Cara Jogging yang Benar Untuk Menurunkan Berat Badan

Nesiaverse.com – Tidak sedikit orang yang menginginkan berat badan yang ideal dan mungkin kamu juga salah satunya yang menginginkan tubuh yang ideal, untuk itu terdapat beberapa cara jogging yang benar untuk menurunkan berat badan yang dapat kamu coba dan lakukan secara rutin.

Dimana untuk cara jogging yang benar untuk menurunkan berat badan tentu saja perlu diterapkan hal ini bertujuan agar bisa mendapatkan manfaatnya dengan maksimal, cara ini juga yang bisa membantu untuk menghindari kamu dari risiko terjadinya cedera.

Sehingga dengan begitu hal ini sangat penting perlu di persiapan yang sangat matang serta penerapan teknik dengan tepat, dengan melakukan jogging yang dipercaya untuk membantu menurunkan berat badan, obesitas, dan juga membakar lemak perut.

Advertisment

Untuk kamu yang ingin memiliki berat badan yang ideal sesuai dengan keinginan  maka dengan menerapkan cara jogging yang benar tidak ada salahnya, nah untuk kamu yang ingin tahu dengan caranya maka kamu bisa dengan menyimak ulasannya dibawah ini.

Cara Jogging yang Benar Untuk Menurunkan Berat Badan

Advertisment

Cara jogging yang benar untuk menurunkan berat badan tentu saja perlu memperhatikan persiapan dan juga tekniknya dan bahkan sebelum melakukan jogging kamu harus mempersiapkan diri terlebih dahulu dengan baik

Dimana persiapan tersebut dimulai dari sepatu, pakaian, waktu dan pakaian dan bahkan sampai dengan asupan makanan  yang perlu diperhatikan sebelum melakukan jogging, untuk itu berikut beberapa persiapan sebelum melakukan jogging yang dapat kamu coba terapkan.

Persiapan Terlebih Dahulu Sebelum Jogging

Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam persiapan sebelum melakukan jogging yaitu diantaranya:

Pakaian dan Sepatu

Persiapan sebelum melakukan jogging yaitu kamu perlu mempersiapkan pakaian dan juga sepatu yang nyaman agar pada saat jogging kamu menjadi nyaman dan tidak terganggu, dimana kamu bisa dengan memilih pakaian yang tepat dengan memiliki bahan yang mudah menyerap keringat yaitu seperti katun, polyester dan spandex.

Selain itu juga kamu bisa memilih sepatu lari yang sesuai dengan ukuran kaki yang nyaman pada saat dipijak dengan memilih sepatu yang pas dan tepat akan membantu menurunkan risiko cedera.

Asupan Nutrisi

Persiapan sebelum melakukan jogging yang selanjutnya yaitu perlu memperhatikan asupan nutrisi yang menjadi salah satu hal yang sangat penting, dimana dengan makanan yang bernutrisi mengandung protein dan juga karbohidrat kompleks yang bisa membantu menghasilkan energi untuk melakukan kegiatan olahraga.

Pastikan untuk menghindari mengkonsumsi makanan yang tinggi serat dan lemak sebelum melakukan jogging, dan kamu bisa mengkonsumsi asupan nutrisi tersebut 3 jam sebelum melakukan jogging, selain itu juga kamu perlu minum air putih yang cukup agar tidak mengalami dehidrasi saat jogging.

Lokasi dan Waktu Ideal Jogging

Sebelum melakukan jogging kamu juga perlu memperhatikan lokasi yang akan kamu gunakan untuk melakukan jogging, dimana dalam memperhatikan lokasi juga yang menjadi salah satu hal yang penting sebagai persiapan sebelum jogging dan kamu bisa dengan memiliki lokasi dengan rute yang rata, tidak licin dan juga aman untuk jogging.

Selain lokasi kamu juga perlu mengetahui waktu yang baik dimana kamu bisa dengan melakukan jogging ini dalam 2 atau 3 kali dalam seminggunya dengan total durasi kurang lebih 1 sampai 2,5 jam per minggunya.

Setelah kamu mengetahui persiapan sebelum melakukan jogging maka selanjutnya kamu bisa mengetahui dengan cara jogging yang benar untuk menurunkan berat badan, adapun untuk caranya yaitu sebagai berikut.

Melakukan Pemanasan

Cara jogging yang benar untuk menurunkan berat badan yang pertama bisa kamu lakukan yaitu dengan melakukan pemanasan terlebih dahulu, dimana hal ini yang bertujuan untuk menghindari risiko terjadinya cedera, kram otot atau keseleo dan untuk melakukan pemanasan hanya perlu sekitar 5 hingga 10 menit sebelum melakukan jogging.

Adapun untuk cara pemanasan kamu bisa dengan berjalan dengan mengangkatkan lutut setinggi pinggang dan lakukan gerakan ini sampai 10 kali dalam masing-masing tungkai, selain itu juga kamu bisa dengan berjalan santai pada setiap 10 langkah maka bisa lompat di tempat hingga lutut setinggi pinggang dan lompatan ini selama 5 hingga 10 detik kemudian lanjutkan kembali berjalan santai lakukan cara ini sampai 4 kali.

Teknik Berlari

Terlebih dahulu kamu bisa dengan mengkombinasikan lari dan jalan dengan cara ini yang akan memudahkan kamu menyesuaikan diri, selain itu juga tidak akan cepat mudah kehabisan energi dan juga untuk membantu mencegah cedera pada otot dan sendi.

Kamu bisa dengan memulainya dengan berjalan kaki dalam beberapa menit kemudian berlari santai dengan durasi dan jarak yang pendek, misalnya untuk rasio durasi yang dapat kamu gunakan  yaitu 2:5 dimana 2 menit berlari dan 5 menit untuk berjalan santai.

Memperhatikan Teknik Bernapas dan Postur Tubuh

Cara jogging yang benar untuk menurunkan berat badan yang selanjutnya yaitu kamu perlu memperhatikan teknik pernapasan dan juga postur tubuh, dimana kamu bisa dengan mencondongkan tubuh ke depan sedikit dengan tangan yang mengepal dan untuk posisi kepala selalu tegap pada saat berlari.

Untuk teknik pernapasan kamu bisa dengan melakukan tarik napas dengan melalui hidung pada saat berlari kemudian dihembuskan dengan melalui mulut, untuk cara ini yang bermanfaat untuk bisa mencukupi kebutuhan oksigen pada tubuh pada saat jogging dan juga untuk membantu mengurangi resiko kram di otot perut.

Melakukan Pendinginan

Melakukan pendinginan menjadi salah satu hal yang sangat penting perlu kamu ketahui dimana kamu bisa melakukan pendinginan setelah jogging selama 5 hingga 10 menit dengan berjalan santai, maka setelah itu kamu bisa dengan melakukan peregangan untuk beberapa bagian tubuh diantaranya kaki, leher dan tangan.

Dengan melakukan pendinginan akan membuat tubuh menjadi merasa lebih nyaman, pernapasan dan juga detak jantung akan kembali normal, setelah jogging kamu bisa dengan minum air putih secukupnya untuk mengganti cairan di dalam tubuh yang hilang pada saat melakukan jogging.

Mungkin hanya itu saja beberapa cara jogging yang benar untuk menurunkan berat badan yang dapat kamu coba dan terapkan secara rutin untuk bisa mendapatkan hasil yang maksimal, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.

berat badanjogging