Bolehkah Menggunakan Test Pack Setelah berhubungan Badan Semalam?

Nesiaverse.com – Pertanyaan tentang bolehkah menggunakan test pack setelah berhubungan badan semalam? bagi kamu yang pengantin baru dan merencanakan kehamilan, pastinya punya pertanyaan serupa. Bahkan dengan metode pengendalian kelahiran yang paling efektif pun, selalu ada kemungkinan terjadinya kesalahan dan hasil yang tidak akurat. 

Kemudian bagaimana dengan penggunaan test pack setelah berhubungan intim semalam? apakah itu waktu yang tepat dan dianjurkan untuk melakukan tes kehamilan? Atau justru tergolong terlalu dini untuk melakukan tes kehamilan? maka, untuk menjawab semua pertanyaan tersebut, kamu dianjurkan untuk mengikuti ulasan dalam artikel kami ebirkut ini. 

Bolehkah Menggunakan Test Pack Setelah berhubungan Badan Semalam?

Advertisment

Test pack digunakan adalah salah satu alat tes kehamilan, semnetara pemeriksaan kehamilan sekarang ini semakin mudah karena kehadiran test pack tersebut. Kau tidak perlu repot-repot pergi ke dokter, kamu sudah bisa mengetahui kondisi kehamilan menggunakan alat kecil bernama test pack ini. 

Advertisment

Namun, penggunaan test pack juga terkadang bisa menunjukkan hasil yang salah, hal ini dapat terjadi karena ada beberapa faktor kesalahan dalam menggunakan test pack. Akibatnya, hasil test pack bisa salah dan tidak akurat. Nantinya kamu bisa mengira dirimu dalam kondisi tidak hamil ataupun sebaliknya. Nah, hal ini terjadi karena beberapa hal, salah satunya adalah melakukan pemeriksaan kehamilan terlalu dini, yaitu setelah melakukan hubungan badan semalam. 

Terlalu Awal Melakukan Tes Kehamilan

Walaupun cara menggunakan test pack sangatlah mudah, namun bukan berarti kamu dapat menggunakan test pack secara sembarangan. Maksudnya adalah waktu dan cara menggunakannya. Untuk mendapatkan hasil yang akurat, maka sebaiknya kamu menggunakan test pack di waktu yang tepat. 

Test pack bisa menunjukan hasil yang akurat seperti hasil positif, ketika hormon hCG di dalam urine wanita memiliki tingkat tertentu. Permasalahannya adalah setiap wanita yangs duah hamil tentunya memiliki tingkat hCG yang berbeda-beda di dalam urinenya. 

Sehingga bila ingin menggunakan test pack, kamu sebaiknya menunggu waktu yang tepat, ketika kadar hCG dalam urine cukup tinggi, yaitu di pagi hari. 

Selain itu hal tersebut tidak akan terjadi dalam waktu semalam atau kurang dari 24 jam setelah kamu melakukan hubungan badan dengan pasangan kamu. Karena hasilnya pasti akan negatif, karena baru saja terjadi pembuahan. Lakukan test pack seminggu atau dua minggu setelah kamu melakukan hubungan badan dengan pasangan kamu, untuk hasil yang akurat. 

Terlalu Awal Membaca Hasil Tes

Banyak waktu yang tidak sabar untuk menunggu hasil yang ditunjukan oleh test pack,sehingga ketika garis kedua belum muncul maka mereka akan berasumsi negatif atau belum hamil. Padahal dalam penggunaan test pack sendiri dituliskan bahwa hasilnya akan muncul setelah beberapa saat. 

Bagaimanapun juga, test pack epl waktu beberapa saat untuk memproses urine kamu, dan menghasilkan positif atau negatif yang akurat. Kamu disarankan menunggu 2 hingga 5 menit lamanya, sebelum menyimpulkan hasil tes. Kebiasan membaca hasil tes terlalu awal atau tergesa-gesa adalah salah satu faktor yang menyebabkan kegagalan dalam menggunakan test pack. Sehingga berhati-hatilah dalam menggunakannya. 

Melakukan Tes Hanya Sekali saja

Bila kamu sudah mengalami gejala kehamilan seperti mual, menstruasi yang terlambat, badan mulai tidak enak, terjadinya perubahan bentuk payudara dan peningkatan berat badan namun ketika melakukan tes kehamilan menggunakan test pack menunjukan negatif, maka tidak ada salahnya melakukan check ulang. 

Kamu mungkin saja sudah dalam kondisi hamil, namun karena test pack belum mendeteksi adanya hormon hCG dalam urine kamu, maka hasilnya pun negatif. Nah, disini kamu harus memperhatikan beberapa hal diantaranya cara penggunaan, waktu cek kehamilan apakah sudah benar atau salah. 

Sehingga kamu dianjurkan untuk melakukan tes kehamilan menggunakan test pack sebanyak 2 atau 3 kali. Sehingga hasilnya akan jauh lebih akura lagi, Selain itu kamu dapat melakukan check up langsung ke dokter kandungan, untuk mendapatkan hasil dan diagnosis yang lebih akurat.

Demikian ulasan terkait dengan pertanyaan bolehkan menggunakan alat tes pack setelah berhubungan badan semalam? maka jawabannya tidak dianjurkan, karena hasilnya pasti akan negatif. Hal ini dikarenakan berbagi banyak faktor, bahkan dalam penggunaan test pack sendiri adalah minimal 1 minggu setelah berhubungan badan, 2 minggu setelah berhubungan badan dan 1 minggu ketika menstruasi kamu terlambat.

test pack