganggu fokus belajarnya. 

Jika tubuh kamu kekurangan cairan atau dehidrasi, hal ini akan langsung dapat kamu rasakan, kelelahan cepat merasa emosional dan tentunya akan membuat kamu mengantuk ketika belajar. Dengan begitu akan sulit untuk berkonsentrasi atau fokus di jam pelajaran. Maka, kamu dianjurkan untuk mengonsumsi air untuk mengembalikan konsentrasi tersebut. Minumlah air putih tanpa campuran apapun, murni dimana dalam satu hari dianjurkan 2 liter atau setara dengan 8 gelas. 

Tidur Yang Cukup

Kurang tidur menjadi salah satu penyebab utama kamu ngantuk saat belajar di kelas. Sehingga untuk menghilangkan rasa ngantuk saat belajar di kelas adalah dengan memperbaiki pola tidur kamu, atau pola istirahat yang terganggu. Kamu dianjurkan untuk menjaga waktu dan kualitas tidur pada malam hari. Selain itu kamu juga dianjurkan untuk mencoba tidur di jam siang, karena dapat membantu untuk meningkatkan memori ketika belajar. 

Menggunakan Cahaya Yang Memadai

Tubuh manusia secara alami akan memberikan respon terhadap sinyal yang berasal dari area atau lingkungan, salah satunya cahaya dan kegelapan. Jika kamu sudah terbiasa tidur dalam kondisi gelap, maka tidak heran jika belajar dengan pencahayaan yang kurang maka akan berpotensi untuk mengundang rasa kantuk secara berlebihan. 

Selain itu tubuh juga akan menangkap sinyal yang berbeda dari cahaya terang tersebut. Maksudnya, kamu memiliki kemungkinan akan lebih mudah terjaga karena tubuh akan menerima sinyal untuk tetap terjaga saat ada cahaya di sekitarnya. Hal ini bisa terjadi karena protein di dalam tubuh yang teraktivasi saat tubuh terpapar oleh sinar secara langsung. 

Sehingga jika kamu ingin belajar, maka coba dan gunakanlah cahaya yang memadai. Cara satu ini memang dapat membantu kamu untuk menghilangkan rasa ngantuk saat belajar. 

Memberikan Jeda Sesaat Dengan Gerakan atau Olahraga Ringan

Selanjutnya kamu dapat mengatasi ngantuk saat belajar dikelas dengan cara memberikan jeda. Dengan memberikan jeda untuk melakukan gerakan kecil, hal ini tidak akan mengganggu usaha belajar orang lainnya. Misalnya hanya dengan meregangkan tangan atau kaki. Hal ini akan merefresh tubuh dan fokus ,sehingga rasa kantuk akan hilang dengan cepat. 

Selain itu, kamu juga disarankan untuk berjalan seperti ijin ke toilet, sehingga kamu dapat menghirup udara segar di halaman sekolah. Hal ini akan membantu sirkulasi darah dalam tubuh,sehingga rasa ngantuk yang kamu alami akan berangsur-angsur menghilang. Kemudian dapat mengikuti pembelajaran dengan baik lagi.

Makan Permen Mint

Kamu dapat mengkonsumsi permen mint sebagai salah satu cara mengatasi ngantuk saat belajar di kelas. Namun, kamu disarankan untuk mengonsumsi sebelum pembelajaran dimulai. Karena bagaimanapun makan ketika jam pembelajaran merupakan salah satu larangan yang tidak boleh dilakukan. 

Mengkonsumsi permen mint dipercaya mampu merangsang hippocampus, yaitu bagian kecil pada otak yang berkaitan dengan memori, keterampilan seseorang berpikir hingga tingkat kewaspadaan seseorang. Maka, kamu dapat mengatasi ngantuk dengan mengkonsumsi permen mint saja. 

Cuci Muka 

Terakhir, kamu dapat mengatasi rasa ngantuk saat belajar dikelas dengan mencuci mukamu. Kegiatan mencuci muka ini akan mengembalikan fokus kamu dan menyegarkan wajah dan area kepala. Hal ini bekerja sangat efektif untuk mengembalikan fokus dan konsentrasi untuk belajar. 

Kamu dapat ijin kepada guru untuk ke toilet, dan mulailah aktivitas cuci muka untuk mengatasi ngantuk saat belajar dikelas. Selain itu, moment ini dapat kamu gunakan untuk makan permen mint atau sekedar minum air putih. Dengan memastikan kondisi kamu prima, maka rasa ngantuk juga akan berangsur hilang.

Demikian pembahasan mengenai beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi rasa ngantuk saat jam belajar di kelas. Namun, jika kamu memang memiliki kondisi yang tidak tertahankan ngantuknya, maka pergilah ke UKS. Dengan begitu kamu akan pulih kembali, karena artinya kamu memang membutuhkan waktu istirahat ekstra.

belajarngantuk