Cara Mengatasi Hidung Mampet Sebelah Dengan Cepat

Nesiaverse.com – Mungkin semua orang sudah pernah mengalami kondisi hidung mampet sebelah dan tentunya kondisi seperti ini yang sangat mengganggu dan membuat kita menjadi tidak nyaman, namun jika kamu mengalami kondisi seperti ini maka jangan khawatir karena ada beberapa cara mengatasi hidung mampet sebelah dengan cepat yang bisa kamu terapkan.

Hidung mampet sebelah dimana kondisi ini dalam istilah media yaitu disebut dengan rinosinusitis dan biasanya kondisi ini yang disebabkan dengan berbagai hal dan yang paling umum itu disebabkan dengan peradangan pada area rongga hidung, virus dan infeksi saluran pernapasan.

Selain itu alergi atau iritasi dari lingkungan sekitar juga bisa menjadi penyebab hidung mampet sebelah, polusi udara, kondisi kesehatan, posisi tubuh dan juga masalah pada bagian struktural sinus, lalu bagaimana untuk cara mengatasi hidung mampet sebelah dengan cepat dengan menyimak ulasan di bawah ini untuk mengetahui cara mengatasinya.

Advertisment

Cara Mengatasi Hidung Mampet Sebelah Dengan Cepat

Advertisment

Hidung mampet sebelah yang biasanya saluran hidung yang menyempit bisa dikarenakan terdapat peradangan, pembengkakan atau iritasi pada bagian dalam hidung, sehingga dengan begitu bisa menyebabkan aliran udara menjadi terbatas dan sulit untuk bernapas melalui hidung.

Kondisi seperti ini tentu saja sangat mengganggu aktivitas sehari-hari dan merasakan aliran udara yang keluar atau masuk ke hidung menjadi lebih berkurang dengan lewat salah satu lubang hidung, dan untuk kondisi hidung mampet sebelah yang termasuk masalah biasa dan lazim.

Sehingga untuk kamu yang mengalami hidung mampet sebelah maka bisa diatasi dengan mencoba menggunakan beberapa cara mengatasi hidung mampet sebelah dengan cepat dibawah ini, adapun untuk beberapa caranya yaitu sebagai berikut:

Cara mengatasi hidung mampet sebelah dengan cepat secara alami yaitu:

Minum banyak Air

Untuk cara mengatasi hidung mampet sebelah dengan cepat secara alami yang pertama yaitu dengan meminum banyak air agar tetap terhidrasi, dimana tubuh yang memerlukan pendapatan cairan yang cukup dengan asupan cairan ini yang akan membantu untuk mengencerkan lendir di saluran hidung dan juga untuk mengurangi tekanan di sinus.

Menghirup Uap Hangat

Untuk cara mengatasi hidung mampet sebelah dengan cepat yang lainnya dengan menghirup uang dari air panas yang akan mengurangi produksi lendir, sehingga dengan begitu bisa membantu untuk bernapas dengan normal dan caranya kamu cukup dengan tarik napas dalam-dalam untuk mencoba menghirup uap panas secara perlahan dan pastikan uapnya tidak terlalu panas.

Mandi dengan Air Hangat

Selain dengan menghirup uap kamu juga bisa dengan mandi menggunakan air hangat menjadi salah satu cara mengatasi hidung mampet sebelah dengan cepat yang bisa kamu coba dan pastikan menggunakan air hangat dengan temperatur yang sedang tidak terlalu tinggi, dengan uap panas dari air hangat ini yang akan melancarkan pernapasan, mengurangi peradangan dan juga mengencerkan lendir di hidung.

Posisi Kepala Lebih Tinggi

Pada saat tidur pastikan untuk memilih bantal yang lebih tinggi dari tubuh agar posisi kepalanya yang lebih tinggi dan ini bisa menjadi salah satu cara mengatasi hidung mampet sebelah dengan cepat yang bisa diterapkan, dimana dengan posisi kepala yang lebih tinggi pada saat tidur yang akan membuat lendir di hidung menjadi lebih mudah mengalir ke tenggorokan.

Teh Hijau

Ternyata teh hijau juga yang bermanfaat untuk mencegah hidung tersumbat hal ini karena teh hijau yang mengandung antioksidan didalamnya, antioksidan ini yang memiliki peran untuk membantu menjaga sistem kekebalan tubuh terhadap infeksi flu dan dengan mengkonsumsi teh hijau bisa menjadi salah satu cara mengatasi hidung mampet sebelah dengan cepat yang bisa kamu coba.

Jahe

Kandungan dari jahe yang ternyata memiliki sifat anti peradangan, anti virus, anti bakteri dan semua sifat tersebut yang bermanfaat untuk membantu melegakan hidung mampet, sehingga kamu bisa dengan mengkonsumsi jahe atau olahan jahe yang menjadi salah satu cara mengatasi hidung mampet sebelah dengan cepat yang bisa kamu coba.

Lemon

Selain dengan minum teh hijau dan jahe kamu juga bisa dengan mengkonsumsi air perasan lemon untuk cara mengatasi hidung mampet sebelah dengan cepat, dimana kandungan vitamin C, zat anti mikroba dan antioksidan didalamnya yang bisa membantu untuk mengobati hidung yang mampet dan bahkan hidung yang tidak dapat mencium bau atau anosmia.

Cara mengatasi hidung mampet sebelah dengan cepat dengan meminum obat:

Mengkonsumsi Suplemen

Cara mengatasi hidung mampet sebelah dengan cepat yaitu dengan mengkonsumsi suplemen untuk meningkatkan kekebalan tubuh, adapun untuk obat suplemennya yang mengandung vitamin C, ekstrak geranium atau echinacea, sulfat dan seng.

Obat Pengencer Lendir

Obat pengencer lendir ini yang bisa digunakan untuk cara mengatasi hidung mampet sebelah dengan cepat yang bisa kamu dapatkan secara bebas, dimana obat ini yang akan bekerja untuk mengencerkan dahak atau lendir yang menggumpal sehingga lebih mudah dikeluarkan.

Antibiotik

Antibiotik juga bisa kamu gunakan untuk membantu dalam mengatasi hidung yang tersumbat yang diakibatkan oleh infeksi bakteri, dan kamu bisa dengan menggunakan antibiotik ini baik dalam bentuk tablet, sirup maupun dengan suntikan.

Probiotik Profilaksis

Cara mengatasi hidung mampet sebelah dengan cepat dengan minum probiotik profilaksis atau makanan yang kaya akan probiotik didalamnya, dimana probiotik profilaksis ini yang akan membantu untuk melindungi dan mencegah infeksi yang bisa menyebabkan hidung mampet.

Obat Pereda Nyeri

Dengan mengkonsumsi obat pereda nyeri juga bisa menjadi salah satu cara mengatasi hidung mampet sebelah dengan cepat, namun untuk obat pereda nyeri ini bisa kamu minuum jika terjadi nyeri sinus.

Antihistamin

Untuk cara mengatasi hidung mampet sebelah dengan cepat yang lainnya kamu bisa dengan mengkonsumsi obat antihistamin, dimana antihistamin ini yang merupakan kelompok obat yang akan membantu mengobati dan juga meredakan gejala alergi dan termasuk juga alergi pada hidung.

Dekongestan

Dengan minum dekongestan yang merupakan salah satu kelompok obat yang bisa membantu untuk cara mengatasi hidung mampet sebelah dengan cepat, contoh obatnya seperti obat ephedrine dan pseudoephedrine.

Mungkin hanya itu saja beberapa cara mengatasi hidung mampet sebelah dengan cepat yang bisa kamu coba dan terapkan dari yang secara alami maupun dengan minum obat, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.

hidunghidung mampet