10 Buah Untuk Mengatasi Sembelit

Nesiaverse.com – Sembelit yang sering dialami oleh kebanyakan orang baik anak-anak hingga orang dewasa, sehingga kamu perlu mengetahui dengan buah yang bisa membantu memberikan manfaat untuk mencegah maupun mengatasi masalah sembelit.

Untuk frekuensi buang air besar atau BAB yang normal yaitu sekitar 3 kali dalam sehari atau 3 kali dalam seminggu dan tidak sedikit juga orang yang mengalami BAB tidak lancar atau konstipasi, tidak sedikit orang juga yang pada saat mengalami susah buang air besar memilih untuk langsung mengkonsumsi obat pencahar.

Kondisi susah buang air besar ini yang terjadi pada saat kotoran yang lebih sulit untuk dikeluarkan karena sudah menjadi keras dan juga kering, memang masalah sembelit atau konstipasi ini yang bisa diatasi dengan mencoba menggunakan obat-obatan namun kondisi ini juga yang bisa ditangani dengan mencoba melakukan perubahan gaya hidup sehat.

Advertisment

Seperti dengan memperbanyak asupan cairan dan juga mengkonsumsi makanan yang diperkaya akan serat di dalamnya seperti buah untuk mengatasi sembelit atau melancarkan BAB, mungkin masih banyak orang  yang belum tahu bahwa ternyata ada beberapa jenis buah yang bisa dikonsumsi untuk mengatasi masalah sembelit ini.

Untuk kamu yang ingin tahu dengan apa saja jenis buah untuk mengatasi sembelit, maka kamu bisa dengan simak penjelasannya dibawah ini dengan baik.

Advertisment

Buah Untuk Mengatasi Sembelit

Susah BAB atau sembelit ini yang tentu saja akan membuat kamu merasa tidak nyaman dan kondisi ini yang disebabkan oleh beberapa faktor penyebabnya, namun jangan khawatir karena ada beberapa buah yang mengandung berbagai nutrisi terutama serat dan juga air yang sangat baik untuk sistem pencernaan.

Buah-buahan yang terkenal sebagai salah satu jenis buah yang aman dikonsumsi dan bahkan buah ini yang memiliki banyak manfaatnya untuk kesehatan tubuh dan salah satunya bermanfaat untuk sistem pencernaan, untuk jenis buah yang bermanfaat untuk sistem pencernaan diantaranya buah yang mengandung serat didalamnya.

Umumnya buah-buahan yang memiliki kandungan serat dan juga air didalamnya yang baik untuk membantu dalam menjaga kesehatan sistem pencernaan, namun tidak semua jenis buah yang memberikan manfaat tersebut namun ada beberapa jenis yang dikenal sebagai buah untuk mengatasi sembelit atau pelancar BAB.

Dengan membiasakan untuk mengkonsumsi buah pelancar BAB yang akan membantu mengatasi masalah susah buang air besar atau sembelit yang cukup mengganggu, daripada kamu penasaran berikut beberapa jenis buah untuk mengatasi sembelit yang dapat kamu konsumsi secara rutin untuk mendapatkan manfaatnya yaitu sebagai berikut:

Buah Apel

Buah Apel yang memiliki kandungan serat yang tinggi di dalamnya yang membuat buah Apel ini menjadi salah satu jenis buah untuk mengatasi sembelit yang dapat kamu konsumsi, dengan kandungan serat dalam buah Apel yang bisa memberikan manfaat untuk membantu pembentukan feses dan sekaligus memicu buang air besar atau BAB secara teratur.

Buah Apel juga yang mengandung serat larut yaitu pektin terkenal akan efek pencaharnya hal ini karena pektin dalam usus yang akan difermentasi oleh bakteri baik dalam saluran pencernaan sehingga akan menghasilkan asam lemak rantai pendek, dengan asam lemak ini yang akan menyerap air yang banyak ke usus sehingga akan melunakkan feses dengan begitu akan membantu meredakan gejala sembelit.

Buah Pepaya

Salah satu jenis buah yang bisa memberikan manfaat untuk mengatasi sembelit yaitu ada buah Pepaya yang populer akan manfaat dalam mengatasi susah BAB atau sembelit yang tidak perlu diragukan lagi dan bahkan untuk sebagian orang sudah mengetahuinya, hal ini dikarenakan buah Pepaya yang memiliki kandungan serat, vitamin A, vitamin C, vitamin E, dan folat yang bermanfaat untuk membantu melancarkan sistem pencernaan.

Bahkan selain itu juga buah Pepaya ini yang mengandung pektin dan papain yang berfungsi membantu melancarkan pergerakan saluran pencernaan dan membuat BAB menjadi lancar, bahkan buah Pepaya ini juga yang bisa membantu untuk mengatasi gangguan sistem pencernaan lainnya seperti gejala sindrom iritasi usus besar (IBS) atau irritable bowel syndrome.

Buah Pisang

Buah Pisang yang sudah terkenal dengan salah satu jenis buah pencahar alami yang akan membantu untuk mengatasi sembelit hal ini dikarenakan buah Pisang matang yang mengandung 3 gram serat dalam porsi 120 gram, dimana sebagian besar serat yang terdapat dalam buah Pisang ini yang merupakan serat larut (pektin) yang sangat baik untuk sistem pencernaan.

Bahkan selain itu juga buah Pisang ini yang menjadi pilihan makanan untuk penderita diare dengan memiliki tekstur yang lembut sehingga akan lebih mudah untuk dicerna, membantu untuk memenuhi kebutuhan elektrolit yang hilang diakibatkan oleh diare, pastikan untuk tidak mengkonsumsi buah Pisang yang masih mentah karena mengandung pati resisten amilase dan tanin yang tinggi yang akan memperburuk sembelit.

Buah Jeruk

Buah Jeruk selain terkenal dengan mengandung vitamin C yang tinggi namun buah ini juga yang diperkaya dengan kandungan serat larut atau pektin dan juga antioksidan naringenin (flavonoid) sehingga buah Jeruk ini termasuk ke dalam buah untuk mengatasi sembelit, dengan kedua kandungan ini yang bermanfaat untuk membantu dalam meningkatkan sekresi cairan ke dalam usus dan membuat feses menjadi lunak.

Perlu kamu ketahui bahwa dalam satu buah Jeruk atau setara dengan 100 gram yang terdapat sekitar 2,4 gram serat atau setara dengan hampir sekitar 10% asupan serat harian yang telah direkomendasikan, untuk bisa mendapatkan serat dan juga vitamin C secara optimal kamu bisa dengan mengkonsumsi buah Jeruk ini secara langsung.

Buah Pir

Buah Pir dalam ukuran sedang atau setara dalam 200  gram buah Pir yang mengandung sekitar 5 hingga 6 gram serat di dalamnya sehingga buah Pir ini yang baik dikonsumsi pada saat sembelit, dengan begitu buah Pir ini yang termasuk ke dalam salah satu jenis buah untuk mengatasi sembelit yang dapat kamu konsumsi.

Buah Pir ini yang mengandung gula fruktosa dan sorbitol yang lebih tinggi dengan kedua gula ini yang nantinya akan dialirkan ke usus besar dan akan menyerap lebih banyak air sehingga bisa membantu untuk membuat feses menjadi lebih lunak, fruktosa dan sorbitol juga yang dapat merangsang pergerakan usus yang menjadi lebih cepat sehingga akan membuat feses menjadi lebih mudah untuk dikeluarkan.

Buah Kiwi

Untuk salah satu jenis buah untuk mengatasi sembelit yang lainnya yaitu ada buah Kiwi yang dimana menurut sebuah penelitian tahun 2013 yang menyatakan bahwa, buah Kiwi ini yang memiliki peran untuk melancarkan sistem pencernaan sehingga buah ini yang dapat dimanfaatkan sebagai salah satu obat pencahar alami.

Buah Kiwi yang termasuk ke dalam golongan buah pelancar BAB dan mengatasi sembelit yang dikarenakan buah ini mengandung serat yang tinggi yaitu sebanyak 9% di dalam satu buah Kiwi, bahkan tidak hanya itu buah Kiwi mengandung enzim actinidin yang bisa memicu gerakan usus yang menjadi lebih optimal sehingga BAB yang akan menjadi lebih teratur dan lancar.

Buah Semangka

Untuk buah Semangka jika dibandingkan dengan buah untuk mengatasi sembelit atau pelancar BAB  yang lainnya memang buah Semangka ini yang memiliki kandungan serat yang lebih rendah, tetapi untuk buah Semangka ini yang terkenal dengan memiliki kandungan air yang banyak.

Dengan kandungan air dalam buah Semangka yang tinggi dan juga serat di dalamnya sehingga membuat buah Semangka ini yang sangat baik untuk dikonsumsi untuk membantu mencegah atau mengatasi sembelit, membantu melancarkan BAB dan juga dehidrasi tubuh, dengan beberapa manfaat tersebut sehingga membuat buah Semangka ini termasuk ke dalam salah satu jenis buah untuk mengatasi sembelit.

Buah Beri

Walaupun buah Beri ini yang memiliki ukuran buah yang kecil namun ternyata buah ini yang terkenal dengan memiliki segudang manfaat untuk kesehatan dan termasuk juga kesehatan sistem pencernaan, buah Beri juga yang termasuk ke dalam salah satu jenis makanan yang memiliki kandungan serat yang tinggi dan termasuk juga serat pektin.

Dengan kandungan serat yang terdapat dalam buah Beri ini yang akan membantu untuk memberikan manfaat dalam mencegah sembelit, membantu menurunkan risiko obesitas dengan cara menjaga berat badan yang tetap ideal, dan juga membantu untuk meringankan gejala sindrom iritasi usus besar (IBS), untuk mendapatkan berbagai manfaat yang optimal tersebut kamu bisa dengan mengkonsumsi buah Beri ini secara rutin.

Buah Mangga

Buah Mangga yang bisa dikonsumsi untuk membantu melancarkan buang air besar atau BAB hal ini dikarenakan buah Mangga yang memiliki kandungan serat yang tinggi di dalamnya, selain itu juga buah Mangga ini yang mengandung senyawa polifenol dan juga efek probiotik yang bisa membantu untuk meningkatkan pertumbuhan bakteri baik di dalam usus.

Dengan kandungan serat yang tinggi dalam buah Mangga ini yang membuat buah ini termasuk ke dalam salah satu jenis buah untuk mengatasi sembelit, hal ini yang akan membantu dalam mendukung proses pencernaan sehingga dengan begitu akan membantu buang air besar yang menjadi lancar dan juga membuat kamu terhindar dari masalah konstipasi.

Buah Plum

Untuk jenis buah untuk mengatasi sembelit yang terakhir bisa kamu konsumsi yaitu ada buah Plum dan buah ini yang selain mengandung antioksidan namun buah ini juga yang terkenal dengan memiliki kandungan serat alami yang tinggi, dengan kandungan serat yang terdapat dalam buah Plum ini yang bisa membantu untuk memadatkan kotoran dan juga melancarkan proses buang air besar atau BAB.

Bahkan selain itu juga buah Plum ini yang mengandung senyawa fenolik dan prebiotik yang memiliki peran untuk mendukung pertumbuhan bakteri dalam usus, sehingga akan membantu untuk melancarkan sistem pencernaan dan dengan manfaat ini yang membuat buah Plum termasuk obat pencahar alami.

Untuk beberapa jenis buah untuk mengatasi sembelit diatas kamu bisa mengkonsumsi secara rutin agar bisa mendapatkan manfaatnya secara optimal, pastikan mengkonsumsi buah-buahan tersebut dalam keadaan yang masih segar dan cuci terlebih dahulu dengan porsi yang cukup tidak berlebihan.

Selain dengan dikonsumsi secara langsung kamu juga bisa dengan menjadikannya sebagai jus, selain dapat memenuhi kebutuhan cairan namun buah yang diolah menjadi jus yang akan membantu untuk pergerakan usus yang berguna untuk mengatasi konstipasi dan kamu bisa mengkonsumsi jus ini tidak lebih 1 gelas per harinya tanpa tambahan gula.

Sebenarnya selain dengan mencoba mengkonsumsi beberapa jenis buah untuk mengatasi sembelit yang terdapat diatas ini, kamu juga bisa dengan melakukan cara lain agar BAB tetap lancar seperti dengan mengkonsumsi asupan yang tepat untuk memperoleh manfaat secara optimal dan juga dengan menjalankan pola hidup yang sehat secara konsisten dan juga rutin.

Mungkin hanya itu saja dengan beberapa jenis buah untuk mengatasi sembelit yang perlu kamu ketahui dan bisa konsumsi secara rutin untuk mendapatkan manfaatnya secara optimal, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat selamat untuk mencoba mengkonsumsi beberapa buah tersebut.

buahsembelit