Cara Membuat Kucing Nafsu Makan

Nesiaverse.com – Terkadang tidak sedikit orang yang mengalami masalah pada kucing peliharaannya seperti kucing yang kehilangan nafsu makan, tentu saja hal ini yang membuat para pemiliknya merasa bingung dan cemas namun jangan khawatir terdapat cara membuat kucing nafsu makan dan untuk itu yuk simak ulasan dibawah ini.

Kucing merupakan spesies mamalia karnivora kecil yang satu-satunya spesies dapat dipelihara dalam keluarga Felidae, kucing menjadi hewan peliharaan paling umum di Eropa dan juga Amerika Serikat, bahkan populasi kucing yang ada di seluruh dunia telah mencapai 500 juta ekor.

Bahkan tidak di Eropa dan Amerika Serikat saja namun masyarakat di Indonesia juga sudah banyak yang memelihara hewan yang lucu dan menggemaskan ini, kucing sama halnya seperti hewan peliharaan lain yang membutuhkan perawatan terbaik agar kucing tetap sehat.

Advertisment

Terdapat masalah yang kerap terjadi pada kucing salah satunya kucing kehilangan nafsu makan membuat kucing menjadi terlihat lesu dan juga kehilangan semangatnya, bahkan tidak hanya itu saja dengan kehilangan nafsu makan pada kucing yang bisa berujung pada banyak penyakit menyerang nya.

Oleh karena itu kamu sebagai pemiliknya yang harus memahami dengan sangat baik mengenai dengan cara untuk mengatasi masalah kucing kehilangan nafsu makan, agar kucing mau makan pada saat lemas sehingga kucing kesayangan kamu yang bisa kembali normal dan sehat dengan cepat.

Advertisment

Lalu bagaimana cara membuat kucing nafsu makan? Nah untuk kamu yang sedang mengalami masalah tersebut dan ingin tahu dengan cara menaikkan nafsu makan kucing bisa simak ulasan di bawah ini.

Cara Membuat Kucing Nafsu Makan

Dimana biasanya kucing yang terlepas dari tindakan-tindakan yang lucu kerap dilakukan oleh kucing yaitu pada saat mereka yang mencoba untuk merebut makanan atau meminta makan, namun terkadang kucing juga yang dapat menolak makan dan tidak memakannya sama sekali.

Nafsu makan kucing menjadi menurun tentu saja disebabkan oleh beberapa faktor penyebabnya, hal ini masih banyak orang yang mengetahuinya padahal sangat penting mengetahui faktor penyebabnya untuk bisa dengan mudah mengatasinya.

Sebenarnya kucing juga yang bisa tiba-tiba berhenti makan karena beberapa faktor yang menjadi kucing tidak mau makan diantaranya sebagai berikut:

Stres

Kucing sedang mengalami masalah terkait dengan mentalnya seperti stres menjadi faktor penyebab kucing kehilangan nafsu makan, hal yang menjadi penyebab kucing stres yaitu makanan seperti tiba-tiba berhenti memberikan makanan favoritnya membuat kucing menjadi rewel bahkan berhenti makan.

Jika memang kamu berniat untuk mengganti makanan kucing sebaiknya untuk pastikan melakukan transisi secara perlahan seperti contohnya memberikan sedikit demi sedikit makanan baru di samping makan favorit kucing yang saat ini.

Vaksinasi

Vaksinasi yang bisa menyebabkan efek samping pada kucing salah satunya nafsu makan yang menurun, oleh karena itu jika kucing yang mengalami nafsu makan menurun setelah vaksin maka kamu tidak perlu khawatir karena nantinya nafsu makan kucing yang akan kembali seperti biasanya.

Sakit

Kucing juga sama seperti manusia yang akan kehilangan nafsu makan pada saat sedang sakit, penyakit cukup ringan seperti sakit gigi sampai berbahaya seperti masalah pencernaan yang akan membuat kucing nafsu makannya yang berkurang.

Jika kucing kesayangan kamu yang tiba-tiba berhenti makan dan tidak kunjung membaik, maka kamu bisa segera dengan membawa kucing kesayangan kamu ke dokter hewan untuk memeriksa kesehatan kucing dan bisa segera ditangani dengan tepat.

Makanan Kurang Cocok

Untuk kucing yang memiliki sifat cukup rewel dan sangat memilih makanan bahkan tidak jarang kucing bisa memakan satu jenis makanan dengan lahap, lalu berhenti memakan karena alasan yang tidak cocok lagi dengan lidah mereka.

Biasanya hal ini yang terjadi karena produsen mengubah resep atau formula mereka secara tiba-tiba, apalagi kucing yang tidak suka jika mereka tidak bisa memakan makanan favorit mereka secara tiba-tiba.

Jika kamu sudah mengetahui dengan beberapa faktor penyebab yang membuat kucing menjadi tidak nafsu makan, maka berikut dibawah ini terdapat beberapa cara membuat kucing nafsu makan yaitu sebagai berikut:

Dengan Bereksperimen Makanan Kucing

Dimana salah satu penyebab paling sering muncul membuat kucing tidak mau makan yaitu karena dia tidak menyukai makanan tersebut, dengan begitu kamu bisa dengan melakukan eksperimen dengan memberikan berbagai macam makanan kucing berbeda-beda.

Kamu bisa dengan memberikan makanan kering atau basah, ayam atau ikan dan masih banyak lagi makanan lainnya, pastikan makanan yang kamu berikan memang makanan bisa dikonsumsi oleh kucing kamu yang bergizi dan juga bisa memenuhi kebutuhan harian.

Dengan Merangsang Nafsu Makanan

Kucing yang akan menjadi lebih nafsu makan pada saat mencium aroma makanan lezat, oleh karena itu kamu bisa dengan mencoba memanaskan makanan basah selama beberapa detik dan biarkan aromanya tercium oleh kucing.

Dengan aroma yang menyengat dari makanan basah yang masih panas yang diharapkan bisa membantu meningkatkan nafsu makan kucing kesayangan kamu.

Dengan Menyajikan Makanan pada Wadah Berbeda

Selanjutnya untuk cara membuat kucing nafsu makan yaitu dengan menyajikan makanan pada wadah yang berbeda memang terlihat sepele, namun ternyata  pemilihan wadah makanan sangat penting dan bisa mempengaruhi nafsu makan kucing.

Sebaiknya kamu memilih wadah makan yang nyaman dan terbuat dari bahan aluminium anti karat, kaca atau keramik karena ketiga bahan tersebut tahan lama dan tentunya lebih mudah dibersihkan, hindari menggunakan wadah makanan berbahan plastik karena permukaannya mudah tergores serta bisa tertempel bakteri berpotensi mengganggu kesehatan kucing.

Dengan Memberikan Makanan Favorit

Jika sudah mengetahui makanan favorit kucing kamu maka pastikan kamu memberikan makanan tersebut pada saat mereka kehilangan nafsu makan, dengan memberikan makanan favoritnya bisa meningkatkan nafsu makan kucing dan kamu juga dengan memberikan cemilan di sela-sela waktu makan.

Dengan Menyuapi Menggunakan Telapak Tangan

Pada saat kucing tidak nafsu maka kamu bisa dengan mencoba menyuapi makanan langsung ke mulut menggunakan telapak tangan sambil di elus-elus kucingnya, dengan cara ini yang bisa meningkatkan nafsu makan, untuk menyuapinya bisa dengan meletakkan makanan basah pada telapak tangan dan memberikannya secara perlahan-lahan.

Pastikan untuk tidak memaksa memakannya karena bisa membuat kucing menjadi tidak mau makan, sedangkan makanan kering yang bisa kamu letakkan di tangan seperti sebuah mangkuk, sama halnya seperti menyuapi kucing dengan makanan yang basah.

Dengan Memberikan Makanan Segar

Dimana indra perasa dan penciuman sangat penting untuk kucing pada saat makan dan mereka cenderung tidak menyukai makan sisa atau yang sudah dimakan terlalu lama karena memiliki rasa dan aroma sudah berkurang dan tidak enak.

Sehingga pastikan kamu selalu menyajikan makanan masih segar pada kucing kesayangan kamu yang sedang tidak nafsu makan, sangat penting untuk menyimpan makanan dengan benar baik makanan kering maupun basah agar kandungan dan kelezatannya tetap terjaga serta mencegah kontaminasi bakteri.

Dengan Mengajak Makan Bersama Kucing Lainnya

Jika kucing kamu mengalami penurunan nafsu makan maka bisa diatasi dengan mengajaknya makan bersama kucing yang lainnya, dengan cara ini kemungkinan kucing kamu mengikuti kucing lain yang sedang makan sehingga nafsu makannya menjadi meningkat.

Dengan Membawanya ke Dokter Hewan

Terakhir jika kamu sudah mencoba berbagai cara membuat kucing nafsu makan diatas namun kucing kesayangan kamu yang masih nafsu makannya menurun, solusi yang tepat yaitu dengan membawa kucing ke dokter hewan.

Dengan membawa kucing ke dokter hewan yang tidak hanya bisa membantu untuk mengatasi kucing kehilangan nafsu makan saja, tetapi dengan membawa ke dokter hewan yang bisa membantu kamu untuk mengidentifikasi jika kucing kesayangan kamu memiliki penyakit lainnya.

Mungkin hanya itu saja untuk beberapa cara membuat kucing nafsu makan menjadi meningkat yang bisa kamu ketahui dan bisa menerapkan beberapa cara di atas dengan baik agar masalahnya cepat teratasi, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat selamat untuk mencoba semoga berhasil.

kucingnafsu makan kucing