11 Buah Pengganti Nasi Yang Bikin Kenyang Untuk Diet

Nesiaverse.com – Bagi kamu yang berencana untuk menjalani program diet, bisa mulai mengkonsumsi buah pengganti nasi yang bikin kenyang. Dengan memperhatikan segala jenis asupan dan meminimalkan asupan karbohidrat yang berasal dari nasi, kamu akan terhindar dari risiko diabetes dan obesitas. Kamu bisa mendapatkan asupan karbohidrat yang sehat dengan kadar yang rendah akan karbohidrat dari jenis buah-buahan yang mengenyangkan.

Nasi adalah jenis makanan pokok bagi masyarakat di Indonesia. Sehingga ketika kamu mengkonsumsinya secara berlebihan atau dalam porsi besar akan menimbulkan berbagai gejala atau permasalahan kesehatan. Sehingga tidak heran jika banyak pelaku diet yang mencari bahan atau jenis makanan sebagai pengganti nasi. Salah satunya adalah jenis buah-buahan yang bisa mengenyangkan. 

Buah Pengganti Nasi Yang Bikin Kenyang Untuk Diet

Advertisment

Sayuran dan buah-buahan merupakan salah satu jenis makanan yang baik dan sehat bagi tubuh. Selain itu sayuran dan buah kaya akan serat dan vitamin yang dapat menutrisi tubuh. Ketika kamu menjalani program diet, kamu dapat mengkonsumsi buah pengganti nasi yang memberikan efek bikin kenyang untuk jangka yang cukup panjang. 

Karbohidrat merupakan salah satu nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, dan menjadi salah satu sumber energi utama dalam tubuh. Karena energi inilah kamu dapat melakukan berbagai aktivitas sehari-harinya. Sehingga tidak heran jika nasi yang tinggi kadar karbohidrat ini menjadi asupan atau makanan pokok bagi masyarakat di Indonesia. 

Advertisment

Bagi kamu yang tengah menjalani program diet, ada beberapa jenis buah pengganti nasi yang akan membuat kamu kenyang lebih lama lagi. Berikut beberapa jenis buah yang baik untuk diet kamu. 

Pisang

Buah pertama yang bisa kamu konsumsi salah satunya buah pisang. Jenis buah pisang ini masuk ke dalam deretan buah yang umumnya dikonsumsi dan disukai oleh orang di Indonesia. memiliki rasa buah yang manis ini, membuat pisang sangat cocok kamu konsumsi. Pisang adalah salah satu jenis buah yang memiliki kandungan karbohidrat yang cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh. 

Dalam satu buah pisang kamu akan mendapatkan 30 gram karbohidrat bagi tubuh. Sehingga jika kamu ingin mengkonsumsi buah ketika diet, alangkah baiknya mengkonsumsi dalam jumlah yang cukup dan tidak berlebihan. Meskipun begitu kadar serat di dalamnya lah yang akan memberikan efek kenyang lebih lama, dengan demikian kamu akan merasa kenyang lebih lama dan terhindar dari konsumsi makanan lainnya. 

Apel

Buah apel merupakan jenis buah yang memiliki kandungan karbohidrat yang cukup tinggi. Dalam buah apel sendiri terdapat jumlah karbohidrat sebanyak 25 gram. Sehingga kamu dapat mengkonsumsi apel untuk menggantikan asupan karbohidrat melalui nasi. Bahkan apel sendiri memiliki kandungan vitamin di dalamnya yang bermanfaat bagi tubuh. Kamu hanya perlu membatasi konsumsinya saja, dan tidak berlebihan.

Stroberi

Buah pengganti nasi lainnya yang dapat kamu konsumsi selama masa diet adalah buah stroberi. Buah satu ini memiliki kandungan karbohidrat sebesar 32 gram, dalam 100 gram buah strawberry. Dengan mengkonsumsi stroberi maka kamu dapat menggantikan posisi nasi yang menjadi makanan pokok sehari-hari. 

Buah stroberi juga harus diperhatikan jumlah konsumsinya, jangan mengkonsumsi terlalu sering. Hal tersebut akan menyebabkan ancaman atau resiko diabetes. Karena kandungan karbohidrat pada buah stroberi cukup tinggi, jadi konsumsilah sewajarnya. Buah satu ini memiliki vitamin C yang baik bagi tubuh dan antioksidan juga. 

Nanas

Nanas merupakan salah satu jenis buah yang kaya akan kandungan air di dlamanya. Buah nasi bisa kamu gunakan sebagai pengganti nasi berikutnya. Buah ini memiliki kandungan atau kadar karbohidrat sekitar 22 gram. Dilansir dari situs Doktersehat, dikatakan bahwa buah nanas memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik untuk memenuhi kebutuhan tubuh, yaitu vitamin C untuk mendukung diet kamu. 

Semangka

Selanjutnya ada buah semangka yang memiliki kandungan karbohidrat yang rendah namun kaya akan air di dalamnya. Dalam 100 gram buah semangka kamu hanya memiliki 7 gram karbohidrat saja. Buah ini cocok untuk menemani program diet kamu loh, dan dikonsumsi stiap hari untuk menmeani program diet kamu. Selain itu dalam buah semangka juga terdapat kandungan nutrisi yang sangat baik bagi tubuh, yaitu vitamin C yang dapat memenuhi kebutuhan vitamin sebanyak 131% dalam tubuh. 

Blueberry

Blueberry merupakan salah satu jenis buah-buahan yang cocok untuk menemani diet kamu. Dimana kamu dapat mengkonsumsinya sebagai pengganti nasi bagi tubuh, karena akan memberikan efek mengenyangkan lebih lama. Maka kamu akan terhindar dari mengkonsumsi makanan lain secara berlebihan yang membuat program diet kamu gagal. 

Dengan mengkonsumsi buah blueberry secara rutin dengan porsi yang sesuai dapat mendukung proses penurunan kadar kolesterol dalam tubuh. Selain itu dapat membantu kamu untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh untuk mengurangi tekanan darah dalam tubuh, hingga dapat meredakan pendarahan juga. 

Jeruk

Buah yang kaya akan kandungan vitamin C ini bisa kamu konsumsi sebagai pengganti nasi loh. Buah jeruk memiliki banyak nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh juga. Kaya akan kandungan serat disertai vitamin C bekerja sekaligus untuk membuat kamu merasa lebih kenyang dan menutrisi tubuh. Sifat buah jeruk inilah yang akan membantu kamu untuk menjalani program diet dalam waktu yang singkat, apalagi jika dibarengi dengan aktivitas olahraga. 

Alpukat

Berikutnya ada buah alpukat yang cocok dna dapat digunakan untuk pengganti nasi yang akan bikin kenyang untuk pelaku diet. Alpukat sendiri termasuk dalam jenis buah-buahan yang memiliki kandungan lemak yang baik atau HDL. Yang mana hal ini dipercaya dapat membantu menyehatkan pembuluh darah dan jantung. Selain itu kadar kolesterol di dalamnya sendiri akan meningkatkan rasa kenyang dan melancarkan proses pencernaan. 

Melon

Buah melon memiliki kandungan air yang sangat tinggi disertai kadar kalori yangs anat rendah didalamnya. Hal ini akan membantu program diet kamu, dimana buah melon juga memiliki kadar kalori yang rendah hanya 46 hingga 61 kalori saja. Kandungan serat , potasium dan sifatnya yang antioksidan ini dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu melon juga kaya akan kandungan vitamin C, beta karoten dan likopen. Kamu dapat mengkonsumsi buah melon sebagai pengganti nasi, agar bikin kenyang untuk program diet kamu. 

Pepaya

Pepaya adalah salah satu jenis buah-buahan yang bisa dikonsumsi sebagai pengganti nasi sekaligus untuk membantu sistem pencernaan kamu. Umumnya seseorang yang melakukan program diet dengan menghindari makanan yang biasa dikonsumsi sehari-harinya cenderung atau rawan terkena sembelit. Sehingga dengan mengonsumsi pepaya kamu dapat meningkatkan dan melancarkan proses pencernaan juga. 

Pir

Terakhir, ada buat pir yang bisa dijadikan pengganti nasi yang bikin perut kenyang untuk program diet kamu. Buah pir memiliki kandungan serat yang tinggi di dalamnya, dengan begitu perut kamu akan merasa kenyang lebih lama lagi. Buah pir ini memiliki kandungan serat yang disebut dengan pektin. Sehingga dapat membantu dan memelihara bakteri usus yang akan meningkatkan sistem pencernaan. Dengan begitu akan menjadi lebih lancar lagi. 

Demikian pembahasan mengenai beberapa jenis buah pengganti nasi yang bikin kenyang untuk program diet kamu. Jenis buah yang direkomendasikan untuk dikonsumsi adalah yang memiliki kadar karbohidrat, serat dana air didalamnya. Karena kandungan nutrisi tersebut akan memberikan efek lebih kenyang pada tubuh kamu dan bisa menjalani aktivitas sehari-hari dengan lebih baik lagi, bahkan tanpa harus mengonsumsi nasi sekalipun.

buahbuah pengganti nasinasi