Bolehkah Kucing Memakan Kecoa?

Nesiaverse.com – Kucing sering dimanfaatkan dalam membasmi hama atau serangga seperti jangkrik, kutu, tungau, bahkan kecoa. Namun, biasanya kucing seringkali memakan hewan hasil buruannya dalam melakukan pembasmian hama, seperti tidak sengaja memakan kecoa.

Meskipun kucing suka berburu, tapi bolehkah kucing memakan kecoa? Seperti yang kamu ketahui juga kalau kucing memang suka berburu karena membutuhkan nutrisi hewani, dan sudah naluri alamiahnya kucing senang berburu hewan kecil atau hewan pengerat seperti tikus.

Bahkan kucing juga suka mempermainkan hewan hasil buruannya untuk dijadikan mainan, seperti halnya kecoa. Apalagi kecoa sering berkeliaran di sekitar rumah, tentu saja kucing akan memburu mereka entah itu akan dimakan atau hanya dijadikan mainan dan juga hadiah.

Advertisment

Lalu kalau begitu bolehkah kucing memakan kecoa? Nah, disini akan memberikan beberapa penjelasan mengenai boleh atau tidaknya kucing memakan kecoa hasil buruan, secara singkat dan jelas agar kamu pahami. Jadi simaklah penjelasannya di bawah ini dengan seksama!

Bolehkah Kucing Memakan Kecoa?

Advertisment

Kucing memiliki naluri berburu yang sangat kuat, bahkan mereka mempunyai anggota tubuh yang berfungsi dengan baik dalam berburu. Seperti pada bagian kumis dan telinganya yang mampu memprediksi keberadaan mangsa yang akan diburunya dari jarak yang cukup jauh.

Berburu memang sudah menjadi hal yang wajar, mengingat bahwa kucing termasuk ke dalam predator kecil yang senang berbuat apalagi pada saat malam hari. Mereka akan lebih gesit dan aktif ketika malam hari untuk berburu, karena kemampuan mereka yang luar biasa dengan memiliki kelebihan yaitu, mampu melihat dalam keadaan gelap atau redup cahaya.

Biasanya kucing memburu berbagai hewan pengerat, reptil, amfibi, atau bahkan serangga. Tapi, sebelum itu apa sih manfaat dalam berburu untuk kucing? Sebenarnya banyak manfaat kucing dalam melakukan perburuan hewan kecil, seperti halnya berikut di bawah ini:

  • Mereka bisa mendapatkan makanan berupa hewani
  • Sebagai kesenangan untuk kucing
  • Melatih kemampuan kucing dalam berburu
  • Mempertajam panca indranya
  • Berburu untuk memberikan hadiah kepada pemiliknya

Walaupun begitu kucing juga tidak selalu berburu di luar, melainkan di rumah juga mereka bisa melakukannya. Seperti menangkap hama atau kecoa dan biasanya mereka memakan hasil buruannya dengan menggigit-giginya atau sekedar disentuh-sentuh. Namun, terkadang saat kucing memainkan hewan buruannya seperti kecoa, mereka suka tidak sengaja termakan.

Kecoa adalah serangga yang tidak boleh kucing makan, walaupun dengan tidak sengaja termakan hal itu bisa membahayakan tubuh kucing dan kelangsungan hidupnya. Jadi pastikan kucing tidak memakan kecoa saat mereka memburunya.

Bahkan kalau kucing sampai memakan kecoa bisa berdampak buruk bagi kesehatan giginya. Karena kecoa memiliki serangkaian sifat fisik yang keras, serta kecoa yang paling berbahaya adalah kecoa yang sudah terkontaminasi langsung oleh zat kimia berbahaya seperti pestisida.

Biasanya kecoa memang sering ada dimana-mana, terutama di lingkungan rumah juga pastinya ada setidaknya 1-2 ekor tergantung seberapa bersih rumah kamu. Nah, disitu terkadang kita suka menyemprotkan cairan anti serangga atau pestisida untuk melumpuhkan membasminya.

Jika kucing memakannya, kucing bisa keracunan bahkan mati seketika. Karena zat kimia pada produk semprotan anti serangga sangat beracun untuk kucing. Walaupun kecoa sendiri tidak beracun, namun jika sudah terkena pestisida tentu saja akan beracun untuk kucing makan.

Selain itu kecoa juga memiliki cacing-cacing halus di dalam tubuhnya dan masih bisa bertahan hidup walaupun termakan. Hal itu bisa saja menginfeksi usus si kucing dan menyebabkan kucing menjadi sakit, muntah, diare, dan mengalami masalah pencernaan lainnya.

Jika tidak segera diobati bisa-bisa kucing mengalami masalah yang lebih serius dan kondisinya semakin buruk. Bahkan kucing bisa mengalami kejang-kejang bahkan sampai kematian akibat cacing tersebut yang terlanjur menginfeksi usus atau melukai dinding usus si kucing.

Itulah beberapa penjelasan terkait bolehkah kucing memakan kecoa yang mungkin perlu untuk kamu ketahui, supaya bisa mencegah hal buruk terjadi pada kucing. Pastikan kucing tidak terlalu berlama-lama dalam memainkan hewan buruannya untuk menghindari kucing memakannya.

Jika kucing mengalami hal yang cukup serius saat tidak sengaja memakan kecoa, segera ambil tindakan untuk menolongnya dan bawa ke dokter hewan untuk diobati langsung oleh ahlinya dengan bantuan medis dalam mengobatinya secara intensif. Good Luck semoga membantu.

kecoakucing