Cara Memanfaatkan Barang Bekas Menjadi Kerajinan

Nesiaverse.com – Cara memanfaatkan barang bekas menjadi kerajinan sebenarnya perlu kita ketahui untuk membantu mengurangi sampah, karena memang setiap harinya sampah akan terkumpul dan menumpuk pada sekitar kita sehingga dengan begitu kita perlu mengetahui untuk memanfaatkan barang bekas menjadi barang yang bernilai.

Pada setiap hari dimana sampah yang sudah dipakai yang akan terus terkumpul dan menumpuk pada sekitar masyarakat yang dimulai dari sampah organik dan juga non organik, dan salah satu penyumbang yang  terbesar hal sampah yaitu dalam bentuk barang bekas yang tidak terpakai lagi ditambah lagi barang bekas tersebut yang dapat membuat lingkungan menjadi kotor dan rusak.

Bahkan jika sampah terus menumpuk  yang bisa menyebabkan bencana alam seperti banjir dan tentu saja hal ini sangat merugikan bukan, sehingga untuk menghindari hal tersebut kamu bisa mengolah sampah tersebut menjadi berbagai barang yang lebih berguna lagi sehingga dapat membuat lingkungan menjadi lebih sehat.

Advertisment

Berbagai sampah atau barang bekas yang banyak di masyarakat seperti botol plastik, kertas koran, kertas biasa, kardus dan juga yang lainnya, dan untuk banyak orang mengenai barang bekas yang tidak terpakai lagi yang biasanya hanya dibiarkan begitu saja sehingga dengan begitu dapat menimbulkan sampah yang menumpuk.

Namun ada juga untuk sebagian orang barang bekas tersebut yang digunakan kembali sesuai dengan fungsinya dan bahkan ada juga yang membuat berbagai kerajinan dengan menggunakan barang bekas, nah untuk kamu yang ingin mengetahui dengan bagaimana cara memanfaatkan barang bekas menjadi kerajinan maka bisa dengan simak penjelasannya dibawah ini dengan baik.

Advertisment

Cara Memanfaatkan Barang Bekas Menjadi Kerajinan

Dimana kerajinan tangan dari bahan bekas ini yang merupakan salah satu keterampilan tangan dalam membuat serta menciptakan suatu barang atau produk dari barang bekas yang sudah tidak digunakan lagi hingga memiliki nilai pakai dan nilai jual, bahkan selain itu juga dengan menggunakan barang bekas dari sampah anorganik untuk dikreasikan menjadi sebuah kerajinan seperti kardus, botol, kain perca, kertas, plastik dan juga sejenisnya.

Dari barang bekas yang sudah banyak sekali hal yang dapat dihasilkan dari sampah barang bekas dan salah satunya dengan membuat berbagai kerajinan tangan yang menggunakan barang bekas, kerajinan tersebut yang selain dapat digunakan untuk membuat hiasan dirumah namun dapat juga dijual untuk menambah penghasilan.

Namun jika kamu ingin membuat kerajinan dan bertujuan untuk dijual tentu saja kamu perlu membuatnya dengan sangat baik dan juga cantik sehingga dengan begitu barang kerajinan tersebut yang akan memiliki jual yang tinggi, membuat kerajinan juga yang cocok dilakukan untuk mengisi waktu luang dan  kamu yang merasa bosan dan bingung melakukan apa saja.

Dimana membuat kerajinan dari barang bekas ini yang tidak hanya mengisi waktu luang kamu namun bisa juga menjadi lebih produktif serta dapat menghasilkan barang-barang yang baru, apalagi barang bekas ini  yang kerap berserakan di rumah sehingga kamu bisa mencari barang bekas tersebut dengan mudah untuk membuat kerajinan tangan dari barang bekas.

Dengan melakukan hal ini yang tidak hanya membantu kamu untuk membereskan barang bekas  tetapi dapat memberikan manfaat untuk kehidupan sehari-hari, adapun untuk beberapa cara memanfaatkan barang bekas menjadi kerajinan dan beberapa contoh yang dapat menjadi inspirasi yang dapat kamu coba dan lakukan dirumah yaitu sebagai berikut:

Membuat Keset dari Kain

Cara memanfaatkan barang bekas menjadi kerajinan yang pertama bisa kamu coba dan lakukan yaitu dengan membuat keset dari kain atau kaos yang sudah tidak digunakan lagi, daripada kaos yang hanya menumpuk memenuhi lemari lebih baik kaos yang sudah tidak digunakan lagi kamu manfaatkan untuk kerajinan yang berfungsi.

Untuk beragam kaos yang sudah tidak digunakan lagi yang dapat kamu jadikan sebagai bahan untuk membuat keset dirumah yang akan membuat rumah menjadi lebih menarik dan untuk membuatnya juga cukup mudah dan kamu bisa mencari caranya di internet, tetapi jika kaosnya masih banyak dan masih layak dipakai sebaiknya untuk disumbangkan kepada orang yang membutuhkan.

Membuat Boneka dari Sarung Tangan

Untuk kamu yang memiliki sarung tangan rajut yang sudah rusak namun masih bisa dimanfaatkan untuk dijadikan kerajinan boneka mini, dimana untuk cara membuat boneka dari sarung tangan rajut ini yang dapat kamu terapkan dengan mudah dan sederhana yang hanya dengan membutuhkan bahan tambahan lainya seperti kaup untuk mengisi boneka tersebut.

Dimana kamu bisa membuat boneka ini dengan bentuk yang sesuai dengan keinginan dan kreasi kamu yang bisa seperti boneka teddy bear atau karakter yang lainnya yang kamu sukai, namun jika kamu memang tidak memiliki sarung tangan bekas maka bisa dengan memanfaatkan kaos kaki bekas untuk bisa membuat kerajinan boneka yang lucu.

Membuat Papan Memo dari Styrofoam

Cara memanfaatkan barang bekas menjadi kerajinan yang lainnya yaitu dengan membuat papan memo dari styrofoam yang sudah tidak digunakan lagi, memanfaatkan styrofoam sebagai message board untuk memo, memajang foto atau kenang-kenangan yang lainnya yang akan membuat kamar menjadi lebih menarik dan keren.

Untuk pembuatan message board dari styrofoam ini yang dapat kamu lakukan dengan mudah dan cukup praktis dilakukan dimana kamu hanya cukup dengan memanfaatkan styrofoam yang bekas pada saat membeli barang elektronik dan kemudian kamu bisa dengan menggunakan kain bekas dengan motifnya yang sangat unik berguna untuk memanfaatkan styrofoam.

Membuat Vas Bunga dari Lampu Bohlam

Untuk kamu yang memiliki lampu bohlam yang sudah tidak berguna atau sudah tidak dapat menyala lagi jangan langsung dibuang begitu saja karena bohlam tersebut yang masih bisa kamu manfaatkan menjadi kerajinan tangan yaitu membuat vas bunga, vas bunga dari bohlam ini yang dapat menambah pajangan yang menarik pada ruangan tamu atau di kamar kamu.

Karena biasanya lampu bohlam ini yang banyak yang sudah tidak digunakan lagi karena sudah mati lampunya sehingga dengan begitu kamu bisa memanfaatkan untuk membuat kerajinan  yang menarik dan cantik, dengan membuat vas bunga yang akan membuat kamar dan ruang tamu kamu menjadi lebih menarik dan unik untuk dipandang.

Membuat Bunga dari Sedotan atau Kertas

Untuk kamu yang mempunyai sedotan atau kertas dirumah maka bisa kamu manfaatkan untuk membuat kerajinan tangan seperti membuat bunga, dimana biasanya membuat bunga dari sedotan dan kertas ini yang memang sudah kerap menjadi bentuk kerajinan dari barang bekas yang dibuat oleh banyak orang.

Hal ini dikarenakan memang cara pembuatannya yang terbilang cukup mudah dan sederhana serta untuk bahan yang digunakannya pun tidak terlalu sulit untuk ditemukan, dimana kamu yang dapat memanfaatkan kertas bekas untuk membuat paper quilling yaitu seni menyusun potongan kertas kecil yang menjadi sebuah bentuk yang detail.

Membuat Hiasan Bunga dari Tutup Botol

Mungkin untuk sekarang ini  yang masih banyak kerajinan tangan dari barang bekas yang hanya memanfaatkan botolnya saja namun ternyata tutup botolnya juga yang bisa dimanfaatkan untuk dijadikan kerajinan tangan dengan membuat kreasi seni seperti membuat hiasan bunga, jam dinding, tong sampah dan bahkan dapat dijadikan sebagai hiasan cermin.

Membuat Lampu dari Sendok

Cara memanfaatkan barang bekas seperti sendok plastik bekas yang cukup banyak yang dapat kamu coba membuat lampu sendok  yang menjadi kerajinan yang bisa kamu lakukan, dimana untuk kamu  yang memiliki banyak sendok plastik yang sebaiknya jangan langsung dibuang karena bisa kamu kumpulkan dan dimanfaatkan untuk membuat lampu sendok yang unik dan bagus..

Tentu saja ini berguna agar sendok plastik ini  tidak mencemarkan lingkungan dan daripada mubazir maka kamu bisa dengan membuat sendok plastik yang menjadi kerajinan tangan dari barang bekas bernilai seni, untuk pembuatannya juga cukup mudah yang dapat kamu lakukan dirumah atau bisa juga dengan melihat tutorialnya di internet.

Membuat Kreasi dari Roll Tisu Toilet

Ternyata roll tisu toilet yang dapat digunakan untuk menjadi salah satu bahan kerajinan tangan dari barang bekas dimana kamu yang dapat membuat kreasi dari roll tisu toilet ini dengan mudah,  berbagai contoh kreasi yang dapat dijadikan sebagai wall art untuk mempercantik dinding ruangan, tempat pensil, tempat penyimpanan gelas atau jam  tangan. bungkus kado berukuran kecil dan bahkan dapat menjadi phone stand.

Membuat Tempat Sendok dari Kaleng

Cara memanfaatkan barang bekas menjadi kerajinan yang lainnya dari kaleng bekas yaitu membuat tempat sendok atau garpu makan, bahkan selain itu juga yang bisa dijadikan sebagai tempat pensil untuk mempercantik meja kerja atau meja belajar, agar tempat sendok atau tempat pensil ini lebih menarik kamu bisa dengan menghiasnya sesuai dengan keinginan kamu sehingga tampilannya akan menjadi lebih menarik.

Mendaur Ulang Botol

Terdapat banyak kerajinan tangan dari barang bekas yang dapat kamu buat salah satunya dari bahan botol baik itu botol plastik maupun jenis botol kaca, dengan botol bekas ini yang dapat kamu manfaatkan dengan membuat vas bunga yang ditambahkan dengan lukisan untuk menghias botol tersebut, dan juga bisa dengan membuat dompet koin.

Selain itu juga terdapat kerajinan tangan lainnya dari botol bekas ini seperti membuat kerajinan sapu, lampu hias, dibuat gelas, dijadikan hiasan pohon, celengan dengan berbagai bentuk seperti bentuk babi, membuat wadah atau tas, dengan beragam kerajinan ini yang dapat kamu lakukan dirumah dengan mudah.

Mungkin hanya itu saja beberapa cara memanfaatkan barang bekas menjadi kerajinan yang dapat kamu coba dan lakukan dirumah untuk bisa jadikan barang bekas menjadi memiliki nilainya, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat selamat untuk mencoba.

barang bekaskerajinan