Cara Makan Buah Kiwi yang Benar

Nesiaverse.com – Sudah tidak asing dengan buah Kiwi yang satu ini dengan memiliki rasa manis sedikit asam dan tentunya menyegarkan, namun selain itu juga buah ini yang memiliki manfaat yang melimpah untuk kesehatan tubuh bahkan untuk ibu hamil atau menyusui tetapi bagaimana dengan cara makan buah Kiwi yang benar?

Buah Kiwi atau Gosberi Cina ini yang merupakan salah satu jenis buah beri yang dapat dimakan dari berbagai jenis tanaman kayu yang merambat di dalam genus Actinidia, untuk Actinidia ini yang aslinya berasal dari Shaanxi, Tiongkok, pada tahun 1950-an buah ini yang awalnya bernama Gosberi Cina namun buah ini yang dinamai kembali menjadi melonette dan kemudian menjadi Kiwi.

Dimana buah ini yang berasal dari Kiwi – burung yang tidak dapat terbang berasal dari Selandia Baru, buah Kiwi yang memiliki dua jenis buah Kiwi yaitu hijau dan emas dan kedua jenis buah Kiwi ini yang memiliki perbedaan dimulai dari penampilan dan juga rasanya.

Advertisment

Untuk jenis buah Kiwi hijau memiliki kulit yang berwarna coklat dan berbulu halus di luarnya dengan bentuk buahnya yang oval, bagian dagingnya yang berwarna hijau dengan biji kecil hitam, dengan rasanya yang manis asam dan menyegarkan.

Sedangkan untuk buah Kiwi emas atau gold yang memiliki kulit yang mulus tanpa ada bulunya dengan warna kulit coklat keemasan, dengan daging buahnya yang berwarna kuning cerah pada bagian intinya dan bijinya lebih sedikit, rasanya manis khas tropis seperti persilangan antara buah Mangga dengan buah Strawberry.

Advertisment

Tidak hanya itu kedua jenis buah Kiwi ini yang mengandung berbagai nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh seperti vitamin C, vitamin E, potasium, serat, elektrolit, folat dan masih banyak lagi kandungan vitamin dan mineral lainnya.

Sehingga tidak heran jika buah Kiwi ini digemari oleh banyak orang karena memang rasanya yang lezat ditambah lagi memiliki kandungan nutrisi yang akan membantu untuk memenuhi asupan nutrisi harian, mungkin masih banyak orang yang bingung dengan cara makan buah Kiwi yang benar.

Cara Makan Buah Kiwi yang Benar

Jenis buah Kiwi yang terkenal dan banyak orang yang mengkonsumsinya yaitu jenis Kiwi hijau dengan berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh, sehingga kamu bisa mengkonsumsi buah Kiwi ini secara rutin untuk bisa merasakan manfaatnya dan untuk cara makan buah Kiwi yang benar kamu bisa dengan memakan secara langsung atau dijadikan olahan seperti smoothies.

Untuk kamu yang mungkin hanya ingin mengkonsumsi buah Kiwi secara langsung tanpa diolah, maka untuk cara makan buah Kiwi yang benar kamu bisa dengan mengikuti langkah-langkah dibawah ini:

  • Terlebih dahulu pastikan untuk menguji kematangan buah Kiwi dengan cara menekan lembut buah Kiwi dengan tangan, jika dagingnya terasa pada balik kulit buah Kiwi sudah siap untuk dimakan.
  • Pastikan juga sudah dicuci hingga bersih dengan menggosok kulitnya dengan jari menggunakan air dingin, hal ini bertujuan untuk menyingkirkan kotoran dan juga  sisa bahan kimia yang terdapat pada buah Kiwi.
  • Kemudian potong ujung buah yang tidak boleh dimakan yaitu tonjolan pada bagian ujung buah yang tersambung dengan sulur, bagian ini yang bisa dipotong dan dibuang atau cukup jangan memakan pada bagian itu.
  • Selanjutnya gigit langsung buah Kiwi seperti memakan buah Apel, karena buah Kiwi yang bisa dikonsumsi beserta dengan kulitnya.
  • Namun jika tidak suka dengan kulitnya maka bisa dengan membelah buah Kiwi menjadi dua bagian.
  • Kemudian masukkan ujung sendok ke daging buah Kiwi atau dengan mengupasnya dan potong menjadi irisan sesuai dengan keinginan.

Untuk kamu yang ingin mencoba untuk membuat smoothies dari bahan Kiwi, maka kamu bisa dengan mengikuti cara dibawah ini:

  • Terlebih dahulu pastikan mencuci buah Kiwi hingga bersih.
  • Kemudian potong kedua ujung buahnya yang tersambung ke sulur.
  • Kamu bisa mengupas kulitnya atau memasukkan semuanya sesuai dengan selera.
  • Kemudian tambahkan buah-buahan lainnya seperti strawberry, bayam dan masukkan masukkan semua bahan kedalam blender dan masukkan juga separuh cangkir air dan blender hingga halus.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai beberapa cara makan buah Kiwi yang benar yang bisa dilakukan dan praktekan di rumah dengan mudah, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat selamat untuk mencoba.

buah kiwi