Bolehkah Minyak Ikan Manusia Untuk Kucing?

Nesiaverse.com – Pemberian vitamin untuk kucing sangatlah penting, salah satunya adalah minyak ikan. Vitamin yang terdapat pada minyak ikan berperan sebagai suplemen yang baik untuk kesehatan tubuh si kucing. Karena kandungannya bersumber dari berbagai ikan laut.

Seperti yang kamu ketahui, kalau kucing memang memerlukan asupan nutrisi yang sumbernya dari ikan-ikanan. Jadi kamu bisa memberikan minyak ikan pada kucing secara rutin, supaya mendapatkan hasil yang lebih optimal. Tapi, bolehkah minyak ikan manusia untuk kucing?

Memang banyak orang yang bertanya-tanya, apakah minyak ikan yang diperuntukan manusia itu, bisa juga untuk dikonsumsi kucing? Mungkin kamu berpikir minyak ikan itu sama saja dan bisa diberikan juga kepada hewan, ya gk salah karena pada dasarnya sama-sama minyak ikan.

Advertisment

Lalu kalau begitu bolehkah minyak ikan manusia untuk kucing? Nah, disini akan memberikan beberapa penjelasan terkait minyak ikan untuk manusia boleh diberikan pada kucing atau tidak, secara singkat dan jelas. Jadi simaklah penjelasannya di bawah ini dengan seksama!

Bolehkah Minyak Ikan Manusia Untuk Kucing?

Advertisment

Minyak ikan memiliki banyak manfaat untuk kucing, sebagai suplemen hariannya dalam memenuhi kebutuhan kucing selain dari makanannya. Karena kucing juga membutuhkan asupan vitamin dan nutrisi yang banyak terkandung atau hanya terdapat pada minyak ikan.

Bahan atau kandungan utama yang terdapat pada minyak ikan diantaranya adalah asam lemak eicosapentaenoic (EPA) dan docosahexaenoic (DHA) serta dilengkapi dengan berbagai asam lemak lainnya seperti omega 3 dan 6, lalu terdapat cukup banyak antioksidan atau vitamin.

Bahkan manfaat minyak ikan untuk kucing ini bukan main-main, lho! Dipercaya dapat membantu menjaga kesehatan tubuh si kucing secara menyeluruh. Seperti apa saja memang manfaatnya? Nah, berikut ada beberapa manfaat minyak ikan untuk kucing yaitu:

  • Menjaga kesehatan jantung agar terhindar dari berbagai penyakit jantung
  • Meningkat imun tubuh kucing agar tidak mudah sakit
  • Mencegah penyakit gagal ginjal
  • Meningkatkan perkembangan neurologis dan fungsi kognitif agar si kucing semakin aktif
  • Menyehatkan kulit kucing yang kering atau bersisik dan menyehatkan bulunya
  • Membantu menurunkan kadar trigliserida darah

Namun, ada hal yang perlu kamu perhatikan dalam pemberian minyak ikan untuk kucing. Pastikan memilih minyak ikan yang diformulasikan untuk hewan peliharaan, termasuk kucing. Mungkin masih ada beberapa orang yang memberikan minyak ikan manusia untuk kucing.

Sebenarnya pemberian minyak ikan manusia untuk kucing tidak disarankan, karena mau bagaimanapun juga ada kemungkinan beberapa kandungan di dalamnya berbeda. Minyak ikan untuk manusia tentu saja diformulasikan dan dirancang untuk kebutuhan tubuh manusia.

Memang ada efek atau manfaatnya untuk kucing, tapi sekarang kamu bisa membeli minyak ikan yang sudah dirancang dengan baik dan diperuntukan bagi kucing. Walaupun begitu minyak ikan manusia memang tidak akan begitu membahayakan kucing, hanya tidak cocok.

Walaupun kamu sudah terlanjur memberikan minyak ikan manusia pada kucing, pastikan untuk memperhatikan hal-hal dalam pemberian minyak ikan untuk kucing. Berikut adalah hal-hal yang perlu kamu perhatikan sebelum memberikan minyak ikan manusia pada kucing, yaitu:

  • Dosis pemberian minyak ikan manusia untuk kucing pastinya tidak terlalu berlebihan, cukup setengah dari dosis terendah minyak ikan pada manusia. Misalnya jika manusia mengkonsumsi 1 kapsul minyak ikan, berarti kucing hanya setengah kapsul saja.
  • Perhatikan seberapa banyak keuntungannya untuk kucing, minyak ikan dijadikan sebagai sumber vitamin hariannya.
  • Perhatikan resiko efek sampingnya, karena daya tahan tubuh manusia dan kucing beda
  • Perimbangkan lagi pemberian minyak ikan manusia untuk kucing dan cobalah untuk menggantinya dengan produk minyak ikan khusus untuk kucing

Jika kamu sudah mempertimbangkan hal itu serta memulai untuk mencari produk minyak ikan yang bagus untuk kucing, tindakan tersebut akan lebih aman untuk kesehatan kucing kedepannya. Kamu bisa berikan minyak ikan secara rutin kepada kucing sebanyak yang telah ditentukan di tiap produk kemasan pada minyak ikan, jadi selalu perhatikan petunjuknya ya…

Itulah beberapa penjelasan singkat mengenai bolehkah minyak ikan manusia untuk kucing, mungkin perlu untuk kamu ketahui agar bisa membedakan mana minyak ikan yang baik untuk kucing dan diformulasikan untuk kucing supaya tidak sembarangan memberikan.

Usahakan untuk selalu memperhatikan serta mempertimbangkan kembali pemberian minyak ikan manusia kepada kucing. Pilihlah minyak ikan khusus untuk hewan peliharaan supaya lebih aman dan pastinya bekerja secara efektif kepada kucing. Good Luck semoga membantu.

kucingminyak ikan