Cara Mengatasi Hama Tikus di Sawah

Nesiaverse.com – Keberadaan tikus yang menjadi salah satu organisme pengganggu pada tanaman padi dan biasanya kerusakan yang ditimbulkan oleh hama tikus ini pada tanaman padi yang cukup besar, lalu bagaimana cara mengatasi hama tikus di sawah? Untuk mengetahui cara mengatasi dan juga membasmi tikus bisa dengan simak ulasannya disini.

Tentu saja para petani padi yang ingin memiliki sawah yang bagus dan hasil yang melimpah juga sehingga mereka melakukan berbagai upaya agar tanaman padi tersebut tetap sehat dan terhindar dari berbagai hama dan penyakit, salah satu hama yang sering ada dan terlihat di sawah yaitu hama tikus.

Biasanya tikus yang akan menyerang tanaman padi ini sejak awal pertanaman sampai menjelang panen yang akan membuat tanaman padi tersebut menjadi rusak dan ini membuat para petani padi menjadi kesal dan ingin membasmi dan mengusirnya tikus tersebut yang ada pada tanaman padi.

Advertisment

Untuk cara mengatasi dan mengusir hama tikus di sawah yaitu bisa dilakukan hanya dengan membuat sendiri pestisida alami, lalu bagaimana untuk cara membuat pestisida alami untuk mengusir dan mengatasi tikus yang ada di sawah bisa dengan simak penjelasan lebih lengkapnya ulasan di bawah ini.

Cara Mengatasi Hama Tikus di Sawah

Advertisment

Suku tikus-tikusan atau muridae sendiri merupakan salah satu famili hewan pengerat dari ordo Rodentia yang dimana spesies tikus tersebut yang paling dikenal dengan sebutan mencit (Mus spp), tikus ini adalah salah satu hama yang sangat merugikan para petani.

Dimana hama tikus sawah tersebut yang relatif lebih sulit dikendalikan, dengan perkembangbiakan hama tikus yang cepat dan juga daya rusak pada tanaman yang sangat tinggi sehingga menyebabkan hama tikus selalu menjadi ancaman untuk setiap pertanian terutama padi.

Berkaitan dengan begitu sehingga cara mengatasi dan mengatasi hama tikus di sawah serta pengendalian untuk menekan populasi tikus harus dilakukan terus menerus mulai pada saat awal tanam hingga menjelang panen dengan menggunakan berbagai teknik yang secara terpadu.

Terdapat sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk mengusir dan mengatasi hama tikus yaitu sebagai berikut:

Dengan Menggunakan Kulit Durian

Kulit durian yang bisa dimanfaat untuk membantu membasmi dan mengatasi hama tikus yang ada di sawah dan untuk cara mengatasi hama tikus di sawah yang satu ini termasuk cara yang cukup banyak digunakan oleh para petani, untuk caranya sendiri cukup mudah hanya perlu dengan menyiapkan buah durian yang telah matang dan berbau menyengat.

Kemudian dikupas buahnya dan bagian isi duriannya bisa kamu makan dan jangan sampai kulit buah durian ini kamu buang karena kita akan memanfaatkan kulitnya untuk mengatasi hama tikus disawah hanya dengan meletakkan kulit durian pada tempat yang kerap dilalui oleh tikus dan kulitnya yang tajam akan membuat tikus menjadi kesulitan untuk melalui jalan dan kulit durian juga yang bisa melukai kulit tikus.

Dengan Menggunakan Jengkol

Ternyata tanaman jengkol yang bisa bermanfaat untuk digunakan mengusir hama tikus, hal ini karena tanaman jengkol yang mengandung saponin, minyak atsiri, terpenoid, alkaloid, steroid, glikosida, tanin, karbohidrat, kalsium, protein, vitamin dan juga fosfor.

Penggunaan semprotan jengkol ini yang tidak hanya bisa mengusir hama tikus saja namun bisa juga mengusir burung yang menyerang tanaman padi, untuk cara membuat pestisida alami dengan menggunakan jengkol dalam mengusir hama tikus yaitu sebagai berikut:

  • Terlebih dahulu jengkol di kupas kulit luas maupun kulit arinya.
  • Kemudian rendam dengan air dengan menggunakan perbandingan 1 kg : 10 liter air selama 24 hingga 36 jam, sampai air rendaman tersebut mengeluarkan aroma yang sangat menyengat dapat mengusir hama tikus.
  • Semprotkan atau letakkan larutan jengkol pada tanaman padi.

Dengan Menggunakan Pepaya

Tanaman pepaya yang mengandung bahan aktif papain didalamnya dan kandungan ini yang berpotensi untuk menjadi pengendali dan juga mengatasi tikus yang cukup ampuh, namun pastikan dalam pembuatan pestisida alami dari pepaya dimulai dari penguapan sehingga penyebarannya harus menggunakan sarung tangan.

Hal ini dikarenakan indera penciuman tikus yang sangat tajam terhadap bau dan juga sentuhan tangan manusia, sehingga dengan begitu kemungkinan tikus yang tidak akan memakan potongan buah pepaya tua yang terkena dengan sentuhan tangan manusia, adapun untuk cara membuat pestisida alami dari pepaya yaitu sebagai berikut:

  • Terlebih dahulu buah pepaya yang tua belum masak di kupas.
  • Lalu potong buah pepaya menjadi kecil-kecil sebesar dadu.
  • Selanjutnya sebarkan buah pepaya tersebut pada tempat yang biasanya sering dilewati tikus.

Dengan Menggunakan Duri

Untuk cara mengatasi hama tikus di sawah lainnya yaitu dengan menggunakan duri yang cukup mudah dilakukan hanya dengan mencari tangkai tanaman yang mempunyai duri seperti pelepah pohon salak, tangkai duri tersebut yang bisa diletakkan di jalan yang kerap dilalui oleh tikus dan untuk tikus yang terkena duri otomatis akan menjauh dari area persawahan dan tanaman padi akan terbebas dari hama tikus.

Dengan Menggunakan Singkong

Dengan memanfaatkan singkong atau ubi kayu menjadi salah satu cara mengatasi dan membasmi hama tikus di sawah dengan cara pestisida alami, untuk cara menggunakannya juga yang relatif sangat mudah dilakukan hanya perlu dengan memarut singkong yang telah disiapkan sebelumnya.

Pastikan singkong tersebut tidak dicuci dan parutan singkong tersebut yang kemudian dicampurkan dengan air kelapa untuk kemudian di rebus, singkong yang telah matang dapat diletakkan pada lubang-lubang tikus atau tempat yang sering dilintasi oleh tikus.

Dengan Menggunakan Cabai

Dimana tanaman cabai yang mengandung piperidin, atsiri dan juga piperin yang berfungsi sebagai repellent dan juga mengganggu preferensi makan hama, sehingga dengan begitu cabai yang bisa dijadikan sebagai pestisida alami untuk mengusir dan mengatasi hama tikus di sawah.

Untuk membuat pestisida alami dari menggunakan cabai dalam mengusir tikus pada tanaman padi yaitu sebagai berikut:

  • Terlebih dahulu cabai ditumbuk hingga halus atau bisa juga dengan di blender.
  • Kemudian rendam cabai yang telah halus selama semalaman.
  • Jika sudah saring rendaman yang sudah dibuat.
  • Semprotkan pada tanaman padi.

Dengan Menggunakan Perangkap Tikus TBS dan LTBS

TBS merupakan singkatan dari Trap Barrier System sedangkan untuk LTBS yaitu Linier Trap Barrier System dan keduanya adalah cara mengatasi dan membasmi hama tikus di sawah yang cukup ampuh untuk digunakan dan dicoba, untuk TBS yaitu perangkap tikus dengan dibuat ukuran sekitar 20m x 20m di area rawan dengan hama tikus.

Untuk ukuran tersebut yang dapat mengamankan area persawahan mencapai sekitar 15 hektar, sangat berbeda dengan TBS kalo LTBS ini adalah pengaman area persawahan yang dibuat dengan menggunakan cara pemasangan pagar yang terbuat dari terpal atau plastik di sepanjang area persawahan hal ini berfungsi untuk membatasi jumlah habitat tikus pada area persawahan tersebut.

Dengan Menggunakan Mengkudu

Salah satu cara yang bisa kamu gunakan dengan menggunakan mengkudu menjadi cara mengatasi dan membasmi hama tikus di sawah yang bisa kamu coba lakukan, dimana dengan menggunakan buah menggunakan ini yang cukup mudah dilakukan hanya perlu membelah buah mengkudu tersebut menjadi beberapa bagian saja.

Kemudian setelah di belah buah mengkudu tersebut dan letakkan di tempat yang sering dilintasi oleh tikus tersebut, dimana buah mengkudu yang terkenal dengan memiliki baunya yang busuk dan bau busuk tersebut bisa mempengaruhi tikus sehingga tikus tidak enggan masuk ke area persawahan lagi.

Dengan Menggunakan Urin Sapi

Cara mengatasi hama tikus di sawah dengan menggunakan urin sapi yang bisa digunakan, bahan penyerta yang digunakan dalam pembuatan pestisida urin sapi yaitu susu creamer, molase, terasi tanpa pengawet, starter probiotik dan juga empon-empon (temu ireng, jahe, lengkuas dan lainnya).

Cara penggunaan pestisida alami dengan menggunakan urin sapi ini yaitu menyemprotkan larutan ke seluruh bagian tanaman yang dijadikan sebagai tempat jalan atau sarang tikus tersebut, penyemprotan ini yang dilakukan pada pagi hari dan sore dengan jarak minimal 14 hari sekali 4 hingga 6 kali aplikasi.

Adapun untuk cara membuat pestisida alami dari urin sapi untuk membasmi dan mengatasi hama tikus di sawah yaitu sebagai berikut:

  • Terlebih dahulu haluskan empon-empon dengan menggunakan blender.
  • Jika empon-empon sudah halus kemudian campurkan dengan molase, terasi tanpa pengawet, susu creamer, starter probiotik dan juga urin sapi ke dalam wadah besar seperti drum plastik.
  • Kemudian tutup drum tersebut dan pasang aerator besar dan biarkan sekitar 21 hari untuk proses fermentasi sebelum larutan tersebut dapat digunakan.
  • Jika sudah 21 hari lalu saring hasil fermentasi.
  • Untuk penggunaan dosisnya yaitu 25 cc bahan cair fermentasi yang ditambah dengan 1 liter air bersih.

Dengan Menggunakan Burung Hantu

Untuk cara mengatasi dan mengusir hama tikus di sawah terakhir yaitu dengan menggunakan hewan lain yaitu burung hantu, sudah kita ketahui bahwa burung hantu merupakan predator alami bagi tikus, selain itu juga burung hantu yang aktif di malam hari sehingga sama dengan aktifnya tikus untuk menyerang lawan pertanian.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai dengan beberapa cara mengatasi dan membasmi hama tikus di sawah yang bisa kamu coba lakukan, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.

hama tikustikus