Cara Memandikan Burung Parkit

Nesiavese.com – Memandikan burung parkit menjadi salah satu hal yang sangat penting dilakukan jangan sampai terlupakan, noah untuk kamu yang belum tahu dengan cara memandikan burung parkit maka bisa dengan simak penjelasannya disini.

Siapa yang tidak kenal dengan burung parkit terutama untuk para pecinta burung kicau tentunya sudah tahu burung yang satu ini, dimana burung parkit menjadi salah satu jenis burung kicau dengan memiliki cukup banyak penggemarnya.

Burung parkit memiliki ukuran tubuh minimalis, warna bulunya bervariasi sangat indah mulai dari warna orange, biru, merah, hijau dan lainnya, burung tersebut memang sering diikutsertakan dalam perlombaan atau kontes burung kicau.

Advertisment

Agar burung parkit tetap sehat dan berkualitas maka kamu sebagai pemiliknya harus menjaga dan merawatnya dengan baik, salah satu cara merawat burung parkit tetap sehat yaitu dengan memandikannya secara rutin.

Sebenarnya kebanyakan burung parkit yang suka mandi, sehingga memandikan burung parkit bisa dilakukan dengan mudah karena mereka yang akan mengembangkan bulu-bulunya sehingga air yang dapat mengalir mendekati kulitnya.

Advertisment

Kamu sebagai pemiliknya tentu saja harus memberi burung parkit kesempatan untuk mandi beberapa kali dalam seminggunya terkhususnya jika burung kamu yang kering, burung parkit yang sering mandi akan membuat burung tersebut semakin cantik dan membantu membuat kotoran dan juga debu menempel pada bulu hilang.

Untuk kamu yang masih pemula dan belum tahu dengan cara memandikan burung parkit maka kamu bisa dengan simak penjelasannya dibawah ini dengan seksama.

Cara Memandikan Burung Parkit

Tentu saja sebelum kamu memelihara burung parkit terlebih dahulu kamu harus mengetahui dengan berbagai perawatan yang baik untuk burung tersebut salah satunya mengetahui dengan cara memandikan burung parkit yang baik dan benar.

Karena untuk burung parkit yang jarang dimandikan maka akan lebih mudah terserang penyakit dan juga berbagai jenis bakteri, kutu, tungau dan juga virus yang membuat burung menjadi sakit, dengan begitu burung yang akan terkena penyakit dan dapat menyebabkan penyakit baru bermunculan.

Umumnya burung parkit yang jarang dimandikan akan terserang penyakit kutuan bisa merusak bulu dan juga kulit burung, bahkan selain itu burung juga yang akan menjadi sering terlihat menggaruk-garuk tubuhnya pada dinding sangkar yang bisa menyebabkan luka pada kulitnya hingga memudahkan telur cacing berada di sela bulu bisa masuk pada tubuh.

Oleh karena itu sangat penting untuk selalu memandikan burung parkit yang memiliki tujuan untuk membantu menangkal berbagai jenis penyakit yang bisa menyerang burung parkit karena jarangnya mandi, adapun untuk cara memandikan burung parkit yaitu sebagai berikut:

Dengan Menggunakan Bak atau Mangkuk

  • Terlebih dahulu siapkan mangkuk dangkal yang berisi air hangat dengan memiliki kedalaman air hanya sekitar 1 atau 2 inch, air tidak boleh yang terlalu dingin karena burung parkit sangat rentan dengan suhu dingin.
  • Kemudian simpan mangkuk ke dalam sangkar dan pastikan terikat pada sisi sangkar.
  • Jika burung tidak menyukai mangkuk air, maka bisa dengan mencoba menggunakan daun basah diletakkan di bagian bawah sangkar dalam keadaan bersih.
  • Dalam memandikan burung tidak perlu menggunakan sabun.
  • Kemudian taruh handuk di bawah sangkar, jika khawatir airnya muncrat ke luar, dan handuk ini akan membantu menjaga air tidak muncrat kemana-mana.
  • Taruh mangkuk di bawah sangkar agar burung bisa loncat masuk ke dalamnya, pastikan menyimpan mangkuk di tempat yang rata.
  • Lalu taruh burung parkit ke dalam sangkar dan tutup pintunya biarkan burung bermain sambil mandi, pasalnya burung akan memercikkan air dan mengepakkan sayap di dalamnya.
  • Biarkan burung parkit mengeringkan dirinya sendiri, karena burung yang akan menggoyangkan badannya agar tubuhnya kering, tetapi pastikan bahwa area tempat pengeringan tubuh tidak dingin dan kamu bisa menutup sangkar dengan handuk untuk membantunya.
  • Terakhir bersihkan tempat mandinya jika sudah selesai.

Menggunakan Botol Semprotan

  • Terlebih dahulu cair botol semprotan untuk memandikan burung parkit dengan menggunakan alat yang satu ini jika burung tidak mau mandi sendiri.
  • Kemudian isi semprotan dengan menggunakan air hangat.
  • Lalu atur kepala semprotan pada tingkat kecil agar burung tidak merasa kaget.
  • Semprotkan air ke atas burung jangan menyemprotkan air langsung ke wajahnya, karena kebanyakan burung tidak menyukai hal tersebut.
  • Jika sudah kemudian biarkan burung kering dan pastikan area tempat burung mengeringkan bulunya hangat dan bebas dari angin-angin.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai dengan beberapa cara memandikan burung parkit yang bisa kamu ketahui dan coba terapkan dengan mudah, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat selamat untuk mencoba.

burung parkit