Bolehkah Kucing Makan Kadal?

Nesiaverse.com – Kucing memang senang sekali berburu hewan pengerat seperti tikus. Sudah sewajarnya kucing memburu tikus yang merupakan sumber utama makanan alaminya. Tapi, kucing juga terkadang memburu hewan kecil lainnya seperti serangga atau bahkan kadal.

Kadal berbeda dengan tikus yang memang rantai makanan kucing itu kebanyakan tertuju pada tikus. Namun, kalau kucing memburu kadal dan memakannya, bolehkah kucing makan kadal? Pertanyaan seperti itu pastinya akan langsung terlintas dipikiran kamu sebagai pemilik kucing.

Walaupun memang itu adalah insting mereka dalam berburu hewan kecil lainnya, tapi kan kita sebagai pemilik dari kucing tidak begitu paham atau mengerti mengenai hewan apa saja yang baik untuk kucing baru dan yang sekitarnya berbahaya untuk kucing jika sampai memakannya.

Advertisment

Lalu kalau begitu bolehkah kucing makan kadal? Nah, disini akan memberikan beberapa penjelasan terkait boleh atau tidaknya kucing makan kadal secara singkat dan jelas agar dapat kamu pahami dengan baik. Jadi simaklah penjelasannya di bawah ini dengan seksama!

Bolehkan Kucing Makan Kadal?

Advertisment

Hidup di daratan sebagai hewan pemburu dengan menargetkan mangsanya yang kecil dan terlihat sangat lemah di mata kucing, itulah yang menjadikan suatu alasan mengapa kucing memburu kadal. Karena kucing juga memiliki naluri yang kuat untuk berburu hewan kecil.

Walaupun begitu kadal memiliki banyak jenisnya, mungkin yang sering kucing buru adalah kadal yang sering berada di lingkungan sekitar seperti tokek, atau kadal lapis dan sisik yang sering ditemukan di lingkungan sekitar, sehingga mudah untuk kucing buru dan memakannya.

Sebenarnya kucing sendiri merupakan hewan yang pemilih saat ingin memakan buruannya, mungkin kalau kucing memakan kadal berarti tidak akan berbahaya untuk kucing makan. Tapi, walaupun kadal memang boleh-boleh saja di makan kucing, tetap saja usahakan bagi kucing peliharaan jangan sampai memakannya.

Karena kucing liar dan kucing rumahan berbeda, biasanya kamu memberikan pakan khusus untuk mereka, jika memakan buruannya sembarangan akan sangat tidak baik untuk kesehatan tubuh kucing. Apalagi jenis kadal itu terdapat banyak jenisnya, adapun yang sangat beracun.

Kadal yang dimakan mentah-mentah oleh kucing bisa menyebabkan kucing keracunan bakteri salmonella. Bahkan terdapat banyak parasit yang bisa termakan oleh kucing dan menyebabkan masalah pencernaan yang lebih serius. Salah satunya adalah cacing hati yang kerap sangat berbahaya untuk kucing serta mengakibatkan peradangan, gagal hati, hingga kematian.

Efek Samping Kucing Makan Kadal

Jika kucing kamu menunjukan perubahan sikap atau perilaku saat memakan kadal, seperti keracunan perlu sekali untuk kamu ketahui tanda atau gejala kucing keracunan kadal. Seperti berikut di bawah ini adalah gejala atau tanda kucing mulai keracunan, diantaranya adalah:

  • Kucing mengalami muntah-muntah bahkan muntah berdarah dan berbusa
  • Diare atau mencret terus menerus
  • Kucing mengalami kejang-kejang
  • Kesulitan untuk bernapas atau sesak napas
  • Terlihat lesu atau lemas
  • Dehidrasi atau kehausan
  • Mengeluarkan air liur yang berlebihan
  • Tidak mau makan atau menurunnya nafsu makan
  • Warna gusi kucing tampak lebih pucat pasi
  • Tubuh kucing gemetaran atau menggigil

Jika kucing mengalami keracunan setelah memakan kadal, pastikan kamu memberikan pertolongan pertama kepada si kucing dengan cara memberikan susu beruang atau air kelapa untuk menetralisir racun di dalam tubuhnya, dan bantulah kucing agar bernapas dengan baik.

Lalu jika kucing sudah terlihat cukup membaik, ada bagusnya kamu langsung membawa kucing ke dokter hewan. Karena penanganan yang terbaik tentunya dengan bantuan medis yang merupakan ahlinya, hal itu dilakukan untuk mencegah kondisi memburuk terjadi pada kucing.

Pastikan juga untuk selalu memantau kucing dan mencegah mereka untuk memakan kadal ketika berburu, meski begitu kamu juga jangan sampai melarang atau mengurung kucing agar tidak berburu ya.. Cukup pastikan kalau kucing kamu tidak sampai memakan hasil buruannya.

Itulah beberapa penjelasan singkat mengenai bolehkah kucing makan kadal yang mungkin perlu untuk kamu ketahui, siapa tau kucing peliharaan kamu suka berburu kadal dengan begitu kamu dapat mencegah hal-hal buruk terjadi pada kesehatan kucing jika terus memakan kadal.

Hindari juga memberikan kucing makanan mentah atau daging mentah dan memakan hewan buruan lainnya. Jika terjadi sesuatu pada kucing saat berburu untuk memakan kadal, segera bawa konsultasi ke dokter hewan untuk diperiksa lebih lanjut. Good Luck semoga membantu.

kucingkucing makan kadal