7 Buah yang Harus Dihindari Saat Batuk

Nesiaverse.com – Konon terdapat beberapa jenis buah yang bisa memperparah gejala batuk dan hal ini masih belum banyak orang mengetahuinya, nah untuk kamu yang penasaran dan ingin tahu dengan beberapa jenis buah yang harus dihindari saat batuk tersebut bisa dengan simak penjelasannya disini.

Batuk merupakan salah satu mekanisme pertahanan alami tubuh yang bertujuan untuk mencegah masukkan partikel yang berbahaya seperti virus, bakteri maupun debu ke dalam saluran pencernaan, dimana jika sesekali batuk adalah hal yang wajar dan normal.

Tetapi jika mengalami batuk yang terus menerus, terasa gatal dan bahkan mengganggu aktivitas yang tentu saja akan melelahkan dan juga mengganggu tidur, untuk kondisi seperti ini yang memang bisa diatasi dengan mengkonsumsi beberapa obat yang bisa meredakan batuk.

Advertisment

Bahkan selain itu juga selain dengan menggunakan obat-obatan alami atau apotek kamu juga yang dianjurkan untuk mengkonsumsi buah-buahan untuk meredakan batuk serta mempercepat proses pemulihan, namun tidak semua jenis buah bisa dikonsumsi pada saat mengalami batuk.

Disamping itu juga pada saat kamu mengalami batuk sebaiknya untuk menghindari berbagai makanan tertentu untuk membantu mengurangi keluhan yang sedang dialami, diantaranya jenis makanan tersebut salah satunya yaitu buah-buahan.

Advertisment

Buah-buahan yang memang sangat sehat dan baik untuk tubuh dan bahkan kita dianjurkan untuk mengkonsumsi buah-buahan setiap harinya, tetapi terdapat beberapa jenis buah yang harus dihindari saat batuk dan untuk itu pada artikel kali ini kita akan membahas terkait hal tersebut.

Buah yang Harus Dihindari Saat Batuk

Pada dasarnya mengkonsumsi buah-buahan yang akan membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan juga mempercepat pemulihan batuk, tetapi terdapat beberapa jenis buah yang harus dihindari dan tidak boleh dimakan pada saat batuk dan sebenarnya memang tidak ada jenis buah yang akan membuat batuk terkecuali jika kamu memiliki alergi terhadapnya.

Karena diduga beberapa jenis buah tersebut yang akan membuat batuk menjadi semakin parah karena adanya kandungan zat histamin didalamnya, kandungan zat histamin sendiri yaitu senyawa diproduksi tubuh untuk merespons pemicu alergi.

Dengan memiliki kadar histamin berlebihan di dalam tubuh yang bisa memicu respons alergi dan juga akan memperberat gejala batuk, mata berair, gatal-gatal dan juga bersin,, selain itu juga buah yang mengandung asam sitrat didalamnya juga dapat menyebabkan batuk.

Adapun untuk beberapa jenis buah yang harus dihindari saat batuk yaitu sebagai berikut:

Buah Pisang

Buah Pisang yang kaya akan serat dan juga kandungan gizi yang lainnya sangat baik untuk tubuh, tetapi buah Pisang ini yang termasuk salah satu jenis buah yang harus dihindari saat batuk dan tidak boleh dimakan terlalu banyak karena memiliki kandungan histamin cukup tinggi di dalamnya.

Kandungan histamin yaitu zat diproduksi oleh sistem imun pada saat tubuh terpapar pemicu alergi, dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung histamin didalamnya yang bisa menyebabkan peradangan serta iritasi pada tenggorokan sehingga membuat batuk tidak kunjung mereda.

Buah Nanas

Untuk sebagian orang yang memakan buah Nanas untuk membantu meredakan batuk berdahak, dengan tingginya air di dalam buah Nanas ini yang dipercaya bisa membantu melegakan saluran pernapasan dan buah Nanas ini yang mengandung enzim bromelain di dalamnya.

Dengan kandungan enzim bromelain ini yang akan membantu memecahkan protein, mengurangi peradangan dan juga mengencerkan dahak, tetapi enzim bromelain juga yang dapat memicu alergi untuk sebagian orang dan kondisinya ditandai dengan gejala berupa mual, muntah dan juga kesulitan bernapas.

Buah Alpukat

Pada beberapa orang yang beranggapan bahwa buah Alpukat adalah buah yang dapat menyebabkan batuk dan anggapan ini yang tidak sepenuhnya salah, dimana studi yang telah diterbitkan dalam jurnal Foods (2018) yang menyebutkan bahwa buah Alpukat yang memiliki kadar histamin tinggi yaitu 23 miligram per kilogram (mg/kg).

Dengan memiliki kandungan histamin yang tinggi dapat memicu respon kekebalan tubuh ditandai dengan adanya gejala mengi, sesak napas dan juga sakit kepala, pada beberapa kasus hal ini yang dapat memicu anafilaksis atau  alergi parah.

Buah Jeruk

Dimana buah Jeruk yang diperkaya akan kandungan vitamin C di dalamnya dan dengan memenuhi asupan vitamin C secara rutin yang terbukti bisa membantu mengurangi gejala batuk pilek untuk anak-anak maupun orang dewasa.

Walaupun demikian buah Jeruk ini yang tinggi asam didalamnya bisa berpotensi mengiritasi tenggorokan dan hal tersebut dapat meningkatkan produksi dahak dalam saluran pernapasan, untuk pengidap penyakit asam lambung (GERD) dengan mengkonsumsi buah Jeruk yang bisa memicu terjadinya kenaikan asam lambung yang akan memperparah batuk kering.

Buah Kiwi

Buah Kiwi merupakan salah satu jenis buah yang tinggi akan kandungan antioksidan dan juga vitamin C dan buah Kiwi juga yang sangat menyegarkan, walaupun demikian buah Kiwi termasuk ke dalam salah satu jenis buah yang harus dihindari saat batuk karena mengandung histamin di dalamnya bisa memperburuk gejala batuk untuk pengidap alergi.

Kandungan histamin yang dapat menyebabkan bersin, peradangan dan juga pilek, jika sedang batuk sebaiknya untuk membatasi asupan buah Kiwi dalam jumlah kecil atau sebaiknya menghindari buah tersebut.

Buah Pepaya

Dengan mengkonsumsi buah Pepaya pada beberapa orang yang bisa memicu iritasi pada tenggorokan yang bisa memperparah batuk, sehingga membuat buah Pepaya ini termasuk ke dalam salah satu jenis buah yang harus dihindari saat batuk perlu kamu ketahui.

Dimana buah Pepaya ini yang mengandung enzim papain yang berpotensi sebagai alergen, seperti yang telah disebutkan di dalam studi terbitan jurnal Allergy, Asthma & Immunology Research (2016), dengan mengkonsumsi banyak buah Pepaya bisa menyebabkan munculnya gejala gangguan pernapasan seperti mengi dan sesak napas.

Buah Strawberry

Sebuah penelitian yang telah menemukan bahwa buah Strawberry yang dapat meningkatkan kadar histamin di dalam tubuh, hal ini yang bisa menyebabkan reaksi alergi untuk beberapa kalangan dan ditambah lagi buah Strawberry ini yang mengandung asam sitrat dan salisilat yang dapat membuat batuk menjadi semakin parah.

Kemungkinan juga untuk kelompok buah-buahan beri yang termasuk buah Strawberry dan juga rasberi yang memiliki biji-biji yang berukuran kecil yang kemungkinan bisa menyebabkan iritasi pada tenggorokan, sehingga buah Strawberry ini termasuk ke dalam jenis buah yang harus dihindari saat batuk.

Perlu diketahui bahwa pada setiap orang yang memiliki reaksi yang berbeda-beda pada setiap jenis buah yang harus dihindari saat batuk seperti yang terdaftar diatas, sehingga sebaiknya untuk mencoba dan mengamati reaksi yang muncul pada tubuh untuk mengetahui bahwa jenis buah mana yang sebaiknya dihindari pada saat batuk.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai dengan beberapa jenis buah yang harus dihindari saat batuk yang perlu kamu ketahui dan harus dihindari jangan sampai mengkonsumsinya agar terhindar dari gejala batuk yang lebih parah, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.

batukbuah