Cara Membuat Pupuk Dari Kulit Bawang Merah

Nesiaverse.com – Banyak orang yang belum tahu dengan tepat mengenai dengan cara membuat pupuk dari kulit bawang merah, pupuk dari kulit bawang merah yang memiliki banyak manfaat untuk tanaman dan untuk mengetahui cara pembuatannya bisa dengan simak ulasannya dibawah ini.

Pastinya pada setiap petani atau kamu yang menanam tanaman ingin melihat tanaman tersebut tumbuh dengan subur dan sehat, tentu saja untuk bisa melihat tanaman tumbuh sehat dan subur diperlukan perawatan dan juga nutrisi yang tepat termasuk pemberian pupuk organik.

Sekarang ini sudah terdapat berbagai pupuk organik hasil buatan sendiri yang hanya dengan memanfaatkan bahan alami sisa atau sesuatu yang sudah dianggap sampah salah satu bawang merah, yaps bawang merah ini yang bisa dijadikan sebagai bahan alami untuk pupuk tanaman membantu nutrisi pada tanaman.

Advertisment

Dimana melansir dari Balcony Garden Web yang menyatakan bahwa kulit bawang merah adalah sumber kaya akan potasium yang sangat baik untuk tanaman, sehingga dengan menggunakan pupuk kulit bawang yang bermanfaat untuk membantu meningkatkan ketahanan tanaman terhadap penyakit, pertumbuhan serta batang menjadi sangat kuat.

Untuk kamu yang penasaran dengan cara membuat pupuk dari kulit bawang merah, pada artikel kali ini kita akan membahas dengan cara pembuatan pupuk yang tepat dengan menggunakan bahan dasar dari kulit bawang merah dan untuk itu yuk simak.

Advertisment

Cara Membuat Pupuk dari Kulit Bawang Merah

Kulit bawang merah sendiri merupakan bagian luar dari bawang merah dan biasanya kulitnya ini yang akan dibuang begitu saja, padahal ternyata kulit bawang merah ini yang memiliki manfaat yang melimpah terutama untuk tanaman yang dijadikan sebagai pupuk alami.

Manfaat dari kulit bawang merah untuk tanaman tentu saja berkat adanya kandungan magnesium, potasium, zat besi, fosfor, dan juga nitrogen yang berfungsi untuk membantu dalam proses pertumbuhan dan juga perkembangan tanaman.

Dimana kulit bawang  merah juga yang bisa membantu mencegah kerontokan bunga dan juga buah, meningkatkan kualitas hasil tanaman, meningkatkan hasil panen serta membantu dalam meningkatkan daya tahan tanaman terhadap penyakit dan hama.

Dalam proses mengaplikasikan kulit bawang merah pada tanaman yang tentu saja perlu mengolahnya terlebih dahulu menjadi pupuk cair, pupuk cair kulit bawang merah merupakan pupuk organik yang bisa dibuat dengan mudah secara mandiri di rumah dan pastinya murah meriah.

Dimana pupuk cair kulit bawang merah ini yang memiliki manfaat yang sangat melimpah, oleh karena tidak heran jika banyak para petani yang menggunakan pupuk cair yang satu ini, adapun untuk cara membuat pupuk dari kulit bawang merah yaitu sebagai sebagai berikut:

  • Terlebih dahulu masukkan 3 sampai 4  genggam kulit bawang merah ke dalam 1 liter air.
  • Kemudian tutup lubang wadah dengan benar.
  • Lalu biarkan selama 24 jam atau hingga 48 jam.
  • Dengan menyimpannya selama 48 jam yang akan memberikan manfaat yang lebih untuk tanaman.
  • Jika sudah kemudian saring campuran air kulit bawang merah dan gunakan bagian cairannya.
  • Kamu bisa menggunakan sisa padat dari bawang merah tersebut untuk membuat kompos cacing atau kascing.

Setelah kamu mengetahui dengan beberapa tahap cara membuat pupuk dari kulit bawang merah, selanjutnya kamu juga perlu mengetahui dengan cara menggunakan pupuk dari kulit bawang merah tersebut dan untuk cara menggunakannya yaitu sebagai berikut:

Sebenarnya kamu bisa menggunakan pupuk cair organik dari kulit bawang merah ini yang bisa dalam bentuk semprotan, tetapi sebelum mengaplikasikannya terlebih dahulu encerkan dengan mencampurkan 100 sampai 200 ml pupuk cair dalam 1 liter air.

Setelah itu kemudian aplikasikan banyaknya sesuai dengan kebutuhan tanaman tersebut, disarankan untuk menggunakan pupuk cair kulit  bawang merah ini sekali setiap 1 minggu untuk membantu meningkatkan ketahanan tanaman terhadap penyakit dan juga hama.

Selain itu juga perlu kamu ketahui bahwa penyimpanan pupuk cair kulit bawang merah ini yang bisa bertahan selama 10 sampai 15 hari sejak pembuatannya, sangat mudah untuk cara membuat pupuk dari kulit bawang merah dan tentunya pupuk cair yang murah meriah namun kaya akan manfaatnya.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai dengan beberapa cara membuat pupuk dari kulit bawang merah yang bisa kamu ketahui dan coba dirumah secara mandiri, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat selamat mencoba dan rasakan manfaatnya.

bawang merahpupuk