Cara Mengatasi Burung Perkutut Tidak Mau Makan

Nesiaverse.com – Pada saat memelihara burung perkutut yang tidak mau makan tentu saja akan membuat kamu menjadi bingung, untuk burung perkutut kesayangan kamu sedang mengalami hal tersebut maka sangat penting untuk mengetahui cara mengatasi burung perkutut tidak mau makan.

Burung perkutut yang satu ini dimana burung perkutut merupakan jenis burung kicau yang memiliki banyak penggemarnya, bahkan hingga sekarang sudah banyak sekali memelihara burung perkutut ini karena burung ini memiliki suara kicau yang merdu dan memiliki ciri khas tersendiri.

Umumnya untuk para pecinta burung perkutut ini yang dirawat dengan didominasi oleh orang dewasa dan juga orang tua yang memeliharanya di rumah untuk membantu memperindah suasana di halaman rumah seperti di perumahan telaga golf atau bukit tamphayan yang dekat dengan alam.

Advertisment

Dimana burung perkutut ini yang menjadi salah satu burung hias dengan pemeliharaannya sangat sederhana dan mudah dalam perawatannya, sehingga tidak heran jika burung perkutut ini yang memiliki banyak penggemarnya karena hal tersebut.

Namun terkadang burung perkutut juga yang mengalami masalah seperti tidak mau atau malas makan, jika burung perkutut peliharaan kamu yang mengalami hal tersebut yang tentu saja harus melakukan penangan yang khusus.

Advertisment

Dalam hal ini yang berarti kamu harus bisa memenuhi kebutuhan nutrisi pada burung perkutut dengan memberikan asupan makanan yang bergizi dan bernutrisi, apalagi untuk pakan burung perkutut yang sangat simple dan sederhana sehingga tidak perlu khawatir atau bingung pada saat burung perkutut mengalami tidak mau makan.

Nah untuk kamu yang ingin tahu dengan cara mengatasi burung perkutut tidak mau makan, maka untuk mengetahui lebih jelasnya bisa dengan simak penjelasannya dibawah ini dengan seksama.

Cara Mengatasi Burung Perkutut Tidak Mau Makan

Memang ada masanya atau kalanya burung perkutut yang kamu pelihara di rumah menjadi tidak mau makan atau sulit makan, dimana perlu kamu ketahui untuk burung perkutut ombyokan yang memiliki kebiasaan yang berbeda dengan burung perkutut yang lainnya.

Sehingga dengan begitu kamu sebagai pemilik burung perkutut yang harus bisa mengetahui kondisi-kondisi yang tertentu pada burung perkutut ombyokan termasuk pada saat burung yang tidak mau makan, untuk burung perkutut ombyokan yang memerlukan perawatan khusus agar burung tersebut cepat beradaptasi terutama dalam hal makan.

Adapun untuk cara mengatasi burung perkutut tidak mau makan bisa kamu coba terapkan atau lakukan yaitu sebagai berikut:

Dengan Menaburkan Makanan di Dasar Sangkar

Untuk cara mengatasi burung perkutut tidak mau makan yang bisa kamu lakukan yaitu dengan menaburkan makanan di dasar sangkar atau kandang, kamu bisa mencoba memberikan makanan seperti millet atau pakan lainnya ke dalam sangkar yang sudah diberi alas koran dan cara ini mudah dilakukan sekaligus proses adaptasi kebiasaan.

Memanfaatkan Jahe

Cara mengatasi burung perkutut tidak mau makan yang bisa kamu lakukan dengan memanfaatkan jahe dan untuk caranya dengan memotong jahe menjadi potongan kecil-kecil agar dapat dimakan oleh burung perkutut dengan mudah, selanjutnya lolohkan jahe ke burung perkutut yang tidak mau makan.

Selain itu jahe bisa dijadikan sebagai minuman dan untuk racikannya bisa diberikan 2 hingga 3 kali dalam seminggu sehingga bisa membuat burung perkutut memiliki nafsu makan yang stabil serta lahap seperti biasanya menjadi lahap.

Memberikan Makanan dengan Teksturnya Halus

Untuk cara mengatasi burung perkutut tidak mau makan yang bisa kamu lakukan yaitu dengan mengubah tekstur makanannya menjadi halus, dimana untuk cara yang satu ini biasanya disebut sebagai melolohkan makanan dan untuk cara yang satu ini juga terbilang sangat efektif digunakan.

Dengan Menggabungkan Burung Perkutut Lainnya

Cara mengatasi burung perkutut tidak mau makan lainnya yaitu dengan menggabungkan burung perkutut ombyokan dengan burung perkutut lainnya, lebih bagusnya dengan burung perkutut berbeda jenis agar burung perkutut mengetahui cara makan dengan memperhatikan burung perkutut lainnya.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai dengan beberapa cara mengatasi burung perkutut tidak mau makan yang bisa kamu ketahui dan coba lakukan dengan mudah, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat selamat untuk mencoba semoga berhasil.

burung perkututburung perkutut tidak mau makan