Cara Agar Percaya Diri dan Berani

Nesiaverse.com – Rasa percaya diri tumbuh untuk membuat seseorang jadi lebih berani dalam memperlihatkan kemampuan atau kelebihannya sendiri. Meskipun begitu, dibalik semua keberaniannya, mereka juga melakukan berbagai cara agar percaya diri dan berani. Karena, pastinya ada usaha yang mereka lakukan agar menjadi pribadi yang lebih percaya diri.

Tetapi, tidak semua orang bisa melakukannya, sebab kita memerlukan niat dan kekonsistenan dalam melakukan perubahan agar lebih percaya diri dan berani. Tentu saja, memperbaiki diri sendiri menjadi lebih percaya diri tidaklah mudah, karena kamu harus siap dengan segenap hati untuk beranjak dari zona nyamanmu.

Lantas, bagaimana cara agar percaya diri dan berani? Nah, disini akan memberikan beberapa tips atau cara agar kamu menjadi pribadi yang percaya diri dan berani. Jadi, langsung saja simak ulasannya di bawah ini dengan seksama!

Advertisment

Cara Agar Percaya Diri dan Berani

Advertisment

Kenapa sih, percaya diri itu diperlukan? Percaya diri merupakan sebuah karakter yang mungkin hampir dimiliki oleh setiap orang. Hanya saja, tidak banyak orang dapat menyikapi hal tersebut dengan baik dan benar, sehingga cenderung menyebabkan rasa ragu dan tidak percaya pada diri sendiri.

Apabila seseorang menjadi tidak percaya diri, tentunya kondisi tersebut dapat menimbulkan karakter pemalu, penakut, atau bahkan tidak dapat bertanggung jawab.

Karena rasa takut mereka akan suatu kondisi, takut akan pemikiran negatifnya sendiri, serta takut akan penilaian dan pandangan dari orang lain, membuat mereka jadi tidak percaya diri. Padahal, jika kita berani dan tampil dengan penuh keyakinan atas kemampuan dan kelebihan diri sendiri, maka ketakutan-ketakutan itu akan hilang.

Takut atau tidak berani memang hal yang wajar dan normal, tapi bukan berarti kamu tidak bisa menghadapi atau mengatasi masalah tersebut. Dengan kepercayaan diri kamu yang kuat, pastinya dapat teratasi dengan baik.

Namun, yang perlu kita pahami adalah memang setiap orang tidak dilahirkan dengan mental yang kuat, keluarga yang selalu mensupport kita, atau bahkan akibat dari trauma masa lalu itu yang membuat seseorang jadi merasa tidak percaya diri dan ciut.

Tetapi, bukan berarti kamu tidak bisa bangkit dari keterpurukan yang menyebabkan hidupmu dipenuhi rasa takut dan tidak percaya diri. Ada beberapa cara agar kepercayaan diri kita kembali dan bisa tampil lebih berani dengan cara-cara berikut di bawah ini, yaitu:

Mengelola Pikiran Agar Selalu Optimis

Agar percaya diri dan berani tentu melibatkan cara kamu dalam mengelola pikiran agar selalu optimis. Sikap optimis dapat membantumu menjadi lebih percaya diri dan berani karena kamu dapat melihat segala hal dari sisi positif dan memiliki keyakinan kuat bahwa sesulit apapun masalah akan dapat diatasi.

Salah satu permisalannya adalah dengan kamu memiliki tujuan atau impian dalam hidup, tentu akan berpotensi meningkatkan kepercayaan diri dan membantu kamu untuk tetap optimis dan berani dalam menghadapi tantangan.

Sikap optimis, erat kaitannya dengan proses menciptakan afirmasi yang positif untuk diri sendiri. Maka dari itu, berikut adalah beberapa upaya yang dapat kamu lakukan apabila kamu memiliki pikiran negatif dan ingin menggantinya dengan yang lebih positif, antara lain:

  1. Katakanlah pernyataan positif pada diri kamu! jangan katakan “Aku tidak akan gagal!” tapi cobalah “Aku akan berhasil!” hal ini nantinya akan membantu kamu dalam mengarahkan perhatian pada hasil yang diinginkan, ketimbang harus memikirkan hasil yang tidak diinginkan.
  2. Gunakan kata-kata yang kuat dan meyakinkan! kata-kata yang kamu pilih saat melakukan afirmasi memiliki dampak emosional yang kuat dan besar kemungkinan membuat kamu lebih termotivasi. Gunakan kata-kata seperti “bisa!”, “yakin!”, dan “akan” untuk memberikan afirmasi kamu kekuatan tambahan.
  3. Buat pernyataan yang spesifik! Misalnya, daripada kamu mengatakan “Aku akan lebih bahagia!” cobalah mengatakan “Bagaimanapun, aku akan menikmati setiap proses yang aku jalani dalam menggapai tujuan hidupku dan menemukan kebahagiaan pada hal-hal sederhana!” dengan pernyataan lebih spesifik, tentu dapat membantu kamu lebih fokus pada tujuan yang konkret.
  4. Gunakan kata ganti orang pertama! Seperti “Saya” atau “Aku” untuk membantu kamu merasa lebih terhubung dengan tujuan yang hendak kamu capai.
  5. Tetap Realistis! Saat kamu mengatur goals yang terlalu tinggi atau tidak realistis, yang ada nantinya hanya kekecewaan dan merusak optimisme. Jadi, pastikanlah untuk menetapkan tujuan yang lebih realistis dan sesuai dengan kemampuan kamu.
  6. Konsisten! Selalu diingat bahwa sesuatu yang dilakukan secara konsisten akan membuahkan hasil yang maksimal, termasuk ketika afirmasi positif yang kamu lakukan ini. Atur waktu khusus setiap harinya untuk melakukan ini, baik secara lisan maupun pikiran. Semakin sering, biasanya akan semakin terasa pesan positif yang kamu nyatakan.

Kenali dan Terima Segala Kekuranganmu

Upaya berikutnya yang dapat dilakukan sebagai cara agar percaya diri dan berani, yakni dengan mengenali dan menerima semua kekurangan yang kamu miliki.

Melakukan hal ini dapat memungkinkan kamu untuk memiliki pandangan yang lebih realistis tentang diri sendiri. Dengan mengakui kekurangan, kamu dapat membebaskan diri dari tekanan untuk menjadi sempurna dan mengurangi rasa takut akan kegagalan. Selain itu, menerima kekurangan juga dapat menjadi titik awal untuk pertumbuhan dan perbaikan pribadi.

Mulailah dengan menghadapi rasa takut yang mungkin muncul terkait kekurangan diri kamu. Cobalah tuliskan hal-hal apa saja yang menjadi ketakutanmu dan hadapi serta pahami perlahan-lahan mengapa hal itu menjadi tidak menakutkan lagi.

Dengarkan apa yang sebenarnya kamu butuhkan dan inginkan, luangkan waktu untuk merenungi hal tersebut. Bila perlu, berbagilah perasaan serta pikiran dengan orang terdekatmu untuk membantu kamu lebih menerima kekurangan diri kamu.

Merawat Diri dan Perhatikan Penampilan

Merawat diri dan memperhatikan penampilan dapat menjadi cara agar percaya diri dan berani, mengapa demikian? karena hal ini dapat mempengaruhi bagaimana seseorang merasa tentang diri mereka sendiri dan bagaimana orang lain merespon mereka.

Ketika kamu lebih merawat diri dengan baik, tentu kamu akan cenderung merasa lebih percaya diri dan nyaman dengan penampilan yang kamu miliki. Selain itu, penampilan yang rapi dan menarik juga dapat mencerminkan sikap positif terhadap diri sendiri, sehingga pada gilirannya dapat mempengaruhi bagaimana orang lain merespon dan memperlakukan kamu. Dengan demikian, kamu dapat mengatasi permasalahan pada rasa percaya diri dan kurangnya keberanianmu.

Lawan Rasa Takut Dengan Segala Kelebihanmu

Ketika seseorang merasa takut, cenderung mereka akan sulit untuk berpikir jernih dan kemungkinan besarnya berdampak pada hilangnya rasa percaya akan diri mereka sendiri. Maka dari itu, melawan rasa takut dengan kelebihan yang kamu miliki dapat menjadi cara agar percaya diri dan lebih berani, serta memungkinkan kamu untuk lebih fokus pada potensi dan kekuatan yang kamu miliki.

Pendapat ini juga didukung oleh FutureSkills.id dimana dengan mengenali dan memanfaatkan kelebihan yang dimiliki, seseorang dapat membangun keyakinan pada diri sendiri sehingga mereka dapat lebih siap untuk menghadapi tantangan. Selain itu, fokus pada kelebihan juga dapat membantu seseorang untuk mengurangi rasa takut akan kegagalan dan meningkatkan motivasi dalam upaya mencapai tujuan.

Perbanyak Mengikuti Aktivitas Sosial

Mengisolasi diri dengan kesibukan yang tidak melibatkan interaksi dengan orang lain, bagi sebagian orang mungkin terasa nyaman. Akan tetapi, risiko dari terlanjur nyamannya itu dapat mengganggu pada rasa percaya diri dan keberanian orang tersebut. Dengan demikian, cara yang dapat kamu lakukan agar lebih percaya diri dan berani adalah dengan mengikuti banyak aktivitas yang melibatkan orang banyak.

Kegiatan sosial memungkinkan kamu untuk berinteraksi dengan orang lain, memperluas jaringan sosial, dan merasa lebih terhubung. Melalui interaksi sosial, kamu dapat merasa lebih didengar, dipahami, dan diterima, sehingga hal tersebut dapat memperkuat kemampuan nilai diri kamu.

Selain itu, terlibat dalam aktivitas sosial juga dapat membantu kamu dalam mengembangkan keterampilan komunikasi dan sosial, mengatasi tantangan dan kecemasan hidup, yang pada gilirannya dapat membantu membangun rasa percaya diri kamu dalam berbagai situasi kehidupan.

Abaikan Perkataan-Perkataan Buruk dari Orang Lain dan Ambil Hikmahnya

Percaya gak percaya, ternyata banyak hal di dunia ini yang ketika kita tidak terlalu ambil peduli karenanya, dapat meningkatkan kebahagiaan hidup kita lho! Salah satunya adalah dengan mengabaikan celaan atau perkataan buruk dari orang lain terhadap kamu. Petik saja hal yang memang dapat kamu ambil untuk dijadikan bahan intropeksi, akan tetapi hindarilah perasaan antusias untuk membuktikan bahwa kamu tidak seperti yang orang lain katakan.

Maka dari itu, apabila kamu mengabaikan perkataan buruk dari orang lain dan mengambil hikmahnya dari hal tersebut, sangat mungkin dapat menjadi cara agar percaya diri dan berani. Karena hal itu memungkinkan kamu untuk lebih fokus pada pertumbuhan pribadi dan pembelajaran dari pengalaman yang kamu alami.

Dengan mengabaikan perkataan buruk, kamu jadi lebih leluasa dan terhindarkan dari pengaruh negatif, sehingga dapat memusatkan perhatian pada hal-hal yang lebih berpeluang untuk membuat kamu belajar dan tumbuh menjadi pribadi yang lebih baik.

Jauhi Lingkungan atau Pergaulan Yang Toxic

Penyebab paling umum yang membuat seseorang terbelenggu dalam rasa rendah diri berlebihan adalah ketika mereka terjebak pada suatu lingkungan atau pergaulan yang toxic. Toxic sendiri sering diartikan sebagai rujukan kata sifat dalam bahasa gaul yang artinya “merusak”, maka dari itu dengan menjauhi lingkungan atau pergaulan yang toxic dapat menjadi cara agar lebih percaya diri dan berani.

Ketika kamu berupaya untuk mulai menjauh dari lingkungan serta pergaulan yang ternyata “toxic”, tentu dapat memungkinkan kamu untuk terlindungi dari pengaruh negatif dan menciptakan kondisi yang lebih sehat, karena kamu sudah membuang akar dari permasalahan rendah dirimu. Dengan demikian, kamu dapat membebaskan diri dari tekanan yang dapat merusak rasa percaya diri dan keberanian.

Menjaga Pola Hidup Sehat

Saat kamu rutin berolahraga, tentu lambat laun kamu akan mendapatkan tubuh yang bugar bahkan estetik sehingga memungkinkan dalam meningkatkan rasa percaya dirimu karena penampilan yang tampak segar dan mempesona. Selain itu, aktivitas fisik yang kamu lakukan tersebut memicu produksi hormon endorfin yang dapat meningkatkan suasana hati dan energi yang baik untuk membuat kamu lebih siap dalam menghadapi berbagai tantangan.

Apalagi ditambah kamu menjaga pola tidur bahkan senang mengkonsumsi makanan sehat seperti buah-buahan dan sayuran, serta terhindar dari produk-produk berbahaya seperti rokok maupun alkohol. Tentu akan sangat baik untuk kesehatan. Dengan demikian, sehat secara jasmani maupun rohani berpotensi membuatmu lebih bahagia dan mencegah banyak risiko penyakit. Dimana pada gilirannya dapat menjadi cara untuk kamu lebih percaya diri dan berani.

Itulah beberapa cara agar percaya diri dan berani, kamu dapat terapkan kebiasaan-kebiasaan tersebut dalam kehidupan sehari-harimu. Supaya di kemudian hari, kamu bisa menghadapi kehidupan yang keras ini dengan percaya diri dan berani. Dengan begitu, orang-orang pun tidak akan mudah menyepelekan atau merendahkan kamu.

Perlu kamu ingat, memiliki rasa percaya diri dan berani itu bagus, namun jangan jadikan hal tersebut sebagai ajang untuk kamu dapat menyombongkan diri dan menyepelekan orang lain yang kurang percaya diri, ya. Good Luck semoga membantu.

beranipercaya diri