Berapa Kali Memandikan Kucing Dalam Seminggu?

Nesiaverse.com – Berapa kali memandikan kucing dalam seminggu? Agar bisa mengetahui idealnya memandikan kucing itu berapa kali. Kalau begitu langsung saja baca artikel ini sampai selesai, jika kamu ingin mencari tahu terkait berapa kali memandikan kucing dalam seminggu.

Kucing yang sudah menginjak umur 8 minggu sampai 2 bulan, mereka sudah mulai bisa grooming atau bisa kamu memandikan dan memberikan perawatan lainnya untuk si kucing. Selain itu, anak kucing ini sudah memiliki lapisan lemak guna menjaga suhu tubuh tetap stabil.

Walaupun begitu biasanya mereka juga dapat membersihkan dirinya sendiri dengan menjilat-jilati tubuh atau bulunya sendiri. Nah, kalau kamu sering liat si kucing jilat-jilat tubuhnya sendiri itu tandanya mereka sedang mandi dengan caranya atau metode si kucing secara alami.

Advertisment

Lalu kalau begitu saat kamu mau memandikan mereka supaya lebih bersih, biasanya berapa kali sih memandikan kucing dalam seminggu? Nah, disini akan memberikan beberapa penjelasan tentang idealnya memandikan kucing dalam seminggu itu berapa kali. Jadi simaklah penjelasannya di bawah ini dengan seksama!

Berapa Kali Memandikan Kucing Dalam Seminggu?

Advertisment

Sebelum itu ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui terlebih dahulu mengenai aturan dalam waktu memandikan kucing dan kondisi-kondisi tertentu dalam memandikan kucing. Penting untuk kamu kenali tentang hal itu agar dapat memahaminya serta mengatasinya dengan baik.

Waktu yang tepat atau disarankan untuk memandikan si kucing adalah pada saat matahari masih terang, yaitu ketika pagi hari pukul 8-10 pagi yang dimana sinar matahari pada waktu itu masih sangat terang dan hangat serta bagus juga untuk menjemur si kucing setelahnya.

Hindari memandikan kucing di siang hari dan sore hari menuju petang, karena suhu pada jam tersebut akan mulai dingin dan di siang hari suhunya akan terasa menyengat sangat tidak baik untuk memandikan si kucing pada jam-jam tersebut. Selain itu cahaya matahari akan meredup.

Tidak lupa juga dengan menggunakan air hangat ketika memandikan si kucing, supaya lebih nyaman dan tidak membuatnya kedinginan. Sebaiknya kamu juga tidak terlalu lama-lama memandikan si kucing supaya tidak kedinginan dan langsung segera untuk mengeringkannya.

Waktu yang dibutuhkan untuk grooming kucing sekitar 1-4 jam lamanya, mulai dari mandi, mengeringkan bulunya, memberikan perawatan bulu dan semacamnya untuk membersihkan. Adapun grooming untuk kucing harus sesuai dengan kondisi atau tergantung banyak hal, yaitu:

  • Seberapa seringnya kucing berada di luar ruangan atau berada di dalam ruangan, sehingga menentukan seberapa kotornya kucing dan segera untuk dimandikan.
  • Tergantung ras kucing tersebut yang dimana setiap ras memiliki perbedaan ciri khasnya masing-masing, seperti ras kucing yang mempunyai bulu yang lebih panjang dan lebat atau ras kucing yang mempunyai bulu yang lebih pendek. Sehingga keduanya mendapatkan perawatan yang berbeda tentunya dalam memandikan si kucing.
  • Sesuai seberapa sering kucing melakukan perawatan sendiri atau grooming dengan sendirinya, karena kucing ini biasanya rutin memandikan tubuhnya sendiri dengan menjilat-jilati tubuhnya. Nah, buat kucing yang obesitas atau memiliki berat badan berlebih pastinya akan cukup sulit untuk melakukan grooming sendiri.
  • Kucing yang lebih aktif dan hiperaktif pastinya akan lebih sering beraktivitas diluar ruangan maupun di dalam ruangan, berbeda dengan kucing yang pendiam atau tidak begitu aktif. Sehingga keduanya akan mendapatkan perawatan yang berbeda, kucing yang lebih aktif akan sering terkena debu atau kotor dibandingkan kucing pasif.

Sebenarnya memandikan kucing itu tergantung seberapa kotornya kucing kamu dan sesuai ras kucing kamu. Karena setiap jenis kucing atau ras-ras tertentu, pastinya memiliki ketentuan atau aturan dalam memandikan si kucing itu baiknya berapa kali dalam seminggu atau bahkan berminggu-minggu baru boleh dimandikan. Tidak sembarangan juga buat mandiin mereka.

Menurut National Cat Groomers of American, menjelaskan bahwa idealnya kucing mandi itu cukup 4-6 minggu sekali. Memandikan kucing 1 kali dalam seminggu pun sebenarnya tidak direkomendasikan, hanya saja ada kondisi tertentu yang dimana si kucing memerlukan pembersihan yang lebih maksimal yang mereka sendiri tidak bisa mengatasinya sendiri.

Seperti apa maksudnya? Misalnya ketika kucing kamu mengalami masalah kutuan dan jamuran yang dimana perlu segera untuk diatasi atau dibasmi agar tidak semakin parah kondisinya. Biasanya untuk kucing yang mengalami kedua hal itu, bisa kamu mandikan 2x dalam seminggu untuk hasil yang lebih maksimal dengan menggunakan shampo khusus.

Itulah beberapa penjelasan mengenai berapa kali memandikan kucing dalam seminggu yang perlu kamu ketahui agar tidak sembarangan memandikan si kucing tanpa tau ketentuan atau aturan atau idealnya si kucing boleh mandi itu berapa kali dalam seminggu atau bahkan lebih.

Usahakan untuk tidak memandikan si kucing setiap hari, karena bisa menyebabkan kulit kucing menjadi kering, iritasi dan mengalami kerontokkan pada bulunya. Hindari juga pemakaian produk shampo yang bukan diformulasikan untuk kucing. Good Luck semoga membantu.

kucing