Cabai Termasuk Buah atau Sayur?

Nesiaverse.com – Banyak pertanyaan terkait cabai termasuk jenis buah atau sayur? Karena memang banyak perdebatan terkait cabai ini masuk kategori buah atau sayuran. Nah, untuk mengetahuinya kamu dapat menyimak pembahasan jelasnya dalam artikel kami. 

Kamu tentunya sudah tidak asing lagi dengan cabai bukan? menjadi salah satu bumbu masakan yang digemari orang-orang, khususnya pecinta makanan pedas. Namun, sebelum berbicara lebih jauh menurut kamu cabai masuk kategori buah atau sayuran?

Pertanyaan tersebut tidak jarang membuat orang kebingungan, karena ada yang mengatakan ika cabai itu termasuk kategori atau jenis sayuran. Namun, lainnya menyebutkan jika cabai ini termasuk jenis buah. 

Advertisment

Nah, jika kamu kebingungan simaklah penjelasan lengkapnya dalam artikel kami dibawah ini. Sehingga dapat membantu kamu yang kebingungan mengklasifikasikan cabai ini sebagai jenis buah atau sayuran. 

Cabai Termasuk Buah atau Sayur?

Advertisment

Jika kamu benar-benar kebingungan ataupun penasaran mengenai cabai termasuk jenis buah atau sayuran? Maka, kamu harus mengetahui terlebih dahulu pengertian dari buah dan sayuran. Hal ini guna memikirkan kamu sedikit pencerahan untuk mengklasifikasikan cabai. 

Kareena pengertian buah dan sayur itu sebenarnya tidak bisa dipindahkan, karena memang ada kalanya saling beririsan. Sehingga jika dipisahkan akan menimbulkan perdebatan yang cukup berkepanjangan dan tidak ada ujungnya. 

Pengertian Buah dan Sayur Berdasarkan Ilmu Botani

Nah, pengertian buah dan sayuran pertama adalah yang berdasarkan pada ilmu botani. Dimana buah dan sayuran sendiri didefinisikan sebagai organ tumbuhan yang berasal dari bunga. Fungsinya sendiri adalah sebagai alat reproduksi karena memiliki kandungan biji. 

Sementara untuk sayur sendiri, menurut ilmu botani merupakan bagian tumbuhan yang dapat dikonsumsi atau dimakan selain buah. Baik dalam keadaan yang segar atau mentah, diolah terlebih dahulu. Umumnya bagian tersebut memiliki banyak kandungan air di dalamnya. 

Pengertian Buah dan Sayur di Bidang Kuliner

Dalam bidang kuliner buah dan sayur adalah pengertian yang paling banyak diterima dan dipahami masyarakat di Indonesia dan dunia. Namun tidak jarang bertentangan dengan pengertian buah dan sayur berdasarkan ilmu botani. 

Dalam dunia kuliner definisi dari buah dan sayur dilihat dari 2 hal, yaitu cita rasa dan cara mengkonsumsi dan olahnya. Dimana sayuran sendiri identik dengan bahan pangan dari tumbuhan dengan rasa tawar atau gurih, Yang umumnya menjadi pendamping nasi, baik kuah, tumis hingga lalapan. 

Sementara buah sendiri adalah bahan pangan dari tumbuhan yang memiliki cita rasa manis ataupun asam. Yang mana sering dikonsumsi bagi dessert, entah dikonsumsi secara segar atau langsung maupun diolah terlebih dahulu menjadi jus, puding atau jenis makanan lainnya. 

Pengertian Buah dan Sayur Menurut KBBI

Kemudian, ada juga pengertian buah dan sayuran berdasarkan KBBI, yang mana menurut KBBI buah merupakan tumbuhan yang berasal dari bunga atau putik dan memiliki biji. Sementara sayuran tumbuh-tumbuhan, polongan yang sebagiannya dapat dimasak. 

Kemudian dari penjelasan diatas, maka cabai ini termasuk kategori buah atau sayur? Jadi terdapat beberapa ahli yang mengatakan jika sayur sebagai bahan makanan ini berasal dari tumbuhan. Misalnya berupa batang, daun, akar, bunga dan buah. 

Sehingga dapat menarik kesimpulan, jika tidak semua sayuran bisa dijadikan buah. Namun, buah bisa dijadikan sayuran. Sehingga cabai ini termasuk buah atau sayuran? Jawabnya menurut sisi ilmu botani cabai merupakan buah, semnetara dalam bidang kuliner cabe ini termasuk sayuran.

Cabai dinilai sebagai buah dalam ilmu botani karena merupakan hasil dari perkembangan dari bakal buah. Hal ini berkalau untuk timun, tomat, jagung dan terong juga.

Sementara disisi lain dalam ilmu pangan atau kuliner, cabai ini termasuk sayuran karena memiliki tekstur yang cukup keras. Sehingga lebih sering dijadikan olahan makanan seperti lauk pauk atau teman nasi. 

Sehingga cabai sendiri bersifat ganda, dan keduanya sah-sah saja baik dari definisi botani maupun pangan atau kuliner. Demikian pembahasan mengenai cabai yang termasuk jenis buah atau sayuran. 

Dari ulasan diatas, maka kamu dapat menyimpulkan jika cabai ini bisa menjadi kategori ganda, yaitu bisa menjadi buah ataupun sayuran. Namun, secara personal cabai ini cenderung mendekati sayur daripada buah-buahan.

cabai