Cara Melebatkan Bulu Kucing Kampung Secara Alami

Nesiaverse.com – Bagaimana cara melebatkan bulu kucing kampung secara alami? Apa yang perlu dilakukan agar bulunya lebat? Kalau begitu langsung saja baca artikel ini sampai selesai, jika kamu ingin mengetahui terkait cara untuk melebatkan bulu kucing kampung secara alami.

Kucing merupakan hewan yang banyak sekali digemari orang-orang untuk dipelihara, karena kucing ini seringkali menarik perhatian banyak orang dari keindahan bulunya. Namun, tentu saja tidak akan mudah dalam merawat dan menjaga keindahan dari bulunya agar tetap lebat.

Salah satunya kucing kampung yang cenderung memiliki bulu pendek, walaupun bulu kucing kampung tidak selebat ras lainnya tetap saja bulu mereka seringkali tidak terawat dan mudah mengalami kerontokan. Makanya penting untuk memberikan perawatan layaknya kucing ras.

Advertisment

Lalu kalau begitu bagaimana cara melebatkan bulu kucing kampung secara alami? Nah, disini akan memberikan beberapa tips atau cara untuk melebatkan bulu kucing kampung yang bisa kamu lakukan secara alami. Jadi simaklah penjelasannya di bawah ini dengan seksama!

Cara Melebatkan Bulu Kucing Kampung Secara Alami

Advertisment

Kucing kampung atau biasa dikenal dengan kucing domestik yang sering kamu temukan di jalanan atau di sekitar komplek rumah. Biasanya kucing kampung sendiri memiliki banyak jenisnya, karena kebanyakan kucing kampung juga hasil dari perkawinan silang dari ras lain.

Walaupun kucing kampung memang tidak begitu diperhatikan oleh orang sekitar, tapi masih banyak juga orang-orang yang tertarik untuk merawat atau memelihara kucing kampung. Kucing kampung kebanyakan punya bulu cenderung lebih pendek dan kasar tidak terawat.

Wajar saja hal ini terjadi karena kucing kampung sendiri sering terpapar berbagai radikal bebas dan tentunya tidak mendapatkan perawatan lebih untuk menjaga kesehatan bulunya. Bahkan bulu mereka rentan sekali rontok akibat dari jamur, scabies, dan tidak selebat kucing lainnya.

Merawat kucing ternyata tidak semudah seperti yang kamu pikirkan, apalagi buat kamu yang ingin memelihara kucing kampung dan pengen banget merawat bulunya agar lebih lebat dan sehat. Pastinya kamu harus merawat lebih ekstra dan cukup memakan waktu untuk dapat hasil.

Karena tidak semudah itu juga untuk bisa melebatkan bulu kucing, termasuk kucing kampung hanya dalam waktu yang singkat. Meskipun begitu kamu bisa lakukan cara-cara alami untuk melebatkan bulu kucing kampung yang bisa kamu lakukan sehari-hari, diantaranya adalah:

Rutin Memandikan Kucing

Memandikan kucing secara rutin itu sangat perlu sekali dilakukan, walaupun kucing bisa grooming sendiri dengan menjilati tubuhnya tetap saja mereka tidak mampu membersihkan tubuh serta bulunya dengan maksimal. Maka dari itu kamu perlu rutin memandikan kucing.

Waktu yang dibutuhkan untuk grooming kucing sekitar 1-4 jam lamanya, mulai dari mandi, mengeringkan bulunya, memberikan perawatan bulu dan semacamnya untuk membersihkan. Adapun grooming untuk kucing harus sesuai dengan kondisi atau tergantung banyak hal, yaitu:

  • Seberapa seringnya kucing berada di luar ruangan atau berada di dalam ruangan, sehingga menentukan seberapa kotornya kucing dan segera untuk dimandikan.
  • Tergantung ras kucing tersebut yang dimana setiap ras memiliki perbedaan ciri khasnya masing-masing, seperti ras kucing yang mempunyai bulu yang lebih panjang dan lebat atau ras kucing yang mempunyai bulu yang lebih pendek. Sehingga keduanya mendapatkan perawatan yang berbeda tentunya dalam memandikan si kucing.
  • Sesuai seberapa sering kucing melakukan perawatan sendiri atau grooming dengan sendirinya, karena kucing ini biasanya rutin memandikan tubuhnya sendiri dengan menjilat-jilati tubuhnya. Nah, buat kucing yang obesitas atau memiliki berat badan berlebih pastinya akan cukup sulit untuk melakukan grooming sendiri.
  • Kucing yang lebih aktif dan hiperaktif pastinya akan lebih sering beraktivitas diluar ruangan maupun di dalam ruangan, berbeda dengan kucing yang pendiam atau tidak begitu aktif. Sehingga keduanya akan mendapatkan perawatan yang berbeda, kucing yang lebih aktif akan sering terkena debu atau kotor dibandingkan kucing pasif.

Menurut National Cat Groomers of American, menjelaskan bahwa idealnya kucing mandi itu cukup 4-6 minggu sekali. Memandikan kucing 1 kali dalam seminggu pun sebenarnya tidak direkomendasikan, namun jika kucing kamu mengalami jamuran bisa mandikan 1-2x sehari.

Rutin Menjemurnya Setiap Pagi

Menjemur kucing di bawah sinar matahari pagi, membantu mereka mendapatkan asupan vitamin D yang bagus untuk kesehatan kulit dan bulunya agar tidak mudah rontok. Kalau kamu jarang menjemur kucing, tentu saja tidak aneh lagi kalau bulunya mudah mengalami rontok.

Setidaknya rutinlah untuk menjemur kucing setiap pagi sekitar pukul 8-10 pagi selama 5-10 menit saja. Membantu menyehatkan bulu kucing agar lebih lebat, sehat, dan berkilauan serta rutin menjemur kucing juga membantu kucing meningkatkan imun tubuh dan penyakit kulit.

Berikan Makanan Bernutrisi

Seperti yang kamu ketahui kalau makanan itu faktor utama yang paling penting dalam membentuk atau terciptanya tubuh yang sehat, kuat, dan tidak mudah mengalami berbagai masalah kesehatan. Begitupun dengan kucing, makanan juga sangat berpengaruh untuknya.

Biasanya kebanyakan penyebab bulu kucing rontok, kusut dan tidak lebat itu dari makanan yang mungkin tidak cocok untuk si kucing, ataupun kandungan nutrisi atau gizi yang tidak seimbang, makan tidak teratur sehingga kucing tidak mendapatkan asupan makan secara rutin.

Pola makan yang buruk dan kualitas makanan yang buruk, tentu saja akan mempengaruhi kesehatan tubuhnya yang bisa menyebabkan berbagai masalah, termasuk kesehatan bulunya. Maka dari itu aturlah pola makan yang sehat serta pilihlah makanan yang berkualitas premium.

Banyak juga makanan kucing yang diformulasikan khusus dalam mengatasi permasalahan bulu seperti hairball, bulu kusut, bulu bercabang dan tidak lebat. Dengan begitu kamu bisa memberi kucing makanan khusus agar bulunya lebat kembali, sekaligus mendapatkan asupan nutrisi.

Berikan Vitamin Bulu

Tidak hanya merawat bulu dari dalam saja dengan memberikan makanan yang berkualitas, namun pemberian vitamin bulu untuk kucing juga sangat berperan penting dalam melebatkan bulu si kucing agar lebih sehat. Setelah kamu memandikan kucing, diberikan vitamin bulu.

Banyak kok produk vitamin bulu untuk kucing yang membantu menyehatkan bulunya supaya lebih lebat, halus, lembut, dan tidak mudah rontok. Buat kamu yang kebetulan sedang mencari produk vitamin bulu kucing berikut ada beberapa rekomendasinya, diantaranya yaitu:

  1. Royal Care Hair and Coat
  2. Dr.Meow Lerys Vitamin Bulu dan Kulit
  3. Olive Care Vitamin Bulu
  4. Royal Cat’s for Healthy Skin and Coat
  5. Detangle Serum Fur and Skin Vitamins

Rutin Menyisir Bulunya

Merawat bulu kucing itu tergantung ras atau jenis kucing, biasanya ada juga ras kucing dengan bulu pendek begitupun dengan ras bulu panjang. Nah, kalau kucing kampung kamu bulunya cenderung lebih panjang berarti harus sering disisir, sebaliknya kalau bulu pendek secukupnya.

Keduanya tentu berbeda dalam mendapatkan perawatan bulunya, ras kucing yang memiliki bulu panjang biasanya lebih lebat juga berbeda dengan yang bulu pendek lebih teratur dan cukup 1-2 kali dalam seminggu menyisirnya, mungkin untuk ras bulu panjang 2-3 kali sisir.

Jangan Membiarkan Kucing Stress

Kesehatan mental itu sangat penting sekali untuk menciptakan suatu karakter yang stabil dan sehat. Begitupun dengan kucing, mereka juga dapat merasakan yang namanya stress, depresi, bahkan sama halnya seperti manusia yang mumet banyak pikiran, gelisah, dan mental down.

Hanya saja perlakuan kucing dan manusia berbeda, biasanya kucing memang tidak begitu menunjukan dengan jelas kalau mereka sedang stress. Tapi dilihat dari berbagai aspek seperti perilakunya yang sering menyendiri, banyak tidur, tidak semangat, dan bahkan bulu rontok.

Penyebab kucing stress sangat banyak, entah itu karena faktor lingkungan yang kotor dan membuat kucing tidak nyaman lalu hal itu memicu kucing jadi stress. Makanya usahakan untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan agar terhindar dari penyakit dan kucing stress.

Itulah beberapa cara melebatkan bulu kucing kampung secara alami yang mungkin perlu untuk kamu ketahui, siapa tau kucing kampung kamu sedang mengalami kerontokan akibat faktor lingkungan ataupun makanan yang membuat bulunya tidak lebat lagi dan bisa segera atasi.

Usahakan untuk memberikan perawatan yang seimbang untuk kucing, jangan hanya dari perawatan luar saja tapi dari dalam juga sangat diperlukan. Semua hal itu berpengaruh untuk kesehatan bulunya agar tidak rontok dan bisa lebat kembali. Good Luck semoga membantu.

bulu kucingkucing