Cara Mengatasi Bisul Pada Anak Agar Tidak Tumbuh Lagi

Nesiaverse.com – Bisul memberikan sensasi tidak nyaman pada anak, maka penting tahu cara mengatasi bisul agar sembuh dan tidak tumbuh lagi. Mengingat benjolan di kulit berisi nanah tersebut bisa memberikan efek dan sensasi tidak nyaman pada orang dewasa, kemudian jika seorang anak kecil yang mengidapnya pasti akan menerima sensasi berkali lipat. 

Penyebab bisul sendiri karena adanya bakteri yang dikenal dengan Staphylococcus yang menginfeksi permukaan kulit karena sebelumnya terdapat luka terbuka pada tubuh si kecil. Bisul sendiri merupakan benjolan di kulit yang berisi nanah, bisa muncul dan tumbuh diberbagai area mulai dari wajah, ketiak, paha hingga bokong. Selain luka masih ada beberapa faktor yang menyebabkan seseorang terkena bisul. 

Cara Mengatasi Bisul Pada Anak Agar Tidak Tumbuh Lagi

Advertisment

Bisul memang bukalah penyakit berat atau berbahaya dan bisa mereda dengan sendirinya seiringnya waktu. Namun sensasi yang diberikan oleh benjolan bernanah satu ini memang memberikan efek tidak nyaman dan nyeri ketika seseorang beraktivitas, apalagi si kecil yang aktif. 

Advertisment

Gejala bisul pada anak sendiri adalah dengan tumbuhnya benjolan merah di permukaan kulit yang terus membesar dan menimbulkan rasa nyeri saat tersentuh. Gejala dari bisul sendiri bisa menyebabkan seseorang merasa lemas dan letih bahkan hingga demam.

Faktor penyebab terjadinya bisul ada beberapa faktor mulai dari infeksi bakteri hingga makanan yang dikonsumsi sang anak. Selain itu kebersihan diri dan imunitas seorang anak memiliki peranan penting juga dan memiliki pengaruh besar dalam proses infeksi bakteri bisul ini.

Cara untuk bisa mengatasi bisul pada anak agar tidak tumbuh lagi sudah kami rangkum, sehingga para orang tua tidak perlu cemas dan khawatir lagi. Kamu bisa melakukan perawatan di rumah juga dan beberapa tips dan trik lainnya. 

Lakukan Kompres

Untuk meredakan bisul pada si kecil kamu bisa melakukan kegiatan kompres di bagian bisul menggunakan waslap dan air hangat. Hal ini bertujuan memberikan efek pereda nyeri pada bagian bengkak area bisul. Air hangat juga membantu pori-pori menjadi terbuka lebih besar, sehingga kotoran pada bisul bisa keluar. 

Caranya sangatlah mudah, kamu hanya perlu merendam kain atau waslap dengan air hangat selama 10 hingga 15 menit saja. Kamu bisa melakukan cara satu ini 3 hingga 4 kali setiap harinya sehingga bisul pada tubuh si kecil akan mereda dan sembuh dengan cepat. Bahkan tidak akan muncul kembali. 

Berikan Si Kecil Baju Yang Nyaman

Ketika si kecil menderita bisul, maka pastikan untuk menggunakan pakaian yang nyaman dan bersih tentunya. Jangan berikan baju yang ketat dan mudah menyerap keringat. Hal ini memiliki tujuan untuk menghindari kulit si kecil dari ancaman ruam dan gesekan pada luka bisul. Maka, pastikan si kecil mengenakan pakaian yang nyaman digunakan ketika sakit bisul.

Mandi Menggunakan Air Hangat

Kebersihan tubuh merupakan salah satu faktor yang bisa menyebabkan datangnya bisul. Maka, ketika sang anak terjangkit bisul alangkah baiknya untuk lebih memperhatikan kebersihan si kecil, misalnya mandi. Untuk meredak bisul si kecil disarankan manggi menggunakan air hangat, hal ini bertujuan untuk mengatasi bisul agar tidak tumbuh kembali. 

Air hangat akan membantu proses pengeringan dan penyusutan bisul pada tubuh anak. Maka, kami menganjurkan untuk menggunakan air hangat saat mandi selama proses penyembuhan dan pengobatan bisul pada anak.

Menggunakan Obat Pereda Nyeri

Jika sang anak merasakan nyeri yang ekstrim, maka konsumsi obat pereda nyeri dibutuhkan. Namun tentunya kamu harus melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau ahlinya. Sehingga kamu mendapatkan obat pereda nyeri dan dosis yang sesuai untuk kebutuhan anak berdasarkan keluhan dan usianya. 

Hindari Menyentuh Bisul

Anak adalah orang yang penuh rasa penasaran, salah satunya ketika ada benda asing atau hal asing pada tubuhnya. Munculnya bisul merupakan salah satu contohnya, si kecil kadang iseng untuk memencet bisul, maka hal ini perlu di perhatikan olehmu selaku orang tua. 

Selain menimbulkan sensasi nyeri saat memencet atau menyentuh area bisul bisa tidak sengaja mengeluarkan nanah didalamnya. Hal inilah yang akan memperparah dan terjadinya infeksi pada bisul apalagi sampai melukai pembuluh darah. 

Pastikan Area Bisul Dalam Keadaan Kering

Bisu biasanya tumbuh pada area badan yang menimbulkan keringat berlebih misalnya ketika, pantat, paha bahkan wajah sekalipun. Kondisi kulit yang lembab dan berkeringat yang mana mampu memancing hingga menimbulkan bakteri Staphylococcus baru pada tubuh si anak.

Maka, salah satu cara untuk mengatasi bisul muncul kembali, kamu harus memastikan kelembaban area bisul untuk tetap kering. Khususnya setelah beraktivitas dan mandi, selalu cek dan pastikan area bisul dalam kondisi bersih dan kering. 

Menggunakan Cairan Antiseptik

Penggunaan antiseptik sangatlah penting bagi anak ketika terkena bisul di area tubuhnya. Penggunaan antiseptik ini bisa kamu lakukan ketika si kecil akan mandi. Penggunaan antiseptik ini bisa kamu dengan melarutkannya pada air hangat untuk mandinya. 

Antiseptik akan menjaga si kecil dari infeksi bakteri bakteri bandel dan menjaga tubuh si kecil dalam keadaan bersih. Selain itu dalam kondisi terkenal bisul, si anak dianjurkan menggunakan handuk khusus yang bersih dan memiliki bulu atau permukaan kain yang lembut.

Menggunakan Daun Peterseli

Selanjutnya kamu bisa mengatasi penyebab bisul pada anak dengan bantuan daun peterseli. Cara ini bisa kamu lakukan dengan merebus daun peterseli hingga melunak. Jika daun peterseli sudah melunak maka angkatlah. Kamu akan menggunakan air ektrak dari daun peterselinya, cukup tiriskan air ekstrak tersebut beberapa saat, air ekstrak peterseli lah yang bisa kamu manfaatkan atau gunakan untuk kompres bisul pada si kecil. 

Menggunakan Asm Fusidat/ FUSON

Jika sebelumnya kamu bisa menggunakan cara perawatan, maka kali ini kami akan merekomendasikan obat medis yang bisa membantu meredakan bisul si kecil dan mencegahnya datang lagi. Kamu bisa menggunakan obat dalam bentuk salep yang mengandung asam fusidat.

Tentunya obat atau salep ini terbukti efektif karena kandungan Streptococcus, Staphylococcus, Clostridium, Corynebacterium yang akan menghentikan pertumbuhan bakteri penyebab infeksi tersebut. Kami merekomendasikan obat salep FUSON yang bisa kamu dapatkan di apotik terdekat, cara menggunakannya sendiri sesuaikan dengan dosis dan anjuran dari dokter. 

Cephalexin

Salep bisul lainnya yang bisa digunakan anak kecil adalah Cephalexin, dimana akan menghambat pertumbuhan bakteri dengan kandungan antibiotik dan kelompok sefalosporin didalamnya. Sehingga mampu mengusir dan mengatasi bakteri penyebab bisul Staphylococcus tersebut dengan menggunakan gel satu ini. Dalam penggunaannya kamu harus memperhatikan resep dokter dalam kemasan produk. Kamu bisa mendapatkan Cephalexin di apotik terdekat.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengtasi dan mengobat bisul pada anak, sehingga tidak tumbuh atau muncul lagi. Kamu juga harus tetap memperhatikan perawatan si kecil ketika bisul itu hilang agar mencegah datangnya kembali bakteri yang menyebabkan bisul membandel pada tubuh si kecil.

anak kecilbisul