Cara Mengatasi Kucing Tidak Mau Makan Dry Food

Nesiaverse.com – Bagaimana sih cara mengatasi kucing tidak mau makan dry food? Selalu saja susah buat makan, karena gak mau makan dry food! Kalau begitu langsung saja baca artikel ini sampai selesai, jika kamu ingin tau cara mengatasi si kucing yang gak mau makan dry food.

Bagaimanapun juga kalau si kucing memang tidak mau makan dry food jangan terlalu dipaksakan ya! Bisa saja karena dia bosan makan dry food dan pengen di ganti makanannya. Misalnya dikasih wet food atau makanan alternatif lainnya yang kamu bikin sendiri.

Tapi, jika memang kucing kamu ada masalah di dry foodnya atau tiba-tiba gak mau makan dry food seperti biasanya, mungkin ada suatu alasan atau penyebab yang membuatnya tidak mau makan dry food. Kamu harus mencari tahu penyebabnya dan memberi solusi untuk itu.

Advertisment

Nah, disini akan memberikan beberapa solusi atau cara mengatasi kucing tidak mau makan dry food. Jadi simaklah penjelasannya dibawah ini dengan seksama agar membantu kamu untuk menemukan jalan keluarnya!

Cara Mengatasi Kucing Tidak Mau Makan Dry Food

Advertisment

Sebelum itu ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui terlebih dahulu mengenai penyebab kucing gak mau makan dry food sebelum kamu mengatasinya. Hal ini dilakukan agar lebih mempermudah kamu mencari solusi serta cara mengatasinya dengan baik.

Biasanya kucing kamu tidak mau makan dry food itu karena sudah terbiasa atau kecanduan makan wet food, sehingga susah membuatnya untuk makan dry food. Selain itu bisa saja karena produk dry food yang kamu beli terlalu keras untuk si kucing makan.

Bisa juga karena kucing kamu belum cukup mampu mengunyah makanan yang keras seperti dry food. Apalagi untuk kucing yang masih kecil dan pertumbuhan giginya masih sangat rentan untuk mulai memberinya dry food.

Hal terburuknya bisa saja bukan karena jenis makanan yang kamu berikan, melainkan memang ada masalah pencernaan atau kucing kamu sedang tidak nafsu makan. Sehingga membuatnya tidak ingin memakan apapun itu.

Nah, jika kamu sudah tahu beberapa alasan dan penyebabnya, dengan begitu kamu bisa mulai mencari solusi dan mengetahui cara untuk mengatasinya! Berikut dibawah ini ada beberapa cara serta penjelasannya terkait mengatasi kucing kamu yang gak mau makan dry food:

Memvariasikan Dry Food

Langkah yang pertama adalah dengan cara memvariasikan dry food. Cara yang sederhana ini bisa mengatasi dan membuat kucing kamu mulai menerima untuk makan dry food. Kamu bisa mengkombinasikan antara wet food dan dry food.

Sajikan dry food serta sedikit wet food ke wadah makan si kucing, untuk merangsang kucing kamu memakannya. Aroma dari wet food akan memancing si kucing untuk memakan makanan yang sudah kamu kombinasikan dan sajikan.

Kamu bisa melakukan cara ini setiap harinya dan jangan lupa untuk selalu mengurangi takaran wet foodnya sedikit demi sedikit hingga kucing kamu sudah terbiasa memakan dry food tanpa didampingi dengan wet food. Oh iya! Kamu juga bisa menambahkan sedikit cemilan kesukaan kucing kamu ke dalamnya.

Kurangi Memberikan Wet Food

Langkah yang kedua adalah dengan cara mengurangi pemberian makan wet food. Kucing kamu yang sudah terlalu kecanduan makan wet food, sebaiknya kamu coba untuk tidak sering-sering memberinya makan wet food lagi kalo pengen kucing kamu bisa mulai makan dry food.

Karena bisa saja alasan utama kucing kamu gak mau makan dry food ini disebabkan oleh terbiasa makan wet food. Maka dari itu mulailah memberinya dry food sedikit demi sedikit dan hindarilah memberinya wet food sesering mungkin.

Dengan begitu kucing kamu akan perlahan mulai menyukai makanan kering atau dry food. Walaupun membutuhkan waktu yang cukup lama, tapi kamu sabar ya! Rutin memberinya dry food dengan porsi yang cukup jangan berlebihan.

Ganti Produk Dry Food Dengan Yang Lain

Langkah yang ketiga adalah dengan cara mengganti produk makanan kering atau dry food. Jika si kucing tiba-tiba tidak ingin memakan dry food seperti biasanya, berarti kucing kamu sudah mulai bosan dengan produk yang itu-itu aja! Saatnya untuk kamu membeli produk baru.

Biasanya kucing akan merasa bosan dan jenuh jika kamu memberikan dry food yang biasa kamu berikan. Misalnya, kamu selalu membeli dry food dari merk A secara terus menerus dan itu akan membuatnya bosan dengan rasa yang sama, sensasi yang sama, tidak ada perubahan.

Maka dari itu gantilah produk dry food dengan yang baru agar membuat si kucing senang dan mulai makan dengan lahap lagi. Beli banyak varian rasa dan bentuk-bentuknya yang menarik perhatian si kucing, supaya kucing kamu bisa menikmati makanan barunya dengan lezat.

Pastikan Wadah Makannya Bersih

Langkah yang keempat adalah dengan cara menjaga kebersihan wadah atau tempat makannya. Penting untuk kamu rutin membersihkan wadah makan si kucing, agar selalu bersih dan tidak merusak cita rasa makanan yang kamu sajikan ke dalamnya.

Bisa jadi salah satu alasan untuknya tidak mau makan dry food ini bukan karena memang tidak suka, melainkan kamu menyajikannya di wadah kotor atau wadah bekas yang belum sempat dibersihkan terlebih dahulu. Jadi kucing kamu malas untuk memakannya.

Sediakanlah tempat makan si kucing lebih dari 1, sebagai persediaan stock wadah makannya. Dengan begitu akan tersedia lebih banyak wadah bersih untuk si kucing makan, selain itu sangat membantu kamu juga dan praktis tidak repot mencucinya terlebih dahulu jika kepepet.

Beri Vitamin

Langkah yang terakhir adalah dengan cara memberinya vitamin. Nah, bagi kucing kamu yang memang masalah utamanya ada di sistem pencernaan atau nafsu makannya menurun sehingga membuatnya mogok makan dan asupan nutrisinya tidak terpenuhi hingga akhirnya sakit.

Solusi yang tepat untuk kamu lakukan adalah dengan memberinya vitamin penambah nafsu makan serta bermanfaat untuk memperbaiki masalah gangguan pencernaan si kucing kamu. Dengan begitu kucing kamu akan kembali sehat dan nafsu makannya kembali seperti biasa.

Maka dari itu kamu bisa memberinya makanan dry food pada si kucing, untuk memberi atau mengisi ulang energi yang habis selama sakit. Belilah dry food yang berkualitas, diperkaya dengan nutrisi dan gizi, serta mengandung banyak protein, vitamin, serta mineral.

Itulah beberapa cara mengatasi kucing tidak mau makan dry food yang bisa kamu tiru atau lakukan langsung kepada si kucing, agar membuatnya bisa makan dry food dengan nikmat kembali. Lakukan secara perlahan beserta jangan terlalu memaksanya untuk makan dry food.

Pastikan selalu untuk mengecek tanggal produksi dry food si kucing, siapa tau makanannya sudah kadaluarsa sehingga membuat si kucing tidak mau makan dry food. Penting juga untuk selalu memastikan apakah sudah exp atau tidak. Good Luck semoga membantu.

dry food kucingkucingkucing tidak mau makan