Cara Membersihkan Usus Kotor Secara Alami

Nesiaverse.com – Kamu harus mengetahui cara untuk membersihkan usus kotor secara alami. Sehingga nantinya sistem pencernaan kamu akan berjalan dengan lancar tanpa hambatan. Sistem pencernaan pada manusia termasuk suatu hal yang cukup kompleks, karena hal itu juga terdapat berbagai gangguan pencernaan yang dapat timbul tidak dari satu organ, diantaranya adalah usus. Sehingga penting untuk menjaga kesehatan usus dengan mengetahui cara membersihkan usus secara alami. 

Usus dalam tubuh terdiri dari usus besar, usus halus dan usus dua belas jari. Yang mana kesehatan dan kebersihannya akan berpengaruh terhadap kelancaran dan sistem pencernaan manusia. Maka, mengetahui cara membersihkan usus kotor secara alami merupakan suatu hal yang akan mendukung dan meningkatkan kualitas hidup dan kesehatan kamu. 

Cara Membersihkan Usus Kotor Secara Alami

Advertisment

Usus yang sehat dan terjaga dapat membantu sistem pencernaan berjalan dengan baik. Naun, usus yang kotor dapat berdampak buruk bagi kesehatan orangnya. Usus dapat menjadi sangat kotor ketika terjadinya penumpukan sisa-sisa makanan di dalam tubuh. Namun, kamu juga tidak perlu khawatir, karena usus yang kotor karena sisa makanan yang menumpuk ini dapat dibersihkan, dengan cara yang alami dan mudah untuk dilakukan. 

Advertisment

Usus adalah organ dalam tubuh yang memiliki fungsi dan tanggung jawab dalam proses pencernaan yang mana mampu melakukan penyerapan nutrisi makanan. Jika usus tidak bekerja secara optimal, maka dapat menyebabkan racun dalam tubuh tidak dapat dikeluarkan, melainkan akan terserap dan dialirkan ke seluruh tubuh melalui darah. Tentunya hal satu ini terjadi karena kamu tidak dapat menjaga kesehatan dan kebersihan usus. 

Berikut beberapa tanda bahwa usus kamu dalam kondisi yang kotor. 

Mengalami Sembelit atau Susah Buang Air Besar

Salah satu tanda bahwa usus kamu dalam kondisi yang kotor adalah ketika kamu mengalami sembelit atau susah buang air besar. Sembelit atau kondisi susah BAB ini, umumnya terjadi ketika usus tidak dapat menghasilkan banyak lendir yang aman berfungsi untuk memperlancar saluran di dalam usus, sahar nantonya sisa-sisa makanan akan lebih mudah dikeluarkan dari perut.

Sementara produksi lendir di dalam usus juga akan terhambat akibat beberapa faktor, mulai dari konsumsi makanan yang tidak sehat, konsumsi obat-obatan jenis tertentu hingga faktor psikis seperti stress dan depresi. 

Mudah Lelah

Tanda ketik usus kotor adalah dimana kondisi tubuh kamu mudah lelah. Kondisi satu ini bisa terjadi karena racun yang diakibatkan sampah makanan dan mengotori usus masuk ke dalam darah melalui saluran limfe. Hal ini akan menyebabkan kamu mudah kelelahan, sistem kekebalan tubuh yang mengalami penurunan hingga risiko terkena penyakit infeksi atau kanker lainnya. 

Rasa Nyeri di Beberapa Bagian Tubuh

Tidak hanya sembelit, makmun juga kamu akan merasakan nyeri di beberapa bagian pada tubuh. Hal ini dikarenakan usus yang kotor, rasa nyeri ini diantaranya adalah sakit kepala, sakit tulang belakang, nyeri yang menjalar di area punggung hingga tubuh bagian bawah. 

Bau Mulut

Salah satu tanda usus yang kotor bisa kamu ketahui dengan adanya aroma yang tidak sedap dari mulut. Hal ini dikarenakan sisa-sisa makanan yang menumpuk di dalam usus dapat mengeluarkan gas dan bau yang tidak sedap. Gas tersebutlah yang akan mempengaruhi terhadap pernapasan dan menyebabkan aroma yang tidaks edap. 

Gangguan Tidur

Berikutnya, usus yang kotor dapat menyebabkan kamu mengalami gangguan tidur atau insomnia. Hal ini dikarenakan mayoritas serotonin dalam tubuh yaitu hormon yang mempengaruhi mood atau suasana hati dan tidur mengalami hambatan akibat usus kotor. ketika produksi hormon tersebut terhambata kamu kamu akan mengalami rasa lelah sepanjang hari akibat menderita gangguan tidur atau insomnia. 

Banyaknya gejala yang menjadi tolak ukur bahwa kamu memiliki kondisi usus yang kotor itu harus diperhatikan. Karena banyaknya beberapa gejala di atas, maka kamu memiliki kemungkinan besar dimana ususmu dalam kondisi kotor yang perlu untuk dibersihkan segera. Nah, berikut beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk membersihkan usus kotor secara alami. 

Menjalani Pola Makan Yang Sehat

Langkah pertama yang dapat kamu lakukan adalah dengan menjalani pola makan yang sehat. Pola makan yang sehat itu dimana kamu dianjurkan untuk memperbanyak konsumsi makanan yang kaya akan serat dan baik bagi sistem pencernaan tubuh misalnya sayuran, buah-buahan, biji-bijian dan kacang-kacangan. 

Serat sendiri dikenal untuk mencegah sembelit karena mampu meningkatkan volume dari kotoran tersebut.Nantinya hal ini akan lebih mudah dikeluarkan oleh tubuh. Karena usus akan menjadi lebih bersih dan sehat kemudian kurangilah konsumsi daging dam merah gorengan, daging asap, sosis dan jenis makanan instan lainnya.

Perbanyak Konsumsi Air Putih

Selain berfungsi untuk menghidrasi tubuh, mengkonsumsi air putih dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan dan pencernaan. Hal ini disarankan untuk minum air putih setidaknya 8 gelas dalam sehari atau setara dengan 2 liter air. Konsumsi juga makanan yang kaya kana kandungan air yang tinggi, misalnya semangka, tomat, seledri dan selada. 

Rutin Aktivitas Olahraga

Lemak dalam tubuh yang tinggi dapat berpengaruh terhadap risiko kanker usus. Sehingga, kamu perlu menjaga persentase lemak di dalam tubuh agar tetap ideal. Salah satu cara yang dapat kamu lakukan adalah dengan melakukan aktivitas olahraga yang rutin. 

Olahraga dapat membantu kamu untuk meningkatkan aliran darah ke otot sistem pencernaan. Nantinya kerja otot akan lebih cepat, efektif dan optimal dalam menggerakan makanan di sepanjang saluran cerna. 

Konsumsi Probiotik

Kamu dianjurkan untuk mengonsumsi makanan dengan kandungan probiotik sebagai salah satu cara membersihkan usus kotor secara alami. Hal ini dapat membantu meningkatkan kesehatan tubuh secara menyeluruh. Kamu dapat memanfaatkan probiotik ini dengan mengonsumsi jenis makanan seperti yogurt, kimchi, acar dan jenis makanan fermentasi yang sehat lainnya. Karena akan membantu organ pencernaan kamu untuk membersihkan usus secara optimal. 

Konsumsi Obat Pencahar

Sekian dari gaya hidup yang harus diubah dan diperbaiki, kamu juga dapat mengkonsumsi jenis obat sebagai salah satu cara untuk membersihkan usus yang kotor. Jika kamu mengalami gangguan seperti sembelit, tentunya hal ini akan mengganggu aktivitas kamu bukan? maka tidak ada salahnya mengkonsumsi obat laksatif atau pencahar untuk membantu membersihkan dan mengeluarkan kotoran yang menumpuk di usus. 

Obat pencahar atau laksatif adalah jenis obat yang bekerja dengan menarik air dari tubuh ke dalam usus. Sehingga nantinya air ini akan diserap oleh feses agar lebih mudah keluar. Namun, tentunya kamu harus mendapatkan resep dokter untuk beberapa hari kamu yang memiliki kondisi medis tertentu. 

Hidroterapi

Terakhir, kamu dapat menggunakan cara membersihkan usus kotor dengan melakukan hidroterapi. Hal ini umumnya direkomendasikan bagi para pasien yang mengalami sembelit yang parah atau kronis,sehingga tidak mempan dengan jenis perawatan obat-obatan biasa. Prosedur dalam menjalani hidroterapi sendiri adalah dengan memasukan cairan dalam jumlah yang besar. 

Cairan satu ini akan mengaliri usus besar dan mengeluarkan feses yang menumpuk. Meskipun begitu, sama seperti prosedur dari media lainnya. hidroterapi ini memiliki beberapa efek samping terhadap pasiennya. Nah, berikut beberapa efek samping yang dialami setelah melakukan hidroterapi. 

  • Mual dan muntah
  • Mengalami dehidrasi
  • Mampu merusak bakteri baik di dalam ussu
  • Mampu membuat elektrolit tubuh mengalami ketidakseimbangan
  • Meningkatkan cairan didalam paru-paru
  • Adanya peluang mengalami gangguan dan fungsi jantung

Nah, itu beberapa cara yang dapat kamu lakukan guna membersihkan usus yang kotor secara alami dan menggunakan teknologi medis. Kamu harus memperhatikan beberapa hal sebelum memutuskan untuk melakukan cara membersihkan usus menggunakan bantuan medis seperti hidroterapi dan obat pencahar, bagaimanapun kamu harus berkonsultasi demi keamanan dan kenyamanan kamu sendiri.

usususus kotor