10 Buah dan Sayuran yang Bagus Untuk Kulit Wajah Berjerawat

Nesiaverse.com – Ada beberapa jenis buah dan sayuran yang bagus dikonsumsi untuk kulit wajah yang berjerawat. Sehingga kondisi jerawat pada wajah kamu dapat berkurang nantinya. 

Jerawat merupakan salah satu kondisi tubuh yang membuat tidak sedikit orang merasa tidak percaya diri. Namun, ada beberapa faktor penyebab lainnya, mulai dari faktor lingkungan, hormonal, genetik sehingga jenis makanan yang dikonsumsi. 

Cara paling mudah untuk mengatasi jerawat secara alami adalah dengan memperbaiki jenis asupan atau makanan yang dikonsumsi. 

Advertisment

Buah dan sayur merupakan salah satu jenis makanan yang dapat membantu mengatasi kulit wajah yang berjerawat. Sehingga nantinya kamu dapat terhindar dari jerawat yang membandel dan kulit wajah kamu bersih seperti sedia kala. 

Buah dan Sayuran yang Bagus Untuk Kulit Wajah Berjerawat

Advertisment

Salah satu keluhan kulit yang lumrah dan siapa saja bisa mengalaminya adalah jerawat. Penyebab timbul nya jerawat sendiri berbagai macam. 

Masalah jerawat ini memang tidak boleh disepelekan, karena hal itu kamu harus menjaga kesehatan kulit agar tidak hanya dari luar saja, tetapi dari dalam juga. 

Nah, jenis makanan alami seperti buah-buahan dan sayuran dapat membantu untuk meningkatkan kondisi kulit kamu, agar jerawat bisa cepat teratasi. Kemudian buah dan sayuran apa sajakah yang bagus untuk kulit wajah yang berjerawat?

Banyak sekali pendapat yang mengatakan jika kamu mengonsumsi jenis makanan sehat maka akan berpengaruh pada kondisi tubuh salah satunya kondisi kulit. 

Nah, hal ini dikarenakan vitamin dan suplemen multivitamin dari mengonsumsi jenis makanan seperti buah dan sayuran dapat menutrisi tubuh dengan baik. 

Jadi jenis apakah makanan dapat mempengaruhi kesehatan kulit? maka jawabannya bisa. Kemudian mengkonsumsi jenis makanan yang bergizi, berserat dan tinggi nutrisi serta rendah gula memang sangat disarankan, khususnya untuk menjaga kesehatan kulit. 

Sehingga akan terhindar dari berbagai masalah kulit lainnya, salah satunya jerawat yang membandel. Nah, jenis buah dan sayuran merupakan makanan sehat yang direkomendasikan, berikut beberapa jensi buah dnabsyauaran yang bagus untuk kulit wajah berjerawat. 

Kiwi

Di Posisi pertama, salah satu jenis buah yang cocok dikonsumsi untuk kulit wajah berjerawat adalah buah kiwi. Buah kiwi merupakan salah satu jenis buah segar yang kaya akan kandungan air dan rasanya sedikit asma. 

Dalam buah kiwi memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi disertai vitamin E. Sehingga mengkonsumsi buah satu ini merupakan salah satu cara yang tepat guna meningkatkan sistem imunitas tubuh dan merawat kesehatan kulit juga. 

Buah kiwi menjadi salah satu jenis buah yang dapat dikonsumsi untuk meredakan permasalahan jerawat pada kulit wajah. Dengan mengkonsumsinya, maka kamu bisa mendukung proses pemulihan dari permasalahan jerawat di kulit wajah. 

Apel

Apel merupakan buah anti acne, yang mana disebut quercetin. Quercetin memiliki peranan sebagai anti inflamasi yang aman dapat meredakan peradangan. Selain itu apel juga akan bersirkulasi pada aliran darah yang berada di dalam kulit guna memebahtu mneghalau sel yang memproduksi histamine. 

Histamine sendiri merupakan salah satu zat yang memicu munculnya jerawat. Dikutip dari halaman Fimela,com yang mana dalam satu apel per hari, cukup untuk memenuhi kebutuhan quercetin harian kamu. 

Selain itu, apel juga memiliki kandungan vitamin A dan C yang baik guna membantu proses regenerasi sel kulit dan merawat keremajaan kulit wajah kamu. 

Ceri

Ceri adalah salah satu jenis buah yang kaya dan tinggi kandungan pemanisnya, buah ceri juga menjadi pemanis pada kue atau pastry. 

Namun, bau h satu ini memang tepat dikonsumsi untuk meningkatkan imunitas dan merawat kesehatan kulit juga. 

Buah ceri seringnya hanya menjadi pemanis pada kue ataupun pastry. Namun, memang ternyata cara ini dapat membantu untuk mengatasi jerawat,karena kandungan antioksidan di dalamnya yang tinggi. 

Karena kandungan antioksidan yang tinggi dan indeks glikemiknya yang rendah, maka sangat bagus untuk membantu merawat kesehatan kulit dan dapat menjadi santapan bagi kamu yang sedang diet. 

Tomat

Buah selanjutnya adalah tomat, yang mana buah satu ini dapat membantu untuk menjaga kesehatan kulit agar tetap sehat dan prima. 

Tomat juga memiliki kandungan antioksidan dan karoten yang cukup tinggi, sehingga mampu mendukung proses memperlambat penuaan pada sel. Kulit pun nantinya akan terlihat lebih segar, kenal dan kamu tampak lebih awet muda nantinya. 

Stroberi

Selanjutnya adala buah stroberi, yang mana merupakan salah satu jenis buah yang terkenal dan kaya akan kandungan vitamin C, Buah satu ini menjadi salah satu pilihan terbaik untuk kamu konsumsi, khususnya ketika kulit kamu sedang berjerawat. 

Kandungan vitamin C ini dapat membantu dan merangsang produksi kolagen yang mana berperan dalam memperlambat penuaan dan melindungi kulit dari jahatnya sinar UV. 

Selain itu, buah stroberi juga tinggi dan kaya antioksidan di dalamnya,sehingga mampu mencegah pori-pori dari permasalahan kulit seperti komedo dan jerawat. 

Bayam

Bayam merupakan salah satu jenis sayuran yang kaya akan kandungan klorofil. Klorofil sendiri merupakan pewarna hijau alami yang ada pada tumbuhan dan mampu untuk mengurangi dan melawan jerawat dan peradangan pada kulit wajah. 

Hal inilah disebabkan kandungan klorofil yang memiliki antibakteri, anti radang dan antioksidan alami. Selain itu, kandungan antioksidan yang tinggi pada bayam ini mampu meredakan peradangan sekaligus menjaga kesehatan kulit, khususnya dari paparan radikal bebas. 

Kandungan vitamin A, vitamin C yang ada pada sayur bayam ini dapat membantu untuk meregenerasi kulit yang sedang radang, serta mampu membuat kulit lebih bercahaya nantinya. Sehingga sayuran satu ini memang direkomendasikan untuk mengatasi kendala kulit wajah berjerawat. 

Kale

Kale adalah jenis sayuran yang berasal dari keluarga sayuran kubis, yang memiliki nilai manfaat bagi kecantikan kulit. Kale yang kaya akan kandungan gizi ini dapat membantu untuk meningkatkan kualitas kesehatan kulit menjadi lebih cerah dan sehat. 

Kale dapat meredakan peradangan setra infeksi pada kulit yang berjerawat, sehingga sayuran satu ini sangat direkomendasikan bagi kamu yang memiliki permasalahan kulit berjerawat. 

Selain itu, kandungan antioksidan pada sayuran kale ini dapat membantu untuk membersihkan pori-pori kulit dengan proses detoksifikasi yang juga menghilangkan kotoran serta racun dari kulit. 

Nah, dengan mengkonsumsi kale secara rutin, maka kamu dapat merasakan manfaatnya untuk kecantikan kulit wajahmu, sehingga terhindar dari jerawat lagi.

Timun

Timun merupakan jenis sayuran yang kaya akan kandungan vitamin C serta asam kafeat di dalamnya, yang mana mampu membantu mengurangi iritasi dan peradangan pada kulit. 

Nah, kulit berjerawat ini ditimbulkan karena minyak yang menumpuk pada pori-pori kulit,sehingga potongan tomun ini yang dijadikan masker mampu membersihkan kotoran dan mampu mengencangkan kulit. 

Dikutip dari alodoc.com yang mana timun merupakan salah satu jenis sayuran yang memiliki kandungan air yang cukup banyak, yaitu sekitar 96% timun terdiri dari air. 

Sehingga timbul dapat membantu untuk menghidrasi kulit dengan baik dan menjaga kelembaban dan tidak membuatnya kering. 

Wortel

Wortel merupakan jenis buah dan sayuran yang dapat membantu mengatasi jerawat pada kulit wajah. Sayur satu ini kaya akan kandungan vitamin A, vitamin C dan vitamin E di dalamnya. 

Kandungan vitamin pada wortel ini memiliki peran yang baik sebagai antioksidan yang alami guna mendorong produksi sel kulit sehat. 

Selain itu, kandungan betakaroten dan vitamin C pada wortel ini dapat membantu proses penyembuhan luka di kulit. 

Sementara vitamin A dan vitaminE di dalamnya dapat membantu menjadikan kulit wajah menjadi lebih cerah. Kamu bisa mendapatkan nutrisi secara optimal dari sayur wortel ini dengan mudah. Kamu dapat emngonsusminya sebagi jus.

Kembang Kol

Terakhir, kembang kol merupakan jenis sayuran yang memiliki kandungan amino acid yang bernama histidine di dalamnya. Meskipun tidak secara langsung, fungsinya adalah untuk menghilangkan bekas jerawat pada wajah. 

Namun, kandungan histamin pada sayuran satu ini juga dapat mengurangi efek gelap pada kulit yang juga disebabkan oleh sinar ultraviolet atau UV. Sebab sinar UV matahari bisa memperburuk dark spot atau bekas jerawat. 

Demikian pembahasan mengenai jenis buah-buahan dan sayuran yang bagus untuk kulit wajah yang berjerawat. Dengan begitu akan mudah bagi kamu untuk mengetahui jenis sayur dan buah untuk dikonsumsi dan mempercepat proses penyembuhan dan perawatan kulit agar sehat kembali.

buahsayuran