Cara Mengatasi Kucing Yang Tidak Bisa Diam

Nesiaverse.com – Kucing memang memiliki karakter atau kepribadian yang berbeda-beda, ada yang cenderung pendiam dan ada juga yang tidak bisa diam sama sekali. Setiap harinya mereka selalu bersemangat dalam menjalani aktivitas seharian, tanpa mengenal rasa lelah.

Perilaku mereka yang kelewat aktif dan tidak bisa diam memang sangat menghibur, tapi terkadang kamu juga merasa terganggu oleh hal itu. Membuat kamu jadi kesulitan untuk menangkap si kucing saat hendak ingin memandikan nya, atau menyuruh mereka untuk tidur.

Cara mengatasi kucing yang tidak bisa diam memang membutuhkan effort lebih, perlu melakukan tindakan agar kucing bisa lebih tenang. Kemungkinan juga ada suatu hal yang mengganggu mereka jadi tidak bisa diam dan banyak bergerak seakan merasa tidak nyaman.

Advertisment

Lalu kalau begitu bagaimana cara mengatasi kucing yang tidak bisa diam? Nah, disini akan memberikan beberapa tips dan cara mengatasi kucing yang tidak bisa diam secara menyeluruh, agar dapat kamu pahami dengan baik. Jadi simaklah ulasannya di bawah ini dengan seksama!

Cara Mengatasi Kucing Yang Tidak Bisa Diam

Advertisment

Menurut The Spruce Pets, kucing sendiri merupakan hewan predator alami yang kerap masih mempertahankan naluri liarnya, sekalipun predator ini tinggal di sebuah ruangan atau rumah pemiliknya. Meskipun dirawat layaknya hewan peliharaan yang jinak, mereka akan tetap memiliki naluri liarnya untuk berburu sebab sudah menjadi kodrat mereka sebagai predator.

Sering berlarian sana sini, berkelahi dengan predator lain, atau bahkan menghancurkan rumah tangga kucing sebelah hihi.. Meskipun kucing peliharaan tidak perlu susah payah untuk mencari makanan, karena sudah disediakan oleh majikannya. Tapi tetap saja, mereka membutuhkan bergerak untuk membakar energi terpendam yang ada pada tubuh mereka.

Tetapi, adapun orang yang memang merasa tidak nyaman dengan kucing yang tidak bisa diam atau terlalu aktif ini, sehingga memerlukan upaya pencegahan untuk membuat kucing tenang. Nah, bagi kamu yang kebetulan punya kucing yang cenderung lebih aktif tidak bisa diam bisa ikuti tips berikut di bawah ini cara mengatasi kucing yang tidak bisa diam, diantaranya adalah:

Ajak Kucing Bermain Bersama

Salah satu cara untuk mengatasi kucing dengan naluri predator yang sedang memuncak ini adalah dengan kamu bermain bersama mereka. Seperti main kejar-kejaran menggunakan cat toys yang memang didesain khusus untuk kepentingan bermain si kucing. Kalau bisa gunakan mainan yang berbulu, atau berbentuk sesuatu seperti hewan kecil yang biasa mereka buru.

Mainan kucing seperti tongkat bulu dapat mendorong kucing untuk menggunakan naluri alamiahnya seperti melompat, mengejar, meraih, mencakar dan lainnya. Bermain seperti ini sebenarnya bisa sekalian untuk melatih daya insting kucing kamu tanpa harus melepaskannya ke alam liar lho! Lalu ketika kucing sudah merasa lelah, maka kucing akan jadi lebih tenang.

Rutin Menyisir dan Memandikan Kucing

Kucing kamu yang tiba-tiba menjadi aktif banget tidak bisa diam, bisa jadi karena ulah si Kutu Kupret ini. Percaya deh, kucing kamu yang tiba-tiba bertingkah seperti ada sesuatu yang menggigitnya, membuat kucing jadi lebih sering menggaruk-garuk tubuhnya, berguling-guling, dan tidak bisa diam, karena kucing merasa tidak nyaman atau gatal-gatal akibat kutu.

Terkadang kucing juga berlarian kesana kemari, menggesek-gesekan tubuhnya pada benda tertentu atau bahkan ke pemiliknya. Apalagi kalau sambil mengeong seakan ada sesuatu yang menginvasi kulitnya. Hal ini tidak dapat dipungkiri lagi dan dapat dipastikan berasal dari gigitan kutu yang membuat kucing kamu semakin sensitif serta jadi lebih banyak menggaruk.

Jika kamu menemukan kutu pada kucing itu, segeralah untuk obati atau lakukan tindakan pencegahan agar kutu tersebut tidak berkembang biak dan bersarang di tubuh si kucing. Dengan cara rutin menyisir bulunya menggunakan sisir khusus untuk kutu, serta jangan lupa juga untuk menjaga kebersihan tubuhnya dengan rutin memandikan kucing 4-6 minggu sekali.

Gunakan shampo khusus anti kutu atau anti bakteri untuk kucing, supaya lebih efektif dan membasmi sampai ke telur-telurnya. jangan lupa juga untuk lakukan pembersihan total pada rumahmu agar tidak ada sisa kutu, dan obati kucing yang sedang dilanda kutuan dengan periksakan ke dokter hewan agar dapat ditangani secara langsung oleh yang lebih profesional.

Jangan Membuat Kucing Stress dan Ketakutan

Kucing cenderung akan lebih aktif dan tidak bisa diam saat merasa takut dan cemas, apalagi ketika mereka masuk ke dalam lingkungan baru dan sang pemilik baru. Hal ini dapat terjadi apabila rasa ketidaknyamanan dan ketidakamanan timbul pada kucing, bahkan jadi stress.

Cara terbaik untuk mengatasi kucing yang tidak bisa diam karena takut dan stress ini adalah dengan membentuk kedekatan emosional kepadanya. Usahakan jangan terlalu banyak dulu menyentuhnya. Kucing butuh waktu untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan barunya.

Biarkan saja berlarian dan jangan dikejar, berilah sedikit snack ringan atau bahkan coba untuk sedikit bermain tanpa banyak menyentuhnya. Biarkan dia mengakrabkan diri dengan situasi tersebut. Nanti juga akan terasa bagaimana dia akan bergantung kepada lingkungan barunya.

Melatih Fungsi Otak si Kucing

Seperti halnya manusia, kucing pun bisa mengalami masalah fungsi otak, contohnya kepikunan. Hal ini dapat terjadi apabila umur kucing kamu sudah tua. Lalu apa hubungannya pikun dengan kucing yang tidak bisa diam? Sebagian syaraf pada kucing yang sudah tua kerap mengalami penurunan. Makanya hal tersebut dapat cukup mengganggu fungsi otak si kucing dan menyebabkan perubahan perilaku, serta cenderung jadi tidak bisa diam.

Kamu bisa memberikan kucing kamu beberapa rangsangan mental. Meski kucing yang mengalami pikun ini karena masalah penuaan, tapi kamu tetap bisa melakukan beberapa permainan kecil yang merangsang kucing setidaknya untuk menyegarkan fungsi otaknya. Seperti permainan tebak-tebak bola yang ditutup oleh cup, atau kamu bisa mengganti bola tersebut dengan snack ringan, agar permainan jadi lebih menyenangkan.

Pastikan Lingkungan Tenang dan Gelap Untuk Kucing di Malam Hari

Salah satu alasan mengapa kucing kamu menjadi tidak bisa diam adalah karena kucing cenderung aktif di waktu malam. Apabila kucing peliharaan kamu kelihatan tidak bersemangat di siang hari, kemungkinan besar mereka akan menunjukkan perilaku yang lebih berenergi saat malam tiba.

Ketika kamu jarang di rumah karena aktivitas tertentu yang membuat pergi dari rumah pada siang hari, kucing biasanya tidak memiliki rekan bermain sehingga dia akan menghabiskan sebagian waktunya hanya untuk berdiam diri sambil menunggu rekan bermainnya pulang.

Nah, kalau kepulanganmu dari aktivitasmu di malam hari. Besar kemungkinan kucing peliharaan kamu bakal penuh semangat dan sering ngajak bermain, apalagi kalau kamu memelihara anak kucing yang notabene masih memiliki dorongan bermain yang tinggi.

Kamu bisa mencegah keaktifan berlebihan kucing kamu dengan menciptakan lingkungan yang tenang dan gelap di malam hari agar dapat mengurangi rangsangan yang mendorong kucing untuk beraktivitas di tengah malam, serta sediakan tempat tidur yang hangat dan nyaman.

Cek Kondisi Kesehatan Kucing

Kemungkinan penyebab lain dari penyebab kucing kamu tidak bisa diam adalah karena sakit terkena Feline Hyperesthesia Syndrome (FHS). FHS sendiri merupakan kondisi yang biasanya menyerang kucing dewasa dan penyebabnya sendiri belum begitu diketahui sepenuhnya. 

Gejala yang sering terjadi diantaranya adalah perubahan pada kulit punggung saat kucing kamu berlari, perilaku gigitan pada punggung bagian atas ekor yang bukan disebabkan oleh kutu, dan respon dari kucingmu yang berlebihan saat pangkal ekor atau punggung kucing dielus yang kemudian diikuti dengan kucing tiba-tiba menggaruk atau menggigit secara berlebihan atau bahkan berlarian di sekitar ruangan tak terkontrol.

Walaupun FHS ini jarang terjadi, tapi perlu untuk kamu waspadai juga. Kemungkinan kamu merasa tingkah si kucing yang aktif ini begitu lucu dan menggemaskan. Tapi kalau terdapat kecurigaan dengan adanya gejala-gejala FHS tersebut, lekaslah periksakan ke dokter hewan terdekat agar segera ditangani dengan tepat.

Itulah beberapa cara mengatasi kucing yang tidak bisa diam, mungkin perlu untuk kamu ketahui. Siapa tau kucing kamu di rumah juga mengalami hal yang sama, serta bisa segera mengatasinya dengan baik supaya kucing bisa merasa lebih tenang dan gak banyak tingkah lagi.

Walaupun begitu usahakan untuk memaksa kucing diam dengan kekerasan atau mengurung kucing di suatu ruangan, karena bisa menyebabkan kucing trauma. Kamu juga bisa konsultasi ke dokter hewan jika diperlukan penanganan lebih lanjut. Good Luck semoga membantu.

kucing