Cara Memperbaiki Metabolisme Tubuh Agar Cepat Gemuk

Nesiaverse.com – Agar memiliki tubuh yang cepat gemuk, kamu bisa memulainya dengan cara memperbaiki laju metabolisme. Metabolisme sendiri memiliki peran penting yang akan membantu proses pembakaran kalori dan pembentukan energi dalam tubuh. Sehingga bagi kamu yang memiliki tubuh dengan berat dibawah rata-rata atau berat idealmu, dapat memperbaikinya dengan meningkatkan laju metabolisme dalam tubuh. 

Kamu yang ingin menaikan berat badan sehingga terlihat berisi dan cepat gemuk, bisa berfokus pada jumlah nutrisi harian dan kalori yang dibutuhkan oleh tubuh. Namun, sistem metabolisme juga memiliki peranan yang penting, jika kamu memiliki sistem metabolisme yang salah maka harus segera memperbaikinya. Karena hal ini dapat memberikan dampak negatif tidak hanya tubuh yang kelebihan berat badan, namun juga menyebabkan kurangnya berat badan pada seseorang. 

Cara Memperbaiki Metabolisme Tubuh Agar Cepat Gemuk

Advertisment

Seseorang yang memiliki tubuh yang kurus bisa dikarenakan memiliki permasalahan pada sistem metabolisme pada tubuhnya. Maka, tidak sedikit dari mereka yang mencari cara untuk memperbaiki laju metabolisme tubuh agar cepat gemuk dan berisi. Metabolisme pada seseorang tentunya berbeda-beda, begitupun bagi seseorang yang kegemukan atau terlalu kurus. 

Advertisment

Metabolisme merupakan proses kimia dalam tubuh, guna mengubah makanan menjadi sumber energi. Laju metabolisme seseorang ini dipengaruhi banyak hal, mulai dari usia, jenis kelamin, intensitas aktivitas harian hingga faktor genetik dna kesehatan psikis. Hal tersebut memiliki pengaruh yang cukup tinggi para proses metabolisme dna laju pembakaran kalori pada tubuh. 

Bagi seseorang yang memiliki berat dibawah rata-rata, namun mengkonsumsi makanan dengan porsi yang cukup dna mampu menambah berat badan, maka dapat disimpulkan adanya kelainan atau maslahah dalam sistem metabolisme. Seseorang yang kurus memiliki sistem metabolisme yang bermasalah, dimana proses pembakaran kalori menjadi energi bekerja terlalu cepat, sehingga tubuhnya tidak sempat menyerap nutrisi dari makanan yang dikonsumsi. 

Hal ini merupakan dampak negatif yang didapat ketika metabolisme tubuh terlalu cepat. Maka kamu harus memperbaiki metabolisme tubuh agar dapat cepat gemuk dan berisi. Setidaknya dengan memperbaiki metabolisme tubuh, kamu akan mendapatkan meningkatkan berat badan. Berikut beberapa cara untuk meningkatkan laju metabolisme agar menambah berat badan dan menjaganya tetap ideal, sehingga tidak terjadi penurunan yang drastis dan membuat kamu kurus. 

Memenuhi Kebutuhan Gizi

Hal pertama yang bisa kamu lakukan agar sistem metabolisme tubuh berjalan dengan baik adalah dengan memenuhi kebutuhan gizi. Jangan mengkonsumsi makanan yang kaya akan protein saja, namun penuhi juga kebutuhan serta, vitamin, karbohidrat dan lemak bagi tubuh. Ketika kamu hanya fokus untuk memenuhi kebutuhan protein saja, nantinya kebutuhan lainnya tidak akan terpenuhi. 

Cara untuk memenuhi kebutuhan gizi adalah dengan memvariasikan menu makanan dengan pedoman gizi yang seimbang. Sehingga semua kebutuhan harian kamu terpenuhi. Konsumsilah secara rutin, dengan begitu kamu akan mengalami peningkatan berat badan juga, selain itu sistem metabolisme dalam tubuh perlahan normal. 

Lakukan Olahraga Dengan Intensitas Yang Rendah

Jika laju metabolisme kamu terlalu cepat, maka kamu bisa mengatasinya dengan mengurangi intensitas olahraga kamu yang padat dan masuk kategori berat menjadi intensitas yang rendah. Yaitu intensitas olahraga ringan dengan frekuensi waktu yang pendek aku sebentar saja. Hal ini bertujuan untuk menjaga sistem metabolisme yang normal. 

Sehingga dengan intensitas olahraga yang rendah, proses pembakaran kalori tidak akan terjadi secara berlebihan dan membakar semuanya. Kamu bisa melakukan olahraga dengan intensitas rendah adalah dengan berenang dan senam lantai. Kurangilah frekuensi atau waktu kamu berolahraga, jika sebelumnya kamu lakukan selama 1 jam full, maka mulai kurangi menjadi 30 menit saja. 

Konsumsi Air Putih Secukupnya

Seseorang yang memiliki masalah atau gangguan sistem metabolisme dan cenderung kurus, dianjurkan untuk mengonsumsi air putih secukupnya saja, dan tidak boleh berlebihan. Mengonsumsi air putih secara berlebihan dapat membuat sistem metabolisme berjalan dengan cepat dan melakukan proses pembakaran kalori dan lemak pada tubuh. Hal inilah yang membuat kamu kesulitan menambah berat badan, karena tubuh terus membakar kalori serta lemak. 

Dengan mengkonsumsi air maksimal 2 liter setiap harinya, sistem metabolisme tubuh akan bekerja kembali dengan normal. Jika sebelumnya kamu selalu mengkonsumsi air dalam jumlah yang lebih tinggi, cara satu inilah untuk mengontrol agar sistem dan laju metabolisme yang over cepat kembali ke laju metabolisme yang normal dan tidak terlalu cepat. Sehingga kamu dapat menambah bobot tubuh dengan baik. 

Istirahat Yang Cukup

Tingginya laju metabolisme dalam tubuh seseorang, akan menyebabkan seseorang mudah merasa lelah dan lesu. Hal ini dikarena energi tubuhnya yang banyak terbuang. Sehingga kamu emmebutuhkan wkatuistirhata yang lebih lama dari biasanya. Hal ini dilakukan guna mengembalikan energi yang hilang karena aktivitas harian maupun karena sistem metabolisme yang terlalu cepat.

Mengonsumsi Susu dan Produk Olahannya

Selain itu, kamu dapat mengkonsumsi susu dan produk-produk olahan darinya. Susu memiliki kandungan protein, karbohidrat sehingga lemak yang cukup untuk menambah berat badan. Selain itu kandungan lemak sehat di dalamnya jika dikonsumsi secara rutin dapat menambahkan berat badan secara signifikan. 

Kamu tidak perlu khawatir, karena susu memiliki kandungan lemak sehat yang aman bagi tubuh. Selain itu susu juga memiliki kandungan yang kaya akan kalsium, sehingga selain menambah berat badan, kesehatan tulang dan gigi juga akan terjaga. Kamu bisa mengkonsumsi produk olahan susu seperti keju maupun yogurt secara teratur. 

Buah Alpukat

Buah alpukat merupakan salah satu buah yang dapat dikonsumsi untuk menambahkan berat badan dengan baik. Kalori yang sudah banyak terbakar bisa kamu dapatkan kembali dengan mengonsumsi buah alpukat. Dalam satu buah alpukat memiliki kandungan 160 gram protein dan 14, 7 gram lemak sehat dari setiap 100 gram buah alpukat. 

Kamu juga dapat mengkonsumsi buah alpukat dalam bentuk olahan seperti smoothies atau jus yang memiliki kandungan gula. Dengan mengkonsumsinya secara rutin kamu saat menambahkan berat badan dengan baik. Kamu tidak perlu khawatir karena kandungan lemak dalam buah alpukat adalah lemak sehat. 

Mengkonsumsi Cemilan Harian

Selain mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi, kamu dapat memenuhi kebutuhan tubuh dengan mengkonsumsi cemilan sehat. Cemilan merupakan salah satu cara untuk meningkatkan berat badan dan membuat seseorang cepat gemuk. Kamu bisa mengkonsumsi makanan seperti coklat hitam, roti gandum, yogurt, buah-buahan. Hal ini guna menambahkan kalori tambahan bagi tubuh. 

Selain bertujuan untuk menambah berat badan tubuh, karena mengalami penurunan berat badan ekstrim karena sistem metabolisme yang cepat. Kamu harus menghindari beberapa jenis camilan yang berbahaya, seperti gorengan karena kandungan minyak jenuh dan kolesterol didalamnya akan mengancam kesehatan. 

Selain karena sistem metabolisme yang terlalu cepat, ada beberapa penyebab seseorang mengalami susah naik berat badan meskipun metabolismenya sudah normal. Berikut beberapa hal yang menyebabkan seseorang susah naik berat badan.

  • Mengalami infeksi seperti tuberkulosis atau HIV
  • Malabsorbsi makanan, yaitu seperti penyakit Celiac
  • Riwayat kanker stadium lanjut
  • Anoreksia nervosa atau gangguan makan
  • Malnutrisi atau kurang gizi
  • Gangguan kesehatan psikologis, seperti stress hingga depresi
  • Menderita penyakit tertentu seperti hipertiroidisme hingga diabetes

Jika kamu sudah melakukan banyak hal untuk memperbaiki metabolisme tubuh agar cepat gemuk, namun gagal. Makan, kami merekomendasikan kamu untuk segera melakukan konsultasi dengan dokter gizi terdekat. Karena nantinya kamu bisa mengatasi permasalahan yang terjadi melalui konsultasinya. 

Demikian pembahasan mengenai cara untuk memperbaiki metabolisme dalam tubuh, supaya tubuh cepat gemuk. Jika berat badan kamu sudah bertambah, maka pertahankan dengan melakukan beberapa cara di atas yang sudah kamu jelaskan.

metabolismemetabolisme tubuh