10 Buah Yang Tidak Boleh Dimakan Penderita Asam Urat

Nesiaverse.com – Ada beberapa jenis buah yang tidak boleh dimakan oleh penderita asam urat, sehingga tidak hanya makanan dan minuman saja yang memiliki pantangan. Seseorang yang memiliki gangguan atau penyakit asam urat harus mengetahui berbagai pantangan yang dapat memicu asam urat kambuh, bisa memberikan rasa tidak nyaman dan mengganggu berbagai macam aktivitas penderitanya. 

Bagi penderita asam urat tidak hanya makanan dan minuman yang sembarangan, karena ada beberapa jenis buah-buahan yang harus dihindari dna masuk ke daftar pantangan buah yang tidak boleh dimakan oleh penderita asam urat. Pasalnya mampu memperburuk dna memicu asam urat naik dalam darah. 

Buah Yang Tidak Boleh Dimakan Penderita Asam Urat

Advertisment

Asam urat atau Gout merupakan kondisi peradangan pada bagian sendi, hal ini terjadi karena adanya endapan atau penumpukan kristal asam urat. Asam urat yang menumpuk dan mengkristal inilah yang akan menimbulkan rasa nyeri khususnya di sekitar atau area sendiri. Asam urat sering disebut juga sebagai encok, hal ini terjadi karena adanya sisa metabolisme protein makanan yang mengandung kadar purin yang tinggi. 

Advertisment

Sehingga saat terjadinya peradangan asam urat akan menimbulkan rasa tidak nyaman bahkan hingga rasa nyeri yang ekstrim. Hal inilah yang akan membawa seseorang ke dokter, meskipun tidak ada obat pasti untuk penyakit asam urat . Kamu tetap bisa melakukan tindakan pencegahan, sebagai salah satu upaya yang efektif untuk membuat gaya hidup sehat dan menghindari kambuhnya asam urat. Maka, hindarilah makanan, minuman serta buah yang tidak boleh dimakan penderita asam urat, yaitu yang tinggi kadar purinnya. 

Buah-buahan yang memiliki kadar purin yang tinggi, akan membuat sistem kerja ginjal terganggu. Nantinya ginjal akan mengalami kesulitan untuk mengeluarkan kelebihan asam urat dalam tubuh. Secara umum purin akan dipecah menjadi asam urat dalam tubuh, akibat adanya pengaruh dari makanan dan minuman yang dikonsumsi. Nantinya kelebihan purin ini akan menyebabkan penumpukan kristal asam urat, di area sendi. Hal inilah yang menimbulkan rasa nyeri.

Kadar purin dalam tubuh yang bisa dikonsumsi adalah 50-70 g, yang mana ini adalah kadar maksimalnya. Jika kadar purin yang ditampung lebih dari itu, akan mengalami penumpukan hingga memicu pembengkakan bagian sendi dan menjadi melunak. Hla inilah yang akan pemicu rasa nyeri yang ekstrim seperti arthritis. 

Berikut kami sudah merangkum beberapa buah yang tidak boleh dimakan oleh penderita asam urat.

Durian

Durian merupakan buah-buahan yang memiliki kadar purin yang sangat tinggi di dalamnya. Buah durian menjadi buah yang dipantang bagi penderita asam uara. Satu buah durian memiliki kadar puring yang sangat tinggi yaitu 100-1000 mg. Bahkan dalam beberapa kasus jika berlebihan mengkonsumsi durian akan membuatnya berubah menjadi alkohol didalam usus.

Alkohol sendiri mampu memicu naiknya tingkat asma plasma. Sehingga asam plasma ini akan menghambat proses pengeluaran asam urat didalam tubuh. Maka, durian merupakan buah yang menjadi pantangan bagi penderita asam urat. 

Anggur

Memiliki kadar Fruktosa yang tinggi, membuat anggur menjadi buah-buahan yang mengandung gula monosakarida dan memberikan rasa manis alami. Sehingga membuat anggur menjadi kategori buah-buahan yang menjadi pantangan bagi penderita asam urat. 

Penderita asam urat harus menghindari buah-buahan yang memiliki kandungan fruktosa yang tinggi seperti anggur, karena mampu memicu asam urat. Dikutip dari lama Everyday Health mengatakan bahwa adanya korelasi antara makanan tinggi fruktosa seperti anggur dan gejala asam urat, bahkan memicu kondisi nyeri yang ekstrim dna bersifat kronis. Maka, hindarilah konsumsi buah anggur. 

Nanas

Memiliki kandungan alkohol yang aamai dan cukup tinggi membuat nanas masuk kategori buah yang harus dihindari penderita asam urat. Mengkonsumsi nanas mampu meningkatkan risiko kadar asam urat dalam darah yang meningkat secara drastis, maka hindarilah konsumsi buah nanas jika kamu adalah penderita asam urat.

Persik

Buah persik harus dihindari oleh penderita asam urat, karen buah persi memiliki kandungan fruktosa yang tinggi. Jika mengkonsumsi buah persik secara berlebihan mampu memicu asam urat kambuh. Maka, dalam mengkonsumsi buah persik memiliki porsi yang sangat kecil, makanlah 1 hingga 2 buah saja. Meskipun begitu masih banyak buah yang aman bagi penderita asam urat, maka sebaiknya hindari konsumsi buah yang memiliki risiko yang memicu asam urat dalam tubuh. 

Apel

Apel termasuk buah yang tidak boleh dimakan oleh penderita asam urat. Hal ini dikarenakan 100 gram apel memiliki kandungan 8,25 gram fruktosa di dalamnya. Maka, dengan mengkonsumsi buah apel hanya akan memperburuk kondisi penderita asam urat. Maka, alangkah baiknya untuk menghindari konsumsi buah apel untuk penderita asam urat.

Kurma

Siapa sangka jika kura masuk ke daftar buah-buahan yang tidak boleh dimakan penderita asam urat. Hal ini dikarenakan kurma memiliki kandungan fruktosa yang sama tingginya dengan buah anggur. Karena tingginya kadar fruktosa didalmayalah yang memacu dan merangsang produksi asam urat dalam darah akan tinggi. Maka, hindarilah konsumsi kurma demi menjaga kadar asam urat dalam darah. 

Nangka

Buah nangka memiliki kadar purin yang tinggi seperti durian, sehingga mampu memicu asam urat pasca mengkonsumsi buah satu ini. Perlu kamu ketahui juga jika buah yang memiliki kulit berduri seperti nangka dan durian memiliki kadar purin yang tinggi. Sehingga tidak aman mengkonsumsi nangka bagi penderita asam urat. Maka, berhati-hatilah dalam mengonsumsi buah-buahan. 

Plum

Plum merupakan buah yang masuk kategori pantangan buah yang tidak boleh dimakan oleh penderita asam urat. Plum memiliki kandungan purin yang tinggi, dalam 100 gram buah plum kering memiliki kandunga 64 miligram purin. Maka, sebaiknya kamu menghindari konsumsi buah plum, dengan mengkonsumsi buah plum hanya akan memperburuk kondisi asam urat kamu.

Rambutan

Rambutan merupakan buah yang tidak boleh dimakan secara langsung oleh penderita asam urat. Hal ini dikarenakan rasa manis yang dimiliki rambutan merupakan salah satu ciri kandungan fruktosa yang sangat tinggi. Bahkan dalam tingkat kematangan rambutan yang terlalu tinggi dapat merubah kandungannya menjadi alkohol. Jadi, alangkah baiknya bagi kamu penderita asam urat menghindari konsumsi buah rambutan yang terlalu matang.

Kiwi

Kiwi merupakan buah yang tinggi dengan kandungan oksalat, bahkan bisa mencapai 26 hingga 99 miligram setiap porsinya. Hal inilah yang membuat kiwi menjadi salah satu buah-buahan yang pantang untuk dikonsumsi oleh penderita asam urat. Selain buah kiwi, oksalat sendiri dapat ditemukan dalam buah ara yang mentah dan aprikot yang sudah dikeringkan. Sehingga memiliki dampak dan pemicu asam urat menjadi lebih parah lagi.

Mangga

Mangga menjadi buah yang memiliki kadar oksalat sedang namun berbahaya bagi pengidap asam urat. Buah memiliki kadar oksalat 10 hingga 25 militan per porsinya. Sehingga memakan buah mangga secara berlebihan mampu memicu asam urat. Maka, berhati-hatilah dalam mengonsumsi suatu buah untuk tidak berlebihan. 

Demikian pembahasan mengenai beberapa jenis buah-buahan yang tidak boleh dimakan oleh penderita asam urat dna menjadi pantangan. Dalam mengkonsumsi buah-buah tersebut kamu harus memperhatikan porsinya, bahkan beberapa memang tidak boleh kamu konsumsi dna harus dihidnari. Masih banyak buah yang bisa kamu konsumsi dan aman bagi asam urat yang kamu rasakan.

asam uratbuah