Cara Membersihkan Ginjal Secara Alami

Nesiaverse.com – Ginjal salah satu organ yang sangat penting, sehingga kamu harus mengetahui cara untuk membersihkan ginjal secara alami. Hal ini dikarenakan ginjal merupakan bagian penting sehingga kesehatan organ tersebut harus dijaga dengan baik. Nah kamu harus mengetahui beberapa cara menjaga dan membersihkan ginjal yang tepat dan baik dilakukan nantinya. 

Ginjal merupakan salah satu organ yang memiliki peranan yang sangat penting bagi tubuh. Yang mena ginjal memiliki fungsi untuk membuang limbah berlebihan, menyeimbangkan elektrolit hingga memproduksi hormon. Ketika ginjal dalam kondisi yang tidak baik atau kotor, tentunya akan menghambat segala fungsi dan menyebabkan berbagai sistem dalam tubuh mengalami hambatan hingga berujung kekacauan. Maka, penting mengetahui cara merawat, menjaga dan membersihkan ginjal secara alami. 

Cara Membersihkan Ginjal Secara Alami

Advertisment

Dilansir dari lama goodoctor.com yang mana mengatakan dengan operasi atau prosedur medis, maka menjaga kebersihan ginjal dapat dilakukan dengan menerapkan gaya hidup dan pola makan yang bergizi dan sehat. Salah satunya adalah dengan membersihkan ginjal yang dapat dilakukan dengan mengkonsumsi beberapa jenis makanan dan herbal tertentu yang alami. Hal ini dapat membantu untuk mengeluarkan racun dalam tubuh dan mampu meningkatkan kesehatan ginjal. 

Advertisment

Pendukung pembersihan ginjal mengatakan jika makanan, minum dan diet tertentu dapat membantu proses detoksifikasi ginjal dan tubuh. Namun, memang saat ini hanya sedikit studi dan penelitian ilmiah yang mendukung klaim tersebut. Sebagai salah satu organ yang penting dalam tubuh, maka tentunya penting bagi setiap orang untuk mengetahui cara menjaga kesehatan ginjal dengan membersihkan secara alami. 

Nah, berikut kami sudah menghukum beberapa cara yang dapat dilakukan guna membersihkan ginjal secara alami. 

Minum Air Putih

Cara untuk membersihkan ginjal pertama kali adalah dengan rajin mengkonsumsi air putih. Jika dikutip dari Healthline, yang mana sebagian organ yang memiliki fungsi dan tanggung jawab akana proses filtrasi, maka air sangat dibutuhkan guna membantu mengeluarkan zat sisa melalui urine. 

Tubuh manusia sendiri terdiri dari 60% air, sehingga jika kadar air dalam tubuh kurang, maka urine akan sulit terbentuk. Maka, akan berdampak pada zat-zat sisa yang sulit untuk dibuang. Sehingga seiring berjalannya waktu hal ini akan menyebabkan terbentuknya kristal-kristal kecil yang disebut dengan batu ginjal. 

Dalam anjuran Kementerian Kesehatan, dianjurkan untuk orang dewasa setidaknya mengonsumsi air sebanyak 3,7 liter untuk pria dewasa dan 2,7 liter untuk wanita dewasa. Namun, minimalnya adalah 2 liter per harinya baik wanita atau pria. Selain itu kamu juga bisa memenuhi kebutuhan cairan dengan mengonsumsi jenis buah-buahan yang kaya vitamin, nutrisi dan mineral misalnya semangka. 

Konsumsi Makanan Tinggi Kalsium

Berikutnya, kamu dianjurkan untuk mengonsumsi makanan dengan kadar kalsium yang tinggi. Kalsium merupakan salah satu nutrisi yang bekerja mengikat senyawa oksalat untuk mengurangi proses penyerapan dan ekskresi. Sehingga pembentukan kristal atau batu ginjal dapat diminimalkan. 

Asupan kalsium harian yang direkomendasikan adalah 1,2 gram. Kandungan kalsium ini dapat dikonsumsi dari beberapa jenis makanan seperti sereal, almond, dan olahan kedelai seperti edamame atau tahu.

Konsumsi Teh Herbal

Cara untuk membersihkan ginjal selanjutnya adalah dengan mengonsumsi teh herbal. Ada beberapa jenis teh herbal yang memiliki khasiat yang menakjubkan. Teh ini biasanya tidak memiliki efek samping, karena memang terbuat dari bahan alami yaitu tanaman. Teh herbal yang sering digunakan untuk membersihkan ginjal sendiri adalah terbuat dari teh daun jelatang dan tanaman sambung. 

Dua bahan tersebut adalah tanaman alami yang mudah ditemukan, khususnya di negara-negara tropis, salah satunya Indonesia. Teh dari bunga hortensia atau hydrangea juga cukup bekerja secara efektif dalam memberikan perlindungan terhadap ginjal. Di Indonesia sendiri bunga satu ini lebih populer dengan sebutan kembang bokor dan biasa dijadikan sebagai tanaman hias. 

Konsumsi Buah-Buahan

Cara untuk membersihkan ginjal secara alami aslinya adalah dengan mengonsumsi buah-buahan. Buah-buahan memiliki banyak fungsi dan manfaat, salah satunya adalah untuk membersihkan ginjal. Buah merupakan salah satu sumber nutrisi terbaik yang dapat dikonsumsi bagi tubuh. Kamu dapat mengkonsumsi anggur yang kaya akan kandungan resveratrol yang dapat menurunkan resiko peradangan pada organ ginjal. 

Selain itu cranberry dapat menjaga kesehatan ginjal dan organ lainnya, yang mana tersusun dalam sistem kemil. Selain itu cranberry dan anggur juga dapat mengkonsumsi jeruk, lemon serta melon buah-buahan tersebut karena kandungan asam sitrat yang tinggi , maka dapat mencegah pembentukan batu ginjal.

Sebenarnya terdapat 2 alternatif, dimana kamu dapat mengonsumsi buah-buahan secara langsung atau diolah menjadi jus. Namun, pastikan mengkonsumsinya tidak dengan tambahan seperti gula yang banyak karena akan menyebabkan risiko diabetes. 

Selain itu ada beberapa tanda jika ginjal kamu bermasalah dan kotor, sehingga kamu bisa menggunakan beberapa cara di atas yang sudah kami ulas. Berikut beberapa tanda atau gejala yang menunjukan jika seseorang memiliki permasalahan ginjal atau kondisi ginjal yang kotor. 

Rasa lelah Berlebihan 

Tanda ginjal seseorang dalam kondisi kotor dan tidak sehat adalah mulai merasa kekurangan energi, lebih sering lelah dan sulit berkonsentrasi. Hal ini adalah salah satu dampak dari penurunan fungsi ginjal yang cukup parah. Bahkan dapat menyebabkan penumpukan racun dan kotoran dalam darah. Selain itu akan menyebabkan ,mudah lelah, lemak hingga sulit berkonsentrasi. Komplikasi lainnya adalah penyakit ginjal dan anemia yang menyebabkan rasa lemak dan kelelahan yang berlebihan. 

Susah tidur

Ketika ginjal kamu tidak dapat bekerja dalam menyaring dengan baik, maka racun akan tetap berada di dalam darah. Jika tidak keluar melalui urin, kondisi ini dapat menyebabkan seseorang akan mengalami gangguan tidur atau insomnia. 

Hal ini juga berkaitan dengan obesitas atau penyakit ginjal kronis lainnya, seperti apnea tidur yang sering terjadi pada mereka yang memiliki kendala seperti penyakit ginjal kronis jika dibandingkan dengan populasi umumnya. 

Kulit Kering dan Gatal 

Bagi kamu yang mengalami gangguan pada ginjal, maka lihatlah kondisi kulit kamu. Kondisi kulit bisa mengindikasikan kesehatan ginjal juga, ginjal yang sehat melakukan banyak tugas penting secara optimal. mulai dari menghilangkan limbah dan cairan ekstra dalam tubuh, membantu membuat sel darah merah, membantu menjaga kesehatan tulang agar tetap kuat dan bekerja untuk menjaga jumlah mineral yang tepat di dalam darah. 

Sehingga kondisi kulit kering dan gatal, menjadi salah satu tanda penyakit mineral dan tulang yang sering menyertai penyakit ginjal tahap lanjutan. ketika ginjal tidal lagi ammapu untuk menjaga kesimbangan mineral dan nutrisi dalam darah. Maka, perhatikanlah kesehatan kulit kamu. 

Sering Buang Air Kecil

Terakhir, tanda bahwa ginjal kamu tidak sehat atau kotor adalah sering buang air kecil. Dimana hal ini seringkali terjadi pada malam hari, etika filter ginjal rusak hal ini dapat menyebabkan peningkatan keinginan untuk buang air kecil. Hal ini terkadang bisa menjadi tanda adanya infeksi saluran kencing atau pembesaran prostat pada pria. 

Demikian pembahasan mengenai beberapa cara untuk membersihkan ginjal secara alami yang bisa kamu lakukan. Sehingga dapat memperbaiki kondisi ginjal yang memburuk dan kembali bekerja secara optimal.

ginjal