Cara Membuat Rumah Tempat Tidur Kucing Dari Kardus Aqua

Nesiaverse.com – Seringkali kita menemukan kucing di pinggir jalan atau di sekitaran rumah yang tidak memiliki tempat tinggal, bahkan mencari makan pun sangat sulit bagi mereka. Memang sudah sewajarnya hidup kucing liar seperti itu, mereka harus mampu bertahan hidup.

Namun, sebagai cat lovers tentunya sangat menyayangkan sekali ketika melihat kucing liar yang tidak mempunyai tempat untuk berteduh dan istirahat yang selayaknya. Ada berbagai cara untuk membantu mereka yaitu salah satunya adalah membuatkan rumah tempat tidurnya.

Biasanya orang-orang membuatnya dengan memanfaatkan kardus-kardus bekas aqua dan cara membuat rumah tempat tidur kucing dari kardus aqua ternyata cukup mudah, bisa kamu buat sendiri di rumah. Cocok juga buat kamu yang memelihara kucing, tetapi tidak selalu di rumah.

Advertisment

Lalu kalau begitu bagaimana cara membuat rumah tempat tidur kucing dari kardus aqua? Nah, disini akan memberikan beberapa tips atau cara membuat rumah untuk tempat tidur kucing hanya dari bahan kardus aqua bekas. Jadi simaklah ulasannya di bawah ini dengan seksama!

Cara Membuat Rumah Tempat Tidur Kucing Dari Kardus Aqua

Advertisment

Memelihara kucing sangatlah mengasyikan bukan? Kamu jadi merasa punya teman di rumah, tidak perlu khawatir akan kesepian lagi. Hanya dengan bermain bersama kucing dan melihat tingkah laku mereka yang lucu, pastinya sudah cukup untuk menghibur kamu ketika bosan.

Namun, tentu saja memelihara kucing itu artinya kamu juga harus bisa merawat mereka dengan baik. Mulai dari memberinya makan makanan yang sehat, minum, dan menyediakan tempat tinggalnya agar mereka punya tempat sendiri untuk tidur ataupun tempat istirahat.

Karena membeli kandang kucing itu cukup mahal, kamu bisa membuatnya sendiri di rumah menggunakan kardus. Gunakan ide-ide kreatif kamu dalam membuat rumah tempat tidur untuk kucing sebagus mungkin dan senyaman mungkin bagi kucing tidur nantinya.

Kardus adalah bahan atau material yang tepat untuk membuat berbagai macam kerajinan seperti tempat pensil, tong sampah, atau bingkai foto, kardus juga bisa kamu manfaatkan dengan sedemikian rupa untuk membuat rumah kucing tanpa mengeluarkan biaya mahal.

Apalagi buat kamu yang memang memelihara kucing yang di bebas liarkan dan tidak terlalu di kekang harus berdiam di rumah terus. Karena kamu bisa menempatkan rumah kardusnya dimana saja, entah itu di dapur atau di dekat kamar mandi, teras rumah, dan ruangan lainnya.

Meskipun rumah kardus tidak akan bertahan lama, setidaknya bisa kamu daur ulang dengan membuatnya kembali dan bisa di reka ulang mengikuti ide kamu sendiri. Bahkan kamu bisa menciptakan kandang yang lebih besar dari kardus, bermanfaat untuk mengasah kekreatifan.

Tentu saja sebelum membuat rumah tempat tidur kucing, kamu harus menyediakan terlebih dahulu alat-alat dan bahan yang akan diperlukan nantinya. Supaya dalam proses pembuatan rumah untuk kucing jadi gak repot dan sudah tersedia. Berikut adalah alat dan bahannya, yaitu:

  • Sediakan 2 kardus aqua bekas yang cukup besar
  • Gunting, cutter, penggaris dan pensil
  • Lem tembak
  • Kain bersih dan sisa-sisa kain bekas yang sudah terpotong kecil
  • Jarum dan benang

Kalau alat dan bahan yang dibutuhkan sudah tersedia, langsung saja praktek untuk membuat rumah dan tempat tidur kucing. Kamu bisa ikuti cara membuat rumah tempat tidur kucing dari kardus aqua yang akan dijelaskan seperti berikut di bawah ini, yaitu:

  • Tentukan terlebih dahulu desain rumah kucing yang akan kamu buat, disini akan memberi cara membuat rumah kucing yang simple dan mudah di buat sendiri.
  • Pisahkan kedua kardus yang akan digunakan sebagai tempat tidurnya dan untuk membuat atap-atapnya supaya lebih luas dan tinggi. Karena kalau langsung pakai satu kardus kurang tinggi serta nantinya bagian langit-langit pendek dan terbuka.
  • Gunakan satu kardus yang akan dipakai untuk membuat atapnya, cobalah ukur dan gambar terlebih dahulu kardusnya supaya menyerupai persegi panjang. Kamu bisa ukur dan sesuaikan mengikuti seberapa besar ukuran kardus yang akan dijadikan rumahnya.
  • Jika sudah di desain atau di gambar, kamu gunting mengikuti pola atap persegi panjang yang telah kamu gambar. Lalu kalau sudah di gunting lipat bagian tengah kardus persegi panjang tersebut sehingga menyerupai segitiga atau seperti atap rumah pada umumnya.
  • Kalau sudah selesai membuat bagian atasnya, selanjutnya gunakan kardus yang satunya lagi tapi jangan di bongkar, cukup buka bagian lipatan-lipatan atasnya dan bentuk seperti kubus. Rekatkan menggunakan lem tembak bagian sisi lipatan-lipatan atas kardus supaya bisa merekat, jadi nantinya kardus tersebut terlihat semakin tinggi.
  • Setelah lemnya cukup merekat, kamu bisa melubangi bagian sisi depan kardus sebagai pintu masuknya dan kalau kamu mau bisa tambahkan jendela juga di bagian sisi kanan atau kiri kardus tersebut, cukup lubangi kecil-kecil saja untuk jendelanya menggunakan cutter. Sedangkan untuk pintunya kamu bisa lubangi agak besaran dibandingkan jendela.
  • Selanjutnya bisa kamu simpan terlebih dahulu kardus-kardus yang sudah kamu desain dan atapnya untuk di ke-pinggirkan, jangan diletakkan terlebih dahulu bagian atasnya.
  • Mulailah untuk membuat bantal dan kasur kucing dari kain bekas yang bersih. Seperti biasa kamu harus didesain terlebih dahulu, ukur dan gambar sesuai ukuran yang kamu inginkan untuk membuat kasur kucing. Lalu gunting kain yang sudah kamu desain dan jahitan menggunakan jarum serta benang, sisakan sedikit lubang jangan dijahit semuanya.
  • Masukan sisa-sisa kain bekas yang sudah terpotong kecil-kecil kedalam lubang kain yang telah kamu desain dan jahit sampai benar-benar penuh. Masukan sedikit demi sedikit sambil di ratakan agar tidak menggumpal di satu post saja, lalu jahit lubangnya kalau sudah terisi penuh. Begitupun dengan membuat bantalnya, lakukan hal yang sama seperti membuat kasur hanya saja ukurannya lebih kecil dari kasur. Untuk ukuran kasur kamu bisa sesuaikan dengan luasnya bagian alas kardus aqua yang kamu gunakan.
  • Setelah itu masukan kasur yang sudah kamu buat ke dalam kardus beserta bantalnya, rapikan dan posisikan se nyaman mungkin. Lalu tutup bagian atas kardus menggunakan atap yang telah kamu desain sebelumya pakai lem tembak agar merekat dengan baik.
  • Tutup bagian depan atap yang berlubang menggunakan sisa-sisa kardus tadi yang digunakan untuk membuat atap. Sesuaikan dengan bentuk dan ukuran agar tertutup rapih.
  • Jika diperlukan kamu bisa menambahkan lampu tumblr sebagai hiasan agar tidak terlalu gelap saat malam hari dan untuk membuat suhu terasa lebih hangat, supaya kucing dapat tidur dengan nyaman di malam hari.
  • Kamu bisa menyimpan rumah kucing tersebut di dalam rumah ataupun di teras rumah.

Itulah beberapa cara membuat rumah tempat tidur kucing dari kardus aqua, mungkin perlu untuk kamu ketahui. Siapa tau kamu tertarik membuat rumah-rumahan untuk kucing menggunakan bahan yang ada dari kardus dan tidak perlu mengeluarkan biaya yang banyak.

Pastikan untuk rutin membersihkan kasurnya supaya tidak berdebu atau kotor, karena bisa mengganggu pernafasan si kucing. Hindari menyimpan rumah kardus kucing dari area yang basah, sebab memudahkan kardus menjadi lembek dan hancur. Good Luck semoga membantu.

kucingrumah kucing