5 Buah Untuk Mengobati Batuk Berdahak

Nesiaverse.com – Masih banyak orang yang belum tahu dengan jenis buah untuk batuk berdahak, dengan mengetahui jenis buah untuk meredakan batuk berdahak tentu saja menjadi salah satu hal yang menguntungkan dan untuk mengetahuinya bisa dengan simak ulasannya pada artikel ini.

Batuk berdahak memang dapat hilang dengan sendirinya tetapi jika batuk terus menerus atau berlangsung dalam jangka panjang tentu saja sangat mengganggu, namun jangan khawatir karena terdapat banyak cara untuk mengatasinya seperti mengkonsumsi obat herbal.

Namun selain dengan minum obat herbal kamu juga bisa dengan mencoba makan buah-buahan yang mampu meredakan batuk berdahak, hal ini dikarenakan buah yang mengandung vitamin dan juga antioksidan didalamnya berfungsi memulihkan gejala batuk berdahak.

Advertisment

Lalu apa saja jenis buah yang bermanfaat untuk mengobati dan menyembuhkan batuk berdahak? Untuk mengetahuinya bisa dengan simak penjelasan lebih lengkapnya dibawah ini.

Buah Untuk Mengobati Batuk Berdahak

Advertisment

Batuk berdahak adalah kondisi yang terjadi pada saat tubuh yang memproduksi lendir atau dahak dengan jumlah yang banyak pada saluran pernapasan, kondisi seperti ini menyebabkan tenggorokan yang terasa gatal bahkan bisa mengganggu aktivitas harian.

Batuk berdahak sendiri gangguan kesehatan yang sangat umum terjadi dan biasanya ditandai dengan batuk yang disertai lendir kental, kondisi ini yang disebabkan oleh bakteri atau virus yang menginfeksi pada bagian saluran pernapasan.

Walaupun kondisi ini  yang umum terjadi tetapi kondisi ini yang bisa menyebabkan tenggorokan menjadi terasa gatal sehingga harus cepat-cepat ditangani dengan tepat, jika batuk berdahak masih tergolong ringan maka akan lebih mudah juga untuk mengatasinya.

Untuk mengatasinya yang terdapat beberapa cara bisa dilakukan dengan mudah salah satunya dengan mengkonsumsi buah-buahan, karena pada buah yang mengandung nutrisi didalamnya berfungsi menekan frekuensi batuk, meningkatkan daya tahan tubuh serta mengurangi peradangan yang diakibatkan oleh infeksi pada saluran napas.

Adapun untuk jenis buah untuk batuk berdahak yaitu sebagai berikut:

Buah Nanas

Buah Nanas yang mengandung enzim bromelain berfungsi untuk meredakan peradangan diakibatkan oleh infeksi virus atau bakteri, selain itu bromelain juga yang berfungsi selayaknya obat batuk mukolitik bisa memecah penggumpalan dahak dalam tenggorokan.

Sehingga buah Nanas yang sangat bagus untuk mengurangi batuk berdahak dan untuk bisa bisa mendapatkan manfaat pada buah Nanas ini yang secara maksimal yaitu dengan dibuat jus tanpa gula, namun kamu juga perlu berhati-hati dengan reaksi alergi bromelain dalam tubuh.

Buah Lemon

Buah Lemon mengandung vitamin C yang sangat melimpah memiliki berbagai manfaat untuk mengatasi penyakit, salah satu manfaatnya bisa dirasakan yaitu membantu sistem imun untuk dapat menghentikan infeksi bakteri dan virus penyebab batuk.

Kandungan vitamin C juga dapat meningkatkan produksi limfosit yaitu sel darah putih berada di dalam lini depan pertahanan tubuh untuk membasmi bakteri dan juga virus, dan jenis vitamin tersebut yang memiliki sifat antioksidan berfungsi meningkatkan perlindungan pada sel-sel tubuh dari serangan radikal bebas yang berbahaya.

Untuk manfaat lainnya dari buah Lemon ini yaitu kandungan vitamin C mampu membantu dalam mempercepat pemulihan luka pada tubuh dan termasuk juga dalam mengatasi peradangan disebabkan oleh infeksi pada saluran pernapasan, untuk ramuan obat alami buah Lemon dengan mencampurkan perasan lemon ke dalam larutan madu dan jahe.

Buah Jambu Biji

Untuk jenis buah untuk batuk berdahak yang lainnya bisa kamu coba yaitu ada buah Jambu biji yang mengandung nutrisi penting untuk kesehatan tubuh, salah satunya ada kandungan vitamin C berfungsi meningkatkan daya tahan tubuh.

Bahkan tidak hanya itu saja daun jambu biji juga yang sering digunakan sebagai salah satu obat alami untuk mengatasi batuk, daun jambu berguna membantu untuk meredakan sakit tenggorokan yang biasanya kondisi ini sering muncul bersamaan dengan batuk.

Buah Jeruk Nipis

Buah Jeruk Nipis yang memiliki kandungan minyak atsiri didalamnya berfungsi untuk melemaskan otot-otot pernapasan dan juga membantu melembabkan tenggorokan, buah Jeruk Nipis ini yang bermanfaat untuk mereka yang sedang mengalami batuk kering berkepanjangan penyebab tenggorokan gatal dan perih.

Selain itu terdapat zat antimikroba dalam buah Jeruk Nipis bermanfaat untuk menangkal infeksi bakteri dan virus penyebab batuk, salah satu cara mengolah jeruk nipis sebagai obat batuk alami yaitu dengan mencampurkan Jeruk nipis dengan kecap manis.

Buah Apel

Untuk buah untuk batuk berdahak yang terakhir yaitu ada buah Apel yang tidak kalah bagus manfaatnya yang bisa dirasakan baik untuk batuk berdahak maupun batuk kering, kandungan vitamin C dan flavonoid pada buah Apel berfungsi untuk mendukung pemulihan berbagai penyakit pernapasan penyebab batuk seperti bronkitis, PPOK dan emfisema.

Selain itu dengan rutin mengkonsumsi buah Apel yang bisa memperbaiki fungsi paru-paru yang secara keseluruhan, kamu bisa dengan mengkonsumsi buah Apel secara langsung untuk bisa merasakan manfaatnya dalam mengatasi batuk berdahak.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai dengan beberapa jenis buah untuk batuk berdahak yang perlu kamu ketahui dan bisa kamu coba konsumsi untuk merasakan manfaatnya, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.

batukbatuk berdahakbuah