7 Buah yang Bagus Untuk Sistem Pencernaan

Nesiaverse.com – Buah yang bagus untuk pencernaan yang perlu diketahui apalagi untuk kamu yang sering mengalami masalah pada sistem pencernaannya, nah agar sistem pencernaan tetap sehat maka bisa dengan simak ulasan ini tentang beberapa buah yang bagus dikonsumsi untuk pencernaan.

Dimana makanan yang merupakan salah satu kebutuhan primer untuk makhluk hidup untuk bisa tetap hidup, dimana makanan yang dikonsumsi yang akan diolah menjadi energi oleh tubuh dan juga makanan yang memiliki peran penting dalam menjaga agar sistem di dalam tubuh dapat berjalan dengan baik.

Sehingga dengan demikian kamu dianjurkan untuk mengkonsumsi berbagai makanan yang sehat agar tubuh tetap kuat dan sehat, namun ada salah satu sistem dalam tubuh manusia yang kerap mengalami masalah atau bermasalah yang dikarenakan oleh pola makan yang salah yaitu sistem pencernaan.

Advertisment

Dengan kebiasaan buruk pada saat makan dan juga mengkonsumsi berbagai makan yang kurang sehat sering kali mengantarkan tubuh kita pada berbagai masalah pada sistem pencernaan, dimulai dari masalah yang paling ringan seperti mual hingga yang paling parah seperti kanker usus atau radang usus.

Tentu saja kamu tidak ingin mengalami hal tersebut bukan dan untuk menghindari terjadinya berbagai masalah pada sistem pencernaan yaitu dengan memulai menjaga pola makan yang sehat, salah satunya dengan mengkonsumsi buah-buahan yang bagus untuk pencernaan.

Advertisment

Nah untuk mengetahui apa saja jenis buah yang bagus dan baik dikonsumsi untuk sistem pencernaan, maka kamu bisa mengetahuinya dengan simak penjelasannya disini dengan baik.

Buah yang Bagus Untuk Pencernaan

Dimana sistem pencernaan yang memiliki peran penting untuk kesehatan hal ini dikarenakan sistem pencernaan yang memiliki tugas utama untuk menyerap nutrisi dan juga menghilangkan limbah yang ada dari tubuh, dengan munculnya masalah pada sistem pencernaan yang tentu saja akan membuat kamu merasa tidak nyaman.

Untuk beberapa masalah sistem pencernaan yang kerap dialami seperti kram, kembung, sakit perut, bergas, diare dan bahaya sembelit, berbagai masalah ini tentu saja disebabkan oleh banyak hal salah satunya diakibatkan oleh pola makan yang kurang sehat.

Kandungan serat dan probiotik yang merupakan dua zat yang dikenal memiliki manfaatnya untuk sistem pencernaan yaitu berfungsi untuk membantu melancarkan sistem pencernaan, nah berikut di bawah ini beberapa buah yang diperkaya dengan serat dan nutrisi lainnya yang bagus untuk pencernaan yaitu sebagai berikut:

Buah Pisang

Sudah tidak asing didengar di telinga dengan buah Pisang yang saat ini dengan memiliki harga yang murah dan cukup mudah untuk ditemukan, buah ini selain mudah untuk didapatkan tetapi buah Pisang yang dikenal memiliki kandungan serat yang tinggi yang baik untuk kesehatan usus sehingga dapat membantu mempercepat proses pencernaan.

Selain itu juga buah Pisang yang memiliki efek antasida berfungsi untuk melindungi perut dari bisul dan juga membantu menghilangkan bakteri yang menyebabkan bisul pada perut, sehingga buah Pisang ini dijadikan sebagai salah satu jenis buah yang bagus untuk pencernaan yang dapat kamu konsumsi.

Buah Pepaya

Buah Pepaya merupakan salah satu jenis buah yang bagus dikonsumsi untuk sistem pencernaan dan buah ini adalah buah Khas daerah tropis termasuk Indonesia, dimana buah Pepaya selain memiliki tekstur daging buah yang lembut dan rasa yang manis tetapi buah ini juga yang mengandung papain atau biasa dikenal dengan enzim pencernaan.

Dengan kandungan papain yang terdapat pada buah Pepaya yang memiliki peran penting dalam membantu proses sistem pencernaan lancar dengan cara memecahkan serat protein, kandungan papain juga yang bermanfaat untuk membantu meredakan gejala sindrom iritasi usus besar seperti kembung dan juga sembelit.

Buah Alpukat

Buah Alpukat yang merupakan salah satu makanan super yang dikemas dengan kandungan serat dan juga nutrisi penting lainnya seperti kalium, buah Alpukat juga menjadi salah satu jenis buah yang bagus untuk pencernaan yang bisa kamu coba konsumsi.

Dimana kandungan kalium yang terdapat pada buah Alpukat ini yang memiliki peran untuk membantu dalam meningkatkan fungsi sistem pencernaan agar tetap sehat dan juga rendah fruktosa, kandungan fruktosa yang rendah sehingga akan kecil kemungkinan menyebabkan gas.

Buah Kiwi

Dengan mengkonsumsi buah Kiwi secara rutin yang dapat membantu untuk menjaga fungsi sistem pencernaan agar lebih baik, buah Kiwi dijadikan sebagai salah satu jenis buah yang bagus untuk pencernaan.

Dimana manfaat ini yang berasal dari kandungan enzim yang biasa disebut dengan actinidin didalamnya yang berfungsi untuk membantu dalam meningkatkan pencernaan protein, buah Kiwi juga yang dikenal dengan memiliki efek pencahar ringan dikarenakan kandungan serat di dalamnya yang tinggi.

Buah Apel

Salah satu jenis buah yang bagus untuk pencernaan yaitu buah Apel yang dimana buah ini diperkaya dengan kandungan pektin didalamnya yaitu sejenis serat mudah larut, pada saat kandungan pektin melewati usus kecil maka nutrisi ini yang kemudian dipecah oleh bakteri baik yang ada dalam usus besar dan proses ini yang dapat meningkatkan volume tinja.

Dimana melansir dari Healthline menyatakan bahwa kandungan pektin di dalam buah Apel ini yang sudah terbukti dapat mengurangi risiko infeksi usus dan juga peradangan pada usus besar, sehingga dengan kamu mengkonsumsi buah Apel secara rutin dengan jumlah yang wajar bisa membantu menghindari dari berbagai masalah sistem pencernaan seperti diare dan sembelit.

Buah Aprikot

Kandungan vitamin C dan serat didalam buah Aprikot ini yang memiliki peran penting untuk membantu meningkatkan kekebalan dan juga kesehatan tubuh, selain itu juga buah Aprikot yang memiliki kandungan serat dengan jumlah yang tinggi bisa membantu menjaga kehidupan bakteri baik yang terdapat di dalam usus besar.

Buah Aprikot ini menjadi salah satu jenis buah yang bagus untuk pencernaan dan bahkan buah ini tidak hanya dapat mencegah sembelit dan juga dapat meningkatkan kesehatan usus besar, namun dengan mengkonsumsi buah Aprikot secara rutin juga yang dapat meningkatkan kesehatan yang secara keseluruhan.

Buah Bit

Untuk jenis buah yang bagus untuk pencernaan yang terakhir yaitu jenis buah Bit atau buah ini yang dikenal dengan sebutan terong belanda jika di Indonesia yang termasuk buah dengan memiliki kandungan serat yang baik, dimana dalam porsi satu cangkir atau setara dengan 136 gram buah Bit ini yang mengandung sekitar 3,4 gram serat didalamnya.

Kandungan serat yang terdapat pada buah Bit ini yang memiliki peran penting untuk memberi makan bakteri baik yang ada di usus besar dan juga dapat membantu untuk menambahkan volume feses, untuk mengkonsumsi buah Bit agar bisa merasakan manfaatnya bisa dengan dibuat jus, dicampur ke dalam salad, diasamkan dan bahkan di panggang.

Mungkin hanya itu saja beberapa buah yang bagus untuk pencernaan yang perlu  kamu ketahui dan kamu bisa dengan mencoba memakan beberapa jenis buah tersebut secara rutin untuk mendapatkan manfaatnya, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.

buahpencernaan