Bolehkah Kucing Makan Cicak?

Nesiaverse.com – Seringkali kucing menangkap cicak yang berkeliaran di rumah untuk di buru oleh mereka. Bahkan tidak jarang juga kucing memakan cicak hasil buruannya, meski begitu memangnya bolehkah kucing makan cicak? Wajar saja kalau terlintas pertanyaan itu.

Membahas perkara cicak, ternyata kucing sendiri sangat menyukai cicak untuk diburu dan dimakan. Namun, kita sebagai pemiliknya tidak bisa mengetahui dengan pasti apakah memang boleh kucing makan cicak atau malah sebaliknya yang bisa membahayakan kesehatan kucing.

Seperti yang kamu ketahui kalau kucing senang berburu hewan kecil seperti cicak, tikus, katak, atau bahkan serangga. Sudah sewajarnya kalau kucing memburu hewan-hewan tersebut untuk dijadikan mangsanya. Karena melarang kucing untuk berburu cicak diluar kontrol kamu juga.

Advertisment

Lalu kalau begitu bolehkah kucing makan cicak? Nah, disini akan memberikan beberapa penjelasan tentang boleh atau tidaknya kucing memakan cicak sebagai buruannya, secara singkat dan jelas agar kamu pahami. Jadi simaklah ulasannya di bawah ini dengan seksama!

Bolehkah Kucing Makan Cicak?

Advertisment

Cicak merupakan hewan reptil yang seringkali diburu oleh kucing. Hewan reptil satu ini juga mudah sekali ditemukan di dinding rumah, makan kucing suka memburu mereka. Namun, apakah kamu tau mengapa kucing ini suka sekali memburu cicak? Berikut ada alasanya yaitu:

  • Kucing berburu cicak untuk dijadikan mainan
  • Berburu cicak untuk diberikan kepada pemiliknya sebagai hadiah
  • Memburu cicak untuk diberikan pada anaknya supaya dimakan
  • Sebagai makanan untuk kucing makan

Nah, disini akan membahas tentang point terakhir, yaitu memburu cicak untuk dimakan. Pertanyaannya apakah boleh kucing memakan cicak? Sebenarnya kucing sendiri jarang memakan hewan hasil buruannya, apalagi untuk kucing domestik atau kucing rumahan.

Beda lagi kalau pada kucing liar yang memang sudah terbiasa hidup dengan berburu untuk mencari makanan, termasuk memakan cicak juga. Karena sudah naluri alamiahnya mereka memburu hewan kecil yang sekiranya bisa mereka santap atau dijadikan mangsa buruan.

Kucing sendiri sebenarnya cukup pemilih dalam hal makanan, terutama memakan hasil buruan mereka. Kucing memiliki insting kuat yang dapat membedakan mana saja mangsa yang boleh mereka makan, walaupun kucing memakan cicak hasil buruannya berarti itu keputusannya.

Tentu saja kucing boleh memakan cicak dan tidak akan terlalu membahayakan kucing. Selain itu cicak juga sudah menjadi mangsa alami untuk kucing serta kucing juga bisa mengetahui mana mangsa yang boleh dimakan atau tidak boleh di makan, jadi tidak apa-apa.

Meskipun begitu beda cerita kalau kucing memakan cicak yang telah terjangkit parasit atau terinfeksi parasit. Hal itu bisa jadi berbahaya untuk kucing dan dapat menular dari cicak ke kucing kamu. Tapi, bagusnya cicak selalu hidup di lingkungan rumah, jadi aman dari parasit.

Namun, walaupun begitu sebisa mungkin hindari kucing untuk selalu makan cicak, karena kita sendiri tidak tau bakteri apa saja yang terdapat pada cicak. Apalagi dimakan mentah-mentah oleh kucing, takutnya bisa terjadi sesuatu yang cukup berbahaya atau membahayakan kucing.

Ada kemungkinan kucing juga bisa mengalami keracunan ketika memakan hasil buruannya, termasuk memakan cicak. Seperti apa sih ciri-ciri kucing keracunan? Berikut ada beberapa ciri-ciri kucing yang keracunan, diantaranya adalah:

  1. Kucing mengalami muntah-muntah
  2. Diare atau mencret terus menerus
  3. Kucing mengalami kejang-kejang
  4. Kesulitan untuk bernafas
  5. Terlihat lesu atau lemas
  6. Dehidrasi atau kehausan
  7. Mengeluarkan air liur yang berlebihan
  8. Tidak mau makan
  9. Warna gusi kucing tampak lebih pucat
  10. Tubuh kucing gemetaran atau menggigil

Jika kucing menunjukan ciri-ciri atau gejala seperti di atas ketika memakan cicak, pastikan untuk segera menolong kucing dengan memberikan pertolongan pertama. Dengan cara memberikan air mineral atau air kelapa supaya racunnya bisa ternetralisir dengan baik.

Itulah beberapa penjelasan singkat terkait bolehkah kucing makan cicak yang mungkin perlu untuk kamu ketahui, supaya kamu bisa tau hewan mana saja yang boleh dimakan kucing dan yang sekiranya bahaya untuk kucing makan, apalagi saat mereka sudah mulai berburu keluar.

Usahakan untuk tidak terlalu mengekang kucing dalam hal berburu, biarkan mereka berburu sesuka mereka. Aturlah waktu untuk mereka berburu dan dilepas liarkan untuk main keluar rumah supaya mereka tidak stress dan bisa berburu sepuasnya. Good Luck semoga membantu.

cicakkucing