7 Bumbu Dapur Untuk Melancarkan Peredaran Darah

Nesiaverse.com – Ada beberapa jenis bumbu dapur untuk membantu melancarkan sistem peredaran darah pada tubuh. Sehingga bagi kamu yang memiliki risiko atau riwayat penyakit jantung dapat mengkonsumsi jenis makanan yang mengandung bumbu dapur ini. 

Pemilik riwayat jantung atau risiko penyakit tersebut memiliki kemungkinan besar obat pengencer darah di dalam daftar obatnya. Yang mana obat tersebut berguna untuk mencegah terjadinya penggumpalan darah yang dapat menyebabkan serangan jantung, gagal jantung dan stroke. 

Obat pengencer darah sendiri bukanlah jenis obat umum yang dapat sembarangan dikonsumsi atau dibeli siapa saja. Sama halnya seperti obat penurun demam dan pereda nyeri ataupun seperti obat maag sistem kerjanya. 

Advertisment

Obat pengencer darah ini memang umumnya dikonsumsi oleh orang yang memiliki kondisi khusus, seperti memiliki tekanan darah tinggi, diabetes melitus, gangguan jantung dan kehamilan pada kondisi tertentu.

Bumbu Dapur Untuk Melancarkan Peredaran Darah

Advertisment

Untuk mendapatkan obat pengencer darah ini kamu harus mendapatkan resep dokter, bagi seseorang yang diresepkan obat pengencer darah. Kamu perlu mengkonsumsi setiap hari secara rutin, dan pada waktu yang sama misalnya di pagi hari dan jam yang sama. 

Tentunya tujuan dari konsumsi obat pengencer darah adalah untuk mengencerkan dan melancarkan peredaran darah. Tentunya ada beberapa efek samping yang berhubungan dengan konsumsi obat pengencer darah ini, baik antikoagulan atau antiplatelet. 

Pada dasarnya, tubuh manusia membutuhkan penggumpalan darah, meskipun demikian jika penggumpalan ini terjadi secara berlebihan tentunya berdampak buruk bagi kesehatan. Maka, solusinya adalah kamu harus menjaga lancarnya sirkulasi peredaran darah dalam tubuh. 

Nah, untuk melancarkan peredaran darah sendiri terdapat beberapa jenis bumbu dapur yang dapat kamu konsumsi. Karena peredaran atau sirkulasi darah yang lancar ini akan membantu untuk menyediakan nutrisi dan oksigen bagi tubuh, khususnya dalam sel kulit beregenerasi. 

Nah, berikut beberapa jenis bumbu dapur untuk membantu melancarkan peredaran darah dengan pengencer darah alami. Sehingga dapat membantu melancarkan sirkulasi darah dan menjadi kesehatan tubuh dengan baik. 

Kunyit

Di posisi pertama kunyit menjadi salah satu bumbu dapur untuk membantu melancarkan peredaran darah alami. Dilansir dari Medical News Today, kunyit sendiri telah lama dipercaya sebagai obat tradisional dan resep kuliner. 

Selain itu bahan aktif kurkumin yang cukup tinggi di dalamnya, memiliki sifat anti inflamasi dan pengenceran darah atau antikoagulan. Dalam sebuah studi juga menunjukan bahwa mengkonsumsi bumi kunyit dengan dosisi harian mampu membantu untuk status antikoagulan darah. 

Cara untuk mengkonsumsinya juga bisa dengan mudah menambahkan kunyit dalam masakan atau dibuat menjadi teh kunyit hangat. Kamu bisa mendapatkan manfaat yang baik dari kunyit jika dikonsumsi dengan baik dan benar. 

Jahe

Selanjutnya bumbu dapur untuk melancarkan peredaran darah adalah jahe. Jahe juga merupakan makanan yang mengandung salisilat yang merupakan bahan kimia alami yang ditemukan di banyak tumbuhan. 

Aspirin atau asam asetil salisilat merupakan turunan sintetis dari salisilat dan pengencer darah juga. Dimana bekerja secara maksimal dan manjur. Tetap rempah anti inflamasi atau ini memang harus diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai potensi dalam mengencerkan darah. 

Cabai Rawit

Cabai rawit merupakan salah satu jenis bumbu dapur yang baik untuk membantu melancarkan peredaran darah manusia. Cabai rawit sendiri dikenal karena memiliki kandungan aslislat yang tinggi di dalamnya. 

Sehingga karena kandungan salisilat ini, dapat bertindak sebagai agen yang mampu membantu mengencerkan darah dengan ampih. Meskipun ada sebagian orang yang dapat mentolerir rasa pedasnya yang cukup kuat. 

Selain itu manfaat lain dari cabe rawit ini adalah dapat membantu menurunkan tekanan darah, sehingga dapat meningkatkan sirkulasi darah dan mengurangi sensasi nyeri yang dirasakan. 

Bawang Putih

Bawang putih termasuk bumbu dapur yang kaya akan kandungan dan sifat antibiotika dan antimikroba alami. Dalam sebuah penelitian juga menjelaskan jika bawang putih tidak memiliki aroma yang menunjukan aktivitas natitombotik. 

Yang mana merupakan salah satu zat yang mampu mengurangi proses pembentukan gumpalan darah. Namun, dalam American Academy of Family Physicians, mereka merekomendasikan untuk berhenti mengkonsumsi bawang putih dalam dosis tinggi selama 7 hingga 10 hari sebelum operasi. 

Hal tersebut dikarenakan sifat antitrombotiknya, sehingga untuk mengkonsumsi bawang putih sendiri kamu dianjurkan untuk memperhatikan dosisnya. Alangkah lebih baiknya jika melakukan konsultasi terhadap ahlinya. 

Kayu Manis

Kayu manis memiliki kandungan coumarin, yaitu bermanfaat bagi pengencer darah yang cukup kuat. Warfarin sendiri adalah obat pengencer darah yang paling ampuh digunakan, yang ternyata berasal dari kumarin. 

Namun, dalam konsumsi kayu manis, bahkan dalam makanan kamu harus memperhatikan dosis konsumsi yang tepat. Karena, dilansir dari lama Healthline dikatakan jika kayu manis yang kaya akan kandungan kumarin ini, dapat menyebabkan kerusakan hati. 

Kerusakan hati ini terjadi karena mengkonsumsi kayu manis yang kaya kandungan kumarin dalam jangka waktu yang panjang dan dosisnya yang cukup tinggi. Sehingga kamu harus memperhatikan hal satu ini. 

Ginkgo Biloba

Ginkgo biloba merupakan salah satu daun yang dipercaya dapat membantu mengencerkan darah dengan baik. Bumbu yang bisa digunakan dalam makanan ini merupakan salah satu tanaman liar dari China. 

Ginkgo biloba sendiri dipercaya menjadi salah satu jenis obat bahan selama ribuan tahun lamanya. Saat ini ginkgo biloba dibudidayakan di seluruh dunia karena kaya akan manfaat. Bahkan di Amerika sendiri Ginkgo populer dengan manfaatnya sebagai suplemen herbal. 

Banyak yang mengkonsumsinya sebagai salah satu jenis obat yang mampu mengatasi permasalahan energi rendah, gangguan darah untuk kemudian melancarkan peredaran hingga permasalahan memori atau ingatan. 

Dalam sebuah audi juga melaporkan jika ekstrak dari daun ginkgo ini memiliki efek yang sama dengan streptokinase, yaitu obat yang biasa digunakan untuk mengobati pembekuan darah. Sehingga penggunaan ginkgo biloba juga dipercaya mampu membantu mengencerkan darah dengan baik. 

Ginseng Wanita

Terakhir adalah ginseng wanita, berupa bumbu dapur yang mampu mengatasi dan membantu mengencerkan darah dalam tubuh. Ginseng wanita sendiri berasal dari ramuan tradisional China atau dikenal dengan Dong quai atau iseng wanita. 

Dilansir dari lama Medical News Today, dalam sebuah studi pada hewan melaporkan jika Dong Quai ini secara signifikan dapat membantu peningkatan lama waktu yang dibutuhkan darah untuk bisa membeku atau menggumpal. 

Sehingga efek pengencer darah dari ginseng wanita ini sangat baik, hal ini mungkin berasal dari kandungan kumarin di dalamnya. Zat yang sama juga membuat kayu manis menjadi salah satu agen pembekuan darah manjur atau antikoagulan. 

Demikian ulasan mengenai bumbu dapur untuk membantu melancarkan peredaran darah. Nantinya, kamu dapat mengonsumsi jenis bumbu-bumbu dapur atau rempah diatas ke dalam menu makanan sehari-hari.

Dengan begitu tentunya kamu bisa mendapatkan manfaat dari bumbu-bumbu yang memiliki kandungan untuk melancarkan darah dengan baik. Perlu kamu perhatikan juga jika memiliki kondisi tertentu, alangkah baiknya berkonsultasi sebelum mengkonsumsinya.

bumbu dapurdarahperedaran darah