Cara Cepat Merontokan Bulu Kenari Saat Mabung

Nesiaverse.c0m – Sudah kita ketahui bahwa semua jenis burung yang akan mengalami proses mabung termasuk burung kenari, pada saat burung kesayangan kamu sedang mabung maka perlu mengetahui dengan cara cepat merontokkan bulu kenari saat mabung dan untuk itu kamu bisa dengan simak penjelasannya pada artikel di bawah ini.

Pastinya hampir semua orang yang memelihara burung kenari sudah melewati fase burung tampak seperti merontokkan bulunya atau biasanya dikenal dengan sebutan mabung, mabung adalah kondisi semua burung termasuk burung kenari yang merasa tidak memiliki jati diri karena burung menjadi tidak bergairah untuk bergerak dan jarang berbunyi.

Masa proses mabung yang memiliki durasi waktu yang bisa terbilang cukup lama yaitu sekitar 2 hingga 3 bulan,selama masa mabung bulu pada burung kenari yang akan berjatuhan dan diganti dengan bulu baru dan jika mabung tidak dilakukan pastinya akan menyiksa burung tersebut.

Advertisment

ada yang dengan memberikan makanan yang bergizi, dan ada juga yang memberikan bahan unik yang kemungkinan belum diketahui oleh banyak orang dan bahan tersebut yaitu seperti daun pandan, kulit jeruk hingga daun sirsak, sekilas untuk beberapa jenis bahan ini tidak terlalu penting untuk burung.

Karena ketiga bahan tersebut yang lebih kerap digunakan untuk memasak tetapi faktanya ternyata ketiga bahan tersebut yang bisa membantu untuk mempercepat proses mabung pada burung, namun selain itu juga masih ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar proses mabung bisa terjadi dengan cepat.

Advertisment

Untuk kamu yang ingin tahu dengan cara cepat merontokan bulu kenari saat mabung, maka kamu wajib untuk menyimak ulasan di bawah ini dengan beberapa cara yang bisa kamu coba dan terapkan.

Cara Cepat Merontokan Bulu Kenari Saat Mabung

Menjadi kesalahan yang sangat besar jika burung kenari saat mabung yang masih dikemas atau dipaksa untuk tetap beraktivitas, berbunyi atau makan diberi doping dan juga suplemen bunyi untuk ajang lomba, hal ini yang bisa membuat burung kenari yang menjadi semakin menurun kondisinya.

Untuk cara yang tepat dalam merawat burung kenari pada saat sedang mabung yang menjadi salah satu hal yang sangat penting agar membantu mempercepat proses mabung dan juga proses pertumbuhan bulu yang baru, untuk itu dibawah ini terdapat beberapa cara cepat merontokan bulu kenari saat mabung yang bisa kamu coba terapkan yaitu sebagai berikut:

Memberikan Ulat Hongkong

Salah satu cara cepat untuk membantu merontokan bulu kenari saat mabung yaitu bisa dengan memberikan pakan tambahan atau extra food yaitu seperti ulat hongkong sekitar 10 ekor, dimana untuk pemberian ulat hongkong ini yang bisa diberikan pada pagi hari sekitar 10 ekor dan juga siang hari 10 ekor.

Dengan Mandi Sauna

Ternyata proses mabung burung kenari yang akan menjadi cepat selesai jika dilakukan dengan cara mandi sauna, untuk panas sinar matahari yang masuk dengan melalui kerodong yang menjadikan bagian dalam sangkar kedap panas, udara yang luar cuma dapat masuk sedikit, hal ini yang akan membuat pori-pori pada burung kenari menjadi melebar dan hal ini bisa membuatnya menjadi cepat selesai mabung.

Membersihkan Sangkar Secara Teratur

Pada saat burung kenari sedang dalam fase mabung maka jangan lupa untuk selalu membersihkan sangkarnya secara teratur, mengganti tempat minum dan pakan dan bersihkan kotoran burung, dengan kandang bersih terhindar dari berbagai penyakit karena burung sedang mabung yang memiliki kondisi tubuh lemah.

Memanfaatkan Kulit Jeruk

Untuk cara cepat merontokan bulu kenari saat mabung lainnya yaitu dengan memanfaatkan kulit jeruk yang bisa dilakukan dengan memasukkan beberapa kulit jeruk tersebut ke dalam dasar sangkar, kemudian sangkar burung tersebut yang di kerodong penuh.

Kemudian setelah itu pada saat terapi kulit jeruk yang diletakkan dalam sangkar burung kenari yang sedang mabung selanjutnya disimpan di tempat yang jauh dari suara burung lainnya, hal ini bertujuan agar burung kenari bisa lebih fokus dan siap untuk membantu mempercepat merontokkan bulunya.

Mencampurkan Kroto dan Susu Bubuk

Dengan mencampurkan kroto dengan susu bubuk menjadi salah satu cara cepat merontokan bulu kenari saat mabung yang bisa kamu coba terapkan, dimana untuk bahan-bahannya cukup cepuk ulat hongkong dna juga kroto yang dicampurkan dengan susu bubuk.

Kemudian campuran tersebut diberikan ke burung lalu sangkar nya  di kerodong total dan kamu bisa memeriksanya selama 3 hari, nantinya bulu burung yang akan berjatuhan atau rontok dan lanjutkan perawatan ini selama seminggu agar burung mabung cepat selesai dengan maksimal dan sempurna.

Dengan Memberikan Jangkrik

Untuk burung kenari yang sedang mabung tentu saja akan membutuhkan protein yang tinggi, sehingga dengan begitu untuk cara cepat merontokan bulu kenari saat mabung yaitu bisa dengan memberikan jangkrik pada setiap pagi agar burung kenari tersebut cepat selesai proses mabungnya.

Membiarkan Burung Kenari Sendiri

Cara cepat merontokkan bulu kenari saat mabung lainnya dengan membiarkan burung kenari sendiri dan tempatkan burung di lokasi yang tenang, pastikan burung kenari mabung dijauhkan dari burung-burung yang lainnya karena ini bisa memancingnya untuk bertarung, selain itu juga meletakkan burung kenari mabung di tempat lembab sedikit panas untuk membuat burung lebih cepat merontokkan bulunya.

Mencampurkan Telur Bebek dan Voer

Dengan mencampurkan dua bahan yaitu telur bebek dan juga voer bisa menjadi salah satu cara cepat merontokan bulu kenari saat mabung yang dapat di coba terapkan, kamu bisa mencampurkan telur bebek dan voer lalu adonannya di angin-angin hingga mengering, berikan racikan tersebut secara rutin dan jika mabung sudah selesai maka bisa memberikan voer seperti biasa tanpa campuran telur bebek.

Memanfaatkan Daun Sirsak

Memanfaatkan daun sirsak menjadi salah satu cara cepat merontokkan bulu kenari saat mabung yang bisa kamu coba praktekan, kamu bisa menyiapkan sekitar 7 sampai 10 daun sirsak yang sudah menguning, lalu letakkan daun sirsak di dasar sangkar dan jika sudah kering hantu dengan daun sirsak yang baru.

Mendekatkan pada Burung Betina

Ternyata burung yang berkelamin betina yang sepertinya sangat ampuh untuk membantu proses mabung burung jantan, hal ini yang akan membuat birahi pada burung jantan keluar pada saat didekatkan dengan burung betina dan ini mampu membuat bulunya menjadi rontok dengan cepat.

Kain Kerodong Disemprot dengan Air

Perawatan burung mabung yang biasanya dengan menggunakan kerodong full, agar keadaan di dalam sangkar burung tersebut tidak terlalu panas maka kamu bisa menyemprotkan air ke kerodong tersebut  terlebih dahulu yang menjadi salah satu cara cepat merontokan bulu kenari saat mabung bisa dilakukan.

Memberikan Campuran Susu dengan Voer

Jika burung terlanjur sudah gagal mabung maka kamu bisa dengan memberikan susu bubuk yang dicampur dengan voer, dengan campuran kedua bahan ini yang dipercaya bisa membantu untuk menjatuhkan bulu-bulu burung dengan sempurna.

Dengan Memanfaatkan Daun Pandan

Belum banyak orang yang tahu ternyata daun pandan yang bisa membantu untuk mempercepat burung mabung, untuk cara pemberiannya daun pandan yang dipotong kecil-kecil kemudian diletakkan daun pandan tadi kedasar sangkar burung.

Kemudian kamu tutup sangkar burung dengan kerodong yang secara full, lakukan cara ini pada setiap hari hingga bulu burung berjatuhan, jika dalam beberapa hari daun pandan tersebut sudah mengering maka kamu bisa menggantinya dengan daun pandan yang baru dan masih segar.

Memberikan Nutrisi BirdMolt-Pre

Dimana burung mabung yang pastinya akan membutuhkan asupan nutrisi yang baik dan salah satu cara cepat merontokan bulu kenari saat mabung bisa dicoba yaitu dengan memberikan nutrisi dengan kandungan protein tinggi yang berupa metionin dan juga sistin pada BirdMolt-Pre.

Mengganti Voer Burung dengan Voer Ayam

Terakhir untuk cara cepat merontokan bulu kenari saat mabung bisa kamu lakukan yaitu dengan mengganti voer burung dengan voer ayam, karena voer ayam mampu merangsang burung agar cepat mabung, pasalnya voer ayam mengandung protein lebih tinggi dibandingkan dengan voer burung.

Mungkin hanya itu saja untuk beberapa cara cepat merontokan bulu kenari saat mabung yang bisa kamu ketahui dan bisa kamu coba terapkan dengan mudah, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat selamat untuk mencoba.

bulu burung kenariburung kenariburung kenari mabung