Bolehkah Kucing Dijemur Setelah Mandi?

Nesiaverse.com – Bolehkah kucing dijemur setelah mandi? Apakah tidak akan apa-apa? Kalau begitu langsung saja baca artikel ini sampai selesai, jika kamu ingin mengetahui terkait boleh atau tidaknya kucing dijemur setelah mandi di bawah sinar matahari setiap harinya.

Sinar matahari sudah menjadi sumber panas dan energi untuk makhluk hidup yang ada di bumi ini. Memiliki banyak manfaat untuk kehidupan seperti mengeringkan pakaian yang dijemur, untuk mempercepat pertumbuhan pada tanaman, dan untuk hewan pun banyak manfaatnya.

Termasuk untuk hewan seperti kucing pun sangat banyak manfaatnya dan itu akan sangat membantu si kucing dalam berbagai hal. Walaupun memang ada kalanya cahaya matahari ini bisa menjadi jahat kalau sudah memasuki jam-jam di siang hari karena sinar UV/B yang jahat.

Advertisment

Lalu kalau begitu bolehkah kucing dijemur di bawah sinar matahari ini setelah mandi? Nah, disini akan memberikan penjelasan mengenai manfaat dan boleh atau tidaknya si kucing dijemur setelah mandi. Jadi simaklah ulasannya di bawah ini dengan seksama!

Bolehkah Kucing Dijemur Setelah Mandi?

Advertisment

Sebelum itu ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui terlebih dahulu, sebelum menjemur si kucing agar dapat mengetahui manfaat dan bahaya menjemur si kucing jika terlalu lama atau di waktu yang tidak tepat. Perlu diketahui untuk mencegah kamu melakukan kesalahan nantinya.

Cahaya matahari memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuhnya seperti bulu, kulitnya, tulangnya serta mendapatkan asupan vitamin D yang cukup untuk si kucing. Namun jika kamu terlalu lama dalam menjemurnya lebih dari 20 menit atau bahkan di siang hari.

Akibatnya kucing kamu akan mengalami Hipertermia atau kondisi dimana suhu tubuh si kucing ini meningkat secara berlebihan atau diluar batas normal sebab terpapar suhu panas yang ekstrim, sehingga membuatnya menjadi demam bahkan resiko terburuknya kematian.

Selain itu juga kucing kamu akan terkena Heatstroke Yang merupakan kondisi paling berat pada tubuh akibat cuaca panas yang ekstrim dan jika kamu menjemurnya pada waktu itu terlalu lama, kucing tidak dapat mengontrol suhu tubuhnya serta dapat meningkat suhunya.

Suhu normal kucing biasanya 37,5-39 derajat celcius dan jika terkena heatstroke ini suhunya akan melebihi batas normal, sehingga gejala awalnya kucing akan merasa kelelahan atau heat exhaustion akibat panas serta dalam kondisi ini tubuh kucing tidak dapat berkeringat lagi.

Tapi, walau begitu menjemur si kucing sesudah mandi boleh sekali dilakukan dan itu sangat disarankan juga, karena dapat membantu si kucing untuk mencegah flu sehabis mandi dengan menjemurnya di bawah sinar matahari pagi. Ingat harus di waktu yang tepat dan tidak lama.

Jam atau waktu yang disarankan untuk menjemurnya sekitar pukul 7-8 pagi selama 3-5 menit atau bisa juga 10-15 menit menjemur si kucing setiap paginya sehabis mandi. Hal ini dilakukan juga untuk mencegah jamur tumbuh di kulit si kucing dan meningkatkan imun tubuhnya.

Jika imun tubuh si kucing semakin kuat, tentu kucing juga tidak akan mudah terserang berbagai penyakit serta virus-virus penyebab flu seperti feline herpesvirus dan feline calicivirus yang menyerang saluran pernafasan si kucing sehingga membuatnya flu dan demam.

Dengan rutin menjemur si kucing di pagi hari akan memperkuat imunitas tubuhnya, jadi tidak perlu khawatir lagi akan terkena flu. Selain itu juga bagus untuk menyembuhkan si kucing dari flu ketika sedang sakit dengan menjemurnya selama beberapa menit.

Hindarilah kucing kamu untuk tertidur di bawah terik sinar matahari berlama-lama dan jika cuaca sedang tidak stabil atau sangat panas jangan terlalu lama menjemurnya, cukup 3-5 menit saja dan itu harus di pagi hari jangan pada siang hari dimulai sekitar pukul 10-2 siang.

Itulah beberapa penjelasan tentang bolehkah kucing dijemur setelah mandi ini, yang mungkin perlu untuk kamu ketahui agar dapat mengetahui bahwa seperti apa pentingnya sinar matahari untuk si kucing dengan menjemurnya. Banyak manfaat untuk si kucing dalam kesehatannya.

Perlu diingat untuk tidak terlalu lama menjemurnya dan jangan dijemur pada siang hari juga, karena hanya boleh dijemur di jam-jam tertentu saja. Tidak selalu cahaya matahari itu bagus untuk kucing jika sembarangan menjemurnya tanpa tau jamnya.. Good Luck semoga membantu.

kucingkucing mandi