Cara Membuat Parfum Kucing Sendiri

Nesiaverse.com – Parfum merupakan suatu produk pewangi yang biasa kamu gunakan agar tubuh atau baju kamu terasa lebih wangi dan segar. Uniknya di zaman sekarang yang sudah modern ini memproduksi parfum bukan hanya untuk manusia saja, tetapi untuk kucing juga.

Menarik sekali bukan? Bahkan sekarang sudah banyak tersedia di berbagai petshop dan olshop. Menyediakan berbagai macam jenis parfum dengan varian aroma yang harum dan segar untuk kucing kesayangan kamu di rumah, supaya tubuhnya tidak mudah bau apek atau bau pesing.

Cara membuat parfum kucing sendiri pun dapat kamu lakukan, lho! Mungkin ada yang tertarik untuk bereksperimen dalam meracik atau membuat sebuah parfum teruntuk kucing kamu. Tapi, kamu juga harus memperhatikan setiap bahan-bahan yang digunakan sesuai takarannya.

Advertisment

Lalu kalau begitu bagaimana cara membuat parfum kucing sendiri? Nah, disini akan memberikan beberapa tips atau cara membuat parfum sendiri untuk kucing di rumah secara menyeluruh agar kamu pahami. Jadi simaklah ulasannya di bawah ini dengan seksama!

Cara Membuat Parfum Kucing Sendiri

Advertisment

Kucing adalah hewan yang lucu dan menggemaskan, membuat kebanyakan orang tertarik untuk memelihara mereka. Bahkan kucing ini begitu disayangi oleh para pemiliknya, sampai-sampai ada lelucon kalau pemiliknya adalah babu mereka dan kucing adalah majikannya hihi..

Ras kucing sendiri sangat banyak jenisnya di dunia, tapi di Indonesia yang umum dipelihara adalah ras kucing Anggora, Persia, dan kucing kampung. Mereka memiliki keunikannya tersendiri, baik secara fisik maupun dari tingkah laku kucing yang suka random di luar nalar.

Merawat kucing sudah menjadi kewajiban bagi para pemiliknya, salah satunya adalah dengan menjaga tubuh atau bulu kucing tidak bau. Supaya tubuh mereka tetap wangi seharian, tentu saja pemberian parfum adalah hal yang tepat untuk membuat tubuh kucing wangi dan segar.

Tetapi, apakah parfum aman untuk kucing? Tentu saja parfum aman untuk kucing, kecuali parfum manusia yang tidak boleh kamu gunakan pada kucing. Karena menggunakan bahan-bahan kimia yang berbahaya untuk kucing jika terjilat, serta wanginya yang tajam tidak cocok.

Bisa-bisa kucing jadi pusing, mual, dan merasa tidak nyaman dengan aroma parfum manusia yang terlalu kuat. Harusnya kucing menggunakan parfum khusus untuk hewan peliharaan, tanpa menggunakan bahan-bahan kimia jadi sangat aman dan terbuat dari bahan alami.

Selain itu parfum khusus untuk kucing juga tidak hanya menghilangkan bau, tapi membantu membasmi kutu juga. Walaupun begitu tetap saja kamu harus rutin memandikan kucing setidaknya 4-6 minggu sekali menggunakan shampo khusus, dan jangan lupa rutin di sisir.

Jika kamu ingin memilih produk parfum pun harus perhatikan secara teliti apa saja kandungan yang terdapat dalam parfum, hindari juga aroma yang terlalu menyengat, pastikan tidak menggunakan zat-zat kimia berbahaya, serta cari juga produk parfum dari bahan alami.

Nah, buat kamu yang ingin mencoba membuat parfum untuk kucing dengan menggunakan bahan alami, disini akan memberikan tipsnya dengan mudah. Berikut ada beberapa cara membuat parfum kucing sendiri, diantaranya adalah:

Sediakan Beberapa Bahan Yang Diperlukan

Ada beberapa bahan-bahan alami yang mudah kamu temukan untuk dijadikan parfum kucing, dengan memiliki manfaatnya tersendiri bagi kesehatan bulu serta memberi efek wangi. Nah, berikut adalah bahan-bahan alami yang diperlukan untuk membuat parfum kucing, yaitu:

  • Botol semprotan bekas
  • Air mineral steril
  • Air Mawar
  • Aloe Vera
  • Minyak Kelapa

Semua bahan-bahan tersebut memiliki perannya masing-masing dalam proses pembuatan parfum untuk kucing yang aman digunakan, tanpa khawatir aromanya terlalu menyengat atau terdapat zat kimia beracun untuk kucing jika sampai terjilat karena menggunakan bahan alami.

Air mineral steril disini berperan sebagai cairan pelarut agar semua bahan-bahan lainnya bisa tercampur rata. Kenapa harus air mineral steril? Sebab kalau menggunakan air keran, takutnya tidak higienis dan terdapat banyak bakteri, lebih tepatnya supaya lebih aman digunakan.

Air mawar berperan sebagai pewangi alami yang tidak begitu menyengat dan segar, sehingga tidak akan mengganggu penciuman si kucing yang sensitif. Selain itu air mawar juga mampu membantu menghilangkan bau apek pada tubuh kucing dan aman digunakan teruntuk hewan.

Aloe vera atau lidah buaya berperan sebagai pelembab alami yang membantu menjaga bulu atau kulit kucing tetap halus dan lembut, tidak mudah kusut, kulit terhidrasi, serta sebagai sumber vitamin yang bagus untuk kesehatan kulit maupun bulunya agar tetap sehat mengkilap.

Minyak kelapa berperan sebagai anti kutu untuk kucing, jadi tidak hanya sembarangan parfum saja melainkan membantu kucing mengatasi masalah kutu juga. Karena kandungan asam laurat di dalam minyak kelapa, mampu membasmi kutu pada kucing secara efektif dan alami.

Memulai Proses Pembuatan Parfum Kucing

Jika bahan-bahan yang diperlukan sudah tersedia, kamu bisa langsung membuat parfum untuk kucing dari bahan alami. Pastikan semuanya dalam keadaan bersih dan steril, termasuk tangan kamu juga. Berikut langkah-langkah dan cara membuat parfum kucing sendiri, yaitu:

  1. Pastikan untuk mengupas bagian kulit daun aloe vera dan ambil ekstrak aloe vera menggunakan sendok atau garpu dengan cara di keruk-keruk hingga membentuk seperti gell, lalu simpan ke wadah bersih ekstrak aloe vera yang sudah kamu keruk.
  2. Tuangkan air mawar 10 ml, minyak kelapa 5 ml, dan air mineral steril 20 ml ke wadah bersih yang lain. Lalu mix ketiga bahan tersebut hingga terlarut dan tercampur rata, serta tambahkan ekstrak aloe vera yang sebelumnya sudah kamu keruk sebanyak 2 sdm dan mix lagu sampai semua bahan tercampur dengan baik.
  3. Jika sudah selanjutnya kamu masukan cairan tersebut ke dalam botol semprotan bekas yang sudah dibersihkan sebelumnya menggunakan corong kecil, agar lebih cepat masuk.
  4. Isi sampai botol terisi penuh, dan kocok sebelum digunakan agar tercampur rata.
  5. Gunakan secara rutin dengan menyemprotkan parfum ke telapak tangan kamu terlebih dahulu, lalu usap-usap ke bagian tubuh atau bulu si kucing.

Gimana? Sangat mudah dan pastinya bahan-bahan tersebut bisa kamu dapatkan dimana saja. Aman digunakan kepada kucing, membantu menyehatkan bulu dan kulit si kucing, membasmi kutu, dan harumnya juga cukup tahan lama, bisa kamu reapply kembali jika sudah tidak wangi.

Sesudah memakaikan parfum pada kucing, pastikan kamu juga menyisir bulunya supaya membantu mengangkat telur kutu pada tubuh kucing serta bulunya jadi lebih rapi tidak kusut dan mudah diatur. Rutin menggunakannya setiap hari dan jangan lupa rutin memandikan kucing.

Itulah beberapa cara membuat parfum kucing sendiri yang mungkin perlu untuk kamu ketahui, siapa tau tertarik membuat parfum kucing dengan usaha sendiri dan bisa kamu jadikan sebagai hadiah teruntuk kucing kesayangan di rumah, supaya kucing kamu bisa tampil lebih wangi.

Hindari menyemprotkan parfum pada area wajah kucing seperti mata, hidung, dan mulut. Karena bisa menyebabkan kucing bersin-bersin, beresiko cairan parfum masuk ke dalam mata kucing serta mengiritasi. Stop pemakaian jika kucing jadi alergi. Good Luck semoga membantu.

kucingparfum kucing