Berapa Lama Kuku Tumbuh Setelah Dicabut?

Nesiaverse.com – Berapa lama kuku akan tumbuh setelah dicabut? Pertanyaan satu ini merupakan pertanyaan umum ketika akan menjadi operasi cabut kuku. Umumnya operasi cabut kuku ini dilakukan guna mengatasi kondisi kuku yang abnormal. 

Operasi kuku merupakan jenis operasi yang akan disesuaikan dengan faktor penyebab yang mendasari dari tingkat keparahan kuku tersebut. Sehingga tentunya tidak sembarangan dapat melakukannya. 

Kuku merupakan salah satu bagian tubuh yang melindungi ujung jari kaki maupun jari tangan. Yang mana memiliki peranan untuk pengaturan sirkulasi di ujung jari juga. Sehingga jika kuku mengalami masalah hal ini dapat mengganggu dan perlu dicabut melalui prosedur operasi. 

Advertisment

Nah, ada jangka waktu dimana kuku kaki akan pulih kembali dan tumbuh menjadi baru, namun berapa lama kuku tersebut akan tumbuh setelah dicabut? Nah, untuk mengetahui jawabannya, simaklah ulasan di bawah ini.

Berapa Lama Kuku Tumbuh Setelah Dicabut?

Advertisment

Ada banyak faktor penyebab kenapa kuku harus dicabut dan melalui prosedur operasi. Dimana kondisi ini umumnya dilakukan ketika memiliki level keparah yang membutuhkan penangan atas kuku yang sudah parah. 

Salah satunya adalah infeksi yang parah di sekitar kuku, kuku patah atau kuku terlepas karena cedera dan sebagainya. operasi sendiri akan dilakukan di bawah anestesi lokal. Bahkan hal ini juga tergantung indikasinya dengan melihat kondisi kesehatan pasien. 

Nah, sebelum operasi pencabutan kuku, dokter tentunya akan menyuntikan obat bius di jari pasien yang akan hendak dicabut atau dipotong hingga ke bagian dasarnya. Operasi satu ini bisa dilakukan secara cara mencabut seluruhnya, sebagian kuku atau bahkan menangkap jaringan di sekitar kuku. 

Umumnya kuku jari akan dicabut dari beberapa faktor penyebab yang sering kali dialami, mulai dari cantengan, infeksi jamur kuku hingga terjadinya perdarahan di bagian kuku yang diakibatkan cedera atau trauma pada jari. 

Kemudian berapa lama kuku akan tumbuh setelah dicabut? Nah, lamanya pertumbuhan kuku jari tangan setelah dicabut umumnya dalam 6 bulan, sementara untuk kuku jari kaki akan memakan waktu hingga 1,5 tahun lamanya. 

Jika dokter juga akan memberikan masukan jika kamu perlu melakukan tindakan pencegahan kuku tumbuh kembali, misalnya pada kondisi cantengan yang sangat parah dan berulang.

Maka, tindakan untuk kondisi tersebut adalah dengan operasi yang membuang jaringan dari pertumbuhan kuku tersebut. Selain itu pembuangan jaringan kuku ini juga bisa dilakukan dengan memberikan obat asam fenol. 

Perawatan Kuku yang Dicabut

Untuk mempercepat pertumbuhannya, kamu harus melakukan perawatan yang tepat di rumah. Khususnya pasca melakukan operasi pencabutan kuku, karena setelah kuku dicabut tentunya efek obat bius akan hilang dan kamu bisa merasakan sakit. 

Tentunya kamu juga akan diberikan obat penghilang rasa sakit dari dokter, misalnya sejenis paracetamol. Yang mana obat tersebut dapat dikonsumsi hingga keluhan nyeri yang kamu rasakan akan menghilang. 

Kemudian dalam perawatannya jari juga akan dipasangkan perban selam 2 minggu. Nah, selama waktu tersebut, pastinya jari kaki kamu tidak berkontak langsung atau terkena dengan air. 

Selain itu, kamu harus menghindari jenis aktivitas yang berat hingga jenis olahraga yang berat dan aktif melibatkan area kaki, area kuku. Hal ini dapat memicu kuku kaki yang baru saja dioperasi ataupun kuku tangan mengalami cedera atau kerusakan. 

Sehingga hal tersebut tidak hanya menghambat proses penyembuhan, bahkan bisa menimbulkan rasa sakit hingga menyebabkan luka baru. Maka, kamu harus berhati-hati melakukan aktivitas yang berkaitan dengan bagian kaki atau tangan yang kukunya dicabut. 

Untuk perawatan cabut kuku, perban juga harus diganti secara rutin, hal ini disesuaikan dengan instruksi dari masing-masing dokter. Kemudian perban yang perlu diganti adalah ketiak kondisinya sudah terlihat kotor atau dalam kondisi yang basah. 

Nah, berikut langkah untuk mengganti perban yang baik dan tepat untuk dilakukan. 

  1. Pertama, cucilah tangan kamu menggunakan sabun dan air mengalir, pastikan tangan kamu steril kemudian keringkan. 
  2. Jika sudah, mulai basahi perban lama yang membungkus area kuku yang dioperasi. Pastikan membahasinya menggunakan cairan infus steril. Kemudian kamu lanjutkan dengan melepaskan perban secara perlahan. 
  3. Kemudian, gunakan sarung tangan sekali pakai untuk melepaskan perban, kamu bisa langsung cek warna dan bau dari luka operasi tersebut. 
  4. Lanjutkan dengan menggunakan kasa steril guna membersihkan luka
  5. Jika sudah,tutuplah menggunakan perban sekali pakai
  6. Selesai

Kemudian, jika kamu mencium aroma tidak sedap dari luka atau bahkan mengeluarkan luka baik di tepi luka yang kemerahan dan bengkak, maka segeralah periksakan diri ke dokter yang melakukan operasi sebelumnya. 

Pada dasarnya, operasi cabut kuku sendiri merupakan salah satu jenis operasi yang cukup sering dilakukan. Hal ini merupakan salah satu bentuk pengobatan terhadap beberapa permasalahan kuku. 

Nah, demikian pembahasan mengenai berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk kuku tumbuh setelah menjalani operasi cabut kuku. Kami sudah menjelaskannya diatas, yaitu memakan 6 bulan hingga 1,5 tahun selain itu kami juga memberikan tips perawatan yang dapat mempercepat proses penyembuhannya.

kuku