Cara Mengatasi Kurang Percaya Diri Dalam Berbicara

Nesiaverse.com – Memiliki permasalahan kurang percaya diri dalam berbicara? Jangan sampai, hal tersebut malah mempengaruhi kualitas hidup kamu. Terdapat banyak cara mengatasi kurang percaya diri dalam berbicara, agar kamu bisa jadi lebih berani dan gak minder lagi ketika ngobrol atau berbicara dengan orang lain.

Mereka yang kurang percaya diri saat berbicara, biasanya ketika mengobrol cenderung jadi terbata-bata atau gugup, dan bahkan tidak berani kontak mata secara langsung. Padahal, saat seseorang sedang berbicara atau mengobrol memang seharusnya melakukan kontak mata, sebagai bentuk menghargai lawan bicara dan lebih sopan.

Lantas, bagaimana cara mengatasi kurang percaya diri dalam berbicara? Nah, disini akan memberikan beberapa tips atau cara mengatasi rasa kurang percaya diri saat berbicara. Jadi langsung saja simak ulasannya di bawah ini dengan seksama!

Advertisment

Cara Mengatasi Kurang Percaya Diri Dalam Berbicara

Advertisment

Kalau membahas soal berbicara, pastinya siapa sih yang gak bisa berbicara? Setiap orang tentunya dapat berbicara dengan baik. Namun, yang jadi topik permasalahan disini adalah tentang kepercayaan diri dalam berbicara.

Berbicara memang hal yang mudah dilakukan, baik itu saat berbicara dengan teman, orang tua, ataupun pasangan. Tetapi, beda cerita kalo orang tersebut memiliki rasa ketidakpercayaan diri dalam menuangkan, mengungkapkan, membeberkan, atau meluapkan apa yang ingin mereka sampaikan dengan cara berbicara.

Tidak sedikit orang merasa tidak percaya diri saat berbicara dengan orang lain, atau tidak memiliki kemampuan dalam public speaking karena merasa tidak percaya diri dalam berbicara. Sehingga, kebanyakan dari mereka seringkali memendam apa yang mereka pikirkan, atau ingin disampaikan.

Mungkin kalau dalam satu kelompok, mereka itu yang paling pasif dan paling ragu-ragu dalam berbicara. Tentunya hal ini sangat tidak bagus, selain merugikan diri sendiri, hal tersebut juga dapat merugikan orang lain. Orang lain pun akan sulit memahami dan mengenal diri kamu.

Lalu, apakah kurang percaya diri dalam berbicara dapat diatasi? Tentu saja bisa diatasi, selama kamu sudah memutuskan untuk belajar banyak hal agar semakin percaya diri dalam berbicara. Nah, berikut adalah cara mengatasi kurang percaya diri dalam berbicara, diantaranya yaitu:

Lakukan Persiapan Sebelum Berbicara

Cara mengatasi kurang percaya diri dalam berbicara yang pertama adalah dengan melakukan persiapan terlebih dahulu, sebelum berbicara. Melalui persiapan yang matang, kamu akan lebih siap dalam menyampaikan informasi atau argumen, sehingga merasa lebih yakin dalam berbicara di depan orang lain. Persiapan juga dapat membantu diri kamu untuk merasa lebih kompeten dan mampu dalam menyampaikan pesan dengan jelas, yang mana kemudian dapat mengatasi rasa tidak percaya diri kamu dalam berbicara.

Selain itu, persiapan sebelum berbicara juga dapat membantu mengurangi ketakutan akan hal-hal yang tidak terduga, seperti kehabisan topik pembicaraan atau tidak mampu menjawab suatu pertanyaan. Maka dari itu, dengan persiapan yang baik, membuat kamu merasa lebih siap menghadapi situasi tersebut.

Lawan Rasa Malu dan Yakin Pada Diri Sendiri

Upaya selanjutnya yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi kurangnya rasa percaya diri dalam berbicara adalah dengan melawan rasa malu dan yakin pada dirimu sendiri.

Mengapa demikian? seringkali perasaan malu dan ketidakyakinan pada diri saling terkait satu sama lain. Ketika kamu merasa malu, kamu cenderung akan meragukan kemampuan diri kamu untuk berbicara di depan banyak orang. Sebaliknya, ketika kamu memiliki keyakinan pada diri sendiri, maka kamu dapat merasa lebih percaya diri dan mampu mengatasi rasa malu tersebut.

Dilansir dari Very Well Mind, untuk melawan rasa malu dan meningkatkan keyakinan pada diri sendiri, kamu bisa melakukan beberapa hal, seperti mempersiapkan diri dengan baik sebelum berbicara, berlatih berbicara di depan cermin atau dengan orang terdekat, dan mengubah pola pikir negatif menjadi positif. Selain itu, kamu juga dapat memperkuat keyakinan pada diri sendiri dengan mengingat pencapaian-pencapaian sebelumnya dan fokus pada kekuatan-kekuatan yang dimiliki mu.

Gunakan Bahasa Yang Mudah Dipahami, Sesuai Gaya Bicara Kamu

Saat kamu menggunakan bahasa yang mudah dipahami dan sesuai dengan gaya bicaramu, kemungkinan besar hal tersebut dapat mengatasi rasa tidak percaya diri ketika kamu berbicara di depan umum. Mengapa demikian? karena dengan melakukan hal tersebut, kamu dapat lebih menciptakan keterhubungan dengan audiens.

Ketika kamu menggunakan bahasa yang mudah dipahami, tentu audiens cenderung lebih mudah memahami pesan yang disampaikan, sehingga kamu sebagai pembicara jadi merasa lebih yakin bahwa pesannya tersampaikan dengan jelas. Selain itu, penggunaan bahasa yang sesuai dengan gaya bicara juga dapat membuat diri kamu terasa lebih autentik dan alami, yang kemudian membantu mengurangi rasa tidak percaya diri.

Berlatih Untuk Melakukan Kontak Mata Saat Berbicara

Cara mengatasi kurang percaya diri dalam berbicara selanjutnya adalah dengan melatih dan membiasakan kontak mata saat berbicara. Berlatih melakukan kontak mata saat bicara dapat membantu mengatasi rasa tidak percaya diri dalam berbicara karena kontak mata dapat menciptakan rasa keterhubungan dan kepercayaan antara pembicara dan pendengar.

Saat kamu mampu menjaga kontak mata ketika berbicara, hal ini dapat menunjukkan kepercayaan diri dan kejujuran, yang kemudian dapat meningkatkan rasa percaya diri. Selain itu, kontak mata juga dapat membantu kamu menjadi lebih terhubung dengan pendengar, sehingga dapat menciptakan lingkungan komunikasi yang lebih inklusif dan mendukung.

Pendapat ini diperkuat juga oleh sebuah studi menurut Psychology Today tentang kekuatan dari kontak mata, dimana studi tersebut menyatakan bahwa kontak mata ketika berbicara dapat meningkatkan kepercayaan diri dan memperkuat daya tarik interpersonal.

Jangan Kaku, Gunakan Gestur Tubuh Yang Sesuai

Dengan kamu berlatih menggunakan gestur tubuh ketika berbicara, hal tersebut dapat menjadi cara mengatasi kurang percaya diri dalam berbicara karena gestur tubuh menunjukan sikap percaya diri dan keterbukaan. Kontak mata, postur tubuh tegak, gestur tangan yang variatif, dan ekspresi wajah yang sesuai dengan pesan yang disampaikan dapat menciptakan kesan percaya diri dan meyakinkan para pendengar.

Beberapa gestur tubuh yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan rasa percaya diri dan menghilangkan kekakuan ketika berbicara, antara lain:

  • Buat kontak mata sebanyak mungkin
  • Condongan badan sedikit ke depan untuk menunjukkan kepada orang lain bahwa kamu memperhatikan mereka
  • Terapkan gestur tubuh yang tegak dan jaga posisi kaki maupun lengan agar terlihat terbuka
  • Gunakan gestur tangan yang variatif untuk membantu menyampaikan pesan dengan lebih jelas
  • Hindari tubuh yang bungkuk dan tegak karena berkesan malu, gugup dan tidak percaya diri

Pastikan Kamu Memahami Topik Pembicaraan

Upaya yang tak kalah penting sebagai cara mengatasi rasa tidak percaya diri dalam berbicara adalah dengan kamu lebih memahami topik pembicaraan yang akan dibahas. Cara ini berkemungkinan membuat kamu lebih percaya diri dan nyaman saat berbicara, mengapa demikian? karena ketika kamu memahami topik yang akan dibicarakan, tentu kamu akan jauh merasa lebih siap dan yakin ketika hendak menyampaikan informasi terkait topik tersebut.

Hal ini nantinya dapat membantu kamu mengurangi rasa tidak percaya diri dan membuat kamu merasa lebih kompeten, sehingga mampu menyampaikan pesan secara jelas dan gamblang. Pemahaman yang baik terkait topik juga bisa membantu kamu lebih siap ketika dihadapkan pada serangkaian pertanyaan atau diskusi lebih lanjut mengenai hal tersebut.

Berbicara Dengan Lebih Tenang

Apabila kamu dihadapkan pada situasi untuk berbicara dengan banyak orang dan tidak merasa nyaman, cobalah untuk menarik napas dan bicaralah dengan tenang. Hal ini dipercaya dapat mengatasi rasa tidak percaya dari, karena dengan berbicara tenang dapat menciptakan kesan karismatik dan rasa nyaman ditelinga bagi para pendengar.

Saat kamu berbicara lebih tenang, hal tersebut dapat berkesan bahwa kamu menguasai situasi dan percaya pada apa yang sedang kamu sampaikan. Tentu, hal tersebut akan mempengaruhi bagaimana pesan itu disampaikan dan diterima oleh para pendengar. Bicara dengan tenang juga menghindarkan kamu dari gejolak emosi berlebihan, sehingga dapat jauh lebih fokus terhadap informasi yang hendak kamu bagikan, maupun interaksi yang lebih intens dengan para pendengar.

Itulah beberapa cara mengatasi kurang percaya diri dalam berbicara yang perlu kamu ketahui. Supaya, kamu tidak mudah disepelekan oleh orang lain dan selalu dihargai ketika menyampaikan pendapat atau opini-opini yang kamu buat, baik itu dalam lingkungan pekerjaan, sekolah, masyarakat, maupun lingkungan keluarga.

Jangan malu untuk menyampaikan apa yang kamu ingin sampaikan, latihlah public speaking karena suatu hari nanti hal tersebut akan sangat dibutuhkan. Good Luck, semoga membantu.

kurang percaya diripublic speaking