10 Buah yang Baik Untuk Kesehatan Jantung

Nesiaverse.com – Buah terkenal sebagai salah satu jenis makanan yang baik untuk kesehatan dan bahkan buah juga banyak dijadikan sebagai cemilan sehat, lalu apa saja jenis buah yang baik untuk jantung nah untuk mengetahuinya bisa dengan simak ulasannya dibawah ini.

Dengan penambahan buah-buahan ke dalam pola makan dan mengkonsumsi buah yang dapat menjadi salah satu cara untuk bisa menjaga kesehatan tubuh salah satunya untuk kesehatan jantung, pada setiap dokter yang pastinya akan menyarankan untuk mengkonsumsi makanan dengan gizi yang seimbang salah satunya dengan mengkonsumsi buah-buahan untuk bisa memenuhi asupan gizi harian.

Bahkan selain itu juga kandungan serat yang terdapat dalam buah-buahan yang akan memberikan manfaat untuk membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan dan bahkan bermanfaat untuk sel otak, dengan rajin mengkonsumsi buah-buahan dengan jumlah wajar secara rutin yang dapat membantu mencegah terjadinya risiko penyakit jantung dan juga stroke.

Advertisment

Nah untuk kamu yang ingin tahu dengan apa saja sih jenis buah-buahan yang baik dan bisa memberikan manfaat untuk kesehatan jantung, untuk mengetahui jenis buah yang baik untuk jantung maka bisa dengan simak penjelasannya disini.

Buah yang Baik Untuk Jantung

Advertisment

Dimana penyakit jantung yang masih menjadi salah satu ancaman kesehatan yang sangat besar, hal ini  menurut Kemenkes yang menyatakan bahwa penyakit jantung merupakan salah satu penyebab kematian yang tertinggi kedua di Indonesia yaitu sekitar 12,9%.

Pada saat  jaman dulu penyakit jantung ini yang identik dengan penyakit orang tua tetapi untuk sekarang lain cerita lagi, untuk kalangan usia muda juga yang sama berisiko dapat mengalami masalah pada jantung karena untuk penyakit jantung yang dapat dipicu dengan gaya hidup yang tidak sehat atau buruk seperti kurang berolahraga, kebiasaan merokok dan bahkan mengkonsumsi makanan tidak sehat.

Pada setiap orang harus menjaga kesehatan jantung dengan cara menerapkan gaya hidup yang sehat seperti mengkonsumsi makanan yang mengandung gizi seimbang seperti sayuran dan juga buah-buahan, karena memang memilih menu makanan yang bergizi seimbang sangat penting untuk membantu memelihara kesehatan jantung.

Adapun untuk beberapa jenis buah yang baik dan memberikan manfaat untuk kesehatan jantung yaitu sebagai berikut:

Buah Alpukat

Buah Alpukat yang memiliki warna hijau dengan teksturnya yang khas ini memiliki kebaikan untuk kesehatan jantung sehingga buah Alpukat ini  termasuk ke dalam salah satu jenis buah yang baik untuk jantung, buah Alpukat ini yang terdapat berbagai kandungan vitamin dan juga mineral di dalamnya yang diperlukan untuk jantung supaya sehat.

Kandungan tersebut diantaranya vitamin C, magnesium, kalium, folat hingga serat, dimana sebuah penelitian yang menyatakan bahwa dengan mengkonsumsi buah Alpukat secara rutin dengan batas yang wajar yang dapat membantu untuk menurunkan risiko sindrom metabolik yang merupakan salah satu faktor terjadinya risiko dari penyakit jantung.

Buah Beri

Dimana kelompok buah Beri juga yang memiliki manfaat untuk jantung seperti Blackberry, Strawberry, Blueberry dan juga Raspberry sehingga menjadi salah satu jenis buah yang baik untuk jantung, dengan memiliki cita rasa yang manis dan asam sehingga buah beri ini menjadi salah satu jenis buah yang disukai banyak orang.

Selain rasanya yang manis dan asam namun kelompok buah Beri juga yang menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan termasuk untuk kesehatan jantung, hal ini dikarenakan buah ini yang diperkaya dengan antioksidan dan serat yang tinggi sehingga dapat mengurangi risiko penyakit jantung tetapi pastikan untuk tidak memakan buah Beri dalam jumlah yang terlalu banyak karena mengandung kadar gula yang tinggi.

Buah Pepaya

Buah Pepaya termasuk ke dalam salah satu jenis buah yang baik untuk jantung dengan memiliki warna yang khas yaitu oranye pada buah ini yang menandakan bahwa kandungan karotenoid di dalamnya yang tinggi, kandungan  karotenoid ini yang berfungsi untuk membantu dalam meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh.

Sehingga jika kadar kolesterol baik (HDL) meningkat maka kolesterol jahat (LDL) juga akan menurun, dengan berkurangnya kadar kolesterol jagat yang akan menjauhkan tubuh kamu dari berbagai risiko penyakit jantung dan juga pembuluh darah.

Buah Manggis

Ternyata buah Manggis yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan salah satunya untuk kesehatan jantung, dimana kandungan senyawa antioksidan dan serat yang tinggi terdapat pada buah Manggis ini yang dibutuhkan untuk membantu memelihara kesehatan jantung.

Bahkan tidak hanya itu saja buah Manggis juga yang berpotensi untuk mengurangi kadar kolesterol dan juga berperan untuk mencegah terjadinya peradangan yang berkaitan dengan penyakit jantung, sehingga buah Manggis ini termasuk ke dalam salah satu jenis buah yang baik untuk jantung.

Buah Apel

Buah Apel menjadi salah satu jenis buah yang baik untuk jantung hal ini dikarenakan buah Apel yang memiliki banyak kandungan nutrisi didalamnya, terdapat kandungan serat larut yang dapat membantu untuk menurunkan kadar kolesterol dan hal ini yang dapat mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung yang diakibatkan oleh kolesterol yang tinggi.

Bahkan selain itu juga buah Apel ini yang mengandung flavonoid didalamnya yang dimana merupakan senyawa dengan efek antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan jantung, kandungan flavonoid ini ditemukan pada bagian kulit buah Apel yang dapat membantu dalam menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung terutama untuk mereka yang peminum alkohol dan perokok aktif.

Buah Anggur

Ternyata degan mengkonsumsi buah Anggur secara rutin yang bisa membantu untuk mencegah terjadinya risiko penyakit jantung, sehingga dengan begitu buah Anggur ini menjadi termasuk ke dalam salah satu jenis buah yang baik untuk jantung yang bisa kamu ketahui.

Dimana buah Anggur yang mengandung resveratrol yang merupakan sejenis polifenol dengan sifat antioksidan dan juga anti inflamasi yang baik untuk menjaga kesehatan jantung dan juga pembuluh darah, selain itu juga buah Anggur yang mengandung serat dan kalium yang berfungsi untuk mendukung fungsi jantung secara maksimal.

Buah Pisang

Salah satu jenis buah yang baik untuk jantung yang lainnya dapat kamu konsumsi yaitu buah Pisang, dimana buah Pisang ini yang dilengkapi dengan kadar kalium didalamnya yang cukup tinggi yang akan memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh.

Dengan rutin mengkonsumsi buah Pisang ini yang dapat membantu untuk menghindarkan tubuh kamu dari risiko terjadinya tekanan darah tinggi dan juga penyakit jantung, tidak hanya itu saja buah Pisang juga yang diperkaya dengan kandungan magnesium seperti mineral yang dibutuhkan dalam membantu menjaga fungsi jantung tetap berjalan dengan baik dan normal.

Buah Mengkudu

Buah Mengkudu yang banyak ditemukan pada negara Asia Tenggara dan termasuk Indonesia dimana buah ini yang termasuk ke dalam salah satu jenis buah yang baik untuk jantung, Dimana berdasarkan sebuah studi di The Scientific World Journal  yang menyatakan bahwa jus buah Mengkudu yang dipercaya bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat pada mereka yang perokok aktif.

Sehingga dengan kadar kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh yang berkurang maka risiko terjadinya penyakit jantung yang akan menurun, untuk bisa mendapatkan manfaatnya bisa dengan mengkonsumsi buah Mengkudu ini secara rutin.

Buah Jeruk

Buah Jeruk yang memiliki potensi menyehatkan jantung sehingga buah ini termasuk ke dalam salah satu jenis buah yang baik untuk jantung yang dapat kamu konsumsi, dimana buah Jeruk ini yang merupakan sumber kalium yang baik yang dapat membantu untuk memenuhi kebutuhan kalium harian.

Dengan asupan kalium yang cukup maka tekanan darah kamu yang bisa menurun sehingga dengan begitu peluang terkena risiko penyakit jantung yang akan berkurang, selain itu juga buah Jeruk ini yang mempunyai beragam jenis senyawa antioksidan lainnya yang bermanfaat untuk jantung yaitu seperti fenolik dan juga karotenoid.

Buah Delima

Dimana buah Delima selain terkenal dengan memiliki bentuk dan warna yang cantik tetapi buah ini juga yang memiliki kandungan nutrisi didalamnya yang bisa memberikan manfaat yang melimpah untuk kesehatan tubuh, dan bahkan buah Delima menjadi salah satu jenis buah yang baik untuk jantung.

Buah Delima yang diperkaya senyawa antioksidan di dalamnya yang dapat membantu untuk menyeimbangi kadar kolesterol baik dan jahat dalam tubuh, buah Delima juga yang diyakini dapat membantu untuk mencegah penumpukan plak yang diakibatkan kolesterol tinggi pada pembuluh darah sehingga dengan begitu risiko terkena penyakit jantung yang akan menurun.

Buah Tomat

Untuk salah satu jenis buah yang baik untuk jantung yang terakhir yaitu ada buah Tomat yang dimana buah ini yang lebih sering digunakan dalam bahan masakan namun buah ini termasuk ke dalam jenis buah-buahan, ternyata buah Tomat ini yang sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung.

Dimana buah Tomat yang memiliki kandungan lycopene didalamnya yang merupakan sejenis senyawa karotenoid yang memiliki peran penting untuk membantu memberikan warna merah pada buah Tomat, selain itu dengan kandungan lycopene ini yang dipercaya bisa membantu untuk melawan berbagai penyakit jantung, mencegah stroke dan juga menurunkan risiko hipertensi.

Mungkin hanya itu saja beberapa jenis buah yang baik untuk jantung yang dapat dikonsumsi secara rutin untuk bisa mendapatkan manfaatnya untuk kesehatan jantung, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan juga bermanfaat.

buahjantungkesehatan jantung