Cara Mengatasi Cucak Ijo Macet Bunyi dan Giras

Nesiaverse.com – Burung cucak ijo peliharaan kamu yang tiba-tiba macet bunyi dan juga giras? jika hal tersebut terjadi maka sebaiknya harus segera mengetahui dengan cara mengatasi cucak ijo macet bunyi dan giras dan untuk itu kita akan membahasnya dibawah ini.

Burung cucak ijo yang merupakan salah satu jenis burung kicau dengan memiliki varian suara yang sangat beragam yang merdu dan juga nyaring, burung jenis ini juga sering di ikut sertakan dalam perlombaan atau kontes antar lokal maupun nasional.

Untuk burung cucak ijo yang masih baru dibeli atau dapat langsung dari alamnya tentu saja burung tersebut yang menjadi giras, selain itu juga burung cucak ini yang akan ada masanya dimana burung tersebut yang macet bunyi.

Advertisment

Memang beberapa kasus burung cucak ijo yang mengalami macet bunyi dan juga giras yang secara tiba-tiba, padahal sebelumnya burung tersebut yang nurut seperti biasa dan mau di pancing suara agar berbunyi.

Untuk burung cucak ijo yang giras yang tentunya akan lebih susah di master dan juga dilatih, karena setiap didekati burung tersebut yang akan langsung menyerang, burung cucak ijo yang jinak hanya dapat dimiliki jika kamu sering berinteraksi dengan burung tersebut dari kecil.

Advertisment

Jika hal ini terjadi pada burung cucak ijo milik kamu maka segera untuk mengetahui dengan cara mengatasi cucak ijo macet bunyi dan giras, namun sebelum ke cara mengatasinya tentu saja kamu harus tahu juga dengan faktor penyebabnya.

Faktor Penyebab Burung Cucak Ijo Macet Bunyi dan Giras

Karena memang untuk burung cucak ijo yang sedang macet bunyi dan juga giras yang disebabkan oleh beberapa faktor penyebabnya, seperti burung cucak ijo yang mengalami stres, bahkan trauma yang pernah mereka alami seperti jatuh dari sangkar.

Untuk lebih lengkapnya lagi dengan beberapa faktor penyebab burung cucak ijo yang macet bunyi dan juga giras yaitu sebagai berikut:

  • Burung cucak ijo yang jarang dipancing dengan menggunakan siulan
  • Burung yang mengalami stres melihat orang
  • Burung tipe yang agresif.
  • Burung yang tidak terbiasa dengan keberadaan manusia.
  • Kurang birahi.
  • Burung yang sedang sakit.
  • Terlalu sering dipancing.
  • Burung yang pernah mengalami trauma.
  • Burung sedang dalam masa mabung, dan
  • Kalah mental.

Untuk burung cucak ijo tipe agresif yang sebenarnya sangat bagus karena mental fighternya yang akan lebih kuat dan juga tidak akan mudah negembang pada waktu di gantangan, dikarenakan terdapat banyak penyebabnya maka untuk cara mengatasi cucak ijo macet bunyi dan giras bisa kamu lakukan.

Cara Mengatasi Cucak Ijo Macet Bunyi dan Giras

Sebenarnya untuk membuat burung cucak ijo menjadi jinak dan juga gacor kembali tidak macet bunyi yang terbilang cukup mudah, namun hal tersebut yang tentunya akan membutuhkan waktu lumayan lama  karena prosesnya yang tidak dapat instan dan tentunya harus kamu lakukan secara rutin dan konsisten.

Setelah kamu mengetahui dengan beberapa faktor penyebab membuat burung cucak ijo menjadi macet bunyi dan juga giras, maka sekarang kamu bisa mengetahui dengan cara mengatasi cucak ijo macet bunyi dan giras tersebut dengan mudah.

Adapun untuk beberapa cara mengatasi cucak ijo macet bunyi dan giras yang bisa kamu coba lakukan dan terapkan yaitu sebagai berikut:

Dengan Mengontrol Birahi

Jika burung cucak ijo yang berbunyi cek cek maka bisa jadi karena birahinya yang tidak stabil baik itu over birahi maupun kurang birahi, untuk mengatasinya dengan memberikan settingan burung cucak ijo yang tepat.

Jika burung cucak ijo over birahi maka biasanya burung yang akan melet, jadi berikan ulat bambu untuk membantu menurunkan birahinya sebelum di setting kembali, tapi jika tidak kamu bisa langsung mulai setting baru yang lebih bagus.

Dengan Terapi Lapar

Untuk cara mengatasi burung cucak ijo giras yang paling efektif yaitu dengan melakukan terapi lapar, untuk caranya kamu bisa dengan membiarkan burung cucak ijo lapar dengan cara memberi makan lebih telat 1 atau 2 jam dan juga mengosongkan tempat pakannya.

Kemudian kamu bawa alat lolohan dan beri makan burung cucak ijo dengan cara diloloh dan ulangi cara tersebut setiap kamu punya waktu, untuk cara ini yang lebih efektif jika merawat burung cucak ijo dari kecil dan cara ini juga bisa membuat burung yang agresif menjadi jinak.

Dengan Memberikan Jamu

Terdapat banyak pilihan jamu untuk burung cucak ijo yang sedang macet bunyi dimulai dari jamu yang sudah dikemas maupun yang dibuat secara alami, dengan memberikan jamu yang akan membuat birahi burung naik lagi, stamina jadi bagus lagi dan membuat burung cucak ijo semakin sering bongkar isian.

Gantung Sangkar Depan Pintu

Dengan menggantungkan sangkar depan pintu yang secara otomatis mereka yang akan melihat orang setiap kali ada yang lewat sana, hal ini bertujuan untuk membiasakan burung cucak ijo dengan keberadaan dan juga interaksi manusia.

Pada saat digantung sangkarnya jangan dikerodong, biarkan sangkarnya terbuka sambil di angin-angin, atau jika burung cucak ijo macet bunyi dan juga giras maka bisa master burung sambil melakukan cara yang satu ini.

Mengeceknya Apakah Sedang Mabung Tidaknya

Jika burung cucak ijo yang tiba-tiba macet dan giras mungkin karena burung tersebut sedang masa mabung alias molting, selama masa mabung burung yang akan merontokan semua bulunya dan diganti dengan bulu yang baru.

Dalam kasus seperti ini tidak ada yang dapat dilakukan kamu hanya bisa memastikan burung cucak ijo dikerodong dan ditaruh ditempat yang sunyi dan tenang, karena jika burung cucak ijo stres yang bisa membuat mabungnya tidak selesai sesuai jadwal dan hasilnya jadi banyak yang botak atau tidak tumbuh.

Dengan Memandikan Seminggu 2 kali

Dengan memandikan burung cucak ijo seminggu 2 kali dengan menggunakan sprayer yang menjadi salah satu cara mengatasi burung cucak ijo macet bunyi dan giras, memandikan burung yang tidak perlu terlalu sering tetapi jangan sampai tidak pernah sama sekali.

Pada saat memandikannya burung cucak ijo yang akan menjadi lebih jinak dan tidak begitu agresif, kamu bisa memancingnya dengan memegang burung atau bersiul-siul sambil menyemprotkan airnya, tetapi sebelum memandikannya pastikan cuaca yang mendukung cerah dan ada sinar mataharinya agar bisa langsung dijemur.

Dengan Melatih Mental

Terkadang burung cucak ijo yang bunyi jika tidak ada orang saja hal tersebut karena mentalnya yang kurang fighter dan takut pada saat dilihat orang lain, untuk mengatasinya maka latihan bersama atau latber.

Dengan Sering Siul Depan Burung

Setiap kamu mendekati burung cucak ijo cobalah untuk bersiul atau setidaknya menengok burung tersebut, cara ini yang dapat membuat burung tersebut yang menjadi terbiasa dengan interaksi manusia, awalnya burung pasti akan agresif tapi jika dibiasakan setiap hari maka burung akan menjadi lebih jinak tidak agresif.

Pastikan Tidak Sedang Sakit

Penyebab burung cucak ijo berbunyi krek-krek dan tubuhnya lemas karena sedang sakit dan burung yang sering sakit jika tidak diberi multivitamin, terdapat banyak penyakit yang dapat menyerang burung cucak ijo dimulai dari yang ringan hingga yang mematikan.

Dengan Dijemur Secara Rutin

Untuk cara mengatasi burung cucak ijo macet bunyi dan giras lainnya yaitu dengan menjemur burung tersebut secara rutin agar burung tersebut menjadi lebih segar dan sehat, cara ini yang merupakan salah satu cara wajib dilakukan setiap hari dari pagi hingga jam 10.00 WIB.

Dengan Mengontrol Berat Badan

Untuk cara mengatasi burung cucak ijo macet bunyi yaitu dengan mengontrol berat badannya dan pastikan burung tidak obesitas, salah satunya ciri burung cucak ijo obesitas yaitu malas bunyi, dengan ukuran lebih besar dibanding burung lainnya dan jarang gerak.

Jika burung cucak ijo mengalami obesitas maka kamu bisa sering melatihnya di kandang umbaran, dengan mengurangi porsi makan yang menjadi cara yang tepat, tapi kurangi porsi makannya secara perlahan tidak langsung.

Dengan Memberi Jangkrik dari Tangan

Cobalah untuk memberikan jangkrik langsung dari tangan kamu hal ini bertujuan agar burung cucak ijo mengenali  tangan pemiliknya, jika kamu takut di patok maka bisa dengan menggunakan sarung tangan dengan warna yang mencolok seperti oranye atau merah.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai dengan beberapa cara mengatasi burung cucak ijo macet bunyi dan giras yang bisa kamu ketahui dan bisa kamu terapkan dengan mudah dan konsisten agar mendapatkan hasil yang maksimal, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.

cucak ijocucak ijo girascucak ijo macet bunyi