Cara Agar Haid Lancar dan Keluar Banyak

Nesiaverse.com – Tidak semua wanita yang memiliki siklus haid yang sama dimana ada yang lancar dan ada juga yang lambat, nah untuk kamu yang mengalami masalah haid yang kurang lancar maka perlu mengetahui mengenai cara agar haid lancar dan keluar banyak.

Haid yang merupakan proses reproduksi yang kerap dialami oleh setiap wanita, dimana untuk teori siklus pada setiap wanita yang tentunya mempunyai siklus haid yang berbeda-beda rata-rata memiliki siklus haid yaitu 28 hari namun terdapat juga yang sekitar 26 hingga 32 hari.

Untuk kamu yang berada di siklus haid sekitar 28 atau 26 hingga 32 hari maka kamu memiliki siklus haid dalam rentang waktu tersebut maka siklus haid kamu masih normal, namun jika sebaliknya maka ini bisa disebabkan orang beberapa faktor penyebabnya tetapi jika kamu mengalaminya dan tidak disertai dengan gejala yang lainnya maka haid ini masih dianggap wajar.

Advertisment

Dimana haid yang tidak lancar yang bisa disebabkan oleh banyak hal yang dimulai dari perubahan hormon sampai dengan gaya hidup kurang sehat, nah untuk kamu yang penasaran untuk cara agar haid lancar dan keluar banyak bisa simak penjelasannya dibawah ini.

Cara Agar Haid Lancar dan Keluar Banyak

Advertisment

Secara umum haid akan berlangsung selama 2 hingga 7 hari tetapi siklus haid ini yang terdapat dapat merubah dengan berbagai macam faktor penyebabnya, salah satunya dipengaruhi dengan berat badan yang naik atau turun secara drastis, kondisi hormon di dalam tubuh, pertambahan usia dan juga stres.

Agar haid lancar dan keluar banyak maka kamu bisa dengan melakukan berbagai cara yang dapat diterapkan salah satunya dengan menjalankan gaya hidup yang sehat, namun selain itu juga dibawah ini ada beberapa cara yang bisa coba dan terapkan agar haid dapat lancar dan keluar banyak yaitu sebagai berikut:

Mengkonsumsi Makan yang Mengandung Vitamin C

Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin C yang akan membantu untuk mengurangi kadar progesteron sehingga dengan begitu peluruhan lapisan rahim yang akan menjadi lebih cepat, hal ini juga yang berdampak haid menjadi lancar dan keluar banyak dengan durasi haid yang lebih cepat atau singkat.

Dengan begitu kamu bisa dengan menggunakan cara agar haid lancar dan keluar banyak dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin C di dalamnya seperti Jeruk, obat-obatan yang dibutuhkan atau vitamin C.

Istirahat yang Cukup

Untuk cara agar haid lancar dan keluar banyak yang lainnya yaitu menjaga tidur atau istirahat yang cukup, dimana tidur sendiri yang merupakan waktu untuk tubuh melakukan penyembuhan diri, produksi hormon dan juga regenerasi sel.

Dengan kekurangan tidur yang bisa membuat kadar pada beberapa hormon di dalam tubuh menjadi terganggu dan salah satunya yaitu hormon estrogen dan progesteron yang memiliki peran penting di dalam perubahan siklus haid atau menstruasi.

Menjaga Pola Makan yang Sehat

Pada saat haid maka apa yang kamu konsumsi yang nantinya akan berpengaruh dengan apa yang akan terjadi pada tubuh, jika kamu membiasakan mengkonsumsi makan yang tidak sehat yang dapat memicu haid seseorang menjadi tidak lancar, makanan yang tidak sehat seperti makanan olahan, makanan cepat saji, makanan yang mengandung bahan pengawet dan juga bahan pemanis tambahan.

Maka agar haid lancar dan keluar banyak kamu perlu menjaga pola makan yang tetap sehat seperti mengkonsumsi buah dan sayuran yang mengandung vitamin C, lemak baik, asam lemak omega -3 yang akan membantu dalam melancarkan proses haid kamu.

Mengkonsumsi Ramuan Alami

Dengan mengkonsumsi minuman ramuan alami yang akan membantu untuk melancarkan haid dan ini menjadi salah satu cara agar haid lancar dan keluar banyak, adapun untuk beberapa ramuan alaminya yaitu sebagai berikut:

  • Air Jahe  mengandung senyawa didalamnya yang bermanfaat untuk melancarkan haid, untuk cara membuatnya kamu rebus Jahe dan saring lalu dicampurkan dengan dua sdm madu lalu minum setiap harinya.
  • Jamu Kunyit yang memiliki manfaat sebagai antioksidan dan antiseptik alami yang dapat membantu melawan berbagai macam penyakit termasuk juga untuk melancarkan haid, cara membuatnya kamu cukup dengan merebus 2 rimpang kunyit ditambah sdt ketumbar, segenggam daun srigading, dan juga biji pala dan air kurang lebih 1 liter kemudian saring dan minum sekali satu gelas.
  • Air daun Pepaya yang didalamnya mengandung kaya akan vitamin di dalamnya yang memiliki peran untuk membantu melancarkan haid dan juga mengurangi nyeri haid, cara membuatnya kamu bisa merebus daun Pepaya disaring kemudian dicampur sedikit garam dan asam jawa.

Mengontrol Stres

Stres juga menjadi salah satu hal yang akan mempengaruhi dengan siklus haid pada seseorang maka untuk cara agar haid lancar dan keluar banyak yaitu dengan mengontrol atau mengelola stres, dengan hormon kortisol di dalam tubuh tidak stabil dan seimbang yang dapat mempengaruhi hipotalamus yaitu hormon  yang berperan dalam mengatur periode haid atau menstruasi.

Berolahraga Secara Rutin

Untuk cara agar haid lancar dan keluar banyak yang terakhir bisa kamu coba dan terapkan yaitu dengan melakukan olahraga ringan secara rutin, dengan berolahraga selain membuat tubuh menjadi lebih bugar namun akan membantu haid menjadi lebih lancar dan kamu melakukan gerakan yoga seperti standing pose triangle dan half -moon yang akan merilekskan otot panggul dan meredakan stres serta melancarkan sirkulasi darah di dalam tubuh.

Mungkin hanya itu saja beberapa cara agar haid lancar dan keluar banyak yang bisa kamu coba dan terapkan di rumah, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat selamat untuk mencoba.

haid