8 Burung Khas Yang Hidup di Pulau Kalimantan

Nesiaverse.com – Masih banyak orang yang belum mengenal dengan beberapa jenis burung khas atau endemik pulau Kalimantan yang sangat unik dan juga menarik, jika kamu tertarik untuk mengetahuinya bisa dengan simak ulasan di bawah bawah ini dengan seksama.

Pulau Kalimantan adalah rumah atau salah satu pusat biodiversitas yang sangat unik di Indonesia, hal ini yang dikarenakan hutan di Kalimantan yang terbentuk dari tumpukan serasah membentuk lahan gambut dan untuk hutan di atas lahan gambut ini yang menyimpan potensi biodiversitas sangat beragam.

Selain itu juga pulau Kalimantan adalah rumah untuk beberapa hutan hujan yang paling beragam yang ada di dunia dan hutan utuh terakhir di Asia Tenggara, di dalam hutan ini menyimpan berbagai tumbuhan dan juga hewan salah satunya ada beragam jenis burung hidup di hutan yang ada di pulau Kalimantan.

Advertisment

Untuk beragam jenis burung-burung yang teramati di Pulau Kalimantan yang terkenal indah dan juga unik, bahkan terdapat banyak diantaranya menjadi simbol daerah maupun Taman Nasional, namun akhir-akhir ini yang dimana beragam jenis burung tersebut yang berada di ambang kepunahan.

Karena memang sekarang ini yang sudah banyak melakukan perburuan secara liar, berkurangnya habitat sebagai tempat tinggal burung atau bahkan aktivitas lainnya yang membuat populasi burung yang ada di Kalimantan semakin berkurang dan bahkan diancam punah.

Advertisment

Dengan kondisi seperti ini yang tentu saja membuat kita semua harus segera membantu burung-burung tersebut tetap ada dilestarikan, namun sebelum ke hal tersebut sebaiknya kamu perlu mengetahui atau mengenal dengan beragam burung khas Kalimantan terlebih dahulu.

Lalu apa saja beragam jenis burung khas Kalimantan? Apa saja burung yang bisa diamati di hutan Kalimantan? Bagaimana keadaan beragam burung tersebut sekarang ini dan seberapa terancamnya mereka? Nah untuk mengetahui semua tersebut bisa kamu simak ulasannya dibawah ini.

Burung Khas Yang Hidup di Pulau Kalimantan

Kalimantan adalah pulau terbesar peringkat ketiga di dunia dengan mempunyai iklim tropis pulau dan juga ekoregion yang beragam sudah menciptakan habitat menampung ribuan spesies hewan, sehingga tidak heran jika di Kalimantan terdapat banyak beragam burung yang menarik dan juga unik.

Berikut beberapa jenis burung khas Kalimantan yang menarik dan juga unik bisa kamu ketahui yaitu sebagai berikut:

Burung Betet Ekor-Panjang (Psittacula longicauda)

Selanjutnya untuk jenis burung khas Kalimantan yaitu ada burung betet ekor panjang atau biasa dikenal juga sebagai long tailed parakeet dan jenis burung yang satu ini kerap dijadikan sebagai hewan peliharaan karena burung tersebut memiliki tampilan yang menarik dan cantik.

Bahkan selain itu juga burung betet ekor panjang ini yang memiliki ekor yang panjang dan terlihat sangat indah sehingga tidak heran jika jenis burung yang satu ini banyak penggemarnya, jenis burung liar satu ini merupakan burung endemik yang berarti hanya ada di Indonesia dan juga sekitarnya.

Perseberangan burung betet ekor panjang yang memang hanya ada di Indonesia dan juga Malaysia saja, spesies burung tersebut yang selain terkenal dengan memiliki warna bulu yang berwarna-warni namun mereka juga memiliki suara yang nyaring seperti berteriak.

Burung betet ekor panjang yang kerap terbang di pohon-pohon yang tinggi di hutan atau bahkan mereka juga bisa terbang di taman-taman kota, tetapi sayangnya sekarang ini burung betet ekor panjang ini terancam punah karena adanya perburuan dan perdagangan liar, dengan berkurangnya habitat alami burung tersebut sehingga dengan begitu hal ini menyebabkan upaya pelestarian burung betet ekor panjang sangat penting.

Burung Kedidi Besar (Calidris Tenuirostris)

Burung kedidi besar atau memiliki nama lainnya yaitu Calidris tenuirostris ini merupakan spesies yang termasuk burung akuatik dan burung khas Kalimantan, dimana burung kedidi besar ini yang ternyata termasuk jenis burung migran.

Pada saat musim panas tiba maka spesies burung yang satu ini yang akan pergi atau terbang ke Rusia untuk berkembang biak disana, kemudian mereka yang akan kembali lahir ke Indonesia, Australia dan Asia Tenggara lainnya pada saat musim dingin sudah tiba.

Biasanya burung kedidi besar yang akan mencari makanan di pantai berlumpur dan biasanya mereka lebih suka memakan udang-udangan dan juga cacing, untuk jenis burung kedidi besar ini yang terancam punah karena berkurangnya habitat tempat tinggal yang layak di sekitar jalur migrasinya.

Burung Rangkong Badak (Buceros Rhinoceros)

Jenis burung rangkong badak merupakan salah satu hewan yang sangat eksotis tidak hanya untuk Indonesia namun untuk seluruh dunia, karena spesies burung yang satu ini adalah jenis hewan endemik atau khas berasal dari wilayah Indonesia dan juga Malaysia.

Dimana burung rangkong badak atau buceros rhinoceros adalah jenis burung pemakan buah sehingga burung tersebut kerak kali di sebut sebagai petani hutan, sehingga oleh karena itu berkurangnya pohon di hutan yang sangat mempengaruhi kemampuan mencari makannya.

Selain itu juga burung rangkong badak yang bisa dikenali dengan sangat mudah karena spesies yang satu ini memiliki balung yang khas pada bagian kepalanya atau diatas paruh burung, balung tersebut yang berfungsi sebagai ruang dengung suara.

Burung Kangkareng Hitam (Anthracoceros Malayanus)

Burung kangkareng hitam atau memiliki nama lain yaitu anthracoceros malayanus merupakan salah satu jenis burung enggang atau rangkong terkecil, jenis burung yang satu ini memiliki ukuran tubuhnya yaitu hanya berkisar 60 hingga 65 cm.

Satwa liar yang satu ini disebut sebagai petani hutan yang bertubuh kecil karena fungsinya di alam yaitu dengan memancarkan biji dari buah yang dimakannya, menurut burung rangkong Indonesia dalam rentang tahun 2000 hingga 2012 yang diperkirakan 18,1% yang habitat burung kangkareng hitam yang telah berkurang.

Hal ini yang bisa menyebabkan turunnya populasi burung kangkareng hitam karena pada pasalnya burung tersebut yang membutuhkan pohon berdiameter besar dengan tinggi sekitar 20 hingga 50 meter sebagai tempat bersarang atau tempat tinggalnya.

Burung Bangau Tongtong (Leptoptilos javanicus)

Selanjutnya burung khas Kalimantan yaitu ada burung bangau tongtong adalah salah satu jenis burung yang memiliki tubuh besar dengan panjang tubuhnya yaitu bisa mencapai sekitar 1,15 meter dan rentang sayapnya yang kurang lebih sekitar 2 meter.

Burung bangau tongtong yang satu ini terkenal tenang dan juga hidup soliter, mereka yang baru berkelompok pada saat musim kawin tiba, untuk burung tersebut yang memiliki kepala botak hanya tersisa tidak lebih sekitar 10.000 ekor tersebar di Asia Tenggara dan Asia Selatan dan menjadikannya salah satu jenis burung terancam punah di dunia.

Burung Gajahan Timur (Numenius Madagascariensis)

Burung gajahan timur atau biasanya burung ini dikenal sebagai Bristlehead Borneo yang merupakan salah satu jenis burung khas Kalimantan, dimana jenis burung gajahan timur ini yang mempunyai jambul yang unik dan juga khas dan burung ini sering dianggap sebagai simbol keberuntungan oleh beberapa komunitas adat.

Burung gajahan timur ternyata salah satu jenis burung langka yang ada di Indonesia, keberadaan burung tersebut yang sangat sulit ditemukan di alam sekarang ini dan burung ini adalah burung akuatik dan biasanya mereka akan mencari makanan di tepi pantai.

Dengan memiliki ciri-ciri burung gajahan timur ini yaitu memiliki paruh dengan bentuk yang unik, mereka mengais hewan-hewan kecil di pantai berlumpur, untuk spesies burung yang satu ini kerap bermigrasi ke arah utara (Rusia dan Mongolia) untuk berkembang biak.

Mereka yang akan bermigrasi pada saat musim panas tiba atau datang di daerah tersebut, burung gajahan timur yang termasuk jenis burung terancam punah karena berkurangnya lahan yang layak sebagai habitat tempat tinggalnya di sekitar wilayah migrasinya dan hal ini menjadikan perawatan pantai yang sangat penting.

Burung Enggang Gading (Rhinoplax vigil)

Burung enggang atau rangkong gading merupakan salah satu dari 14 spesies burung rangkong yang tersedia atau ada di Indonesia dan menjadi maskot provinsi Kalimantan Barat, burung enggang gading yang termasuk salah satu burung yang paling terancam punah.

Burung rangkong gading yang mengalami kepunahan disebabkan oleh perburuan liar oleh para pemburu baik di dalam negeri maupun di luar negeri, burung rangkong gading memiliki balung diatas kepalanya yang menjadi salah satu incaran oleh pemburu karena mempunyai ciri khas berupa burung lebih keras dan padat daripada jenis burung enggang yang lainnya dan mempunyai bentuk khas.

Sekarang ini yang sudah melakukan upaya perlindungan burung rangkong gading yang telah dilakukan oleh pemerintah dan juga organisasi perlindungan hewan, sekarang ini perburuan dan juga perdagangan balung atau cula dari rangkong yang telah dilarang.

Burung Bangau Storm (Ciconia Stormi)

Terakhir jenis burung khas Kalimantan yaitu ada burung bangau storm merupakan burung akuatik dengan memiliki paruh merah yang satu ini tersebar luas di Sumatra dan juga Kalimantan, jenis burung bangau storm yang tinggal di daerah lahan basah yaitu seperti hutan rawa, sungai, rawa-rawa dan juga gambut.

Sekarang ini burung bangau strom ini yang termasuk ke dalam salah satu jenis burung yang sedang terancam punah, dimana menurut Redlist IUCN populasinya di seluruh dunia yang hanya tersisa 260 hingga 330 ekor,  dan penyebabnya utamanya yaitu berkurangnya habitat satwa Indonesia tersebut.

Mungkin hanya itu saja beberapa jenis burung khas Kalimantan yang bisa kamu ketahui dan kebanyakan burung diatas terancam punah, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.

burungburung khas kalimantanpulau kalimantan