Cara Membuat Kucing Nyaman

Nesiaverse.com – Menjinakkan kucing bukanlah suatu hal yang mudah untuk dilakukan, memerlukan effort yang lebih banyak dan cukup memakan waktu karena tidak semudah atau secepat itu membuat kucing bisa jinak serta membuat mereka jadi lebih nurut kepada kamu.

Point yang paling penting adalah mencari cara membuat kucing nyaman terlebih dahulu. Sebab kalau kucing sudah merasa nyaman terhadap kehadiran kamu, pastinya akan lebih mudah untuk mendekati si kucing dan memulai melakukan aksi lainnya agar kucing jadi lebih jinak.

Percaya deh, berusaha untuk membuat kucing jinak sampai mereka merasa nyaman sama kita itu sangat menyenangkan. Lebih menantang serta kamu juga jadi bisa merasakan setiap perjuangan dalam meluluhkan hati si kucing yang lucu dan sangat-sangat menggemaskan ini.

Advertisment

Lalu kalau begitu bagaimana cara membuat kucing nyaman? Nah, disini akan memberikan beberapa tips atau cara membuat kucing nyaman, baik itu terhadap lingkungannya ataupun kepada pemiliknya secara menyeluruh. Jadi simaklah ulasannya di bawah ini dengan seksama!

Cara Membuat Kucing Nyaman

Advertisment

Kucing merupakan makhluk teritorial yang akan merasa sangat nyaman apabila tinggal di daerah kekuasaannya sendiri. Jika mereka terpaksa harus pindah ke tempat tinggal yang baru, biasanya si kucing akan mengalami trauma, stress dan cemas akan lingkungan barunya.

Kebanyakan akan kesulitan untuk beradaptasi dan hal ini tentu dapat mempengaruhi masalah kesehatan pada si kucing. Seperti suka pup sembarangan, nafsu makan yang hilang, berantem dengan kucing tetangga sebelah bahkan berperilaku agresif, hiperaktif dan susah diatur.

Seekor kucing yang merasa tidak nyaman akan lingkungannya ditandai dengan seringnya mereka bersembunyi, Mereka akan lebih sering berlari mencari tempat yang dianggapnya memberikan keamanan serta kenyamanan. Hal ini disebabkan akibat timbulnya perasaan terancam, takut, khawatir akan adanya serangan, atau faktor lainnya yang mempengaruhi.

Jika demikian, bagaimana cara membuat kucing menjadi nyaman? Entah itu nyaman dekat kita, ataupun nyaman dengan lingkungan barunya. Nah, kamu bisa terapkan hal ini seperti berikut ada beberapa cara membuat kucing nyaman, diantaranya adalah:

Sediakan Tempat Persembunyian Untuk si Kucing

Kucing kerap kali bersembunyi dan mengamati keadaan lewat tempat persembunyiannya. Selain itu, mereka juga sering mencari tempat persembunyian saat merasa takut atau merasa terancam akan sesuatu. Usahakan untuk menyediakan tempat untuk mereka bersembunyi, seperti selimut, kardus, atau tempat tidur yang tertutup.

Si kucing akan semakin tenang dan nyaman di tempat tersebut, biarkan mereka menikmati waktunya di dalam persembunyian dan perlahan-lahan dapat beradaptasi. Kemungkinan kucing yang kamu adopsi memiliki karakter yang pemalu atau penakut, jadi mereka harus membiasakan terlebih dahulu di lingkungan barunya.

Beri Waktu Untuk Proses Pendekatan

Kamu harus ekstra sabar dan memberi kucing waktu untuk “mengenal” lingkungan barunya saat pertama kali bertemu atau saat si kucing dibawa ke rumah. Tahan keinginan yang memang sangat menggoda untuk langsung ingin bermain dengan si kucing atau mengunyel-unyelnya.

Bahkan menurut Dr. Ryane E. Englar, asisten profesor dan koordinator pendidikan klinis di Kansas State University di Manhattan, Kansas, mengatakan, “Yang paling penting adalah mengamati perilaku kucing sebelum mengajaknya bermain,” dikutip dari petmd.com.

Lama tidaknya proses pendekatan sendiri bergantung pada bagaimana si kucing merasa nyaman kepada kamu. Apalagi proses pendekatan terhadap kucing dengan ras tertentu, mungkin akan memakan waktu yang lebih lama, jadi cukup bersabar dan nikmati prosesnya.

Mengenalkan Lingkungan Baru si Kucing

Memberinya waktu ‘adaptasi’ juga dibarengi dengan pengenalan lingkungan di sekitarnya, lho. Mengutip dari Cats Protection, anjing dan kucing merupakan hewan yang dapat dilatih oleh kebiasaan sehari-hari. Akibatnya, akan sulit untuk beradaptasi dengan lingkungan baru.

Untuk membuat kucing lebih “mengenal” tempat barunya, penting bagi mereka untuk belajar tentang lingkungan di sekitarnya. Hal ini termasuk mengetahui di mana kucing buang air serta apa yang dia makan setiap harinya, dan itu sudah menjadi tugas kamu untuk membuat kucing merasa lebih baik dengan majikannya yang baru, tentu diperlukan waktu dan konsistensi.

Menciptakan Lingkungan Yang Aman dan Nyaman

Kebanyakan seekor kucing adalah hewan yang mandiri, mereka tidak memerlukan jalinan interaksi konstan dengan manusia untuk membuat dirinya merasa terpuaskan. Kalau kamu ingin membuat hubungan yang baik dengan kucing, kamu harus menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman untuknya.

Memang akan membutuhkan kesabaran serta usaha lebih untuk menjalin hubungan baik dengannya, tetapi terlepas dari bagaimana karakternya dan berapa usianya atau umur si kucing untuk bisa menyesuaikan. Kucing akan merasa senang mengenal kamu, apabila sampai memperhatikan hal seperti ini untuknya.

Pahami Tanda Kucing Merasa Nyaman atau Tidak

Menurut Michelson Found Animals, beberapa tanda kucing yang siap untuk berhubungan dengan orang baru adalah menggaruk permukaan benda, menggosok-gosokan dahinya, mengeluarkan suara menggeram lembut, dan ingin duduk atau dekat dengan orang yang dipercayainya. Tanda-tanda ini menunjukkan bahwa kucing mulai merasa nyaman.

Sedangkan tanda-tanda bahwa kucing tidak merasa nyaman dengan orang baru ditandai dengan sering menyembunyikan dirinya, menghindari kontak fisik atau interaksi, merasa waspada dan cemas dengan ekor atau telinga yang terjulur ke belakang, menggeram, mengepalkan cakar, menghindari mata kita, atau menunjukkan pernapasan yang terganggu.

Berikan Kucing Hadiah

Memang memaksakan untuk berinteraksi dengan si kucing merupakan hal yang tidak baik, tapi ternyata ada  beberapa hal yang dapat dilakukan lho! Salah satu cara diantaranya untuk membuat kucing semakin nyaman dengan kamu adalah dengan memberinya hadiah.

Tidak perlu muluk-muluk memberi hadiah Bugatti ataupun McLaren. Cukup memberikannya cemilan ekstra diluar jam makannya saja, sehingga si kucing akan merasa senang, puas, dan semakin membangun kedekatannya bersama kamu, bahkan jadi lebih penurut nantinya.

Ajaklah Bermain Bersama

Cara lain untuk membuat kucing semakin nyaman dengan kamu adalah dengan mengajaknya bermain bersama. Tidak harus permainan dengan interaksi secara langsung. Misalnya, menggunakan mainan laser untuk membuat kucing bermain dengan cahayanya dan mengikuti arah geraknya. Sudah termasuk cara menyenangkan untuk dapat bermain bersama si kucing.

Dengan cara ini juga si kucing akan semakin menyadari kehadiran kamu di lingkungan barunya tersebut. Kucing yang merasa bahagia akan menyalurkan energi yang positif dan lebih mudah untuk merasa nyaman terhadap lingkungannya. Maka dari itu luangkanlah waktu untuk ajak kucing bermain bersama, walaupun hanya beberapa jam saja supaya mereka tidak bosan.

Mulailah Melakukan Kontak Fisik

Kucing adalah makhluk yang senang dengan kontak fisik. Yah, bisa saja love languagenya memang berupa physical-touch. Seperti halnya seperti mengelus-ngelus dan membelai bulu si kucing akan membuat mereka menyadari dan memahami perasaan nyaman yang kamu beri.

Mulai sentuh si kucing pada bagian-bagian kecil seperti dahi, pipi ataupun seluruh tubuhnya. Sebab dijelaskan, ada suatu kondisi yang memungkinkan kucing bila bergesekan dengan benda atau bagian tubuh manusia, maka akan ada aroma yang ditransfer melaluinya. Hal ini dimaksudkan agar si kucing dapat lebih mudah mengenal kamu sebagai orang yang ia percaya.

Hindari Memberikan Hukuman

Tidak ada satupun makhluk yang senang mendapatkan perlakuan tidak mengenakan. Apabila pada satu waktu kamu mendapati si kucing enggan untuk nurut kepadamu, alias nakal. Jangan beri dia teguran maupun hukuman atas perbuatannya itu. Sebab kucing akan merasa kembali terancam apabila kamu menghukumnya dan malah justru memperparah kebiasaan buruknya.

Hal ini juga dapat merusak bonding antara kamu dan si kucing. Alih-alih memberikan kucing hukuman atas perilaku buruknya, cobalah untuk memberikannya apresiasi atas perilaku baiknya seperti memberikan hadiah berupa cemilan favoritnya. Nanti dia akan belajar dengan sendirinya cara mengasosiasikan perilakunya terhadap reward yang nantinya akan diberikan.

Jangan Membuat si Kucing Menjadi Stress

Cobalah untuk menjaga rutinitas lingkungannya sebaik mungkin. Bila perlu berikan treatment-treatment tambahan seperti menyisir bulunya, memandikannya dengan shampo khusus, menyediakan litter box beserta pasirnya untuk dia pup, serta memberikan vitamin.

Rutin juga memeriksakan kesehatannya pada dokter hewan agar bisa tetap terukur perkembangan serta kondisi tubuhnya. Karena selain menjaga kesehatan fisik, memperhatikan kesehatan mental si kucing pun sangat penting dan mempengaruhi setiap perilaku kucing.

Itulah beberapa cara membuat kucing nyaman yang mungkin perlu untuk kamu ketahui, agar kamu dapat melakukannya dengan baik seperti cara-cara yang telah dijelaskan sebelumnya di atas. Dengan begitu kucing akan mulai terbiasa dengan lingkungan dan suasana barunya.

Pastikan kamu melakukannya secara konsisten dan sabar, jangan terlalu memikirkannya dan berikan mereka waktu untuk beristirahat agar tidak kelelahan atau stress. Berikan juga mereka makanan yang sehat, supaya bisa tumbuh dengan baik. Good Luck semoga membantu!

kucing