Berapa Lama Kucing Jantan Pergi Dari Rumah?

Nesiaverse.com – Berapa lama kucing jantan pergi dari rumah? Sering kali dia pergi dari rumah dan tidak kunjung pulang. Kalau begitu langsung saja baca artikel ini sampai selesai, jika kamu ingin mengetahui tentang berapa lama si kucing jantan pergi keluar rumah.

Sebagai hewan peliharaan yang memang habitat aslinya bukan di rumah, tapi di alam bebas akan sangat wajar jika mereka sesekali pergi keluar rumah. Namun, memang akan membuat kamu khawatir sebagai pemilik atau majikan dari kucing peliharaan yang pergi dari rumah.

Bahkan kamu sebagai majikannya pun tidak bisa menebak atau menentukan kapan si kucing akan pulang sehabis pergi dari keluar rumah. Apalagi jika kucing kamu adalah kucing jantan, pasti akan sering banget buat keluar rumah dan entah akan pergi berapa lama dari rumah.

Advertisment

Biasanya kucing jantan pergi dari rumah itu berapa lama sih? Disini akan memberikan sedikit informasi terkait hal tersebut dari berbagai riset yang sudah dialami banyak orang mengenai kasus ini. Simaklah beberapa penjelasannya dibawah ini dengan seksama!

Berapa Lama Kucing Jantan Pergi Dari Rumah?

Advertisment

Sebelum itu ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui terlebih dahulu mengenai alasan kucing kamu bisa atau sering keluar rumah, terutama pada kucing jantan. Biasanya kucing akan pergi dari rumah karena merasa tidak nyaman atau gak betah untuk tinggal di lingkungan rumah.

Bisa saja karena faktor lingkungan rumah kamu yang banyak anak kecil, sehingga membuatnya gak betah di rumah kamu. Anak kecil akan cenderung berisik dan agresif saat melihat hewan kucing peliharaan, ingin mengejar-ngejarnya dan itu membuat kucing kamu sangat ketakutan.

Selain itu dengan suara anak-anak yang bising, ribut segala macem, membuatnya merasa stres bahkan bisa membuat kucing kamu trauma akan hal itu. Sehingga kucing kamu pun memilih untuk kabur atau pergi dari rumah kamu dan dari jangkauan anak-anak yang berisik.

Kucing memiliki pendengaran yang sangat sensitif dan akan lebih senang jika lingkungan di sekitarnya tenang. Jadi jangan heran kalau kucing kamu gak pulang-pulang ke rumah karena senang mencari tempat yang sekiranya nyaman dan aman untuk mereka tempati.

Lingkungan yang kotor bisa membuatnya gak betah juga, lho! Selain pendengarannya yang sensitif, indra penciumannya juga sangat tajam dan sensitif. Sehingga jika tempat tinggal yang kamu sediakan di rumah sangat kotor dan jarang dibersihkan akan membuatnya tidak betah.

Maka dari itu cobalah untuk selalu membersihkan tempat tinggalnya dan mengganti pasir bekas pup atau pipisnya dengan yang baru serutin mungkin. Supaya kucing kamu merasa nyaman dan tempatnya gak bau lagi akibat seringnya kamu membersihkan sarang atau tempat tinggalnya.

Nah, dengan begitu kucing kamu akan betah tinggal di rumah kamu. Tapi kamu juga harus sesekali ajak untuk keluar rumah supaya gak jenuh-jenuh banget karena terlalu lama dikurung dalam ruangan tertutup biar kucing kamu tidak melupakan lingkungan alam di luar sana.

Terus itukan untuk pada umumnya kucing, nah kalau untuk kucing jantan yang suka keluar rumah itu biasanya berapa lama sih? Berikut dibawah ini ada beberapa alasan dan waktu yang dibutuhkan untuk kucing jantan kamu keluar rumah, adalah sebagai berikut:

Mencari Pasangan

Alasan yang pertama kucing jantan kamu keluar rumah adalah untuk mencari pasangan atau kucing betina. Sudah sewajarnya kalau kucing jantan kamu sering sekali pergi dari rumah tidak jauh dari hal ini, yaitu ingin melampiaskan birahinya kepada kucing betina. Sehingga kucing kamu pun akan pergi dari rumah untuk mencari pasangan bercintanya.

Sebenarnya tidak menentu berapa lamanya dia akan terus-terusan di luar rumah. Namun, biasanya untuk kucing jantan yang pergi dari rumah untuk mencari pasangan dia akan pergi selama 3 hari atau bahkan bisa berminggu-minggu baru dia akan pulang kerumah kamu. Tergantung pada seberapa lama dia ingin melampiaskan hasratnya pada kucing betina.

Normalnya Kucing Pergi Keluar Rumah

Normalnya kucing keluar rumah itu biasanya 6-8 jam sehari, entah itu kucing betina atau jantan mereka akan biasa pergi dari rumah selama itu dan nanti juga akan pulang lagi ke rumah kamu dengan sendirinya. Tidak ada alasan yang tepat untuk mengetahui alasannya pergi keluar rumah selama itu setiap harinya.

Tapi bisa dipastikan itu karena kucing kamu memang ingin mencari suasana baru atau hanya sekedar ingin jalan-jalan di sekitar komplek rumah kamu, bisa juga karena ingin berburu dan bermain keluar bersama kawanan kucing lainnya. Sama halnya seperti manusia yang ingin pergi main keluar rumah untuk menghilangkan stres.

Hal itu sudah biasa terjadi dan kamu tidak perlu khawatir jika kucing kamu memang sedang ingin bermain diluar rumah karena sudah menjadi rutinitasnya, nanti juga kucing kamu akan pulang dengan sendirinya ke rumah kamu. Tapi itu juga kalau memang kucing kamu hanya bermain di sekitar komplek rumah saja.

Kalau pergi jauh atau diluar jangkauan sekitaran komplek rumah kamu, bisa saja si kucing akan membutuhkan waktu berhari-hari sekitar 2-3 hari untuk mencari rumah pemiliknya. Dengan hanya mengandalkan indera penciumannya untuk mengetahui aroma atau jejak dari rumah kamu yang biasa ia lewati.

Kucing Yang Tersesat

Nah, untuk kasus yang satu ini memang akan sangat sulit untuk menentukan berapa lamanya kucing jantan maupun betina kamu pulang ke rumah. Hal ini tergantung pada kucing kamu yang sudah dapat mengenali rumah kamu atau malah tidak sama sekali. Jika memang kucing kamu kabur dari rumah lalu mereka tidak kunjung pulang-pulang sudah pasti dia tersesat.

Membutuhkan waktu yang lama untuk mencari jejak jalan rumah pemiliknya. Namun, kucing pasti memiliki naluri untuk pulang ke tempat asalnya atau tempat yang memang sudah dianggap sebagai habitatnya. Jadi kamu tidak perlu khawatir si kucing tidak akan pulang ya! Mereka pasti akan pulang, cuma kalo tersesat memang membutuhkan waktu yang lama.

Seperti survei dari Lost Pet Research and Recovery pada 2013-2018 mengungkapkan bahwa kucing yang melakukan perjalanan antara 300-1.000 meter bisa kembali ke rumahnya dengan kurun waktu perjalanan selama 8 jam tergantung jarang yang ditempuhnya bisa lebih dari itu untuk menemukan rumah pemiliknya.

Bahkan ada kasus dimana si kucing pergi dari rumah dan kembali lagi setelah kurang lebih 3 tahun lamanya. Bisa jadi kucing itu tersesat jauh dari rumah kamu dan membutuhkan waktu yang cukup lama dengan hanya mengandalkan insting dan indra penciumannya untuk menemukan jejak jalan menuju rumah kamu.

Sangat menarik bukan? Kucing dapat kembali lagi ke rumah pemiliknya walau dalam posisi sedang tersesat sekalipun. Jadi tidak perlu khawatir jika si kucing tidak akan bisa menemukan rumah kamu. Mungkin ada beberapa alasan yang sama, sebagaimana sudah dijelaskan diatas sebelumnya.

Itulah beberapa informasi mengenai berapa lama kucing jantan pergi dari rumah yang mungkin perlu kamu ketahui agar tidak membuat kamu cemas jika si kucing sedang keluar entah itu berkelana, mencari pasangan, atau bahkan tersesat.

Selalu perhatikan kucing kamu juga jika tidak ingin membuat kamu kehilangan jika pergi terlalu lama. Usaha untuk mencarinya juga, takutnya kucing kamu tersesat sehingga membuatnya kesulitan untuk mencari jalan pulang. Good Luck semoga membantu!

kucingkucing jantankucing keluar rumah