Cara Melihat History WiFi Indihome di HP Android, Laptop dan Macbook

Nesiaverse.com – Dengan cara melihat history WiFi, maka kamu akan dapat lebih mudah untuk melihat kebiasaan dari pengguna WiFi yang terhubung ke perangkat WiFi kamu. Terutama bila kamu ingin melakukan tracking atau melihat history WiFi dari keluarga di rumah termasuk anak-anak dan dengan mengetahui cara untuk melihat history WiFi, kamu akan lebih mudah mengontrol kebiasaan menggunakan internet.

WiFi merupakan suatu cara agar sebuah perangkat atau beberapa perangkat dapat terhubung dalam satu jaringan, dengan adanya cara melihat history WiFi tentunya akan mempermudah untuk memantau dan memeriksa aktivitas jaringan pada perangkat yang terhubung ke Wi-Fi, termasuk perangkat yang mungkin tidak kamu kenal.

Cara Melihat History WiFi Indihome di HP Android, Laptop dan Macbook

Advertisment

Pada setiap akses terutama akses yang menggunakan WiFi, tentunya akan terdapat pencatatan atau history yang dapat diakses dengan cara melihat history WiFi perangkat yang kita gunakan. Namun, meskipun hampir semua perangkat WiFi saat ini memiliki fitur atau fungsi untuk melihat history, pada sebagian besar perangkat WiFi diperlukan untuk diaktifkan terlebih dahulu.

Advertisment

Aktifkan Fitur History pada Perangkat WiFi

Berikut ini adalah cara mengaktifkan fitur history pada perangkat WiFi kamu:

  1. Masuk ke dalam perangkat dengan membuka http://192.168.0.101 atau kamu bisa lihat pada buku panduan perangkat.
  2. Kemudian kamu perlu input username dan password default sesuai dengan yang tertera pada buku panduan.
  3. Setelah itu kamu bisa memilih menu konfigurasi perangkat yang biasanya tertulis setting atau administrasi untuk selanjutnya kamu bisa memilih bagian LOG atau HISTORY.
  4. Silahkan kamu aktifkan kemudian pilih Log level yang biasanya terdiri dari critical, info, debug.

Cara Melihat History WiFi Melalui Browser

Perangkat WiFi yang kamu gunakan biasanya sudah memiliki panduan tentang cara melihat History WiFi melalui browser, cara ini merupakan cara yang paling banyak digunakan selain menggunakan aplikasi yang disertakan saat membeli perangkat WiFi dari toko. Berikut ini kita akan melihat cara untuk melihat history WiFi dengan menggunakan browser yang biasa kita gunakan.

  1. Buka Browser favorit kamu seperti Firefox, Chrome, Edge atau Opera.
  2. Masuk ke router WiFi admin yang bisa kamu lihat di buku panduan, biasanya menggunakan ip 192.168.0.101 dengan menuliskan http://192.168.0.101 pada address bar browser kamu.
  3. Masukan username dan password perangkat WiFi yang juga dapat kamu temukan pada buku panduan perangkat.
  4. Selanjutnya kamu tinggal pilih menu Administrasi kemudian pilih sub menu Log lalu tekan tombol History.
  5. Bila kamu ingin mendownload atau save history tersebut, kamu tinggal tekan tombol Download dan save as text atau CSV sesuai dengan konfigurasi dari perangkat WiFi.

Note: Alamat IP setiap WiFi biasanya akan berbeda, kamu bisa mengetahui alamat IP WiFi yang digunakan yang terletak pada router yang digunakan.

Kamu perlu perhatikan bahwa untuk username dan password sebaiknya kamu ganti ketika pertama kali mengakses dan melakukan konfigurasi perangkat WiFi sebelum kamu masuk pada bagian cara melihat history WiFi. Hal ini akan mengurangi kemungkinan WiFi kamu mendapatkan gangguan dari pengguna yang tidak bertanggung jawab.

Sedangkan untuk poin nomor 4, sebaiknya kamu memperhatikan petunjuk penggunaan dari buku panduan atau manual dari perangkat WiFi yang biasanya disertakan dalam satu paket kotak penjualan. Apabila ternyata buku tersebut tidak ada, sebaiknya kamu segera menghubungi pihak penjual untuk mengkonfirmasi terkait hal ini.

Cara Melihat History WiFi Melalui Aplikasi

Pada beberapa perangkat WiFi terbaru, biasanya cara melihat history WiFi dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi yang dapat dipasang pada beberapa jenis platform OS kamu. Misalnya untuk perangkat terbaru WiFi yang memiliki aplikasi untuk Windows, maka kamu tinggal mendownload dari situs resminya.

Demikian pula dengan pengguna MacOS, iPhone ataupun Android yang biasanya juga telah tersedia pada marketplace resmi seperti Google Play Store dan Apple Apps Store. Perlu kamu ingat selalu untuk memasang aplikasi baik untuk Windows, MacOS maupun iPhone dan Android selalu pergunakan aplikasi resmi agar terhindar dari kemungkinan faktor keamanan dikemudian hari.

Untuk jelasnya tentang cara melihat history WiFi melalui aplikasi, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Install aplikasi yang resmi disediakan oleh vendor perangkat WiFi
  2. Buka aplikasi WiFi tersebut
  3. Masukkan username dan password yang dapat kamu temukan pada buku panduan.
  4. Pilih link yang biasanya tersedia dalam bentuk icon setting atau icon administrasi.
  5. Selanjutnya kamu bisa memilih gambar atau icon selembar kertas yang menjadi simbol dari LOG atau History.
  6. Bila kamu ingin backup atau download pencatatan history, kamu bisa menekan tombol Download atau icon panah kebawah.

Cara melihat history WiFi melalui aplikasi ini juga dapat dilakukan dengan berbagai cara lainnya atau langkah-langkah lainnya, sebab setiap vendor atau perusahaan pembuat router perangkat WiFi tentunya memiliki ciri khas atau keunikan tersendiri dalam menyajikan tampilan yang menarik bagi pengguna perangkat mereka.

Hal Terpenting Yang Harus Dilakukan

Saat pertama kali memasang WiFi sebaiknya sebelum kamu memahami cara melihat history WiFi, kamu harus terlebih dahulu melakukan beberapa konfigurasi perubahan. Konfigurasi ini akan sangat bermanfaat agar WiFi kamu lebih aman dan tidak dipergunakan oleh pengguna yang tidak bertanggung jawab.

Berikut ini beberapa hal penting yang harus kamu lakukan terlebih dahulu untuk meningkatkan keamanan WiFi kamu:

  1. Ganti Username dan Password default dari admin perangkat.
  2. Segera aktifkan WPA2 dan pasang password terkait akses SSID WiFi kamu.
  3. Pergunakan password yang sulit untuk ditebak.
  4. Secara rutin ganti password admin maupun password WiFi (SSID).

Penutup

Setiap perangkat WiFi memiliki cara melihat history WiFi yang berbeda-beda, namun secara umum langkah-langkah yang telah kita bahas pada artikel ini dapat dipergunakan dengan sedikit melakukan penyesuaian seperti username dan password maupun alamat ip dari perangkat WiFi. Kamu tidak perlu khawatir karena langkah-langkah tersebut juga pasti telah tersedia pada buku panduan yang menjadi satu dalam paket penjualan.

Fungsi dari history atau log pada WiFi disediakan oleh vendor agar pemilik jaringan WiFi dapat mengontrol dan juga melihat masalah yang muncul pada jaringannya. Sehingga apabila terjadi gangguan koneksi internet di kemudian hari, kamu akan lebih mudah untuk melakukan troubleshooting jaringan dan tentunya dibantu oleh operator penyedia koneksi internet yang kamu gunakan.

history pengguna wifisetting wifi