Cara Memanfaatkan Sampah Plastik Menjadi Barang Berguna

Nesiaverse.com – Sampah plastik dapat dimanfaatkan dengan baik, kamu hanya membutuhkan cara tepat untuk memanfaatkan sampah plastik ini agar tidak menjadi polusi. Sampah plastik merupakan salah satu fokus yang harus segera dibenahi secara global, diantaranya adalah memiliki memperbaiki pengolahan sampah plastik dengan baik, sehingga mampu menurunkan angka penyebaran sampah di dunia. 

Dalam sebuah studi di jurnal Science, dikatakan bahwa terdapat 24 hingga 34 juta metrsik tons amapah plastik yang amna masuk ke lingkungan laut, setiap tahunnya. Yang mana berarti sekitar 11% dari total sampah plastik di dunia ini. Maka, sampah plastik sendiri memiliki berbagai masalah yang menang harus ditangani selain dari jumlah volumenya yang besar, yaitu dengan kartu penguraian yangs sangat lama bahkan pembentukan setidaknya 60 sampai 70 tahun lamanya, sampai sampah plastik terurai sempurna. 

Cara Memanfaatkan Sampah Plastik Menjadi Barang Berguna

Advertisment

Konsumsi dari plastik yang berlebihan dna pengelolaan sampah yang buruk tentunya memiliki potensi yang akan mengakibatkan tempat pembuangan sampah mengalami pelesapan, sumbatan di sungai-sungai hingga terjadinya pencemaran tanah hingga lautan. Selain itu hal ini juga berdampak langsung terhadap lingkungan, karena sampah plastik yang tidak dikelola dengan baik ini akan mempengaruhi kesehatan pada manusia. 

Advertisment

Ketika sampah plastik mencemari sumber air dan ekosistem lautan, maka bahan kimia yang berbahaya dari plastik ini dapat terakumulasi di dalam ikan dan makanan laut yang dikonsumsi manusia setiap harinya. Sehingga ketika manusia mengkonsumsi makanan laut, maka bahan kimia tersebut akan masuk ke dalam tubuh manusia tanpa disadari. 

Tentunya dampak yang ditimbulkan ini berjangka panjang dari akumulasi bahan kimia satu ini. Sehingga tubuh manusia akan menjadi subjek penelitian, namun tentunya akan lebih baik lagi jika kamu melakukan tindakan pencegahan kontaminasi, yaitu dengan menjaga lingkungan agar tetap bersih. Nah, salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan mencari cara memanfaatkan sampah plastik ini secara efektif. 

Nah, berikut kamis udah merangkum beberapa cara memanfaatkan dan mengolah sampah plastik agar efektif, sehingga kamu dapat melakukannya kemudian. 

Menjadikannya  Pot Tanaman Besar

Hal pertama yang dapat kamu lakukan untuk memanfaatkan sampah plastik adalah dengan menjadikannya sebagai pot tanaman besar. Sampah plastik yang dimaksud satu ini adalah sisa galon galon bekas yang sudah tidak digunakan. Banyak juga tumbuhan yang bisa digunakan sebagai media tanam nya nantinya.

Tumbuhan sendiri akan berkembang dengan baik jika ditanam dalam pot yang cukup besar dan berbahan plastik, hal ini dapat kamu lakukan untuk menjaga lingkungan serta awet sekali karena sulit terurai nantinya. Cara pemanfaatkan ini cukup efektif untuk mengurangi sampah plastik yang ramai dimana-mana. 

Dijadikan Mainan Anak-Anak

Cara untuk memanfaatkan sampah plastik lainnya adalah dengan dijadikan mainan anak-anak. Tidak hanya barang-barang yang memberikan nilai saja, namun mainan juga bisa kamu hasilkan dengan memanfaatkan sampah plastik yang tepat. Karena faktanya, mainan sendiri memang terbuat dari plastik,sehingga bisa berbagai jenis mainan dan bentuk yang bisa kamu terapkan dengan menggunakan plastik. 

Kreasi dari bahan plastik ini bisa kamu jadikan helikopter ataupun robot-robotan, hal ini menjadi salah satu alternatif pemanfaatan bahan plastik bekas sebagai salah satu produk yang tidak dapat dipakai. Mainan juga dapat dibuat dari bahan plastik yang menjadi ajang adu kreativitas. 

Kamu boleh ko mencari referensi dengan melihat youtube atau tik-tok, karena banyak ide kreasi yang berbahan dasar plastik untuk menjadi mainan anak-anak. Tidak heran jika menjadikannya mainan barang-barang seperti ini untuk meningkatkan kedekatan dengan anak-anak dalam proses pembuatannya.

Menjadi Lampu Hias

Selanjutnya, kamu dapat menggunakan cara memanfaatkan sampah plastik dengan membuatnya sebagai lampu hias. Barang satu ini merupakan salah satu wujud dari seni terapan yang tentunya menguntungkan, apalagi dengan basic kreativitas dari pembuatnya langsung. Botol plastik yang besar maupun lebar bisa kamu gunakan menjadi lampu hias.

Selain itu, lampu hias juga dapat menghasilkan warna yang beragam. Hal ini tergantung dari cover botol plastik yang kamu gunakan dan kamu dapat membuatnya semenariik mungkin dengan menambahkan ornamen atau aksesoris dan hiasan lainnya, sehingga tampak lebih cantik bahkan membuat orang kebingungan karena tidak terlihat seperti sampah plastik. 

Wadah Aksesoris

Ada baiknya kamu yang memiliki aksesori menempatkan dalam satu tempat khusus. Namun, tidak usah mengeluarkan uang, kamu dapat menggunakan sampah plastik seperti bekas botol aqua untuk digunakan sebagai wadah kosmetik. Dimana keunikan suatu ini bermanfaat bagi kamu yang memiliki banyak aksesori yang kecil dan rawan hilang jika ditaruh sembarangan. 

Maka, memanfaatkan sampah plastik sebagai wadah aksesori merupakan salah satu ide cemerlang, karena akan memberikan nilai fungsi yang baik bagi penggunanya. Nah, aksesoris yang dimaksud adalah gelang, kalung, anting yang bisa kamu simpan di wadah kosmetik yang dibuat dari plastik dan dikreasikan sebaik mungkin. 

Pot Kebun Vertikal

Pot kebun vertikal adalah salah satu ide memanfaatkan sampah plastik menjadi nilai guna. Pos satu ini bisa dipajang bagian dinding, bukan hanya bidang datar seperti tanah saja. Karena justri pot kebun vertikal memiliki nilai yang lebih tinggi karena memiliki paras yang sangat unik khususnya bisa ditempatkan dengan sangat baik. 

Pot vertikal bisa digunakan untuk menjaga tanaman agar tidak terinjak atau bergeser posisinya, baik sengaja maupun tidak sengaja. Selain itu ada juga berbagai jenis tumbuhan yang memang cocok dan disarankan untuk ditanam menggunakan  pot kebun vertikal, misalnya tanaman anggur. 

Celengan Anak

Celengan anak  bisa kamu buat dengan memanfaatkan sampah plastik,sebagai cara pemanfaat yang kreatif. Celengan anak ini bisa menggunakan botol plastik yang tidak terpakai. Hal ini justru akan membuatnya sangat mudah untuk membukanya menggunakan tutup botol yang bisa dilepas pasang, sehingga harus berhati-hati untuk menyimpan dan konsisten menabung. 

Tas Belanja

Sampah plastik yang tidak terpakai bisa kamu gunakan untuk dijadikan sebuah anyaman dan menjadi tas belanja. Kamu bisa melihat banyaknya tutorial membuat tas belanja bentuk anyam dari bahan dasar plastik. 

Bahkan dalam beberapa tangan kreatif yang tepat, tas belanja yang berasal dari plastik ini bernilai uang, maksudnya dapat diperjualbelikan. Tas belanja yang terbuat dari sampah plastik ini tentunya memiliki kekuatan sampah plastik yang awet dan memiliki umur yang cukup panjang, karena bahan atau ini memang sulit terurai. 

Diberikan Ke Pemulung atau Bank Sampah

Terakhir, jika kamu adalah orang yang sibuk, maka kamu dapat memanfaatkan sampah plastik inid dengan membiarkan ke pemulung ataupun bank sampah. Hal ini tentunya ada nilai manfaat bagi sang pemulung pun bagi kamu jika menggunakan bank sampah. Dengan begitu nantinya sampah plastik ini akan didaur ulang lagi dan dijadikan produk lainnya. Bahkan bisa bernilai sejumlah uang juga. 

Demikian pembahasan mengenai beberapa cara memanfaatkan sampah plastik dengan tepat. Dengan ikut serta memanfaatkan dan mendaur ulang siapakah plastik dengan nilai guna, maka kamu sudah membantu menjaga kelestarian lingkungan dan dunia. 

sampah plastik