Cara Mengatasi Anakan Lovebird Sakit

Nesiaverse.com – Cara mengatasi anakan lovebird sakit wajib kamu ketahui jika ingin memelihara burung, untuk mengetahui cara mengatasinya tentu saja kamu juga perlu mengetahui dengan ciri-ciri burung lovebird sakit.

Mengenali ciri-ciri dan juga cara mengatasi anakan lovebird sakit yang sangat penting dan diperlukan untuk para pemilik burung lovebird terutama memiliki tujuan untuk ternak burung lovebird, walaupun dalam memelihara burung lovebird ini yang relatif mudah karena perawatannya yang tidak membutuhkan banyak hal.

Tetapi burung lovebird juga yang bisa terserang dengan penyakit, sebenarnya hal ini yang dapat dicegah dengan menjaga kebersihan lingkungan dan juga perawatannya yang baik, tetapi jika burung lovebird terkena penyakit maka harus segera kamu atasi dan jangan sampai mengabaikan tanda-tandanya.

Advertisment

Sebenarnya penyakit burung lovebird yang memiliki ciri-ciri khusus, untuk mengetahui burung lovebird sakit yang bisa kamu ketahui dengan ciri-ciri burung lovebird dan cara mengatasi anakan lovebird sakit, untuk itu kamu bisa dengan simak penjelasannya disini.

Ciri-ciri Burung Lovebird Sakit

Advertisment

Dimana secara umum burung lovebird yang merupakan jenis hewan kodratnya menjadi mangsa dan dapat menjadi insting mereka membuatnya untuk menyembunyikan penyakit yang sedang mereka alami, oleh karena itu kebanyakan para pemilik burung lovebird tidak menyadarinya bahwa mereka sedang sakit.

Sehingga dengan begitu kamu sebaiknya untuk memperhatikan burung lovebird untuk bisa mengenali ciri-ciri burung tersebut sakit terkena penyakit, sama seperti manusia pada saat burung lovebird sedang sakit akan membutuhkan perlakuan dan perawatan khusus, adapun untuk ciri-ciri burung lovebird sakit yaitu sebagai berikut:

Keluar Ingus

Burung Lovebird sedang sakit terutama sakit flu yang akan mengeluarkan ingus pada bagian lubang hidung, hal ini yang menyebabkan burung lovebird bersin-bersin, mendengkur dan juga tidak akan bisa bernapas secara normal dan jika sudah demikian burung lovebird yang biasanya sering membuka paruh karena sesak napas.

Mata Burung Lovebird Mengeluarkan Cairan

Burung lovebird pada saat sakit yang bisa diketahui dari matanya yang biasanya mengeluarkan sekret atau cairan seperti sedang menangis, kondisi seperti ini yang bisa dipastikan burung lovebird sedang sakit dan biasanya mata burung lovebird berubah warna, terpejam, sayu dan juga bengkak.

Mencabuti Bulunya Sendiri

Jika burung lovebird yang sering mencabuti bulunya sendiri yang berarti burung lovebird yang sedang sakit atau stress, dimana selain stress bisa jadi pada bagian dalam bulunya yang terdapat kutu yang sangat mengganggu burung lovebird.

Sendi Tulang Bengkak

Walaupun sendi tulang burung lovebird yang tidak terlalu terlihat tetapi jika burung ini sedang sakit maka biasanya sendi-sendi tulangnya yang akan membengkak, pada sebagian burung lovebird yang menunjukan gejala ini mengalami perubahan bentuk struktur tulang.

Sempoyongan

Burung lovebird yang sakit bisa diketahui dari cara bertenggernya jika burung lovebird yang terlihat sempoyongan atau lebih suka di lantai sangkar, kemungkinan besar burung lovebird tersebut yang sedang sakit dan juga burung lovebird yang terlihat murung dan tidak aktif bergerak.

Tidur Dengan Kepala Menghadap Sayap

Pola tidur burung lovebird yang bisa menggambarkan sedang sakit seperti pada saat kepala burung lovebird yang dihadapkan ke sayap yang berarti burung lovebird sedang panas atau flu, pola ini juga diikuti dengan bagian mata tidak tertutup secara penuh.

Nafsu Makan Menurun

Pada saat burung lovebird kamu sedang mengalami penurunan nafsu makan maka hal ini yang merupakan ciri-ciri burung lovebird yang sedang sakit.

Banyak Minum

Burung lovebird yang banyak minum atau minumnya berlebihan menandakan bahwa burung tersebut sedang sakit, sehingga jika burung lovebird yang banyak minum ini tidak menandakan bahwa burung tersebut sedang sehat melainkan sebaliknya.

Terdapat Benjolan di Tubuh

Terkadang burung lovebird yang sedang sakit akan mengeluarkan benjolan aneh pada salah satu tubuhnya, pada saat dilihat tonjolan tersebut yang memang tampak asing terutama pada bagian dadanya.

Bulu dan Sayap Kusut

Bulu dan sayap pada burung lovebird yang terlihat lunglai atau kusut kemungkinan burung tersebut menderita penyakit dan ciri-ciri ini yang bisanya sering terlihat pada sebagian besar burung kicau.

Perubahan Kulit

Kulit burung lovebird sedang sakit yang biasanya akan mengalami perubahan yang sangat signifikan seperti munculnya bercak putih dan kutil pada bagian yang tidak tertutup bulu, biasanya kulit terserang penyakit yaitu bagian pangkal paruh, mata dan juga kaki.

Kotorannya Berubah Menjadi Cair

Untuk sebagian besar burung lovebird yang sedang sakit akan mengeluarkan kotoran yang encer mirip dengan cairan, jika manusia ciri-ciri ini yang biasanya disebut dengan diare.

Cara Mengatasi Anakan Lovebird Sakit

Setelah kamu mengetahui dengan ciri-ciri burung lovebird sedang sakit maka selanjutnya kamu harus mengetahui dengan cara mengatasi anakan lovebird sakit dan juga harus lebih waspada pada beberapa penyakit yang sering diderita oleh burung lovebird.

Disini terdapat beberapa penyakit yang sering terjadi pada burung lovebird dan bisa membahayakan nyawa burung lovebird, untuk itu berikut beberapa jenis penyakit burung lovebird dan juga cara mengatasi anakan lovebird sakit.

Penyakit Snot

Penyakit snot atau penyakit mata yang terlihat tidak terlalu berbahaya namun ternyata jika penyakit snot ini tidak segera diatasi yang bisa menyebabkan kematian, penyakit snot yang ditandai dengan keluar cairan yang tidak biasa pada mata burung lovebird.

Sering kali hanya sebelah mata terkena penyakit snot dan kemudian kalau sudah parah yang akan kedua matanya terkena penyakit yang sama, untuk cara mengatasi anakan lovebird terkena penyakit snot yaitu sebagai berikut:

  • Membersihkan sangkar burung secara rutin, dengan menyemprotkan air rebusan daun sirih pada sangkar.
  • Dengan memberikan burung lovebird antibiotic dan vitamin untuk membantu memulihkan kondisi burung.
  • Memberikan extra fooding seperti jagung dan eggfood, sebaiknya untuk menghentikan memberi makanan kangkung.
  • Dengan memberikan obat khusus snot seperti salep cyndocentrol.
  • Menjauhkan burung lovebird yang terkena penyakit snot dengan burung lainnya, karena penyakit ini yang merupakan penyakit menular.
  • Dengan memberikan makanan biji-bijian, seperti milet putih, milet merah dan juga canary seed.
  • Menghentikan memandikan dan menjemur burung lovebird, jika ingin menjemurnya maka bisa sebentar saja.
  • Dengan memberikan obat tetes mata alletrol, erlamycetin chloramphenicol, obat tetes mata vitobel, dan juga tablet tony’s treasure yang telah dihaluskan.

Penyakit Kutu

Untuk burung lovebird yang jarang dimandikan biasanya bisa terkena penyakit kutu dan terlebih lagi jika sangkarnya jarang dibersihkan, maka kutu-kutu tersebut semakin nyaman berkembangbiak pada bulu burung lovebird.

Biasanya burung lovebird terkena penyakit kutu yang terlihat gelisah, tidak mau diam, selalu kelabakan dalam sangkar dan sering mematuki bulunya sendiri, untuk cara mengatasi anakan lovebird sakit terkena penyakit kutu dengan cara menyemprotkan air rebusan daun sirih pada burung lovebird sampai basah kuyup dan bilas dengan menggunakan air bersih.

Penyakit Cacar

Penyakit cacar disebabkan oleh beberapa virus cacar dan cara kerja virus ini yang cukup mengesankan dia yang akan merangsang lapisan atas kulit untuk tumbuh pesat sehingga menyebabkan jaringan baru segera mati dan membentuk kutil, penyakit cacar yang dibedakan menjadi dua yaitu cacar kering dan cacar basah.

Penyakit cacar kering yang menyerang kulit seperti kutil pada mata, kaki dan pangkal paruh, sedangkan penyakit cacar basah yang adanya bercak putih atau plak berkembang di selaput lendir di mulut, paru-paru, trakea, dan tenggorokan, cara mengatasi anakan lovebird sakit terkena penyakit cacar dengan memisahkan burung yang terkena, memberikan obat cacar khusus burung, memberikan makanan bergizi dan vitamin, membersihkan sangkar secara rutin hingga memberikan ACC Blue.

Gangguan Pada Pernapasan

Gangguan pada pernapasan burung lovebird yang ditandai dengan keluarnya cairan kental pada lubang hidung dan biasanya burung lovebird ini yang sering membuka paruh karena kesulitan bernapas, penyakit ini yang disebabkan penyebaran virus mycoplasma dan bakteri e-coli yang dijumpai pada sayuran dan buah.

Sehingga sebaiknya pada saat memberikan sayuran atau buah untuk burung lovebird yang seharusnya dicuci terlebih dahulu, untuk cara mengatasi anakan lovebird sakit pada pernapasan yaitu dengan memisahkan burung lovebird yang sakit dengan burung yang lainnya, membersihkan sangkar secara rutin, memberikan makanan yang bergizi dan vitamin, membersihkan sayuran dan buah sebelum diberikan ke burung.

Penyakit Bubul

Selanjutnya penyakit bubul yang sering menyerang kulit burung lovebird yang berdampak kulit burung lovebird terutama pada bagian kaki terlihat bengkak, sisik kaki melebar, dan juga kuku memanjang, biasanya penyakit ini disebabkan oleh bakteri staphylococcus hidup dalam sangkar.

Sehingga kamu harus membersihkan sangkar burung secara rutin agar burung tidak terjangkit berbagai jenis penyakit, cara mengatasi anakan lovebird sakit terkena penyakit bubul yaitu dengan memberikan obat merah obat dan juga anti kutu pada kaki.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai dengan beberapa cara mengatasi anakan lovebird sakit yang bisa kamu ketahui dan bisa kamu terapkan, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.

lovebirdlovebird sakit