Cara Membuat Tempat Makan Kucing Otomatis Sendiri

Nesiaverse.com – Memberikan makanan untuk kucing peliharaan di rumah sangatlah perlu untuk dilakukan. Karena dengan memelihara kucing artinya kamu harus bisa merawat mereka, salah satunya yaitu memberikan makanan yang sehat kepada kucing agar tumbuh dengan baik.

Mungkin buat kamu yang masih pemula atau masih bingung memilih makanan kucing dan menyediakan tempat makan kucing, tidak perlu khawatir karena bisa kamu membuat sendiri tempat makan kucing otomatis tanpa khawatir mengeluarkan biaya yang banyak dan simpel.

Cocok juga nih, buat kamu yang memiliki jiwa-jiwa kreatif dengan menuangkan idenya untuk mencoba membuat tempat makan kucing. Cara membuat tempat makan kucing otomatis sendiri bisa kamu lakukan dengan memanfaatkan barang-barang bekas yang ada di rumah, lho.

Advertisment

Lalu kalau begitu bagaimana cara membuat tempat makan kucing otomatis sendiri? Nah, disini akan memberikan beberapa tips atau cara untuk membuat tempat makan kucing otomatis yang simpel dan mudah dilakukan sendiri. Jadi simaklah ulasannya di bawah ini dengan seksama!

Cara Membuat Tempat Makan Kucing Otomatis Sendiri

Advertisment

Memberikan perawatan kepada kucing peliharaan di rumah memang sudah menjadi sebuah kewajiban bagi kamu yang memelihara kucing. Tidak cukup hanya dengan memberikan makan, namun kamu juga harus menyediakan segala peralatan atau wadah tempat makan si kucing.

Di zaman yang sudah modern ini tentu saja banyak memproduksi alat-alat atau tempat makan kucing yang canggih dan otomatis. Membuat kamu jadi tidak perlu repot-repot untuk bolak-balik menyajikan makanannya ke wadah makan si kucing setiap harinya, sangat melelahkan.

Tapi, dengan alat otomatis akan mempermudah kamu dalam menyajikan makanan untuk kucing dengan sendirinya atau otomatis. Cocok buat kamu yang jarang ada di rumah, sedangkan di rumah ada kucing kesayangan yang sedang menunggu diberi makan saat lapar.

Namun, karena alat makan otomatis untuk kucing ini pastinya cukup mahal dan memerlukan budget yang cukup untuk membelinya. Eitss.. jangan terlalu sedih dulu nih, kamu sendiri bisa kok membuat tempat makan kucing otomatis dengan memanfaatkan barang-barang bekas.

Apalagi buat kamu yang kreatif dan mahir membuat apapun hanya dari barang bekas seperti toples, botol, kardus, dan wadah plastik, pasti dengan mudahnya menciptakan sebuah maha karya apapun. Nah, salah satu mahakarya tersebut adalah tempat makan kucing otomatis.

Selain mudah dilakukan atau dibuat, cara ini juga sangat hemat tanpa harus mengeluarkan biaya yang banyak. Bahkan kalau kamu sudah memiliki banyak barang-barang bekas tidak perlu lagi tuh yang namanya keluar uang sepeserpun, hanya tinggal langsung praktik saja.

Sebelum memulai untuk membuat tempat makannya, kamu perlu menyediakan terlebih dahulu bahan atau material dan alat bantu yang akan dibutuhkan nantinya dalam proses pembuatannya. Nah, berikut adalah alat dan bahan yang perlu kamu sediakan, diantaranya:

  • Toples plastik bekas wafer atau sosis
  • Wadah plastik persegi panjang bekas salad atau es cream
  • Lem tembak atau lem lilin
  • Cutter dan spidol

Jika bahan dan alat sudah tersedia pastikan semuanya bersih atau kamu bisa bersihkan terlebih dahulu kalau wadah dan toplesnya kotor. Lalu langsung saja praktikan cara membuat tempat makan kucing otomatis sendiri dengan mengikuti langkah-langkah berikut di bawah ini:

  • Pertama kamu bisa ukur terlebih dahulu untuk nantinya toples ditempelkan pada ujung wadah bekas. Caranya simpan bagian bawah toples di atas bagian ujung wadah plastik, tandai dengan spidol sesuai ukuran yang kamu inginkan. Usahakan untuk tidak begitu memakan tempat yang berlebih, karena nantinya setengah bagian wadah tersebut juga digunakan sebagai tempat makan kucing.
  • Potong menggunakan cutter wadah plastik yang telah dikasih tanda, cukup potong bagian sisi wadahnya saja jangan sampai memotong bagian alas wadahnya. Potong memutar untuk membuang bagian sisi-sisinya supaya nantinya si toples bisa di tempelkan disitu.
  • Jika sudah di potong bagian sisi wadahnya, kamu bisa mengesampingkan terlebih dahulu wadah tersebut dan lanjut membuat lubang kecil persegi panjang di bagian bawah toples. Gambar bentuk persegi panjang di bagian bawah toples supaya tidak terlalu besar atau kecil nantinya saat di lubangi. Kalau sudah di gambar potong mengikuti garis-garis gambar persegi panjang tersebut menggunakan cutter. Lubang ini nantinya sebagai jalan keluarnya makanan kucing menuju wadah plastik sebagai tempat makan si kucing.
  • Selanjutnya jika wadah dan toples sudah selesai di desain dan di lubangi, kamu bisa menggunakan lem tembak pada bagian sisi wadah plastik yang sebelumnya sudah dipotong dan berikan lem tembak pada bagian bawah toples serta bagian bawah alas toples.
  • Rekatkan toples ke wadah dengan bagian lubang yang menghadap ke dalam wadah plastik tersebut. Tekan-tekan dan biarkan selama beberapa menit sampai lemnya benar-benar merekat sempurna. Nantinya akan membentuk seperti dispenser dengan toples sebagai penampung makanannya dan wadah sebagai penyokong makanan atau media tempat makan untuk kucing.
  • Jika sudah merekat sempurna, kamu bisa mengisi toples tersebut dengan dry food kucing sampai benar-benar penuh terisi. Buka bagian tutup toples untuk isi ulang dan tutup rapat-rapat jika selesai di isi ulang supaya makanan kucing tetap terjaga kualitasnya.
  • Makanan yang terdapat pada toples terisi penuh, nantinya akan keluar melalui lubang di bawah toples ke wadah makan si kucing secara otomatis.
  • Bisa kamu simpan dimana saja dan sangat praktis untuk digunakan.

Nah, di atas itu adalah membuat tempat makan dan penampung makanan otomatisnya, kalau buat kamu yang sudah punya wadah makan kucing dan ingin makanannya terisi secara otomatis bisa membuat bagian penampung makanannya saja. Kamu dapat menggunakan botol aqua bekas yang cukup besar, caranya seperti berikut di bawah ini:

  • Sediakan botol plastik untuk ukuran yang 1-2 liter, cutter, gantungan tempel, dan spidol.
  • Pertama kamu bisa potong bagian bawah botol aqua, tapi jangan sampai setengahnya cukup sebagian kecilnya saja untuk membuat lubang yang nantinya untuk menuangkan makanan kucing ke botol tersebut. Kamu bisa tandai pakai spidol terlebih dahulu untuk mempermudah memotongnya nanti, ingat cukup potong bagian alas bawah botol aqua.
  • Jika sudah di tandai kamu bisa mulai potong pakai cutter dan membuat lubangnya.
  • Selanjutnya kamu buat juga lubang kecil di bagian sisi belakang botol aqua, gunanya untuk menggantungkan botol tersebut ke gantungan tempel, cukup lubangi kecil saja.
  • Lalu kalau sudah kamu bisa dikesampingkan terlebih dahulu botol tersebut dan mulai cari spot untuk menggantungkan botol tersebut, bisa di dapur dan tempelkan gantungan tempelnya ke lemari atau tembok, bebas bisa dimana saja asalkan kucing nyaman.
  • Rekatkan gantungan tempel tersebut pada spot yang sudah kamu tentukan, lalu bisa gantungkan botol aqua sebelumnya yang sudah kamu lubangi kecil ke gantungan tempel.
  • Posisikan wadah makan kucing tepat di bawah botol tersebut, dan buka bagian tutup botol untuk jalan keluar makanan kucing nantinya.
  • Isi sampai penuh dengan dry food kucing ke dalam botol dan biarkan makanannya keluar secara otomatis ke wadah makan kucing.
  • Pastikan untuk menutup bagian atas botol aqua jika sudah diisi ulang dengan makanan kucing menggunakan bagian sisa botol yang terpotong sebelumnya.

Itulah beberapa cara membuat tempat makan kucing otomatis sendiri, mungkin perlu untuk kamu ketahui. Siapa tau kamu tertarik membuat tempat pakan otomatis untuk kucing hanya dengan bahan atau barang bekas yang bisa mudah kamu dapatkan dan temukan dimana saja.

Usahakan untuk rutin membersihkan tempat makan kucing, supaya tidak mudah kotor dan higienis. Sehingga makanan pun terjaga kebersihannya serta terhindar dari kuman atau bakteri yang dapat merusak kualitas makanan dan nilai gizinya. Good Luck semoga membantu.

kucingtempat makan kucing