Cara Mengatasi Anxiety GERD

Nesiaverse.com – Anxiety GERD adalah kondisi dimana asam lambung naik, ketika seseorang mengalami anxiety atau rasa cemas dan takut berlebihan yang dapat memicu GERD. Sehingga kita memerlukan berbagai cara mengatasi anxiety GERD, supaya tidak terjadi masalah serius.

Anxiety termasuk jenis gangguan kesehatan mental, sedangkan GERD adalah salah satu jenis masalah kesehatan secara fisik. Kedua masalah kesehatan tersebut bisa saling terhubung atau saling memicu terjadinya anxiety dan GERD. Hal itu bisa berdampak buruk bagi kesehatan kita.

Karena pada dasarnya, ketika seseorang mengalami stress, cemas, panik, atau anxiety, secara tidak langsung tubuh pun akan merespon dengan mengalami berbagai masalah kesehatan seperti pusing, mual, otot tegang, masalah pencernaan atau GERD sebagai gejala dari anxiety.

Advertisment

Lalu kalau begitu bagaimana cara mengatasi anxiety GERD? Nah, disini akan memberikan beberapa tips atau cara untuk mengatasi masalah anxiety GERD yang perlu kamu ketahui, agar dapat teratasi dengan baik. Jadi langsung saja simak ulasannya di bawah ini dengan seksama!

Cara Mengatasi Anxiety GERD

Advertisment

Sebelum itu, sebenarnya apa sih hubungan antara anxiety dan GERD? Anxiety sendiri merupakan kondisi yang sering ditandai dengan gangguan kecemasan, serangan panik, gelisah, khawatir, dan takut secara berlebihan. Sedangkan GERD atau Gastroesophageal Reflux Disease adalah kondisi kronis dimana reflux asam lambung atau asam lambung naik lebih dari 2x seminggu.

Dilansir dari halodoc.com yang menjelaskan sebagaimana menurut sebuah studi tahun 2015 menemukan bahwa kecemasan dan depresi bisa meningkatkan risiko GERD. Sementara studi lain menemukan bahwa efek negatif GERD pada kualitas hidup pengidapnya bisa meningkatkan kecemasan dan depresi. Namun, tidak ada bukti ilmiah yang secara positif mengaitkan kecemasan dengan peningkatan asam lambung. Beberapa penelitian juga menemukan bahwa anxiety tampaknya bisa meningkatkan gejala yang terkait dengan GERD.

Jadi meskipun kedua kondisi tersebut berbeda, namun keduanya saling terhubung dan saling berdampak pada keduanya. Menurut dr. Sara Elise Wijono, karena pada dasarnya masalah psikologis seperti stress dan cemas adalah faktor risiko GERD itu sendiri.

Gejala anxiety GERD berbeda dengan gejala anxiety disorder pada umumnya, para penderita GERD anxiety sering merasakan cemas, gelisah, lalu muncul komplikasi GERD seperti terasa panas di bagian dada atau heartburn, sakit perut, mual, sensasi tercekik di bagian tenggorokan, keringat dingin, dan sesak nafas saat GERD anxiety kambuh.

Maka perlu sekali mengatasi masalah tersebut agar tidak semakin parah dan kambuh kembali. Nah, berikut ada beberapa cara mengatasi anxiety GERD yang dapat kamu terapkan dalam rutinitas sehari-hari. Diantaranya adalah:

Rutin Minum Air Putih

Cara mengatasi anxiety GERD yang paling utama adalah rutin minum air putih. Minumlah air putih mineral minimal 8 gelas dalam sehari. Karena jika kamu kekurangan cairan atau dehidrasi dapat menyebabkan tubuh mudah lesu, dan detak jantung jadi lebih cepat saat dilanda anxiety.

Hal itu dapat memicu masalah kesehatan pencernaan seperti GERD, sembelit, dan gastritis yang dapat memperburuk kondisi kamu saat anxiety GERD kambuh. Maka dari itu dengan rutin minum air putih adalah cara yang tepat dalam mengatasi anxiety GERD sekaligus menyehatkan.

Konsumsi Makanan Yang Sehat

Selain banyak minum air putih, mengonsumsi makanan yang sehat juga menjadi salah satu cara mengatasi anxiety GERD. Makanan sangat berperan penting untuk kesehatan tubuh serta dapat meningkatkan mood atau suasana hati yang membantu mencegah kambuhnya anxiety GERD.

Kurang-kurangi memakan junk food, makanan tinggi karbohidrat, gula, dan terutama kurangi kadar garam atau micin pada makanan, karena semakin sering kamu mengonsumsi makanan yang mengandung banyak garam atau micin itu dapat mempengaruhi emosional yang cenderung jadi sulit mengontrol emosi, mudah marah, apalagi bagi penderita anxiety GERD harus kurangi.

Sebab terlalu sering konsumsi makanan ber micin atau MSG, bisa menyebabkan toksisitas otak yang dapat mengakibatkan kematian sel. Maka dari itu bagi para penderita anxiety GERD, konsumsilah makanan yang sehat dan seimbang, supaya tubuh menjadi lebih sehat, badan menjadi lebih bugar, dan meminimalisir terjadinya anxiety GERD kambuh kembali.

Olahraga Teratur

Tidak cukup hanya soal makanan dan minuman saja, tapi cara mengatasi anxiety GERD juga dengan olahraga teratur. Anxiety biasanya sering dipicu oleh kurangnya olahraga, yang dimana olahraga ini dapat membantu membuat otot dan saraf jadi lebih rileks, tidak menjadi kaku.

Karena disaat seseorang mengalami anxiety yang ditandai dengan rasa cemas dan takut secara berlebihan, dapat membuat otot-otot atau saraf kita jadi tegang. Sehingga secara tidak langsung dapat memicu terjadinya GERD pada waktu yang bersamaan. Maka dari itu rutin olahraga menjadi langkah yang tepat dalam melakukan cara mengatasi anxiety GERD.

Istirahat Yang Cukup

Anxiety GERD seringkali dipicu karena kurangnya istirahat atau tidur. Memang bagi para penderita anxiety, ketika di malam hari cenderung sulit untuk tidur. Malam hari adalah waktu yang sangat rentan bagi para penderita anxiety, karena di waktu itulah biasanya mereka memikirkan banyak hal yang telah dipendam selama ini.

Menimbulkan pemikiran-pemikiran negatif, sehingga menjadi stress dan depresi. Bayangkan apa yang akan terjadi nantinya jika kita kurang istirahat atau tidur, lalu pada waktu malam malah digunakan untuk overthinking? Tentu saja anxiety GERD dapat kambuh kembali dan itu dapat mempengaruhi kesehatan kamu secara menyeluruh.

Maka dari itu cara mengatasi anxiety GERD sekaligus mencegah kondisi tersebut kambuh kembali adalah dengan istirahat yang cukup. Tidurlah yang cukup jangan begadang, apalagi jika kamu juga dalam status pekerja yang pastinya akan sangat capek ketika pulang kerja tapi tidak istirahat atau tidur yang cukup.

Cobalah untuk baringkan tubuh kamu di atas kasur dan memanfaatkan lilin aroma agar tidur kamu jadi lebih nyenyak dan pikiran jadi lebih rileks.

Hindari Makanan atau Minuman Yang Dapat Memicu GERD

Hindari mengkonsumsi makanan atau minuman seperti kopi dan teh yang berkafein, serta hindari juga minum alkohol yang dapat memicu anxiety merupakan cara yang tepat dalam mengatasi anxiety GERD. Memang tidak mudah dilakukan bagi kamu yang sudah kecanduan atau terbiasa minum kopi atau alkohol, layaknya sudah menjadi sebuah kebutuhan hidup.

Tapi, sebisa mungkin kurangi secara perlahan dan cobalah ganti dengan minuman yang lebih sehat. Sebagaimana dilansir dari Healthline, kafein adalah kandungan utama dalam teh dan kopi yang telah diidentifikasikan sebagai salah satu faktor yang dapat memicu mulas pada orang-orang yang memiliki asam lambung atau Gastroesophageal Reflux Disease (GERD).

Relaksasi Agar Tidak Mudah Stress

Selain stress dapat memicu anxiety, ternyata stress juga dapat memicu GERD. Hal ini terjadi ketika kamu sedang mengalami stress, disitu tubuh kita tidak dapat memproduksi zat prostaglandin yang dapat melindungi saluran pencernaan dari efek asam lambung yang terus diproduksi sehingga tubuh jadi lebih rentan sakit pada saluran pencernaan.

Melansir dari Harvard Medical School, stress emosional pada seseorang dapat meningkatkan produksi asam lambung dan memperburuk GERD. Dimana saat kamu mengalami anxiety dan disitulah terjadi gangguan kecemasan dan takut secara emosional, maka terjadi penurunan fungsi otot sfingter bagian bawah (Otot penghubung antara lambung dan kerongkongan.

Maka dari itu cara mengatasi anxiety GERD adalah dengan melakukan relaksasi agar tidak mudah stress yang dapat menyebabkan anxiety kambuh. Cobalah untuk melakukan meditasi, yoga, atau relaksasi dengan musik. Lakukan semua hal yang menyenangkan yang dapat menghindari kamu dari stress.

Itulah beberapa cara mengatasi anxiety GERD yang perlu kamu ketahui dan cobalah untuk terapkan semuanya ke dalam rutinitas harian kamu. Supaya anxiety GERD tidak mudah kambuh kembali, serta sedikit demi sedikit bisa sembuh atau meminimalisir kemungkinan terjadinya.

Jika kondisimu belum kian membaik, cobalah untuk konsultasi ke dokter psikolog untuk mengatasi anxiety sekaligus mendapatkan arahan serta pengobatan yang tepat dalam mengatasi kedua masalah tersebut dengan baik dari ahlinya. Good Luck semoga membantu.

anxiety gerdgerd